Kevin Anggara: Kotak Surat: Hari Sabtu, Buku Kedua, dan Pacar

Kotak Surat: Hari Sabtu, Buku Kedua, dan Pacar

Mengingat fungsi email kebanyakan hanya dipakai untuk membuat akun sosial media dan ngirim-ngirim tugas, gue kepikiran membuat segmen baru lagi di blog ini. Iya, segmen yang berkaitan dengan email ini berawal dari cukup banyaknya email yang masuk ke kotak surat gue. Rata-rata, pertanyaannya sama semua. Jadi, biar gue bisa meminimalisir pertanyaan yang sama masuk lagi, gue bakalan jawab dalam bentuk postingan agar bisa dibaca oleh semua orang. Dear email, tugas kamu bertambah satu: jadi bahan postingan. 

Gue emang nggak terlalu kreatif dalam menciptakan nama. Menurut gue, menciptakan nama baru itu susah. Apalagi kalo harus dipaksakan fokus menciptakan nama dalam waktu tertentu. Ya, sesuatu yang dipaksakan itu emang nggak enak. Jadi, gue nggak terlalu fokus banget mikirin nama segmen baru ini. Semuanya datang secara tiba-tiba. Kayak ilham. Nama "Kotak Surat" ini muncul dari nama aplikasi "Mailbox" di smartphone gue. 

Cuman diterjemahin. 

Satu hal lagi yang mendukung gue menggunakan nama "Kotak Surat" adalah: banyaknya bio twitter orang-orang yang mencantumkan email dengan format "email:" atau "Contact Person:" Yaudah, biar beda, gue mencantumkan email dengan format "Kotak Surat". So, pada postingan kali ini, gue bakalan bongkar-bongkar isi kotak surat. Silakan disimak. 

Surat

Dari Michelle Natasha

Vin, waktu awal-awal lo ngeblog, sering ngepromosiin secara langsung ke temen-temen lo gak? Apa cuma lewat jejaring sosial?
Terus pernah gak diledekin sama temen-temen lo gara-gara tulisan lo di blog?
Ada gak hal pahit yang lo rasain di dunia nyata gara-gara lo suka ngeblog?
Thank you!:D

Tertanda, 
Fans lo yang single. (@zasha89)

Pas awal-awal ngeblog, promosiin ke temen sih cuman suruh baca. Kalo dibaca aja gue juga udah seneng kok. Apalagi dipromoin lagi ke temen-temennya, terus temen-temennya yang udah baca, promoin lagi ke temen-temennya, kalo begitu terus, beh.... 

Nah, kalo promo di sosial media sering banget. 

Soal diledekin, mungkin pas postingan gue yang ini. Hal pahit di dunia nyata gara-gara nge-blog: lupa waktu, lupa mandi, lupa makan, lupa minum, lupa tidur. Ya, itu sih wajar dan semuanya pasti pernah ngerasain. Pas lagi asik-asiknya blogwalking, dalem hati bilang, "Habis baca ini, gue mau makan dulu" Kenyataannya: keterusan baca, lupa makan.

Tertanda,
Idola lo yang single.

***

Dari Azkiya Karima

Vin lo biasanya kalo udah ke habisan ide banget mau ngeposting apa, lo bakal ngapain ? Atau nyari ide dimanaa gitu ?

Kalo udah kehabisan ide, posting tulisan tentang kenapa gue kehabisan ide. Atau alternatif lain: tentang kegiatan gue di hari tersebut. Tapi... sampai sekarang gue belum pernah kehabisan ide. Soalnya, ide itu ada di mana-mana, sih. Asal kita peka. Hehe. 

***

Dari Rizta

Hey! Malam @kevinchoc 
Aku baca tweet kamu soal "Kotak Surat" buat bahan di blog kamu, so ini kesempatan aku juga buat nanya-nanya soal nge-blog.  

Sebelumnya, makasih nih kevin udah ngadain "Kotak Surat". Perkenalan dulu yah hehe..
Aku @RiriRizta, kelas XII SMK, blog kamu termasuk blog favorite aku. Tampilan blognya, materinya, gaya bahasa, ilustrasinya, semua aku suka. Buku kamu juga! Menarik, koclak, dan (lumayan) informatif :)

Jadi, yang mau aku tanyain adalah...

1. Aku seneng nulis dan seneng baca. Bahkan udah bikin alamat blogspot-nya. Jadi, sebaiknya kalau jadi pemula di blog itu harus gimana ya? Biar aman, pertama kali nge-post itu materinya yang kaya gimana sih?

2. Gimana sih caranya ngatur waktu dan mood supaya, nge-blognya itu tepat waktu dan kesannya gak maksain?

3. Kalau kita punya ide buat di jadiin bahan tulisan di blog, perlu gak sih minta pendapat dulu sama temen soal ide materi kita itu bagus atau enggak?

4. Outline itu sepenting apa sih dalam proses nge-blog? 

5. Siapa aja sih blogger yang menginspirasi kamu dan paling sering dikunjugi blognya? 

Oke, itu tadi pertanyaan-pertanyaan dari aku semoga sempet di jawab. Gak ngarep banget nih namanya muncul di kevinanggara.com tapi kalau sampe ada dan pertanyaannya di jawab, wah! Seneng banget :) 

Makasih ya Kevin, sukses terus!

Wah, makasih udah mem-favoritkan blog gue. *habis liat pertanyaannya, banyak banget*

Oke...

1. Kalo masih awal-awal bikin blog, rajin-rajin posting aja. Walaupun udah di tengah-tengah juga, harus tetep rajin, sih. Pertama kali nge-post, mungkin perkenalan dulu atau basa-basi ngomongin asal-usul lahirnya blog, kenapa nge-blog, isi blognya apa aja, dll. 

2. Setiap hari, gue nyempetin nulis apapun (biasanya menjelang tengah malam) di Word maupun draft blog. Ya, lumayan hasilnya nanti walaupun nulisnya dikit, daripada nggak sama sekali, kan. Dan kalo ngomongin mood, jangan biarin mood ngalahin kita. Kita yang harus ngalahin mood. Nge-blog itu bisa kapan aja dan di mana aja, loh. Biar nggak terkesan maksa, nulis itu harus jujur. 

Kecuali bikin fiksi. Bisa ngarang sebebas mungkin. 

3. Tergantung, kalo masih nggak yakin, silakan aja. Tapi kalo gue, langsung jadiin tulisan dan publish. Karena nasib blog itu yang nentuin ya pemiliknya sendiri, bukan orang lain. Jarang update, ya risikonya blog jadi sepi. Anyway, blog juga nggak bakal jadi apa-apa sih tanpa orang yang rela luangin waktunya baca tulisan kita.

4. Nggak perlu outline. Nge-blog itu bebas. Kecuali bikin buku. Makanya, gue lebih seneng nge-blog daripada bikin buku. Kalo bikin buku, selain agak rumit, juga perlu waktu yang nggak lama dan menguras banyak tenaga. 

5. Akhirnya pertanyaan terakhir. Blogger yang menginspirasi gue banyak banget. Soalnya, belajar itu bisa dari siapa aja. Dari Farhat Abbas misalnya. Gue bisa belajar biar nggak mengikuti hidupnya yang sia-sia. Dari istri Farhat Abbas juga. Gue bisa belajar menjadi orang yang sabar. 

Langsung liat aja nih blog-blog yang sering gue kunjungin di sini.

Dan makasih, Rizta, atas pertanyaannya.

***

Dari Ridhwan Kurniantoro

Vin, gue mau nanya tentang blog dan buku boleh ya ... oh ya nama gue Ridhwan itu yang punya failholics.blogspot.com*promositerselubung*

blog dulu ya, gimana ya caranya supaya ketika nyari hal tentang postingan yang kita tulis, blog kita ada di halaman pertama google, satu lagi kita kan udah pengen konsisten, tapi kena writer's block gitu gimana vin ?

sekarang buku ya, kalo kita mau nerbitin buku, sedangkan rumah kita ga ada yang deket sama publishing , nah kalo kirim lewat pos gapapa kan ? kalo gimana, kira2 nanti koordinasinya gimana ya sama penerbitnya ?

oke sekian aja vin, makasih sebelumnya :)

1. Biar postingan ada di halaman pertama google, mungkin yang jago SEO lebih tau. Gue sendiri nggak terlalu jago SEO. Menurut gue, kalo postingan banyak yang suka dan banyak dibaca, nanti dengan sendirinya bakal masuk ke halaman pertama google. Postingan yang masuk di halaman pertama google, berarti disukai google. Postingan yang rame dibicarain di mana-mana, berarti disukai orang banyak. Pilih mana? :)

2. Gue salah satu orang yang nggak percaya writer's block. Itu hanya sugesti yang membuat kita males nulis. Kalo dari awal emang udah niat, nggak mungkin bakalan kena writer's block kok. Dan, jangan hanya niat doang, tapi lakuin.

3. Kirim naskah lewat pos nggak apa-apa. Koordinasinya, nanti mereka pasti hubungin, kalo naskahnya diterima. Soal kelanjutannya, ya lihat nanti gimana.  Kalo gue, kebetulan satu kota sama penerbit. Jadi gampang ngurusinnya.. 

***

Dari Selvia Sari

Kepp, gue mau nanya:
1. Apa yang mendorong lo pertama kali buat nge-blog?
2. Kenapa setiap minggu cuma sekali posting blog? Kenapa milih hari Sabtu sebagai hari posting nya?
3. Menurut lo, anonim user itu apa?

Sekian. Thanks

1. Keinginan buat jadi penulis yang berawal dari blog. Dan sekarang, udah terwujud. Gue pengin nunjukin, bahwa blogger itu nggak bisa dilihat sebelah mata. Kecuali yang lihat bajak laut. Blogger itu sebenarnya juga udah termasuk profesi, bagi gue. 

2. Kalo kebanyakan, nggak efektif. Gue pernah dalam seminggu bisa publish postingan beberapa kali, tapi menurut gue, itu bisa jadi blunder. Ketika misalnya kita udah lelah, pembaca yang dalam seminggu bisa baca 3-4 postingan, malah kecewa karena dalam seminggu kita hanya menghasilkan 1 postingan. Gue nggak mau kayak gitu. Kayak yang gue bilang di atas, blogger itu udah termasuk profesi. Setidaknya bagi gue. Makanya, gue buat jadwal yang harus gue tepati setiap minggu.

Gue buat semacam deadline. Bahwa setiap hari Sabtu, gue harus publish postingan. Kenapa hari Sabtu? Karena gue tau, pembaca gue kebanyakan jomblo. Tiap malam minggu sendiri. Biar nggak kesepian, makanya gue publish postingan pas hari Sabtu (tepatnya pas malam minggu), buat nemenin mereka. Gue juga pengin bikin orang-orang tiap hari Sabtu kepikiran, "Wah, ini hari Sabtu, pasti si Kevin update postingan, nih!" 

3. Anonim itu lawan kata. Itu antonim! 

User yang nggak punya identitas.

***

Dari Dessi Setiastuti

Setelah buku SGFD, apa ada niatan atau udah rencana bikin buku yang ke-2? Kalo iya, apakah buku yang ke-2 ini mempunyai ciri tersendiri (paling menonjol/berbeda)?

Thanks,

Niat dan rencana udah ada. Udah jalan juga, baru sedikit tapi. Beda sama buku pertama yang lebih ke how-to, tapi konsepnya mirip buku-buku personal literature kebanyakan yang bergenre komedi.

Doain aja lancar.


***
Dari Lulu Ilma

hai vin! :)
salam kenal, gue lulu. Gue punya blog yang berisikan tentang hasil karya gambar gue. Awalnya gue mau buat blog gue itu berisikan cerita2 pendek atau apapun kayak semacem blog punya lo gitu vin. Tapi gue ini punya kebiasaan yg susah banget diilanginnya, yaitu m a l e s. Dan saat itu gue jadi ogah2an ngeblog. Karena gue suka ngegambar, dan lagi getol2nya pelajarin software buat ngegambar gitu, gue ubah niatan awal gue menjadi ngeblog untuk posting hasil2 gambar. Nah kayak yg gue bilang tadi, gue ini agak pemalas. Dan gue bagi tipsnya dong biar gak gampang males ngeblog gitu, dan gue juga minta saran nih buat blog gue yg tak terurus itu :') mampir juga ya ke blog-bolul.blogspot.com

Terimakasih vin udah nyempetin baca dan (kalo) sempet bales, hehe..
Salam blogger! :D

Males itu ibarat angka 8 yang ditidurin. Tak terhingga.

Jadi, balik lagi ke diri sendiri sih kalo itu. Gue bukan dukun yang bisa membuat rasa males seseorang itu hilang dalam sekejap. Lagian, gue aja belum bisa ngalahin rasa males dalam diri sendiri. Saran gue: konsultasi ke guru BK aja. Oh iya, nih, baca tulisan gue tentang 4 hal penting yang harus kamu tahu sebelum nge-blog.

Semoga nggak males lagi. 

***

Dari Rido Arbain

Kak Kevin udah punya pacar?

Bye. Segmen kali ini selesai, guys. 

***

Akhirnya, sampai di sini juga.

Email yang masuk ke gue buat segmen ini ada puluhan. Nggak bisa gue bales semua karena kebanyakan, pertanyaan ada yang sama, dan masih ada juga yang ngirim tanpa subject "Kotak Surat" Padahal, gue udah ngasih tau sebelumnya. Iya, gue ambil beberapa email doang buat ditampilin dalam postingan. Ke depannya, segmen ini bakalan jalan terus, tergantung masih ada yang ngirim email atau nggak. Bisa sebulan sekali, dua bulan sekali, tiga bulan sekali... Pokoknya, tergantung email masuk ke kotak surat gue.

Yak, caranya tinggal kirim email ke kevinchocs@gmail.com dengan subject "Kotak Surat" (tanpa tanda kutip), terus bebas deh nanya apa aja. Tapi yang gue utamain soal blog. Oke, gue tunggu email kalian!

Eits, tunggu, belum selesai postingannya. Gue mau ngasih tau beberapa hal. Yang pertama, tentang template blog yang baru. Iya, gue ngedit template ini seharian dengan desain yang lebih simpel dan akses yang lebih cepat. Dulu, banyak yang ngeluh karena blog gue berat. Makanya, gue coba perbaiki dan jadilah seperti sekarang ini. Gimana pendapat kalian? Hehe. Yang kedua, logo atau banner baru blog gue. Nih:

Kevin Anggara

Yang ketiga, tahun 2014 ini banyak project (selain blog dan buku) yang bakal gue kerjain. Bakalan sibuk pastinya. Tapi tenang, postingan blog jalan terus seperti biasa. Yang keempat, hmm... udah kali, ya. Hehe. Sekian, sampai jumpa di postingan berikutnya, guys!

63 komen absurd

Azek \o/
Ciyee banget pertanyaan terakhir dijawab dengan 'bye' :v

Reply

Wah, gue belum kirim surat nih. *Boro-boro buka gmail*
Eh btw, tampilan blog lo berubah ya vin, lebih rapih dan enak dilihat. Mantap :D

Reply

wah, pertanyaan gue dijawab :))
makasih vin, gue akan berusaha yakin kalo ga ada yang namanya writers block dan gak malas ><
Oh ya, logonya keren, bisa kali bikinan gue juga haha :D

Reply

Vin, kenapa pertanyaan terakhir gak lo jawab?

Reply

Vin, kenapa gue jadi pengen nanya?

Reply

Iya, tampilan baru hehehe

Reply

Hihihi keren keren

Reply

Templatenya nggak dominan merah lagi ya, lebih eye catching, nyaman juga. Keren nih, baru tau juga ada acara khusus ngebahas Kotak Surat, nanti coba layangkan kotak surat aaahhh...

Reply

Yap, tapi masih tetep ada warna merah. Sebelumnya, ada yang ngeluh juga background-nya bikin sakit mata. Makanya diganti warna putih. Sip, ditunggu, ya!

Reply
Anonim Author

templatenya keren vin. kira-kira judul buku lo yang selanjutnya apa nih?

Reply

Thanks. Judul biasa ditentuin paling akhir, belum kepikiran hehe.

Reply

Emailnya laku juga yaa, SAMA sih vin kotak surat gue juga penuh TAPI isinya cuma email dari marketing aja, hehehe,

Reply

siipp.. kesempatan buat nanya2 secara "live".. :)

SUKSES buat segmen barunya ya..

Reply

Template barunya keren. Gue juga template-nya baru. :p
Tapi sayang, yang waktu itu bar buat komentar terbanyak udah ngga ada lagi.

Sukses buat proyek-proyeknya yak!

Reply

wah banyak juga yang ngepoin lo vin, keren nih ada segmen baru. (y)

Reply

segmen baru yaah.. keren nih!! bisa nanya-nanya. hehe

Reply

templatenya bagus vin. gue mau download juga ahhh heheheh...
itu pertanyaan dari Dari Rido Arbain keren jugaaa, panjang dan sangat spesifik, keren, elo juga jawabnya panjang dan spesifik vin,

Reply

Semoga semua project nya berjalan dengan lancar ya, vin.

Reply

Kotak surat yang terakhir sangat absurd.

Btw, sekarang blog lo jadi keren, Vin. Enggak terlalu rame gitu. Transparan tapi bagus. Gue jadi mau nih blog gue kayak gini, hehehe.

Kunjungin blog gue balik ya, Vin. Nih ---> http://jerukasin.blogspot.com/

Thakssss~ :D

Reply

gue suka sekmen ini vin !!
gue bisa belajar juga kan akhirnya :D
keren kawan !

Reply

yang ini lebih nyaman buat dipantengin
sukses buat projectnya ya :-)

Reply

Pertanyaan cadas tuh yang terakhir :D

Reply

Sip, makasih. Ditunggu emailnya, ya~

Reply

Template lama lu lebih asik tapi.. He eh, widgetnya nggak bisa di template gue yang ini. Amin, makasih, di.

Reply

Yoi, ditunggu emailnya, ya~

Reply

Segmen, pake G! Haha, makasih, kawan!

Reply

Yap, banyak yang sependapat. Gue juga lebih nyaman pantengin yang ini sih hehe. Thanks, ya.

Reply

Wah segmennya menarik juga nih! Dulu sempet bikin tapi nggak jalan hahahah
sekali jawab banyak banget ya.. ketawan nih sehari berapa lama nongkrong depan komputer doang..


*kabur*

Reply

maksud gue mau pake G, cuma keyboard G gue mendadak macet nggak mau dipencet vin.... :3

Reply

Manteb banget nih segmennya.
Istilahnya, sekarang lo jsedang mencoba menjadi konsultan mereka (pembaca).
Dengan begini, terasa semakin dekat sama pembaca setia blog lo, Hehe.


Anyway, sukses buat project-nya. :)

Reply

keren vin:D kayak tanya jawab ya, bedanya ini dari email, sukses trus blognya.

Reply

Makasih udah jawab pertanyaan gue \w/
Tapi di bagian ini kok rada rada !(&#(!(#@(($ "Kenapa hari Sabtu? Karena gue tau, pembaca gue kebanyakan jomblo."

Reply

Iya, borongan nih jawabnya hahaha. Maklum, nggak ada kerjaan lain selain di depan komputer doang :|

Reply

Yoyoi, konsultan. Ehm, keren juga sebutannya bahaha.
Oke, thanks!

Reply

Yap, ini murni pertanyaannya dari email yang masuk, nggak gue edit :D

Reply

Template yang ini lebih enteng dari yang merah itu vin, lebih simpel dan tetep keren.
Segmen ini menarik, pembaca juga bisa deg-deg serrr nunggu emailnya lu jawab :D

Reply

Hahaha terlalu kosong ya? sama-sama vin.

Reply

Yoyoi, kebanyakan bilang juga lebih enteng..
Semoga segmen ini jalan terus..

Reply

Iya, tapi headernya bagus tuh..

Reply

banyak juga ya keluhannya melalui kotak surat hehhe

Reply

Hore! akhirnya kesampaian juga nge-blog :D
Gegara semanga tdari postingan ini nih
Thanks, Vin!~

Reply

Nulis ibaratkan melukis..
Nggak bisa diajarin, tapi bisanya dilatih..
Salam kenal! :)

Reply

Nah, bener, nih :)

Reply

Dear kak Kevin,

Kapan punya pacar, kak? :>

Reply

Tulisannya nggak keliatan, tiba-tiba ngeblur.. ~~~\o/

Reply

Vin, itu kotak surat banyak isinya.

Kok hati lo masih kosong melompong? *kemudianlari*

Reply

OKE! Tertanda, Fans lo yang single dan Tertanda, Idola lo yang single... itu cukup epic! XD

Reply

Koreksi vin, khusus template aja deh, kenapa avanya jadi kaya anon semua, mungkin lo bisa edit jadi gambar spongebob gitu, atau yang sejenisnya, banyak caranya di google :D

andre.web.id

Reply

udah gue cek, cari di template gambar
http://2.bp.blogspot.com/-KjVxDap0Bzs/Uc7Jfm_9VWI/AAAAAAAAEqs/jD56hYNIm88/s48/anon48*gif (ganti * dengan titik)
terus replace dengan gambar karya lo, pasti blognya jadi elo banget! salam :)

Reply

Server blogspot/google lagi bermasalah. Sekarang udah muncul kok.

Reply

Kak Kevin, kok pertanyaan aku cuma dijawab "bye" doang? KAK KEVIN JA'AT! :((

Reply

Wah keren templatenya vin. Btw, lo dapet template nya dari mana? Dan cara ngeditnya bagaimna? Visit juga ya: http://fuadabizarblog.blogspot.com

Reply
Anonim Author

gdfgdfdddddddddd

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).