Kevin Anggara: Yang Penting Nggak Penting? Nyunyu.com Jawabannya

Yang Penting Nggak Penting? Nyunyu.com Jawabannya - Kevin Anggara

Yang Penting Nggak Penting? Nyunyu.com Jawabannya

Tulisan yang cerdas adalah tulisan yang membuat pembacanya mikir. Kayak misalnya, apa situs anak muda terkini yang seru banget? Iya, bener. Nggak usah mikir juga kalian udah tahu jawabannya: kevinanggara.com... eh maksud gue nyunyu.com. Bentar lagi udah mau tahun baru 2014, dan kalian belum tau apa itu nyunyu.com? Let me explain to you. 

Nyunyu

Nyunyu.com adalah sebuah situs kreatif, yang dibuat oleh anak muda, dan ditujukan untuk anak muda juga. Kira-kira, begitu info yang gue dapet dari sini. Gue masih inget persis, dulu, tagline nyunyu.com masih "Yang Muda Yang Berjaya". Coba search keyword itu di google, dan kalian bakal mendapatkan nyunyu.com nangkring di page pertama. 

Seiring naiknya harga cabe-cabean (bukan konotasi) dan meningkatnya kebutuhan manusia akan WiFi gratis, situs yang dibuat pada tanggal 3 Februari 2012 ini pun mengubah taglinenya menjadi "Yang Penting Nggak Penting". Kenapa begitu? Karena bagi nyunyu.com, semua yang penting bakalan dikemas secara nggak penting. Dan semua yang nggak penting bakalan dikemas secara penting. Karena itu, yang penting nggak penting!

Gue sendiri udah tau situs nyunyu.com dari 2012. Awalnya sih cuman seneng baca-baca aja dan iseng buat akun biar bisa main di #MasihSingle. Tapi karena (lagi-lagi) lupa password, belum lama ini gue baru buat akun lagi. Ini nih akun Nyunyu gue: 


Nyunyu

Di nyunyu.com, gue sering mantengin rubrik MAIN ARTICLE. Isinya adalah artikel-artikel seru nan menghibur tentang fenomena sehari-hari yang bisa bikin kita mikir, "Anjir, bener juga! Kok gue nggak kepikiran, ya!". Artikelnya menarik, karena dikemas secara ringan dan santai. Bahasa yang dipake juga bahasa anak muda bingit

Nyunyu

Nah, menu MAIN ARTICLE ini bisa kita klik, dan nantinya bakalan muncul rubrik-rubrik yang berkaitan. Article, ibaratnya timeline twitter yang isinya artikel-artikel dari #nyunyuTEAM. Rekomendasi, sesuai dengan namanya, artikel-artikel pilihan rekomendasi yang hacep bakalan ada di sini. Pemadam Kelaparan, nah ini yang nggak boleh dilewatin. Selain bisa bikin laper, review beberapa tempat makan juga disajikan dengan informatif dan pastinya bikin makanannya berasa langsung ada di depan kita. Saran gue, siapin banyak tissue karena kalian bakalan ngiler. Events, berisi tentang event-event terkini yang up to date. Buat yang ngaku gaul banget, harus selalu mantengin rubrik satu ini, nih. Dan yang terakhir, Nyubrol. Nyunyu bakal ngundang tamu-tamu keren buat diwawancarain atau sekedar diajak ngobrol santai. Gue termasuk salah satu yang pernah masuk rubrik ini. Artikelnya bisa dibaca di sini

Yang penting nggak penting!

Masih seputar menu di nyunyu.com, selanjutnya ada rubrik Kosanyu (Komik Sarang Nyunyu). Berisi tentang komik-komik kocak, yang setau gue, dulu bakalan rilis setiap pukul delapan malam. Komik-komiknya mewakili isi hati pembaca, karena diambil dari hal-hal yang terjadi sehari-hari. Ayo, update lagi dong rubrik ini, Nyu!


Nyunyu

Ini dia, rubrik bagi para jomblo yang maunya dipanggil single: #MasihSingle. Di rubrik ini, para member nyunyu.com bisa nyari pacar loh. Yang lebih kerennya lagi, ada fitur yang bisa mengatur pencarian sesuai dengan keinginan kita. Iya, kita bisa ngatur pencarian berdasarkan gender, umur, hobby, kota, sampai nama. Tapi saran gue, jangan ngatur pencarian sampai kayak gini: 

Gender: Female. Umur: <= 19. Hobby: Bermain Musik. Kota: DKI Jakarta. Nama: Handoko. 

Nggak bakalan nemu! 

Buat yang suka curhat dan bingung mau nampung curhatannya di mana, tenang... Di nyunyu.com, ada rubrik #PojokGalau yang siap menjawab setiap keresahan dari kalian. Rubrik ini dibagi dua lagi, ada Solushit dan TTM (Tanya-Tante-Mer). Kalo di Solushit — yang curhatannya bakal dijawab oleh Alitt  biasanya konsultasi seputar cinta-cintaan doang. Nah, kalo di TTM, lebih ke curhat yang personal dan berbau dewasa. Biasanya, remaja yang penasaran dengan hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa bakalan konsultasi di sini. 

Karena nyunyu.com itu kreatif, tentunya nggak cuman artikel berisi tulisan-tulisan aja yang ada. Di #NyunyuTUBE, ada dokumentasi berupa foto dan video yang dibuat oleh #nyunyuTEAM. Yang paling gue suka, mungkin interactive video "Modar Kombat!" dan "Berbagai Macam Ekspresi Jangan".

Yang terakhir, mungkin termasuk salah satu event juga, namanya FESTREEVAL. Itu tuh, lomba poster dan foto dengan tema "My Tree My Life". Salah satu ajang lomba yang mengajak kita untuk peduli dengan lingkungan. 

Yang penting nggak penting!

Kalo buka situs nyunyu.com, coba deh kalian perhatiin lebih detail. Di bawah slider, ada menu lagi seperti gambar di atas ini. Menunya bisa kalian geser ke kiri dan ke kanan, sesuai kebutuhan. Isinya adalah kategori-kategori dari MAIN ARTICLE tadi. 


Nyunyu

Buat yang udah kenal Nyunyu dari lama, pasti tau siapa tokoh pada gambar di atas. Yap, pasangan absurd si Burhan dan Anyep. Sekarang udah jadian belum, ya?


Nyunyu

Di Nyunyu, tiap minggunya ada rubrik Weekly Coys! dan Weekly Playlists loh. Ketinggalan artikel-artikel seru? Jangan takut, semua artikel pilihan yang menarik bakal dirangkum di Weekly Coys! Nah, di Weekly Playlists, ada playlist-playlist pilihan tiap minggu yang punya tema berbeda. Misalkan playlist dengan tema penyalur kebencian, lagu yang bisa bikin ketiduran, lagu yang bisa jadi moodboster (kata Oka, sih, mdbstr) sampai lagu biar kamu berani ungkapin cinta



Nyunyu

Buat yang suka bengong sambil natap Baygon, sekarang kalian udah punya temen nih. Daripada natap Baygon, mending main ke rubrik Temen Bengong di Nyunyu. Di sana, ada video-video yang bisa nemenin kalian bengong sambil lupa kalo di depan kalian ada Baygon. Gue suka Temen Bengong edisi video timelapse. Kebetulan, kemarin gue baru belajar bikin timelapse
NYUNYU

Buat yang mau daftar jadi member di nyunyu.com, gampang loh caranya. Tinggal ngisi fullname, username yang kalian pengen, dan password di kolom "Daftar Akun Baru". Cara lain, bisa juga daftar dengan akun facebook kalian. Tinggal klik "Sign Up for Nyunyu Sosmed" aja. Kalo udah, tinggal login, deh. 


Nyunyu

Mengenai tampilan Nyunyu di desktop version, udah sedikit gue kasih liat gambarnya di pembuka tulisan ini. Tampilannya yang sekarang terkesan flat dan minimalis. Untuk mobile version (gue biasa buka dari iPhone), tampilannya juga nggak kalah elegan. Plus responsif pula. Saran gue ke depannya nanti, Nyunyu bikin apps buat para pemakai gadget, mau itu buat Android ataupun iOS. Tujuannya: biar para pengguna gadget nggak melulu sibuk chatting atau sekedar scrolling timeline twitter di kala jenuh, tapi malah buka apps Nyunyu! 


"Eh, lo ngapain? Seru banget, lagi stalking timeline siapa sih?"

"Nggak, ini gue lagi buka apps Nyunyu. Download dong, artikel-artikelnya seru loh!" 

***

Gue curiga, nama Nyunyu berasal dari kata unyu yang diunyu-unyukan. Unyu, kan? Jadinya Nyunyu, deh. Selama gabung di situs berlogo burung hantu unyu ini, gue jadi punya banyak bacaan yang menghibur dan temen-temen baru. Dari Nyunyu, gue kenal penulis-penulis keren kayak Oka, Fallen, Alitt, Todjon, Enad, dan masih banyak lagi. 

Dari tulisan-tulisan mereka di Nyunyu, gue belajar banyak. Bahwa dari hal di sekitar kita aja, apapun itu, bisa dijadikan sebuah tulisan yang menarik. Dari kegelisahan dan keheranan kita terhadap suatu hal, bisa dijadikan tulisan dengan sudut pandang diri kita sendiri. Karena, mengutip dari Raditya Dika, menulis adalah menjawab kegelisahan. Kita menulis untuk menjawab kegelisahan pembaca. Kalo kita banyak kegelisahan, berarti kita juga banyak penderitaan. Tapi, nggak apa-apa. Banyak penderitaan, banyak juga karya yang dihasilkan. Ini yang namanya menderita tapi bermanfaat

Ke depannya, semoga Nyunyu makin kreatif, seru dan berjaya. Membernya makin banyak juga pastinya. Mari, kemas sesuatu yang penting jadi nggak penting, dan yang nggak penting jadi penting. Karena bagi nyunyu.com... Yang Penting Nggak Penting!

Nyunyu

Ikut seru-seruan juga yuk bareng Nyunyu! Nyunyu lagi ngadain testimony contest buat para blogger di Indonesia. Caranya? Gampang. Tinggal tuliskan testimoni tentang website nyunyu.com di blog pribadi kalian. Selengkapnya, kalian bisa baca ini. Eh iya, yang nggak kalah keren, kalian bisa ngirim artikel loh ke Nyunyu. Siapa tau nanti kepilih buat dipajang dan tentunya makin eksis, deh. Tulisannya maksud gue. How to Send Article.

NYUNYU, Yang Penting Nggak Penting!

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

85 komentar:

  1. sebenernya dari kata new new.. tapi akhirnya nemunya jadi nyunyu

    hahahhhaa

    tulisanya bagussssss

    salam kenaal

    * pertamax komenn LOL *

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, akhirnya terjawab sudah... \o/

      Hapus
    2. keren, tulisannya dikomentarin kak Barlieve :)

      Hapus
    3. Semuanya juga kayaknya dikomen sama kak Barlieve hahaha \o/

      Hapus
    4. yang bener? gue nggak tau hahaha.
      gue ikutan juga deh haha
      haha
      ha

      Hapus
    5. Siap bos('-')7
      anak Jamban siap jadi juara 1, 2 dan 3!

      Hapus
    6. punya gue belom dijamah kak Barlieve kayaknya ._. hahaha

      Hapus
    7. kak Barlieve itu bukannya sesepuhnya nyunyu ya vin? huwaaa... di kunjungi sama petingginya :D

      Hapus
    8. Yoyoi. Kalo nggak salah, kak Barlieve tuh yang jadi Maemunah di Malam Minggu Miko X))

      Hapus
    9. kirain dari kata unyu-unyu. soalnya adminnya unyu unyu :v haha

      Hapus
  2. lama ya gue ga kesini._.

    nyunyu dari dulu emang keren. duh jadi kangen burhan sm anyep. mereka berdua menghilang tbtb...

    smg menang ya, duit 2,5 lumayan buat beli kuaci.

    BalasHapus
  3. Nyunyu website favoriitttt!
    Bdw, gue tau blog lo dari Nyunyu lhooo! Kwuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gua juga sama, awalnya kan gua ngepoin kk kls gw gtu, trus nemu nyunyu.com eh kepo kan asek juga seru baca aja korek2 smpe nyasar ada di kolo komen lo vin wkwk

      Hapus
  4. Wah, keren nih lombanya. Semoga bisa ikutan.. Vin, minta duit dong~ #YangPentingNggakPenting

    BalasHapus
  5. nyunyu tuh bikin lupa waktu, sama bikin ketawa-ketiwi sendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga Nyunyu, artikelnya seru-seru dan pastinya bikin lupa waktu. :p

      Hapus
  6. cieee yang ikutan lomba juga....
    moga dapet juara 2 ya vin. biar gue juara 1 nya hahahaha *Katawa Naga*

    BalasHapus
  7. Selintas kebacanya unyuunyu yaa :D

    goodluck kontesnya ^^

    BalasHapus
  8. Waah ikutan Nyunyu contest juga yaa! SAINGAN BERAT nih, heheh, kita bisa bersaing secara sehat aja deh :peace. Eh, baca juga yaa artikel gue, sekalian minta komennya juga, hihihi:
    Terbongkar, Rahasia Nyunyu.com Yang Nyunyu Team aja Ngga Tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo.. Rame nih yang ikutan Nyunyu testimonial contest, wah :D

      Hapus
    2. Iya bener, rame banget yang ikutan, saingannya berat berat lagi (kyk kamu vin), hahaha, tapi gpp, seperti kata Ippho Santosa "Persaingan Itu Indah" btw sorry nih komennya ngga pake akun gugel lg nyoba pke browser baru :D

      Hapus
  9. Huanjir, kevin ikutan jugak! Keras ini mah saingannya. :'(

    BalasHapus
  10. Balasan
    1. Unyu, ya, postingan gue bahahaha..

      Hapus
    2. Kak Dara Prayoga juga mampir. widih, keren lo vin \o/

      Hapus
  11. mantep dah, makin sulit aja gueh ikutan ga ini~ haha

    BalasHapus
  12. Iya, gue juga suka buka nih kalo ngga ada kerjaan. Malesbanget versi anak muda gitu. Goodluck buat kontesnya ya vin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyoi, bener. Versi anak muda. Amin, makasih, di. :D

      Hapus
  13. Balasan
    1. Anyway, makasih buat +1 pageviewnya. Gue yakin kok, elu adalah salah satu peserta lomba yang mungkin takut tersaingi. Sampe-sampe make akun anonim buat ngatain gue. Hehe :))

      Hapus
  14. huah,,kereeeennn bangeeettt~~
    *mau ikutan juga jadi minder nih..
    anw blog nya keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru harusnya termotivasi buat yang lebih keren :D

      Hapus
  15. Sorry nih baru melipir dimari hehehe, semoga ilmu nulis lo nular ke gue ya vin. Tulisan lo juga keren \o/

    BalasHapus
  16. yah kalo lo ikutan ntar udh pasti lo yang menang ini mah hiks :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, nggak lah. Ini kan lomba SEO. Yang lebih disuka Google bakalan menang :p

      Hapus
  17. Vin, punya gue diliat yak http://pujaputri.blogspot.com/2013/12/nyunyu-is-ours.html#more :D

    BalasHapus
  18. Beh, saingan berat. Kamu ngalah aja, yuk. Biar ketjeh! Hahaha. <--- Ini bercanda.

    BalasHapus
  19. Wah, lengkap banget nih ulasannya. Keren-keren... *melipir*

    BalasHapus
  20. wah saingannya berat-berat nih, hmm...tetep semangat ah! hehehe :D

    BalasHapus
  21. gue ikutan ah vin.. inspirasinya ada yang dari lo juga nih xD

    BalasHapus
  22. komentarin tulisan gue juga dong vin ~> Yang Penting Itu Nyunyu.com! http://sumantolol.blogspot.com/2013/12/yang-penting-itu-nyunyucom.html#more

    BalasHapus
  23. Sukses vin, semoga menang... kalau menang bagi-bagi yaa.. mueheheh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menang, mah, gue bagi-bagi, cup.. hahaha.

      Hapus
  24. Sukses mas bro keren banget tulisannya :D

    BalasHapus
  25. udaah, menang dah lu, menaaaang!!!!! haha

    BalasHapus
  26. Wah saingan berat kayaknya lo deh vin. Sumpah, reviewnya keren dan lengkap banget. Good luck!

    BalasHapus
  27. apa cuma gue disini yang gak bisa ikutan gara-gara gak bisa buka nyunyu.com?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa nggak bisa buka? Gue lancar-lancar aja, tuh~

      Hapus
  28. Wah saingannya mastah blogger nih. Nyerah deh nyerah.. :(

    BalasHapus
  29. Gue harap nyunyu ini bisa berkembang dan jadi populer seperti Malesbanget.com jadi website kreatif anak muda semakin banyak deh!

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).