Kevin Anggara: From ZERO to HERO

From ZERO to HERO

From Zero to Hero

Sebelumnya, biarkan gue mulai dengan menceritakan tentang awal mula gue nge-blog dan tentang lahirnya blog ini. Gue baru mulai nge-blog sejak tahun 2011. Di dunia internet, pertama kali gue masih ngaskus. Iya, gue belum tau apa itu blog. Waktu itu, secara nggak sengaja gue baca buku Raditya Dika yang kebetulan tergeletak tak berdaya di kamar gue. Buku ini punya abang gue ternyata.

Setelah gue baca, ternyata ini orang kampret banget. Lucu abis, sob. Dari tulisan, ternyata seorang penulis bisa menyampaikan sebuah pesan melalui cerita yang dipadukan komedi dengan sudut pandang yang unik. Gue mulai tertarik untuk mencoba nulis. Waktu itu, gue baru tau bahwa ternyata buku pertama Radith adalah hasil-hasil tulisannya dari blog. Keren abis. Gue juga pengin jadi penulis.

Blog pertama gue di tahun 2011 isinya ya curhatan/cerita-cerita ngaco seorang pelajar. Tentang pengalaman saat di MOS, dihukum guru, diomelin kakak kelas dan sebagainya. Waktu itu gue masih inget, gue baru kelas 2 SMP. Blog gue ini juga pembacanya masih dikit, gue jadi males nulis postingan dan alhasil... gue lupa password blog pertama gue ini. PAHIT. Nggak menyerah, gue malah semakin bersemangat untuk aktif nge-blog lagi. Gue juga pengin jadi penulis. 

Blog yang sekarang kalian baca ini tercipta awal 2012. Dengan tema dan nama "Pelajar Absurd". Alasan gue memakai nama ini simpel, karena gue sendiri masih seorang pelajar saat itu (sekarang juga). Gue pun bingung, kata apa yang harus gue pakai untuk melengkapi kata pelajar? Gue browsing sana-sini, blogwalking dari blog satu ke blog lainnya, tapi nihil. Nggak dapet referensi apa-apa. 

Tapi, kenapa gue nggak coba main ke blog si Radith? Siapa tau gue dapet referensi? Gue terus coba browsing dan blogwalking, akhirnya sampailah gue di blog si Radith. Judul blognya: Raditya Dika dan Hal Absurd lainnya. Hmm, absurd? Jujur, saat itu gue baru pertama kali melihat kata absurd. Gue coba translate lewat google, ternyata absurd artinya kurang lebih begini: konyol, menggelikan, nggak masuk akal.

Wah, gue langsung tertarik dan coba menggabungkan kata pelajar dengan absurd. Dan jadilah Pelajar Absurd.

The Story Begins

Gue mulai aktif nge-blog. Mulai kenal sama penulis dan blogger-blogger terkenal yang akhirnya menginspirasi gue. Siapa aja? Baca di sini, deh. Blog gue mulai berkembang seiring gue rajin nulis postingan. Gue suka nyuruh temen-temen sekolah gue untuk baca postingan gue, supaya bisa memotivasi gue untuk lebih semangat. 

Pengen mengasah kemampuan nulis, gue lalu mencoba untuk iseng ikutan lomba blog (nulis) buat dapetin Sony Vaio. Hitung-hitung nambah pengalaman. Sayang, semesta belom mengizinkan gue untuk menang. Gue belajar dari pengalaman itu, melihat kekurangan gue dimana, dan mencoba untuk memperbaikinya. And this, postingan lomba blog pertama gue.

4 bulan kemudian, sekitar bulan November 2012, gue ikutan lomba blog dari JNE. Temanya: Pengalamanku Bersama JNE. Kebetulan, gue juga punya sedikit pengalaman selama kirim-kirim barang/terima barang dengan JNE. Gue menuangkan ide-ide dan pengalaman yang gue alami, dan singkat cerita, tulisan gue terpilih masuk 22 besar dan berhak mendapatkan voucher belanja Rp100.000. Lumayan, awal yang bagus menurut gue. 

Waktu itu, Alitt (@shitlicious) juga ikutan, dan nasibnya sama kayak gue — 22 besar. Sayang, semesta belom mengizinkan gue untuk masuk 3 besar. Tapi nggak apa-apa lah. Lebih baik dari yang sebelumnya. 

Seiring waktu berjalan, gue semakin sering nulis di blog. Iya, walaupun cuman tulisan absurd. Tapi, gue senang bisa berbagi dengan para pembaca lewat tulisan. 

Ke-absurd-an blog gue pun membawa berkah. Gue dihubungi editor dari salah satu penerbit. Dia mengenal gue dari blog absurd ini, yang gue pelihara setahun belakangan. Singkat cerita (lagi), setelah pertemuan itu, gue pun membuat sebuah naskah. Naskah pertama buku gue. Selama 2–4 minggu gue aktif di depan komputer, mengetik naskah. Hasilnya? Sekarang, buku pertama gue (Student Guidebook for Dummies) udah terbit, dan tinggal launching ke Gramedia. Perjalanan gue bertemu editor ini udah pernah gue ketik di sini dan sini.

Semakin sering gue nulis, ternyata hasil tulisan gue juga ikutan berkembang. 

April 2013, gue lalu mencoba ikutan lomba blog, lagi. Waktu itu, salah satu seller Rubik’s langganan gue mengadakan lomba review. Review tentang toko rubik si seller. Kebetulan, gue pengen menceritakan pengalaman gue juga dengan rubik, sekaligus memasukan sedikit review-review dan “testimoni” tentang toko itu. Iya, gue ikutan. 

Di bulan yang sama, gue yang sedang patroli di timeline twitter melihat sebuah info lomba blog. Lomba blog Teknologi Hijau dari blogdetik dan Daihatsu. Jujur, gue nggak membayangkan hadiahnya saat itu. Yang gue tau, gue paham dengan tema yang akan dibahas, dan tergeraklah tangan gue untuk mengetik apa yang gue tau ini di blog. Iya, gue ikutan. 

Kenapa gue ikutan kedua lomba blog diatas? Kebetulan, gue paham dengan tema yang akan dibahas. Rubik, ini permainan sehari-hari gue, dan semua rubik yang gue punya, gue beli dari toko yang mengadakan lomba itu. Teknologi Hijau, ini adalah pembahasan yang menarik bagi gue. Selain tergabung dengan komunitas pecinta lingkungan di Kaskus, gue juga sering baca-baca artikel tentang teknologi ramah lingkungan. Jadi, gue lumayan paham.

From ZERO to HERO

Semesta mempertemukan gue dengan 2 kebetulan ini. Di bulan April 2013, gue menyelesaikan 2 postingan tentang lomba blog, dan 8 postingan absurd lainnya (liat aja Widget "Cerita2 Absurd Gue" pada bulan April). Jadi, total 10 postingan dalam 1 bulan. Lumayan produktif. 

Mei 2013, kebetulan lagi, 2 lomba blog yang gue ikuti akan mengumumkan pemenangnya. Tanggal 14 Mei 2013, gue diberitahu oleh seller rubik, bahwa gue juara pertama dalam lomba review yang diadakan olehnya. Nggak nyangka, ternyata orang absurd kayak gue bisa juara pertama dalam lomba ini. Postingannya bisa kalian baca di sini.

Nggak cukup sampai disitu, 18 Mei 2013, sekitar pukul 05:00 pagi, gue terbangun dari tidur. Sebagai anak gaul, setelah buka mata, gue langsung ngecek twitter. Banyak mention yang masuk ngucapin selamat karena katanya gue udah menang lomba blog Teknologi Hijau. Gue ngomong dalam hati “Ah becanda lo... ini mimpi kayaknya, gue belom bangun.” 

Gue lalu ngecek website blogdetik dan..... bengong dulu sekitar 30 detik. Agak nggak percaya. Gue menyadarkan diri kembali dan melihat nama blog gue ada di urutan paling atas. Iya, gue juara pertama lagi! FYI, hadiahnya iPhone 5. Postingannya bisa kalian baca di sini.

I deserve it.

From Zero to Hero
Lomba nulis dari Kaskus dan JNE.

From Zero to Hero
Lomba nulis di Kaskus lainnya.

From Zero to Hero
Lomba review di blog.

From Zero to Hero
Lomba #TeknologiHijau

Sekarang, semesta bener-bener mengizinkan gue untuk aktif nulis.

Sebenernya, sebelum pengumuman lomba juga gue udah pernah bilang bahwa nggak penting gue menang atau kalah. Sama aja. Yang penting gue bisa berbagi sama semua orang dan pembaca lewat tulisan. Yeah, i do what i love, and i love what i do. Menurut gue, hadiah itu HANYA apresiasi atas apa yang gue tulis. Gue menempatkan hadiah di posisi kedua. Posisi pertama? Respon dari para pembaca. Iya. Itu lebih penting, bagi gue.

Sebuah tulisan tanpa para pembaca itu kosong. Ibarat bumi tanpa ada manusia di dalamnya. Jadi, berterimakasihlah kepada semua pembaca yang sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan kalian. Tanpa para pembaca setia, tulisan kita bukan apa-apa. - Kevin Anggara, 16 tahun, pelajar absurd.

Menurut gue, nge-blog itu adalah lebih kepada berbagi dengan para pembaca. Bukan begitu? Hehe. Nggak sampai situ aja, gue pernah diundang ngisi acara kopdar SFTH Kaskus. Jadi, gue dikasih sesi untuk jadi pembicara gitu. Semacam talkshow pertama lah bagi gue. Nih, buat yang mau baca field report-nya di sini.


From Zero to Hero

Perception

Semenjak Kemal Palevi terkenal lewat ciri khas absurd-nya di Standup Comedy, apa-apa yang berkaitan dengan absurd pasti dibilang "meniru" Kemal. Padahal, belum tentu maksud orang yang memakainya begitu. Masih banyak contoh lain yang mirip kayak gini. Misalnya blog dengan judul "catatan sesat mahasiswa" pasti dibilang "meniru" Alitt, padahal belum tentu maksudnya begitu. Menurut gue, mungkin mereka hanya terinspirasi. Yah, namanya juga hidup. Biar orang yang menilai diri kita. 

Mungkin itu aja yang bisa gue sampein kali ini. Gue rasa udah kepanjangan, yah. Oh iya, mengenai nama absurdisme, gue udah jelasin darimana awal mula namanya di sini. Yang kalian baca ini adalah sedikit kisah perjuangan gue selama nge-blog sampai sekarang. Sebuah awal pahit yang berakhir manis. Percaya sama gue, setiap usaha kalian pasti ada hasilnya, sekecil apapun itu. Jadi, jangan cepet nyerah dan putus asa. If you can see it, you can have it. Sometimes, you need to be freak to create something great.

Sebelum postingan ini berakhir juga, gue pengin ngucapin terimakasih banyak buat pembaca setia blog gue ini. Dulu yang blog gue bukan apa-apa, masih NOL, dan pembacanya sedikit. Sekarang, udah bisa berkembang dan meningkat lumayan bagus. Tanpa kalian semua, gue bukan apa-apa. Terimakasih! :')

60 komen absurd

pertamax, gan. hahaha

Reply
Anonim Author

Blognya bagus
*Klo gak bgus gak bakalan gue koment
Tdi sih udah koment,ek dicek koment ilang #fptttttt
Arivin - sumedang (kota tahu yg kagak ada tugu tahunya)

Reply

Postingan yang bagus vin..
Ini cukup bikin gue jadi pengen nulis lagi. Udah cukup lama ga update blog :(

Bahaha bener banget vin, blog yang judulnya catatan, diary, dll banyak banget. Salah satunya blog gue. Ini yang bikin gue sedikit males buat nulis, udah lama kepikiran buat ganti judul, tp belom dpet anugerah, semesata belom mendung sepertinya :)

tp bener kata lu bukan masalah judul yg penting isinya gak copas... Dan gue juga setuju dengan quotes lu nulis apa yang pengen kita tulis bukan apa yang pengen orang baca.
Makasih vin, smoga buku lo laris dan ada next project buku setelah sukses SGFD ini.. Dan smoga lo bisa terus mengispirasi banyak orang.

Bahahah komen gue curhat nih vin. Udah "yang tadi jangan di pikirin" :D mungkin dia pengen kaya lo tp belum kesampaian.. #keepsmile *goyang caesar*

Reply

bener juga, semua kesuksesan itu emang dimulai dari enol. Terus kita sendiri yang berusaha buat ngecapai kesuksesan itu. Lomba Blog teknologi hijau itu juga lomba blog pertama yg gue menangin, walaupun cuman juara2, dan elu juara1nya, hehehe.

Gue jadi inget kejadian tadi malem, lupain aja tadi malem, jangan dipikirin.

Reply

Namanya personal blog ya wajar pake kata2 catatan, diary, etc. Itu kenapa dia marah2 semalem? :)))

Gue pernah ngerasain perjuangan gini juga sampe akhirnya gue berhasil nerbitin buku. Kadang gue kangen sama 'proses' begini hehe

Reply

hebat, udah ada haters aja lu vin. kata orang yg gatau siapa namanya, kalo kita udah punya haters berarti kita udah sukses. semoga lo bisa makin sukses nulisnya dan kesuksesan itu bisa nular juga ke gue;)

Reply

Makasih... anonim. Pake akun laen dong hehe.
Makasih pujiannya. :))

Reply

Komennya juga bagus, panjang haha.

Mungkin kita emang sibuk real life, sampe nggak ada waktu buat nulis. Makanya gue pinter-pinter bagi waktu buat nulis postingan di blog. Sehari coba aja bikin satu paragraf, seminggu udah bisa jadi satu postingan.

Iya, tapi kalo udah "dibayar" buat nulis, kita nggak bisa lagi nulis apa yang kita tulis. Kita harus nulis apa yang pengen dibaca konsumen. Kurang lebih begitu.

Amin. :))

Reply

Yap, berkembang seiring berjalannya waktu. Kita sendiri yang berusaha, tentunya juga dengan dukungan dari orang lain. Iya, lupain aja yang semalem hahaha.

Reply

Iya yog, bener. Wajar. Gue kan juga udah bilang kemarin, nggak mempermasalahkan. Yang penting isinya nggak copas. Eh orang yang kemarin setelah gue selidiki ternyata blog-nya make kata "catatan". :))

Yeah, we'll know this feel. Sweet. :D

Reply

Hehe iya. Amin, semoga kita makin sukses.

:D

Reply

Waaah keren juga perjalanan karir elo ...
Bener2 dari sekedar ngeblog, semakin produktif nulis, ikutan lomba dan hasilnya gaul sedunia~

Semoga selanjutnya karir elo semakin gemilang Vin, sukses buat buku pertamanya juga (ง•̀˛•́)ง

Reply

Yoih, dari bukan apa-apa sampe jadi kayak sekarang ini, om.

Amin om, makasih ya :D

Reply

Iya Vin, lo emang sok kalo di Twitter bahahaha :P

Reply
Anonim Author

semangat ngeblognya pinn ! salam buat maudy wkwkwk

Reply

Iya vin, kadang lo kayak yg di katain bang hena. Tapi pas semaleman ngikutin TL lo kmarin, lo lucu juga ternyata pas perang kemarin. :D Udah, lupain yang ini. Bahahaha XD
Kadang gue juga ngiri sama lo yang udah punya buku sendiri..

Eh, gue gak ikut kuis lo. capek gue ngikutin lomba lo yg blum tentu dapet itu. yg dulu kagak dapet juga sih. Hahahaha.
Nungguin nyampe di gramed kediri aja lah.
kapan nih kira kira dateng nya??

Reply

Iya. Masa lo kalah sebelum berperang? :|

Reply

Hahahaha... kagak ada inspirasi nih.. :D

Reply

Akuh... ketampar sama buku lo yang udah terbit.. hiks.

Reply

Itu yg ngementions lo termasuk orang munafik, tuh. :)))
Tp, lain kali disensor aja. Bs2 nimbulin kontroversi.

Reply

Udah gue apus biar lebih enak dibaca dan nggak ada kontroversi lagi.
Jadi postingan ini bener-bener cerita perjuangan gue doang. :))

Reply

sekarang gue juga lagi nikmatin 1 tahun ngeblog ini vin, lewat naskah buku, kalo lomba-loma gue belum pede soalnya gue enga pinter. untungnya juga ada penerbit yg nerima tu naskah hahah

Reply

Yoih, gue udah 1 tahun lebih dikit. Haha, awalnya ditawarin bikin naskah buku, eh jadi deh :))
Gue juga lomba waktu itu belum pede, tapi pengin ngetes aja kemampuan nulis hahah.

Reply

Gue lagi bangun blog lagi setelah mati suri setahun :D

Reply

nginspirasi banget tu vin, tengkiu2. jadi semangat nulis lagi. kemarin2 sempet puasa nulis..hahahaaa...

Reply

Hehe, makasih kalo tulisan gue udah bisa menginspirasi.
Yok semangat nulisnya :D

Reply

Dengan sederet kesuksesan ini semoga menular ke banyak orang, bukan begitu bro ?

Reply

Ajarkan aku guru!! Hahaha..

Dari dulu sampe sekarang ikutan lomba blog gak pernah menang ._.

Reply

Nggak usah pake patokan harus menang, yang penting isi-nya dapet respon bagus dari pembaca kalau gue. Hehe. Menang dan dapet hadiah itu hanya apresiasi atas apa yang udah kita tulis.

Reply

Ciiee... Kevin sekarang udah jadi hero cieee... ciee.. :P hahaha

Sukses bro! :D

Reply

Nggak gitu juga maksudnya -__-

Hehe, amin. Makasih, sob :D

Reply

tau blog lu saat follower masih 30an, saat itu gue follow walau gaya lo di twitter songong bet haha.. sukses yeh..

Reply

Bahaha, se-songong itu kah gue? :|
Yo, amin :D

Reply

Jadi motivasi nih buat aktif nge blog. Thanks kevin...

Reply

Hehe, ayo nge-blog!

Reply

Ah, tulisannya kampret banget. Bikin gue jadi semangatt buat nulis, broo! :))))

Reply

Hehe, ayo menulis! :D

Reply

Gimana caranya ajarin dunk, he..he..he

Reply

Latihan, latihan dan latihan. :)

Reply

Gue suka ngstalk blog loe vin keren, ternyata loe bisa ia bertahan di dunia blogging. Gue dari dulu sampe sekarang mood-moodan ikh ngeblog, tapi setelah lihat blog loe, alit dan juga si bena gue jadi semangat lagi dah semoga aja gue bisa nyusul juga dch buat buku kayak loe pada :ngarep: #aminnn

Reply

Mantapp!!! Jadi mau ngeblog lagi, cuma masih bingung template blog gue jadi hancur kaya dilanda angin topan. ada solusi kaga vin buat bikin template yg keren kaya lo?? hehehe

Reply

Haha, jangan biarkan mood mengalahkan kita. Kita yang harus ngalahin mood. Terus semangat, keep blogging!

Reply

Haha, template mah banyak caranya di google. Sering-sering blogwalking aja :D

Reply

oh gitu asal mulanya kevin anggara jadi penulis , keren

Reply

Hehe, di buku juga ada ceritanya kok :D

Reply

wow, vin
hebat, from zero to hero
salut vin
and, thanks. setelah gua baca post lu ini gua makin semangat blogging
teruskan bloggingnya ya vin :)

Reply

Super sekali!!! Semakin sukses ya... Btw, ajarin gue ngeblog dong. Baru pemain baru.. hehehe :)

Reply

Voila, kevin anggara! So inspirate!

Reply

Sangat menginspirasi sekali bagi para pemula. Terus berkarya kak.

Reply

nyesel deh, baru nemu blog ini sekarang
sangat menginspirasi banget. gutt gutt

Reply

Duh, keren banget vin perjuanganmu ngeblog. Bener-bener konsisten..
Semangat vin, posting terus biar para pembaca tambah puas dengan hasil karyamu.
Aku emang bukan pembaca mu dari awal, tapi sengaja aku ini terdampar entah gegara apaan. Hahaha...
Ngomong-ngomong kamu 97? Seumur ama aku ya? *plak (gak ada yang nanya)
aku uda menjelajah semua isi youtube kamu, dan aku puassss... kereen, bener-bener kreatif!!!! Semangat!

Reply

*tanpa sengaja*
Typo hehee

Reply

Thanks kak
Semoga blig saya bisa kayak kak kevin

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).