Kevin Anggara: Interabsurd: Indonesian Vlogger

Interabsurd: Indonesian Vlogger

Bagi orang pendiem kayak gue, ngomong di depan orang banyak itu sama kayak disuruh nyapa gebetan duluan. Bikin grogi. Karena itu, gue lalu nyoba untuk ngomong di depan kamera. Bukannya gila, tapi gue lagi bikin vlog (video blog). Gue ngomong di depan kamera, menyampaikan opini dan pemikiran yang biasa gue buat dalam bentuk tulisan. 

Berbekal rasa pede (baca: nggak tau malu) yang tinggi, vlog pertama yang gue buat ternyata masih punya banyak kekurangan. Ngomongnya masih kaku, suaranya nggak kedengeran, dan loadingnya lama banget. Eh, itu sih tergantung koneksi kalian ya. Selain bikin, gue juga sering nonton vlog-vlog orang di YouTube. Terutama, vlog orang Indonesia.

Nggak jarang, gue selalu mencet tombol like dan subscribe kalo udah suka sama vlog-nya. Ada yang vlog-nya lucu, seru, menarik, dan itu semua bikin gue yakin, Indonesia punya banyak stok anak muda yang kreatif. Contohnya, orang-orang yang berkarya lewat vlog ini. Kali ini, gue berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol seru bareng salah satu vlogger Indonesia yang lagi naik daun. Ada daun, terus dia naik di atasnya. Bukan, bukan gitu.

Vlogger muda yang suka membahas hal-hal yang sedang nge-hits di tanah air ini mempunyai nama lengkap Mega Gumelar (@yaelahbro). Berkat nonton vlog-vlog-nya di YouTube, gue nggak pernah ketinggalan hal-hal yang lagi nge-tren di kalangan anak muda masa kini. Karena umur kami sama, gue selalu bisa relate dengan pembahasan-pembahasannya di vlog.

Nah, penasaran kan gimana caranya seorang Mega bisa membuat vlog yang kreatif? Apa aja proses yang dilalui sampe sebuah vlog itu jadi dan bisa dinikmati? Yuk, simak langsung obrolan gue di Interabsurd kali ini!

Interabsurd adalah interview absurd yang diadakan sebulan sekali di kevinanggara.com. Interabsurd sudah diedit sesuai dengan kebutuhan. Terima kasih.

Interabsurd: Indonesian Vlogger

Makasih udah mau mampir ke Interabsurd di kevinanggara.com!

Iya sama-sama Vin, transferan ditunggu yaaa >w<

Yeee! By the way, apa kabar nih? Lagi sibuk apa sekarang?

Baik, masih tetep cool kayak biasanya. Lagi sibuk mikirin kapan gue mengakhiri masa jom.. eh maksudnya lagi sibuk bikin vlog hehehehehehe... hehe.. he.

Ceritain dong gimana awal mula lu nge-vlog?

Awal mulanya sebenernya karena disuruh sama seorang vlogger yang sekarang memutuskan untuk tidak ngevlog lagi, pada saat itu vlogger Indonesia tuh cuma 2-3 orang, karena itulah dia ngajak gue buat join jadi vlogger. Ya, gue bersyukur atas ajakan sesat doi itu sekarang gue jadi seperti ini, jadi orang gila yang doyan ngomong sendiri sama kamera. And well, he’s a great buddy.

Kenapa tertarik bikin vlog?

Karena gue hobby dalam videography, and I think vlog itu paling gampang dibikin. Talentnya pun gue sendiri, jadi gausah bayar talent lagi *ngumpet-ngumpet unyu*

Inspirasinya dapet dari mana?

Inspirasi dalam ngebuat vlog sih dari mana aja, kadang muncul tiba-tiba tanpa dicari.

Andai jodoh juga bisa begitu... Isi vlog lu apa aja sih? 

Basically, tentang topik yang lagi ‘IN’ sekarang, kalo gak ada yang lagi ‘IN’ yang udah ‘OUT’ pun masih gue bahas. Yang jelas, gue bikin content yang fresh dan cocok ditonton untuk kalangan teenager kayak kalian para pembaca cetia blognya cowok imoed ini.

Apa aja yang dibutuhin biar bisa buat vlog yang kreatif?

Pertanyaan macam apa ini? 

Jawaban macam apa itu?

There’s nothing to explain how to make something creative without being creative, kuncinya ada sama individu itu sendiri, kalau dia put effort di passionnya, focus dan enjoy dalam ngejalaninnya, kreatifitas bakal terus ada di dalam jiwanya.

Emas! Pas gue baca, bersinar-sinar gitu. Sampe harus make kacamata item nih gue karena silau. Oke, lanjut.. Ceritain dong proses di “balik layar” sampe sebuah vlog itu jadi?

Pertama bikin script tentang apa aja yang ingin dibahas di vlog tersebut. Lalu, gue memastikan battery camera full, karena hal yang paling gue benci ketika kameranya mati tiba-tiba di tengah kegiatan shooting, padahal shootingnya belom kelar. Kalo udah kelar shooting langsung di-edit, kalo editnya selesai langsung deh di-upload dan dinikmati oleh para Meganiac :’) Hehe.

Bagian paling ribet saat bikin vlog itu di mana sih? 

Saat battery kameranya mati dan saat tukang bakso toktok lewat depan rumah. 

Bang, bakso satu!

Oh, dan juga ketika matahari lagi turun, kebetulan gue pake lighting alami alias langsung dari matahari, jadi kalo mendung terpaksa gue hapus video yang udah gue take, dan retake kalo udah cerah lagi.

Selain bikin vlog, bikin video-video apa lagi?

Ke depannya gue punya project film seri gitu, trus ada juga program-program lainnya. Pokoknya nantikan di YouTube eyke yes.

Mana akun YouTube lu?

Di sini, Vin.

Dari obrolan di atas, bisa gue simpulkan kalo lu itu emang tertarik di bidang Videography, ya?

Bukan tertarik lagi, I’ve been in serious relationship with Videography.

Rencana ke depannya, pengin bikin video yang lebih serius?

Yup, karena cita-cita gue pengen jadi film maker professional. Film maker masa nggak bikin film?

Huahahaha bener juga. Selama lu nge-vlog, apa aja yang didapet?

Dapet viewers setia, mereka perhatian, gue jadi berasa punya pacar lebih dari selusin.

Paling suka proses saat buat vlog yang mana?

Video yang terbaru, judulnya VLOG | Move On, mungkin karena gue baru nerima announcement kelulusan SMA, jadi gue menjadi lebih riang dan lebih absurd. And anyway, VLOG itu adalah VLOG terpanjang yang pernah gue buat.

Gue udah nonton tuh. Emang bener, lebih panjang dari yang biasanya. Eh, ada hal konyol yang pernah dialamin saat bikin vlog?

Banyak banget! Kadang ada gangguan dari adek gue yang paling kecil, dia suka nangis gitu, kadang gangguan dateng dari diri gue sendiri, iya, gangguan jiwa.

Hmm... Bangga nggak jadi vlogger Indonesia? 

Bangga dong, gue juga berharap kalo Indonesia juga bangga punya gue :P

Yeee! Hahahaha. Buat mengakhiri obrolan ini, ada pesan-pesan buat pembaca dan semua orang yang pengin jadi vlogger?

Pesannya jadi jomblo itu lebih nikmat dibanding punya pacar tapi gak dianggap. [Loh?]

WOI!

Gue harap, para pembaca bisa terinspirasi atas semangat gue dalam menjalani hobby, dan semoga kalian kelak jadi Meganiac sejati. Tapi, kalo kalian mau jadi vlogger, lebih baik jangan, nanti saya kalah pamor.

43 komen absurd

Eh, vin lu kalo nyari mangsa perasaan cakep-cakep deh. Kemarin ceweknya cakep, sekarang cakep juga. Btw, omongin sama kak Mega, suruh follow twitter gue, nanti gue beliin bakso :D

Reply

Aduh,gue terharu bacanya,apalagi buat si tukang bakso,aduh huhu.:'(

Reply

Pacarnya ka Mega itu para viewers ya? berarti gue juga dong. Ngoahaha

Reply

Makin mantep lah Vin. Makin serius nih kayaknya terjun ke dunia Vlog. Buat mega, salam kenal. Aku salah satu (bakal calon) pacar, eh, viewer kamu maksudnya. Hahaa.

Reply

Gue kira tadi foto siapa. Taunya foto si Mega? hahaha. Perasaan muka si Mega nggak gitu ya kalo di vlognya...

Reply

jauh banget muka mega gumelar di foto itu sam di videonya. tapi emang vlog dia keren sih, ada yang bahasa indonesia ada juga yang versi bahasa inggris. lo bikin juga dong Vin wkwk

Reply

Lu kalau nanya gitu ketemu langsung atau lewat apa gitu sih vin?

Reply

Asli. Gue baru ngepoin temen gue yang jadi vlogger juga dan mau gue ajak kolab.
dan mirip2 dengan mega gumelar juga versinya ._. ohoho

Reply

Gue juga sering tuh nonton videonya mega vin, keren-keren. Muda, berbakat dan sangat kreatif. Salut banget gue :D

Reply

Postingan yang keren. Jangan lupa mampir ke azizkerenbanget.blogspot.com ya. Banyak postingan yang menarik di sana. Gak kalah ama postingannya si kevin.

Reply

masih muda banget, gue berasa harus manggil kalian 'dek'. kreatif banget, ngomong d depan kamera dengan pedenya, gue ajah belum tentu bisa. salut deh sama anak muda indonesia yang nggak pernah kehabisan ide buat memunculkan hal2 baru.

btw, lo punya PINnya kaga vin? *little bit modus

Reply

Emang keren keren tuh vlog-nya megum, gue mulai nontoninnya pas ketemu akun yutubnya. yaiyalah.

Reply

itu kenapa mega akhirnya malah curhat :|
keren2 video-nya gue baru aja nonton, bungkus ini anak ya vin, karetya dua.

Reply

Duh, dek Mega. *udah gitu aja*

Reply

Iya ya, cakep-cakep perasaan. Padahal yang punya blog kagak cakep.

:|

Reply

Berarti gue juga dong..

Reply

Kita liat nanti ke depannya gimana hehehe

Reply

Huahahaha beda ya X))

Reply

Yoi, keren ya Mega hahaha

Reply

Asik, makin banyak ya vlogger Indonesia..

Reply

Yoyoi, contoh anak muda yang kreatif!

Reply

Oiya, ntar gue mintain ah PIN-nya. Tapi simpen sendiri :P

Reply

Huahahaha biasalah, cewek :P

Reply

Duh, kak Indra..

Reply

kalo gue ngevlog ada yang mau nonton ga ya haha

Reply

Duh...
Jadi pengin nonton vlog-nya.
Nonton nggak ya?

Reply

gue pengen coba vlog tapi malu

Reply

Kalo gua malah grogi ngomong depan kamera :D. Gua mah udah subscribe Vlog Mega Gumelar, videonya keren. :)

Reply

Ternyata lo mikirnya sama kayak gue haha

Reply

Jangan berharap bisa kalo nggak mau berusaha.

Reply

Gue awal-awal juga grogi, kek orang gila rasanya X))

Reply

jadi tertarik nih buaat....... nonton

Reply

lo tahun depan UN kan ya? ntar abis UN bikin vlog yang isinya ekspresi lo abis UN pokoknya yang gokil hahaha gue tunggu ya

Reply

"There’s nothing to explain how to make something creative without being creative, kuncinya ada sama individu itu sendiri, kalau dia put effort di passionnya, focus dan enjoy dalam ngejalaninnya, kreatifitas bakal terus ada di dalam jiwanya."
gue suka jawaban dia yang ini. kompor gas banget! \:D/

Reply

Buat juga dong..

Reply

Haha iya bro.. Tungguin aja yak! \o/

Reply

Yoi, super banget!

Reply

Gue juga ngikutin Vlognya kamega... ekspresi dan intonasi serta pitch controlnya itu lho... semoga kamega bisa menajdi juara satu kontes pemilihan juara dunia 2014 nanti demi sepak bola 5 tahun ke depan.

Reply

Pertama gue liat judul sama potonya gue tertarik pas baca ternyata hahahhaha :D
Melipir juga yak :D

Reply
Anonim Author

gue juga nge vlog vin, cek yaa rafi ferdian hehe

Reply

Ko,klu mau buat vlog itu banyak yang di butuhin nggk sih?

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).