Kevin Anggara: Pelajaran yang Gue Dapet dari Harvest Moon

Pelajaran yang Gue Dapet dari Harvest Moon - Kevin Anggara

Pelajaran yang Gue Dapet dari Harvest Moon


Masa kecil kita sangat indah, kalo kita pernah memainkan game yang satu ini. Iya, Harvest Moon. Menurut gue, ini adalah game legendaris yang paling memorable sepanjang masa dan bisa bikin gue diam berjam-jam di depan layar TV. Mungkin, game ini juga jadi salah satu penyebab kenapa gue pake kacamata saat ini. 

Harvest Moon adalah sebuah permainan tentang sebuah simulasi perkebunan. Mirip-mirip The Sims gitu, lah. Harvest Moon ini juga banyak versi-nya. Tapi yang paling nge-tren udah pasti yang Back To Nature. Kalo di PS2, gue suka sama Harvest Moon yang A Wonderful Life. Entah kenapa, kebanyakan dari kita lebih suka dengan Harvest Moon yang Back To Nature. Mungkin karena alur ceritanya menarik, simpel, gameplay-nya seru, dan masih banyak alasan lainnya. Kalo gue pribadi, entah kenapa dari awal udah addicted. Jadi nggak bisa lepas dari memori deh sampai sekarang. 

Oke, buat yang belum tau, gue pengin mulai dulu dengan sedikit cerita tentang Harvest Moon: Back to Nature. Buat yang udah tau, yaudah... makan dulu sana.


Harvest Moon
Pencet Start buruan!

Di dalam game ini, kita bakalan memakai seorang karakter laki-laki (nama default-nya Jack, bisa dinamain bebas) yang bakalan memiliki sebuah perkebunan warisan kakeknya. Tugas kita disini adalah merawat perkebunan ini sampai sukses. Kita juga harus menjalin persahabatan dengan penduduk desa Mineral Town, desa dimana karakter kita tinggal. Hari pertama, kita akan bertemu dengan Mayor Thomas, walikota Mineral Town. Mayor Thomas pun memulai ceritanya:

*flashback cerita dengan sudut pandang Jack*

Nama gue Jack. Saat gue masih kecil, gue datang ke kebun kakek untuk liburan. Waktu itu kira-kira musim panas, lah. Di kebun kakek ini gue bosen banget. Kakek gue terlalu sibuk ngurusin perkebunan, sampai-sampai nggak ada waktu buat gue. Gue galau. Walaupun masih kecil, gue juga manusia yang punya perasaan. Kakek gue terlalu sibuk, gue masih tetep galau. Daripada gue lanjutin galaunya, mending gue jalan-jalan ke gunung, kan? Entah semalam gue mimpi apa, gue secara nggak sengaja bertemu dengan seorang cewek yang ternyata seumuran. Lalu? Gue tanya "Neng, punya obeng nggak?" Bukan, bukan.. gue kenalan lah sama dia. 

Lama kelamaan, gue jadi makin deket sama dia. 

Ketika musim panas udah selesai, gue pun harus kembali ke kota. Tapi sebelum gue pulang, gue janji sama temen cewek gue untuk datang lagi suatu hari nanti. Suatu hari nanti. Ecieeeilah. Singkat cerita, kakek gue meninggal beberapa tahun lalu. Saat itu, gue telah tumbuh menjadi seorang pemuda harapan desa. Gue kembali ke desa itu untuk mengambil alih perkebunan kakek gue. Walikota Mineral Town, Mayor Thomas, berkata kepada gue kalo gue bisa menjadi pemilik tetap perkebunan ini asalkan... kasih tau nggak, ya? 

Asalkan gue bisa mengembalikan perkebunan ini seperti semula. Gue harus memperbaiki perkebunan ini dan bersahabat dengan penduduk desa. Kalo gue nggak bisa, gue bakalan diusir dari desa ini. Gue diberi waktu 3 tahun untuk mengembalikan perkebunan ini menjadi baik, seperti semula. Sedikit bocoran aja, temen cewek gue semasa kecil ini bakalan gue nikahin nanti.

Nah, kira-kira begitulah ceritanya. Di Harvest Moon: Back to Nature, ada lima orang cewek yang bisa Jack dekati, sundul sayang, kecup manis, iris tipis, potong manis, shikat miring! Siapa aja? 

Ann - Karen - Popuri - Mary - Elli.

Dari game ini, gue jadi dapet banyak pelajaran. Menurut gue, game nggak cuman buat main-main, refreshing, atau hiburan semata. Dari game, gue juga bisa mendapat banyak pelajaran yang diajarkan secara nggak langsung. Apa aja tuh?

1. Disiplin

Harvest Moon mengajarkan gue untuk disiplin. Gue sebagai petani di Harvest Moon nggak boleh males-malesan kalo pengin perkebunan ini sukses. Gue harus menjalankan rutinitas gue untuk menyiram tanaman, ngasih makan ternak, cari uang, dan sebagainya. Begitu juga di dunia nyata, gue harus disiplin. Dengan disiplin, gue jadi bisa sukses. Disiplin itu adalah kunci utama menuju kesuksesan. Tanpa disiplin, kesuksesan bakalan mustahil.

2. Time Management

Kita harus pinter ngatur waktu di Harvest Moon. Begitu juga di dunia nyata. Misalnya harus pinter-pinter ngatur waktu di ladang, kapan ngasih makan ternak, kapan PDKT sama cewek, kapan tamatnya nih game, dan lain-lain. Di dunia nyata, gue sebagai pelajar harus bisa ngatur waktu untuk tidur, main game dan belajar. Menurut penelitian, 1/3 hidup kita dihabiskan untuk tidur. Jadi, saran gue kalo kalian mau hidup 150 tahun, tidurlah selama 50 tahun.

Karena gue seorang pelajar, belajar menjadi salah satu aktivitas rutin gue... di sekolah. Kalo sekolah bukanlah tempat untuk tidur, maka rumah bukanlah tempat untuk belajar. Kalo tidur untuk kesehatan itu penting, kenapa sekolah mulainya pagi banget? #persoalan

3. Rajin

Di Harvest Moon, gue harus rajin dan nggak boleh bosen menghadapi rutinitas sehari-hari. Bangun tidur, langsung nyirem tanaman, terus ngasih makanan ternak, nambang buat nyari duit, dan mancing buat dapetin hati kamu. Eh ikan maksudnya. Di dunia nyata, gue adalah seorang yang pemalas. Saking malesnya, mau males-malesan aja rasanya males banget. Tapi dari Harvest Moon, gue belajar lagi bahwa dengan rajin gue bisa pinter. Menurut gue, orang pinter belum tentu rajin, tapi orang rajin udah pasti pinter. Orang pinter, minum tolak ang*in.

4. Kerja Keras

Berkaitan dengan poin 1 dan 4, kerja keras juga menjadi salah satu kunci menuju kesuksesan. Untuk sukses di Harvest Moon, gue harus bekerja keras dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 tahun. Di dunia nyata, gue harus bekerja keras dengan cara belajar. Sukses versi gue di dunia nyata adalah: membanggakan kedua orang tua gue. Tanpa orang tua, gue nggak bakalan ada di dunia ini. Jadi, kalo kalian udah sukses nanti, jangan lupain orang tua kalian. Jangan juga lupain temen-temen kalian saat kalian di bawah dan bukan apa-apa. 

Sekarang, gue pengin bikin orang tua gue kembali bangga dan merasa nggak sia-sia melahirkan anaknya ini. Saat gue menang lomba blog kemarin-kemarin dan sukses membuat buku pertama, orang tua gue bilang mereka sangat bangga. Gue seneng. Uang muka dari buku pertama juga udah gue kasih kepada orang tua gue. Iya, buat bayar uang sekolah gue + adik gue, bantu-bantu, atau buat keperluan lainnya.

Yeah, I really wanna make my parents proud. 

5. Tanggung Jawab

Berani berbuat, harus berani bertanggung jawab. Tanggung jawab itu bukan lo yang tanggung, gue yang jawab. Kalo di Harvest Moon, gue nggak ngasih makan ternak, ternak gue bisa sakit. Gue harus bertanggung jawab dengan membeli obat untuk menyembuhkannya. Contoh lain, di Harvest Moon gue diberi tanggung jawab oleh walikota untuk mengurus perkebunan. Maka dari itu, gue harus melaksanakannya dengan baik. Kalo nggak bisa, ya harus bisa tanggung jawab. 

Di dunia nyata, contoh gampangnya gue lagi nendang bola, terus mecahin kaca di ruangan kepala sekolah. Sebagai pelajar bertanggung jawab, gue harus mengganti kerugian ini dan meminta maaf. Begitulah...

***

Hal-hal diatas adalah pelajaran yang gue dapet selama bermain Harvest Moon. Saking senengnya sama Harvest Moon, walaupun gue udah SMA, gue masih tetep main meskipun sering dibilang "Kayak anak kecil, lo!" sama temen gue. Ejekan itu gue balas dengan "Kalo lo udah bisa namatin game ini, lo baru boleh ngejek gue. Hehe." Iya, orang lain nggak bakal ngerti serunya suatu game kalo belum nyoba sendiri. Dan sesungguhnya, game itu nggak mengenal batasan umur. *lanjut main*

Lo nggak bakal ngerti serunya Harvest Moon, kalo mainnya masih pake GameShark. - @kevinchoc
Kalo ada yang pengin cerita pengalamannya selama main Harvest Moon, share aja di comment-box. Sekian! \( ˘̶̀O˘̶́ )9

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

107 komentar:

  1. Game legendaris banget nih. Gue juga dulu sering main.
    Haha setuju deh kalau enggak bakal ngerti serunya main HM pakai gameshark. :D
    aah jadi pengen main lagi, semoga ada game sekelas dan mirip HM di konsol-konsol game sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game legendaris, mengalahkan WE kalo gue bilang hahaha.
      Gue sih lebih suka main HM BTN yang original ini :))

      Hapus
    2. kalo HM versi sekarang sih ya HAY DAY :D

      Hapus
    3. HM BTN ama HM FOMT apa bedanya gan, kagak ada bedanya kan, cuma beda grapik sama posisi kameranya doang..
      tp ane masih bingung jalan yang di tutupi batu besar ntu kagak bisa kebuka gan, gimane cara ngebukanya tuh ?, please i need a solution

      Hapus
    4. Pake palu yang udah diupgrade berkali-kali

      Hapus
    5. Masa kecil yang bahagia game yang paling saya favoritkan di waktu SD kelas 2 ,bahkan kakak dan ibu saya juga ketagihan kalo main HM BTN

      Hapus
  2. Seru sih ini game.. tapi kalau nggak ada instrukturnya nggak ngerti ceritanya deh hehe. Gue sendiri belum rajin dan sesetia itu sama game ini. Apalagi soal tamat.. akkk kapan tamatnyaaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan ada Mayor Thomas, tenang aja bahaha.
      Gue juga belom bisa namatin ini game, paling lama cuman sampe tahun kelima.

      Hapus
    2. Kalo game yang satu ini tamatnya cuman kalo udah nikah doank.
      kan memang itu goalnya. klo udah nikah mau di lanjutin lagi permainannya juga bisa.
      ntar ada event - event nya.

      Hapus
    3. Klo HM BTN ini tamatnya klo ugh tahun 10... Tahun ke sepuluh itu tahun paling terakhir... Gw tamatin ini game sampe 1 tahun lebih

      Hapus
  3. waaa... kangen banget sama harvest moon :(

    BalasHapus
  4. ahh jadi kangen sama harvest moon ini sampai2 Beli buku panduan buat main dan resep makanannya.
    huhuhu sayang PS1nya udh tak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga sampe beli tuh dulu, pas belum kenal internet. Sekarang apa-apa kan tinggal nanya om google. Tapi lebih seru nyari2 di buku kalo menurut gue hahah. Iya, sekarang kalo di PC/Laptop, biasanya ada PSX Emulator. Pake itu mainnya.

      Hapus
  5. game waktu gue SD sampe skarang kadang gue maenin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Game yang buat gue jadi petani juga sejak umur 10 tahun..

      Hapus
  6. Kalo gue mainnya harvest moon yang friends of mineral town di GBA.udah nikah sama Karen dan udah punya anak.abis itu gue bosen soalnya anaknya nggak gede gede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue pernah denger tuh, tapi tetep aja paling seru menurut gue ya yang Back To Nature.. Di HM BTN, gue belom pernah nikah sama Mary doang..

      Hapus
    2. kevin: di coba ja kev, aku lebih prever tokoh utama nikah dengan mary, wkwkwk susah di dapatin sih

      fais : seingetku ada yang blg mainin HM BTN itu eventnya 5 tahun klo lwat berarti maka itu dianggap tamat, tpi gtw ya, aku stop di tahun 3, PS1ku kasih sepupu

      klo iseng mainin ja HM BTN GBA yang ver, cwe, coba ja dapatin gray, susah loh, cerita agak beda dikit di awal tapi konsep sama dengan yang HM BTN yang ori (ver, cwonya)

      klo HM di PS2 ada 2, yang a wonderful life, aku maen cuma yah, berhubung dah kuliah, PS2 di kasih ke sodra yg lebih kecil, datanya di hapus deh dari memory card

      yang 1 gi karena aku gak sabar dengan gerakannya/ consolenya(settingan pemakainannya) jadi gk kumaenkan (padahal eventnya banyak yang bagus, seperti anaknya bisa kita latih walaupun gakkan besar)(maaf aku lupa nama yang 1 gi)

      aku saranin klo mo maen HM yang laen, ada satu yg greget juga, selain gambar grafik meningkat, ceritanya juga unik, HM TOTT (klo gk salah game NDS ato 3DS, aku lupa, soalnya maen di PC pke emu)

      klo nyari game lama tpi menyerupai HM aku ada rekomendasi walau game lama tpi bagus, Rune Factory (saran ja, jangan pernah memainkan yang ke tiga dlu bru memulai 1 n 2, soalnya yg ke tiga grafik lebih bagus n console lebih ringan) tapi 3 edisi itu sama sama bagus.

      klo ps2 ato psp bagi yang blm ngerti serunya HM ada saran cobalah maen inocentlife, walau consolenya dibikin sangat gampang, namun salah prediksi saja bisa tak tamat (game ini durasi 2 tahun)

      sekian, sorry panjang lebar

      Hapus
  7. game ini emang seru banget, salah satu favorit gue waktu SD.
    selain yg lo sebutin di atas, game ini mengajarkan untuk mencintai lingkungan. buang sampah pada tempatnya dan jaga hubungan baik sama tetangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoih, bener juga tuh. Percuma ya pendidikan tinggi-tinggi tapi buang sampah masih sembarangan x))

      Hapus
    2. nggak kok :v di tutor HMBTN itu kalau cara menghancurkan kayu sama batu dibuang ke kali :v

      Hapus
  8. Inget banget, di ps 1, ada versi bahasa indonesia. Di psp namanya, Harvest Moon : Boy and Girl. Kalo dulu aku nikahin si suster dan sering pingsan krn kebanyakan kerja. Dan masih main sampe skrg di psp. Btw, bisa nikahin lebih dr satu gak vin?

    BalasHapus
  9. dulu seru nih game! hahaha

    tapi sayang itu dulu...

    BalasHapus
  10. seru vin sebenernya, tapi sayangnya gue coba untuk poligami selalu nggak bisa, padahal bluefathernya yang jual ada dua versi...kenapa nggak 4 versi ya biar bisa nikahin semuanya?:D

    BalasHapus
  11. Haha. BTN ini emang game legenda. Waktu zaman SD-SMP biasanya jadi bahan obrolan hangat di kelas kalau nemu yg ganjil di game ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bener, kadang aja bisa sampe serius banget bahas game ini. Saling tanya satu sama lain kebunnya udah kayak gimana? x))

      Hapus
  12. gak tamat-tamat mainnya :I
    tapi salah satu game terbaik :D

    BalasHapus
  13. Ini game emang gak ada mati-nya, kemarin gue masih main game ini. oh iya bro, kalo gak salah game ini emang gak ada Tamat nya deh. karena kalo kita mati, langsung diterusin sama anak-nya. masalah, pelajaran. banyak banget deh pelajaran yang gue dapet dari game ini, lebih dari kamu haha.. di game ini juga gue belajar dalam ngegebet cewek LOL :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, makanya gue bilang jago banget kalo bisa namatin game satu ini. Kalo gebet cewek mah yang penting pinter SEPIK. x))

      Hapus
    2. dianggap tamat bila sudah punya anak bisa jalan, terus ke kota dengan kapal
      (klo gk salah pernah di coba n keluar credits)

      Hapus
  14. Duh, jadi kangen banget sama Harvest Moon. Game yang bikin saya betah di depan TV dan akhirnya dilarang maen PS sampai akhirnya PS saya harus dijual. Sungguh, perpisahan yang tragis. :'( Hiks, ini kenapa malah curhat? ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah canggih, di laptop atau PC pun bisa mainin Harvest Moon yang dulu ada di PS :))

      Hapus
  15. Walah bener bro, harvest moon kurang berkesan kalo pake gameshark/cheat gitu.. Suka banget lah sampe sekarang ini. Ini aja sering gue maenin di hp :)

    BalasHapus
  16. Gue main Harvestmoon: Back To Nature pas SD. Ngelatih bahasa Inggris kita juga, Vin. Hahahaha. Bagian paling seru itu pas ambil susu dari sapi kadang gue minumin aja. Trus kalo keliling kebun naik kuda. Dan kalo mandi sambil ngeremin telur, itu adem banget. Hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Walaupun ada versi bahasa Indonesia-nya, gue lebih milih main yang bahasa Inggris hahaha. Gue sih suka semua aktivitas yang lagi gue lakuin di Harvest Moon. Bahaha :D

      Hapus
  17. Gue pelajar sma berkelamin ganda yang rada ambigu gitu. Setiap pulang sekolah, pasti langsung nangkring depan laptop buat maen game HM. Dikelas gue paling antusias ngomongin game ini, mulai dari ejekan temen sampai mereka gue buat penasaran sama game ini dan akhirnya mereka ikut maen setelah gue kasih copy-an nya. Ehheehe,, sekarang gue mainnya udah nikah sama karen, punya anak tapi masih bayi. (HM Friends of Mineral town visualboy Gba). Kayaknya ini game kagak ada tamatnya deh. Oh iya mau tanya, digame ini bisa poligami nggak? gue maunya sama Ann :D menurut beberapa sumber yang gue baca di event selanjutnya karen bakal selingkuh sama rick :(
    masa iya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, tamatnya sampe kita bosen, bro. Nggak bisa poligami lah x)) Event itu hoax hehe.

      Hapus
    2. mw poligami? (gk bisa di bilang poligami jg sih)
      bikin savean data banyak2 pas kasih blue fheater silahakan save di tempat berbeda2 dengan pasangan berbeda2, maka kesannya poligami :p ketika ingin maen bareng ann tgl buka savean ann, mo elly tgl buka saveanya dst (just joke, jangan di bawa serius, tp klo mo di coba silakan)


      hatimu dengan karen gk boleh merah gi alias mendingin, maka saat tuh dia bakal selingkuh ke rick
      hbis tuh klo makin dingin, bisa cerai
      seingatku klo dah cerai bisa deketin yg lain (yang ini aku belum coba)
      event ini random bisa dapat to gk

      Hapus
  18. Harvest Moon yg gue mainin adalah Harvest Moon : Save The Homeland, lebih jadul dari Back To Nature. Mulai main dari kelas 2 SD sampai kelas 2 SMP, dan berakhir dengan CD Game-nya menghilang entah kemana. Pertama main Harvest Moon, sempet bingung ini mau ngapain (maklum pas itu masih kelas 2 SD, gak ngerti bahasa inggris) akhirnya yaudah dimainin semaunya aja. Pas mulai ngerti dikit-dikit, akhirnya tau di game ini ada 'must to do something' -nya. Mulai dari menanam biji jagung, kentang, main ke rumah kurcaci, cuma sebatas itu aja. Terus, pas sepupu gue yg gamers main ke rumah gue, dia pas main Harvest Moon langsung ngakak "kamu gak bisa main Harvest Moon ya?". Gue akhirnya diajarin cara main Harvest Moon. Biar dapet duit, bisa dapet kuda, beli sapi, dll, harus kerja dulu. Kerjanya di peternakan kuda orang lain, susu dari sapinya bisa diminum. Kalo mau dapet kuda, harus ngasih selai Blueberry ke bos peternakannya itu. sejak itu.... Gue kecanduan main Harvest Moon. Setelah satu tahun, gue akhirnya bisa beli rumah baru termasuk dapur sama peternakan gue yang sukses.


    Gue juga berhasil dapetin Katie, meskipun di game Harvest Moon versi ini gak bisa 'Nikah', tapi gue seneng. Rutinitas gue tiap hari adalah bangun tidur, ngasih makan anjing, ngeluarin sapi sama kuda dari kandang ke ladang rumput, bersihin badan mereka, ngelatih kuda, memerah susu, kadang gue masih kerja meskipun duit gue udah banyak.kalo menjelang sore, gue ngeliat matahari terbenam bareng anjing gue. malemnya, gue ke bar, terus tidur. Pas gue kelas 6, ada temen gue yg punya buku panduan game Harvest Moon. Lengkap sama resep bikin makanan di dapur. Pas gue SMP, gue udah gak main lagi soalnya sibuk sama tugas-tugas. Baru pas kelas 2 SMP, gue kangen main Harvest Moon. Gue obrak-abrik kardus isi kaset Game, dan ketemu CD Harvest Moon. Akhirnya gue main lagi :)) menjelang kenaikan kelas, pas gue mau main lagi, CD-nya ilang entah kemana. Mungkin rusak gara2 keseringan gue mainin, atau.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, dulu gue juga main Harvest Moon Save the Homeland, tapi sayang nggak bisa nikah. Gameplay-nya lebih ke sosialisasi sama penduduk. Nyelsain quest dan kerja di peternakan kuda x)) Btw, thanks komennya :D

      Hapus
  19. haha. . Bener banget bro,
    gue juga hampir kena virus nih game. Untung aja gue bisa ngelak.
    Waktu itu (di game) gue udah punya istri dan sudah hamil, punya bnyak ternak dan kebunya rapi banget. Sempet gue tulisi nama gue dirumput yg ada di kebun gue. . Asudahlah, itu masalalu yg menyenangkan. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buset, gue aja kagak sempet nulis nama di rumput x))

      Hapus
  20. Dulu aku sering main di Gameboy Advance , udah nikah ,mau punya anak ehhhh kena virus jadi setiap main aku gak bisa ngesave #miriss TT^TT .... tapi dulu aku gak ngerti mainnya jadi asal main ehh sampai tahun kelima hati dokternya udah merah gak nikah-nikah untung ada saudara sepupu yg juga suka main juga kasih tau ke aku -__-" wuihhh akhirnya nikah ....tapii kena VIRUS o__o ! Aku yang masih kecil (belum arti kena virus) nuduh2 kakak aku (nuduh kakak ngetik new game di gamenya) sambil nangiss ...>__< ! Sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian kena virus hahaha. Main yang Back to Nature, dong. Lebih seru hehe :D

      Hapus
  21. susah bro,susah dapat power berrynya

    BalasHapus
  22. hahaha jadi flashback ke masa lalu, aku main ini waktu SD. nikah sama elli yang suster itu vin. emang harvers moon ini gameplaynya oke. terus grafiknya juga lumayan untuk kelas PS1. kalau yang PS 2 nya aku lebih suka main the sims sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. PS2 terlalu kompleks alur ceritanya, kerasa kurang "pas" kayak HM Back To Nature ini.

      Hapus
  23. Gua pernah waktu itu, saking gua penasaran bisa kawin dua kali apa kagak akhirnya gua ngechit bluefeather dari PEC. Eh ternyata bisa, gua kawin lagi sminggu kmudian. Tapi istri kedua gak dirumah.tapi bakalan berhubungannya kalo ada festival atau event2. Kaya kembang api gitu elu gak bisa nntn ama istri pertama, tapi bisanya ama istri kedua. Seru dah HM Back to nature. Ann tomboy nya bikin nyantol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kalo normalnya, cuman bisa sekali nikah kok bro.

      Hapus
  24. dulu saya pernah maen hampir sampe tahun ke 20 ps nya rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gue juga gitu main sampek 29 tahun lagi tapi sayng nya udah rusak

      Hapus
  25. Download ke laptop itu gimana ya, Vin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada caranya kok. Kita pake emulator gitu :)

      Hapus
  26. Oke vin, makasih. :3

    BalasHapus
  27. Inget pas beli CD nya. Si mbak yg jualnya bilang 'ini game nya susah'. Ternyata bener -_- karena belum gitu ngerti inggris. Dikira cari duitnya, hasil Panen di kasih ke penduduk.

    Selidik selidik temen di sekolah main juga dan akhirnya tau cara dapetn duitnya...

    Seru, sekarang juga massih suka main di emulatornya.. Tapi lebih asik main di consule nya..

    BalasHapus
  28. kalo main harvest moon gue lebih sering siang sampe malem, sampe2 nyokap ngebawelin. tapi gue lebih suka jadi petani bang same sakit terus pingsan dibawa ke dokter, sering banget. apa lagi pas kawinnya, haha

    BalasHapus
  29. sampe saat ini pun di saat senggang kuliah gw, gw masih mainin nih game, gw ulang - ulang dari tahun pertama terus aje kaga bosen2, malah kadang jokiin temen mainin berapa bulan pertama biar g susah.. wakakaaka,,, hidup Harvest Moon BTN..

    BalasHapus
  30. Gue lupa gue udah sampe tahun berapa, tapi seinget gue harvest moon btn gue nikah sama ellie sampe punya anak, anaknya udah gue kasih susu emas tapi gak gede-gede. Eh akhirnya gamain2 lagi sampe situ wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, anaknya emang nggak bisa gede-gede :))

      Hapus
  31. sama gua juga kangeun sama game satu ini

    BalasHapus
  32. cara donlod di android gimana ya? thanks :D

    BalasHapus
  33. Gue udh punya anak gue nikah sama yg diperpus eh pas ps1 gue rusak gue udh gamain lagi padahal gue udh dapetin bebrapa ikan legendaris ada yg udh pernah tamat belom disini?

    BalasHapus
  34. kalo pake gameshark/cheat/codebreaker/dll cause gue saking lamanya maen ini game sampai gak kaya kaya

    BalasHapus
  35. ah baca ini jadi kangen..sayang sekarang gapunya ps(udah gede ga dizinin)-__-" dulu sih main game ini smp udah tamat tetep terus diulangin lagi..gapernah bosen dah!! udah nyobain nikah sm popori,ken,elli,marry,dan ann ,dan udah pernah punya anak semua smp anaknya bisa jalan :D lucu ananya harvest moon :3

    BalasHapus
  36. kk kevin gk pke cheat engine ?? kyk ane :3 lebih sedep
    duit nya

    BalasHapus
  37. Maaf.. baru liat.. by the way.. gua juga suka mainin ginian, dari yang bisa cuma cangkul-cangkulin tanah gajelas ngapain, sampe akhirnya ngerti dan bisa punya anak.

    Gua cukup tertarik sama blog lu yg ini ko.. karena [gue main gapake gameshark]
    banyak kok apa yang gua dapet, dan sorry ya baru sekarang komentar, karena gua tau Kevin Anggara belakangan ini aja dari Instagram

    nett_arr

    BalasHapus
  38. eh, sorry baru liat post ini juga :D
    setuju banget, game ini seru.banget. eh masak, kata om gue yang gamers parah, dia bisa pindah ke kota kedua di HM BTN.. trs, karena pengetahuan itu, gue jg makin penasaran maininnya, tp belom bisa-bisa sih sampe skrg, karena udah jarang main hehe. katanya kalo pake gameshark ga bisa, trs harus sampe 70an persen gitu, trs tiduran di jembatan gantung yang ada di gunung, nanti bisa pindah. tapi gue sendiri ga tau sih kebenaran dari berita ini, kata om gue sih dia dulu udah pernah membuktikan, tapi gue ttp ga yakin 100%. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, hoax itu boong. Kecuali dia yang bikin gamenya :))

      Hapus
  39. Game ini kan nggak ada tamatnya nih...
    Kalo biar perkebunan dan PDKT nya sukses, kita kan harus melakukan hal-hal itu dengan baik-baik gitu, misalnya kalo mau nyiram tanaman, dicium dulu tanahnya. Kalo mau ngasih makan ternak, dicium dulu ternaknya. Biar lebih happy gitu.
    Nah, nyata nya juga. kita harus berpikir kalo hidup itu harus dijalani dengan bahagia, karna bahagia itu nggak ada habisnya.
    udah sih gitu aja, nggak nyambung memang.

    BalasHapus
  40. gan,klo main pakie emulator di PC bisa gak peke vga bawaannya?soalnya aku main pake vga bawaannya pas taun ke 2 musim sumer gambar game nya rusak,,jadi gak bisa lagi mau nerusin BTN nya,,

    BalasHapus
  41. game dimana lo tau rasanya ditolak cewe secara virtual XD

    BalasHapus
  42. meskipun gue dah tau game ini, tapi...
    apa cuma gue yg belum pernah nyoba game ini :( (1xpun belum pernah maini nih game, cuma liat2 cara main temen aja)
    ternyata banyak juga ya hikmah game nih :') thanks @kevinchoc :)

    BalasHapus
  43. Gue juga suka harvest moon. gue kenal harvest moon sejak gue kelas 2 SD (2002) karena dulu gue sering main PS di rumah tetangga gue.. dulu jg sempet pnya di komputer tapi yang versi ceweknya. sekarang sih gue udah gak punya. susah nge instalnya

    BalasHapus
  44. Saking legendarisnya, sampe di jadiin film loh :D

    BalasHapus
  45. Game dari jaman gua TK pun ini game tetep keren dan melegenda menurut gua dan cici gua :v ampe cici gua ada buku panduan game Harvest Moon : Back To Nature. Sekarang udah ada game nya di hp tpi harus pake app khusus

    BalasHapus
  46. vin anaknya dah bisa jaalan blom ?

    BalasHapus
  47. Yeah. Nostalgia
    Guru Bahasa Inggris gw nih :D

    BalasHapus
  48. Kak Kevin , beli game harvest moon nya dimana ? Terus mainin nya pake apaan ? Aku punya sih tapi di nintendo ds yang hampir mirip kayak gitu

    BalasHapus
  49. Review dota2 dong bang

    BalasHapus
  50. vin, perbedaan HM BTN versi Indonesia sama Bahasa Inggris dari mananya? selain bahasa -_-

    BalasHapus
  51. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=908426602560473&set=a.361612323908573.80526.100001794260110&type=1&theater < kenapa seperti itu yah setelah HVN saya pindah bulan/musim , terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  52. Gamenya seru,cuman mainnya ngk tamat tamat,jdi main smpai bosen -_-

    BalasHapus
  53. Vin.. cerai sama istri kita bisa gak di harvest moon BTN
    soalnya gue lagi iseng-isengnya ,kayak mana sih ceraiin pacar
    Ha HAha....... (gue udah tahun ke-9

    BalasHapus
  54. saya juga masih main.oh ya.kak kevin udah punya rumah di gunung dan di pantai

    BalasHapus
  55. Hy Kevin gimana caranya agar bisa rubah harvestmoon boy and girl dari bahasa inggris ke indonesia.???
    TOLONG DI BALAS OK........

    BalasHapus
  56. curhat dikit gpp ya hehehe

    Ini games udh dari gue jaman kelas 2 sd sampe sekarang kelas 1 sma
    Ga ada abis nya dan bosen nya kalo udh main versinya banyak tapi tetep asiklahhh jaman kelas 2 gue main di DS pemeran utama nya si Claire (cewe rambut pirang sebenernya nama nya bebas tapi yg gue tau nama aslinya claire) setalah gue tau ada di PS gue main di ps gue dapet yg boy (jack) yg jack cepet nikah nya .-. Nikah nya sama muffy(anak pemilik bar) tapi yg satu sama clare(yg penjual bibit) ok gue cerita yg nikah sama muffy aja ya anak nya udh gede :D seneng banget si jacknya rambutnya putih gitu hahahaha
    Setelah kelas 6 gue fokus un smp gue jarang mainin waktu gue sma gue kangen ahirnya gue cari lah di hape gue game harvest moon dan ternyata ada gilaaa seneng banget ok penampilanya aga beda tapi tetep seruuu dah ga ada duanya di HM ds gue bingung kok susah bngt ya nge buat hati cowo bewarna hahahaba lalu kalo mau kuda lama banget..... waktu itu ds gue nge-error jadi HM gue tahun ke-200-an (beneran) gue dikasih kuda ahirnya sama takakura seneng bangettttttt
    Kalo di ps cepet banget .-. Waktu musim ke-2 itu spring atau summer gitu dah dikasih kuda sama takakura lalu dikasih blue father sama kurcaci (HS) waktu tahun baru cewe itu yg dateng kerumah (gue main yg cowo kalo yg di ps) ahirnya nikah sama muffy punya anak
    Dan sekarang gue main di android aga beda denahnya hehehehe tapi tetep seru gue mainin claire lagi gue blm pernah mainin yg cewe rambut coklat jd gue ga tau nama nya .-.
    Di hp(android) ahirnya gur main masih new sih berapa minggu yg lalu gue download tapi sekarang udh year 2 spring :)
    Ya sekian deh pengalaman main game yg legendaris ini hehehe

    BalasHapus
  57. Kak Kevin,udah pernah main HM Boy&Girl ? Kalo udah,pas yang versi cewek dah nikah aku denger dari orang kalo habis nikah langsung tamat sebelum punya anak dll tapi ada juga yang bilang habis nikah bisa juga punya anak... Yang betul yang mana sih ? Bingung nih T^T
    Aku main game ini dari kelas 4 SD sampe sekarang kelaa 7 masih maen XD

    BalasHapus
  58. kak coba main harvest moon hero of leaf valley.itu agak susah deh nyelesain event2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang kok.. persis yang ps2 hahaha
      cuma bedanya bisa nikah yg ini #ngacir

      Hapus
  59. Ohhhhkkkk Ternyata Idona Gw Suka Maen HM BTN Berarti Kita Sama Dong Gw Juga Suka Banget Maen HM BTN Malah Semua Game HM Mau Gw Download Tuh Dari Mulai HM GBC3 Sampe Yang Sekaran Baru Keluar Udah Gw Download Tuh YANG HM Seeds Of Memories ........Hahahahahaha :D

    BalasHapus
  60. Hi bro skrng masi main gamenya?? atau uda tamat

    BalasHapus
  61. Coba Seri River King atau Rune Factory
    Setipe tapi beda....

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).