Kevin Anggara: Kesibukan Baru

Kesibukan Baru


Selain video stop-motion dan timelapse, akhir-akhir ini gue juga lagi suka bikin video dengan konsep yang beda. Mulai dari video random dengan sedikit bumbu komedi, sampe video parodi tentang acara nyanyi di RCTI. Gue juga sempet nyobain bikin sejenis video blog (vlog). Sama kayak postingan di blog, bedanya media yang digunakan adalah video. Biasanya, vlog itu berisi tentang keseharian si pemiliknya, pengamatannya terhadap masalah di sekitar, atau apapun lah itu, asal ada si pemiliknya dalam video tersebut. 

Kemarin, gue nyobain rasanya bikin (sebut saja) vlog. Gue ngomongin beberapa hal di depan kamera, dan rasanya itu awkward, kayak ngomong sendiri sama benda mati. Hening... Walaupun masih jaim dan suaranya agak kecil, tapi gue lumayan menikmati. Ini dia video yang gue maksud: 


Klik ini kalo nggak bisa di-play. 

Di postingan kali ini, gue pengin ngomongin dikit tentang proses pembuatannya. Bukan hanya tentang video di atas, tapi beberapa video yang gue buat di Instagram. 

Enaknya bikin vlog adalah, gue nggak harus ngomong terus tanpa jeda dari awal sampe akhir video. Gue bisa ngomong putus-putus (tiap beberapa kata/kalimat), lalu ambil bagian paling bagusnya buat digabungin dengan yang lain. Misalnya pas bagian gue ngomong: "Hal-hal seru yang akan gue lakukan di Resort World Sentosa". Dalam satu video "mentah"-nya, gue bisa beberapa kali ngomong kalimat yang sama, lalu yang paling bagus lah yang gue ambil. 

Jadi hasilnya, gue nggak ngomong tanpa jeda dari awal sampe akhir video. Itu jadinya kayak beberapa bagian scene video yang kalo digabung, jadi satu video utuh yang siap ditonton. Kedengerannya sih gampang, tapi kesabaran gue diuji pas proses editing. Nggak hanya harus sabar, gue juga harus teliti. Misal pas scene video gue ngomong, "Hal-hal seru yang akan gue lakukan di Resort World Sentosa" dan gue cuma pengin ngambil bagian "Hal-hal seru..", maka gue harus motong videonya dengan pas. Biar nggak kelebihan atau kekurangan.

Termasuk pas bagian voice-over, gue harus gabungin suara dan videonya dengan pas juga. Nggak boleh kecepetan, atau kelambatan. Nanti jadinya aneh. Suaranya juga harus lebih kenceng dari backsound, biar kedengeran.

Lanjut ke video Instagram (ngeramein hashtag #indovidram). Gue ambil contoh yang ini.

Pertama, gue harus download bahan video yang diperlukan terlebih dahulu. Lalu, bikin video gue sendiri, kemudian ambil beberapa bagian yang diperlukan dari semuanya buat digabungin. Gue biasa ngedit di laptop pake iMovie. Kalo buat video stop-motion dan timelapse, gue edit langsung di handphone karena tinggal nambahin musik aja.

Tantangan bikin video di Instagram adalah: durasi terbatas. Gue harus bisa memaksimalkan setiap detik yang ada, karena durasi yang disediakan cuma 15 detik (FYI, Vine lebih menantang, durasi cuma 6 detik). Jadi, buat perhitungan dulu, ada berapa adegan, tiap adegan berapa detik, adegan apa aja yang bakal dimasukin. Setelah itu, eksekusi deh. Nah, sejauh gue bikin video di Instagram, video yang makan waktu paling lama pas editing adalah video yang ini. Total video mentahannya aja nyampe belasan. Ngeditnya 45 menit, hasilnya cuma 15 detik. Tapi, gue lumayan puas sama hasilnya.

Sama kayak ngedit HTML di blog. Walaupun hasilnya keliatan simpel, kerumitan di baliknya itu lumayan bikin minus mata nambah. Yang gue pelajari di sini adalah, gimana gue bisa ngasih totalitas, kerja keras, dan berusaha. Gue percaya hasil dari usaha dan kerja keras nggak akan pernah bohong. Jadi, bukan cuma lidah doang yang nggak bisa bohong. Whatever you do, always give 100%. Nggak usah mikirin apresiasi yang didapet dulu, karena itu akan dateng dengan sendirinya seiring besarnya usaha yang dilakukan. *keluarin handphone*

*siap-siap bikin video lagi*

Jadi, jangan lupa follow akun Instagram gue, ya: @kevinchocs. Terus subscribe akun YouTube gue juga boleh: Kevin Anggara, biar kalian jadi yang pertama tau setiap gue bikin video baru. Ke depannya, gue udah nyiapin beberapa skrip video buat di-upload ke YouTube, tinggal syuting (cielah) aja. Hoi! ( 'o')9

...

Btw, Interabsurd bulan ini harusnya diisi sama si Boy. Tapi berhubung lagi sibuk dan takut nanti terkenal, jadi katanya kapan-kapan aja. Dapet salam dari si Boy. Semuanya. 

73 komen absurd

Caelah, makin sibuk aja lu vin.

Reply

Makin kesini, makin sadar kalau minat kita sama... bedanya sih yang vlog-nya belum bisa diwujudkan. Terus berkarya, bang. :)
Btw, semoga kita enggak jodoh.

Reply

Sering sering aja ngeshare videonya vin :) oh iya kalau udah ketagihan,jangan sampai bikin video diatas 17th ya vin. *cuma ngingetin*

Reply

Suara lo hampir gak kedengeran Vin :|
Eh btw intro awalnya sama dg videonya skinny indonesian24 ya,

Reply

Vlog-er pertama yg pernah gue tonton si shani budi. Dan lo yg kedua vin. Semoga ada vlogger2 lain yg menyusul. Hehe. *loh, komen macam apa ini*

Reply

Owalah, itu toh namanya vlog. :D

Reply

Iya, gue bikin video flourish ngeditnya bisa seharian sendiri, padahal hasil videonya cuman satu menitan. :|

Reply

Suaranya keciiiil... apa emang karena laptop gue yg kurang normal ya :p

Berarti nggak perlu persiapan mati-matian supaya bisa ngambil adegan satu kali doang, ya. Bisa dipotong-potong, trus diedit dan digabung. Wah, seru juga....

Reply

Wah, Vin. Keren juga nih.
Btw, ajak gue syuting juga dong. Wkwkwk. :D

Reply

Sama kita kev, gua juga lagi mau mulai bikin vlog..
kaku banget pasti awal-awal..
banyakin ngaca ah, biar gak kaku, hahahah...

Reply

Gue geli vin liat video lo.. Jujur, udah bagus cuman gaya lo masih kaku gitu :D

Reply

Bener, ngedit video ampe berjam-jam tapi durasi cuma nyampe 15 detik.
V-log lebih capek ngeditnya, kudu lebih jeli juga :(
(Kapan kita kolaborasi di instagram ??
ahahaha.

Reply

paling capek emang dibagian edit videonya. Tapi nikmatin aja deh :)
Btw, lo ngerekam buat Vlog pake kamera apa vin? Jernih gitu? Gue mau nyobain nge-vlog juga soalnya hehehehe :)

Reply

Sukses deh video-videonya. Saya juga udah ada niat dari dulu, cuma ya itu masalah waktu masih keteteran sama tugas kuliah dan kegiatan lain hem.

Reply

Gue bingung gimana caranya ngedit biar suara di video yang kita rekam itu terdengar lebih besar. Apa mereka menggunakan mic yang berbeda dengan camera (maklum gue ngerekamnya masih pake handphone, kadang juga slr minjem) atau gimana. App buat ngedit video di PC (not iMac) apaan ya vin?

Reply

Penginnya sih nggak cuman di bidang nulis, tapi video juga. Hehe..

Reply

Iya, doain aja rutin bikin video \o/

Reply

Iya, maap kecil suaranya.
Ho oh, musik intro-nya sama.

Reply

Wow.. padahal vlogger Indonesia itu banyak dan keren-keren loh.. Gue sering nonton video vlog gitu di YouTube, eh malah kepengin buat juga hahaha.

Reply

Yup.. Video + blog.

Reply

Hahaha, tapi paling nggak kita sendiri puaslah sama hasilnya..

Reply

Emang beneran kecil kok, suara gue yang kurang normal hahaha.
Iya, tapi videonya jadi banyak gitu..

Reply

Yok ayok syuting \o/

Reply

Kalo ngaca ntar gantian kacanya yang kaku bisa bahaya...

Reply

Makasih kritiknya..

Reply

Iya, vlog butuh detail yang lebih banyak karena durasinya emang lebih lama..
Ayok deh kalo ketemu kita bikin video \o/

Reply

Ngerekam pake kamera depan iPhone. Padahal resolusinya standart loh hahaha.

Reply

Nggak, kalo di iMovie, itu bisa dikencengin suaranya sampe 200%. Kalo PC biasa, Sony Vegas ajib tuh..

Reply

dari suaro lo kayaknya udah lama mimpi basah ya bahaha
gedein vin lain kali suara lo. keren banget kegiatan lo

Reply

Vin biasanya video-video lo ngerekamnya itu direkamin apa pake kamera depan? Gue juga ada rencana bikin akun youtube nih waktu kenaikan kelas, semoga lancar ya.

Reply

nah nah nah nah....
videonya jernih, cuma itu..kayak komentar yg lain, suara kamu lho Kev, ga kedengeran apalagi waktu volume laptop gue jadiin nol. Ga kedengeran abis. Tapi karena asik, ya tetep gue tonton.

Reply

Video jernih dengan teknik yang bagus nih vin. Boleh diupadte vlognya tiap minggu

Reply

Makin banyak banget hal baru yang lo lakuin, ibarat kata pepatah " sedikit demi sedikit lama lama menjadi banyak -eh, bukit!" nah persis dengan konsistensi lo di rimba maya, eh bentar ini kita lagi ngomongin vlog yaa? hehe, sorry soalnya suara lo kecil banget sampe gue mesti ngefullin volume soundsystem gue, hahaa, tapi nice lah!

Reply

Lo ngerekamnya pake apaan nih, bening gitu. Apa lo nya aja yang bening ya? EAAAA.
Baru tau ternyata suara Kevin Anggara kayak gitu ya... Keep it up! Keren keren xD

Reply

"Pas pawai di USS, gue bakal teriak "INDONESIA" dengan backsound Indonesia Raya, mau liburan apa ngebasmi penjajah vin? x))

Reply

Pake iMovie susah gak sih? Gua liat tampilannya aja bingung, belum nyoba-nyoba sih..

Reply

Sip, next video digedein kok..

Reply

Tergantung juga sih. Kalo video yang vlog gue sendiri pake kamera depan..

Reply

Next video digedein kok suaranya hehehe

Reply

Ditunggu ya hehehe

Reply

Kamera depan iPhone 5. Kalo pake yang belakang berarti lebih jernih, ya. Hahaha.

:))

Reply

Basmi penjajah aja deh, soalnya nggak menang :(

Reply

Gampang ah.. iMovie itu ibarat Movie Maker di Windows. Udah aplikasi default-nya, cuman ya lebih super dari Movie Maker.

Reply

hskjdsfghgfjh.... errr.. sukses ya bikin vlognya. eh gue pembaca rahasia lu, dari jaman megalitikum, tapi hari ini hari keramat gue karena gue bisa komentarin blog gahoool ini,

Reply

enak banget bang bisa ke resort world sentosa.... gue pengen.. amien...

Reply

makin kece aja lu vin, sukses terus ya\m/

Reply

Wuih, lama banget... dari blog ini belum ada hahaha.

Halo~

Reply

Wuih, lama banget... dari blog ini belum ada hahaha.

Halo~

Reply

gua salah satu penonton setia video yg elu bikin vin, eh behind the scene nya doong. ;3

Reply

Hai kevin. . *nadaspongebob*
Jadi. . sebelum blog ini lahir, gue udah ditakdirin untuk nungguin postingan absurd lu tiap sabtu malem.. 0:) #EAAA hoho. . . Wekaweka. .

Reply

cara agar gambar header bisa responsive / bisa menyesuaikan dengan tampilan mobile?
soalnya gambar header gue kepotong saat tampilan mobile.

Reply

Hahaha setidaknya gue bisa ngucapin makasih karna lo udah nambahin postingan menarik yang muncul tiap gue buka instagram. Gue jadi ngiri, nggak punya hape sebagus punya lo wkwk :p

Reply

emang kalau kita ngomong didepan kamera rasanya begitu awkward :|

Reply

Pengen banget bikin videk juga.. Tapu niat hanyalah tinggal niat -.-

Reply

duileehhhh orang sibuk xD

Reply

Hahaha, gue punya hape juga dapet kok dari lomba :P

Reply

Apalagi sendiri :|

Reply

Mumpung lagi niat, langsung bikin aja Cup..

Reply

Kampret. Kevin maen Vlog juga. Berkarya terooos, viiin~ :)))

Reply

Bagi hape lu dong, pin.
Jernih bener ._.

Btw, gue udah nonton semua video lu di IG. Keren!

Reply

ngomong sendiri di depan kamera itu nggak awkward vin. blm terbiasa aja kmnya. cari pengalaman diluar lebih byk vin kyk ikut sekolah kepribadian atau MC course spt lembaga JRP.

Reply

Gue tunggu video video lo selanjutnya bro ! :))

Reply

Eh iya, suaranya kecil abis... tapi keren.. keren...
Gue juga lagi bikin jenis-jenis gituan di youtube. Tapi entahlah, sekarnag lagi nyari aplikasi edit video yang bagus.

Eniwei, dapetin iMovie di windows susah juga ya. Sekalinya ada bayar -___-

Reply

kocak pin wkkw ditunggu video' nya yang laen pak wkwkw

Reply

vin btw baksong nya itu dari mana dapetin nya, kayak mirip video video nya skiinnyindoensian24 dan malam minggu miko, gw pengen tau , soal nya itu enak banget

Reply

keren! jangan berhenti berkarya ya kevin jd anak muda yg kreatif terus haha :)
btw mau nanya nih siapa tau bisa bantu hehe.. begini kan hp gue android nah setiap kali bikin video dan setelah diupload ke instagram pasti hasil suara nya selalu jelek seperti suara Robot.. nah bagaimana ya cara nya agar suara nya normal kembali :) trims

Reply

VIN lo Kalo ngedit video pake aplikasi apa si???

Reply

sip mantap men. lanjutkan

Reply

nih gan kalo ada yang suara video kayak robot di instagram

http://aldiebanz.blogspot.com/2014/11/suara-video-rusak-saat-upload-di.html

Reply

Apa nama aplikasi yang biasa lo pake buat ngedit video Vin?

Reply
Anonim Author

Gw uplaod video d ig kok kualitasnya jadi jeleknya gmbar nya, mohon saran nya dong

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).