Kevin Anggara: Pencapaian

Pencapaian

Selama kurang lebih 3 tahun nge-blog, gue udah ngalamin yang namanya: blog sepi, nggak ada komentar, dan yang paling pahit, nggak ada yang baca tulisan gue. Padahal, dengan tindakan sederhana kayak ninggalin komentar sebagai bentuk apresiasi, itu udah jadi pompaan semangat bagi gue biar terus nge-blog dan nge-blog lagi. 

Blog sepi, gue cari tau kenapa itu bisa terjadi. Mungkin, tulisan gue kurang bagus. Makanya gue belajar dan terus belajar biar bisa nulis yang bagus. Semakin sering nulis, tulisan gue jadi berkembang. Masih sepi. Mungkin, promosi gue kurang sering. Makanya gue promosi postingan blog gue di semua sosial media yang gue punya. Sesering mungkin. Masih sepi. Mungkin, gue harus coba mengapresiasi orang-orang duluan dengan cara ninggalin komentar. Makanya gue blogwalking ke sana-sini, baca tulisan orang-orang, lalu belajar dari itu semua. Masih sepi. Nyerah? Putus asa? Angkat tangan? Nggak. Gue ulang terus. 

Terus. Terus. Terus.

Mantengin statistik blog, ngeliat pageview yang naik turun dengan labil. Kadang bisa ratusan, kadang cuma puluhan. Awal-awal nge-blog, pageview konsisten sepi. Nyerah? Putus asa? Angkat tangan? Nggak. Saat-saat di mana gue rajin nulis, promosi, blogwalking, tapi blog masih sepi, adalah tahap-tahap sulit yang harus gue lewati. Banyak orang gugur di tahap ini. Tahap yang menentukan, setelah ini, mau lanjut apa berhenti?

Tahun 2012 adalah tahun di mana gue mengalami masa sulit itu. Hampir putus asa, tapi gue inget udah berusaha. Gue percaya hasil dari usaha nggak akan pernah bohong. Makanya gue coba menepis itu semua, lalu berhenti bertanya dalam hati, karena saat itu gue butuh apresiasi. "Apa aja yang udah para pengunjung dan pembaca blog kasih ke gue?". Pertanyaan itu ue balik di awal tahun 2013.

"Apa aja yang udah gue kasih ke pengunjung dan pembaca blog gue?"

Gue berpikir sejenak...

Lalu, gue ingin mulai menjawab pertanyaan itu dengan satu kata: konsisten. Iya, awal tahun 2013, tepatnya bulan Februari, gue mulai konsisten untuk nge-blog minimal seminggu sekali. Pada awalnya, emang susah dijalanin. Tapi kalo udah niat, gue pun jadi yakin. Makin ke sini, gue coba untuk nantang diri gue sendiri. Selama seminggu, gue harus bisa nulis satu postingan. Masa iya, dalam 168 jam, gue nggak bisa nulis satu postingan? Masa waktu sebanyak itu kurang? Ngapain aja gue selama itu? 

Berkat tertantang oleh diri sendiri, gue secara nggak sadar udah menjadikan nulis sebagai sebuah kebiasaan. Walaupun di balik itu semua, kadang gue masih ngerasa berat, tapi gue selalu berusaha semampunya untuk memberikan ini kepada para pengunjung dan pembaca. Gue udah nggak terlalu mikirin apresiasi, yang penting gue udah bisa memberikan sepenuh hati. Sesuatu yang dilakukan dengan hati, akan diterima oleh hati juga. Sesuatu yang dilakukan dengan hati, pasti akan berarti. Dan yang paling penting:

Sesuatu yang dilakukan dengan hati, nggak akan pernah sia-sia.

Lama-kelamaan, apresiasi itu datang dengan sendirinya. Mulai muncul satu demi satu komentar. Pageview yang mulai stabil dan makin lama makin naik. Gue udah ngalamin yang namanya pageview stabil di 10, 50, 100, 200, 500, bertambah, bertambah, bertambah, dan sekarang, per hari blog gue bisa mencapai sekitar 2,000 pageview. Semuanya mengalir begitu aja. Sebuah pencapaian yang nggak pernah gue sangka, bisa melebihi ekspektasi gue. Buat sebuah blog personal, gue rasa itu angka yang cukup tinggi. Seneng rasanya, dalam sehari ada 2,000 akses masuk ke blog gue. Nggak akan gini ceritanya, kalo waktu itu gue putus asa.

Pageview blog kevinanggara.com

Puas? Belum. Karena kalo gue puas hanya sampe di sini, jalan menuju pencapaian berikutnya akan tertutup. Setiap ngeliat blog lain yang lebih rame, gue ngiri, tapi gue termotivasi buat mencapai hal itu. Setiap dikritik, gue jadiin itu motivasi juga, biar gue bisa belajar untuk jadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Dan, di sinilah gue sekarang... terus berjuang demi sebuah pencapaian lainnya. Pencapaian itu bukan orang lain yang nilai. Tapi gimana gue bisa menikmati, berusaha, lalu bersyukur. Itu yang dicari. Gue harus bangga sama pencapaian yang udah gue lewati, karena itu salah satu cara menghargai diri sendiri. Jadi kalo ada orang yang bangga karena pencapaiannya, itu bukan berarti mereka sombong. Itu adalah cara mereka untuk menghargai dirinya sendiri.

Jangan lupa untuk rendah diri, bersyukur terhadap segala pencapaian yang udah dilewati. 

99 komen absurd

2000 perhari vin? gue aja 1000 perbulan hehehehe.
Selain promosi, kita juga harus konsisten. Untuk saat ini gue baru rajin promosi aja, tapi konsistennya belom. Mungkin kedepannya blog gue bisa setara atau bahkan lebih rame dari blog lo ini vin :p

Reply

gokill. gue suka sama semangat untuk nggak cepat puas lo vin, pertahankan. semoga banyak yang mengangap ini sebagai motivasi bukan ajang buat pamer, amin

Reply

Wah keren banget nih.
Konsisten memang perlu banget sih, tapi agak susah. Sekarang lagi pengen konsisten dulu hehe

Reply

Jangankan 3000, gue cuma dapet 100-200 visitor perhari vin. tapi good job buat lo! :D

Reply

Suka sama postingannya. Keep it up, bro! :D

Reply

Gue termasuk salah satu orang yang ngikutin lo dari awal, vin. Ya meskipun gak awal-awal banget. Jujur, pertama kali gue kenal lo itu dari tulisan-tulisan lo di blog. Gue inget banget waktu itu "ABSURDISME" gitu ya. Dari situ gue mulai follow twitter lo, sering baca tulisan lo di blog, saat ketika lo cerita dihubungin editor Bukune lewat DM dan sampai sekarang lo udah jadi salah satu penulis buku yang kece. Lo emang bener, segala yang dilakuin dengan hati, gak akan pernah sia-sia. Semoga gue bisa sekonsisten lo, vin.

Reply

Salut, vin!

Masa yang paling sulit itu adalah mempertahankan konsistensi nge-blog.
Semoga nggak berhenti sampai sini aja, tetap semangat nge-blognya :))

Reply

yang namanya konsisten buat update blog emang susah, gua juga udah ngerasain itu, sampe sekarang udah ada peningkatan lah sedikit - sedikit meskipun masih sepi.

Reply

ini postingan paling Dahsyatt vin.:'))

Reply

Dapat inspirasi 😊

Reply

Blog gue aldyprasana.com juga bisa dibilang gak begitu banyak yang ngeview. Tapui, ini masih usaha buat naikin kualitas tulisan. Gak cuma usaha di promo doang. Tulisan lu menginspirasi gue.

Reply

KEVIN IS MY LORD!

Kevin juga yang bikin gue terus dan terus terus semangat ngeblog. Thank you Vin!

Reply

Gue aja masih 200an/hari haha.. Yah, itulah hasil dari proses. Mulai keliatan tapi jangan cepat puas..

Reply

Tingkatin lagi! Promosi harus sebanding dengan konsistennya, Dhik. :P
Amin..

Reply

Awal-awal juga gue keteteran, tapi lama kelamaan biasa hehehe.

Reply

Wuih, udah lumayan tuh. Tingkatin!

Reply

Makasih, bro! :)

Reply

Wuih, itu udah lumayan lama. Pertengahan tahun 2013 kayaknya pas make nama Absurdisme.

Amin.

Reply

Yeah! Makasih :D

Reply

Nanti semuanya mengalir dengan sendirinya kok hehehe. Pasti tambah rame kalo udah konsisten..

Reply

Pasti vin! Gue bakal terus ngikutin jejak lo sampe akhirnya kita bisa jalan bareng-bareng :D

Reply

Hahaha yang bener? :))

Reply

Segitunya :)))

Yuk rajin nge-blognya..

Reply

Yoyoi, biar ada pencapaian-pencapaian berikutnya..

Reply

YUK!

Btw, gue udah hampir 5 tahun ngeblog. Baru tahun ini nih diseriusin banget.

Reply

Pencapaian yang baik.

Sama-sama. :))

Reply

Wah keren. loncatan semangatnya pasti pas menang iphone itu nih. :p

Reply

Beuuuhh,, tulisan ini sih biasa aja kalo yg nulis motivator2 di luar sana,, tapi krn lu anak SMA,, dan blog ini jadi saksi sekaligus bukti nyata nya, asli malu bgt gw,, dulu waktu SMA gw taunya sekolah sama maen doang,, gak kenal dunia hahaha.. sekarang udah kuliah mau lulus baru mulai kenal dunia.
Manteb vin,, gw sebagai blogger baru netes masih piyik, yang tanggal 17 mei nanti genep sebulan ngeblog,, Bakal pinjem nih motivasi lu buat nyemangatin gua terus ngeblog.. semoga visitor gw selain makin banyak, tapi juga makin meluas dari seluruh penjuru indonesia. Amin...

Keep posting vin,, sampe tua... hahaha

Reply

Ah,Beruntung banget gue bisa nemu blog ini dari hiruk pikuk dunia maya. Dan pastinya postingan yg satu ini bikin nambah semangat ngeblog. ^^

Reply

2000? Gue hari ini dapet 20, beberapa hari lalu dapet 30, lumayan temen gue udah pada tertarik sama proyek Fanfict Skyrim gue. Nah, ini semua berkat lo vin, gue termotivasi untuk selalu ngeblog, bahkan gue ngikutin jadwal lo, setiap post tentang Fanfict "The Last Dragonborn" bakal tayang tiap Sabtu jam 19:00, gapapa kan vin kalo jadwalnya sama? :))

Reply

2000 pageview per hari,,salut!!! gue jadi termotivasi buat mencapai angka segitu meskipun prosesnya masih sangat panjang

Reply

Satu kata "Keren"

Reply

(http://imamabil.wordpress.com) Pageview gue perhari masih 10-20an. Mungkin ini fase dimana gue mau ngelanjutin atau enggak. Kalau lihat pageview orang lain, jadi minder sendiri.. :(

Reply

Siap kapten! :D

Reply

keren..keren... sudi mampir di blog gue bro... www.jfambarita.net ya ... :)

Reply

Jadi semangat gue jadinya vin.. emang bener kayak apa yang JKT48 bilang "Usaha keras itu takkan mengkhianati" jadi "Believe your self" !

Reply

ini memberi gue semangat untuk ngeblog dan ngeblog.tapi,vin gimana sih caranya saat kita lagi malas-malasnya buat nulis????

Reply

Mantap, Vin! gue sehari dapet 100 pengunjung aja udah seneng. Hehe

Reply

eh, gatau juga deh, kalo entar entaran bakal ada postingan lo yg jauh lebih keren dari ini. :D

Reply

2000 per hari? Keren, Vin. Gue aja 2000 per bulan. Walaupun cuma dikit, gue tetep bersyukur karena masih ada yang baca.

Semoga gue bisa kayak lo ya, Vin. Amin. :)

Reply

Kevin is Macho. Gilee pageviewsnya segitu. Jujur, karena hasutan lo juga gue jadi berusaha untuk konsisten ngeblog tiap minggunya. Lebih rajin blogwalking ke rumah temen juga, dan lain-lainnya. Thanks vin!

Reply

Wah keren. Gua aja sebulan cuma mencapai 800-an but gua tetep optimis untuk konsisten dan terus promosi :D berkat lo, gua jadi pengen ngeblog lagi Vin, thanks!

Reply

Gue yakin setiap orang yang baca blogpost ini secara keseluruhan bakal ke charge lagi motivasi ngeblognya, Tetap menebar manfaat dan Inspirasi Vin ;)

Reply

Keren dah vin... 3000 itu gue dapetin perbulan, lo cuma sehari :')

Reply

suka sama semangatnya :D

Reply

Nggak ada kata telat!

Reply

Sebelum itu udah semangat, eh menang iPhone, makin semangat lah :))

Reply

Amin bro, semoga menginspirasi. Keep blogging!

Reply

Subscribe dulu yuk blognya biar nggak ketinggalan sama postingan2 baru gue :D

Reply

Intinya mah konsisten dulu, nanti semuanya dateng dengan sendirinya. Mengalir gitu aja. Hehehe. Yang penting always do 100%!

Reply

Nikmati proses bro :D

Reply

Inget, ada pembaca yang nunggu postingan kita. Masa mau buat mereka kecewa :P

Reply

Wah inovatif banged postingan nya vin. Keren! Gue ngeblog balu setahunan, mudah-mudahan hasilnya juga indah kayak lo :') Lanjutkan vin, lanjutkan bloggingnya.. ^^

Reply

Beberapa bulan awal pembuatan blog gua, itu pembaca gak ada. paling banter cuma 5 orang/hari. Tapi karena waktu itu gua mikirnya cuma untuk diary doang, jadi gua nulis, nulis, dan nulis terus. Gua sering juga promosi di Sosmed yang gua punya. Tapi masih dalam tahap proses, viewer blog gua baru 50an :D

Reply

Gue juga.. tinggal menangin hati gebetan. Langsung semangat deh. *ini kenapa malah curhat ya gue* hahaha kutu.

Reply

Mantap, Bro! Gue juga lagi berusaha konsisten nih, paling nggak posting dua hari sekali. Tapi ya gitu deh, sekarang pageviews blog gue per hari masih belum banyak, hehe....

Tapi nggak apa-apa, toh sebenarnya yg gue cari itu adalah latihan menulisnya #MenghiburDiri :))

Reply

Udah lumayan, bro! Tingkatin lagi!

Reply

Salut! Keren nih tiap 2 hari posting \o/

Reply

wiiihhh.... punya gue gak pernah ada yang liat :|

Reply

Gue baru tau lu punya blog :))))

Reply

Iya, sekarang sih gua sering blogwalking dan ninggalin jejak. biar ada kunjungan juga nantinya :D

Reply

wah, keren bro!

Reply

Gue cukup lama juga ngikutin blog lo. Gue inget banget soal postingan konyol lo soal bikin rasengan. Oh, man. Banyak orang awam yg akan menyabgka itu hal childosh dan nggal mutu. But, I know what you mean. Lo nggak membatasi imajinasi lo, dan itu hal yg cukup keren menurut gue. Sampai gue tau titik bangkit lo pas dapet tawaran bikin buku. Lo pantes dapetin itu. Pesen gue, pertahanin ini semua. Bahkan tingkatin terus. Saat lo kuliah, semua ini akan bertambah sulit. Bersiaplah. You know what I mean lahh, bro. :))

Reply

Tapi ada juga yang nyangka postingan itu serius, sampe nanya, kok nggak bisa sih? Dll. :)))
Yap, kuliah nanti bisa tambah sulit hahaha.

Reply

Gara gara baca postingan ini, gua jadi tambah semangat buat konsisten ngeblog. Makasih vin!

Reply

Wow, 3000/hari. Semoga bisa nyusul deh hehehehe. Nah bener vin, tetep rendah hati itu yang paling penting :D

Reply

Gw bener bener ngiri emang vin, sama master seo indonesia, yang begitu gampang nya dapeting ribuan visitor atau bahkan puluhan, hanya dengan waktu singkat, hombreng banget tuh pokok nya :D

Reply

2000/hari? langsyattt! nanti gue bisa kayak lo vin! semangat #beranibeda!

Reply

Gue udah 6 bulan, tapi pageview-nya cuma 50an/hari. Semoga lebih konsisten dan bisa kayak blog lo Vin :D

Reply

Alhamdullilah sama apa yang didapat sekarang selama ngeblog dan terus bekerja keras biar makin rame blognya gue setuju sama lo

Reply

thanks, vin! lo bikin gue tambah semangat ngeblog :)))

Reply

Makasih vin tulisan lo jadi buat gue tambah semangat ngeblog walaupun gue masih newbie sih hehe..

Reply

hahahahaa 2000an per hari -__- aku aja sehari cuma dapet 200an -__-

Reply

Ajib :v pagevewsnya banyak :3

Reply

nangis koar-koar TT *terharu baca bagian akhir*

Reply

makin lama di blog ini, kayaknya ilmu gue makin bertambah. makasih, kak.

Reply

ini loh yang namanya Motivasi ngeblog (bakalan panjang deh komen saya ni) takutny ente bosan baca saya cantumkan dulu linknya blog yang masih abal-abal ini http://kasacima-giat.blogspot.com/

oke kita mulai ,
pertama saya komentari teplate blog ente om , templte blog ente keren sekali , headernya tu lo paling bikin saya iri , kedua priview blog ente sehari sampai segitunya saya aja sehai paling banyak 50 lebih itu kalau lagi laku , kalau gak laku 0 biasanya , memang ada hambtan yang bikin log saya sepi yang pertama blog saya baru artikelnya kagak ada yang benar , yang kedua gue malas nulis , yang ketiga laptop gue masih rusak sekarang tidak ada laptop jadi kalau mau nulis minjam laptop kawan , yang ke 4 gue paling malas share sana sini :( .
tapi memang banyak yang gue dapat dari ngblog gue jadi rajin memabca buku utamanya dan mencari refrensi di internet dari pada buka facebook bikin status yang macam-macam . ya saya terimakasih aja deh ada motivasi yang diberikan ente doakan blog Kasacima giat lepas besar ya :D , akun FB gue : Giat Anshorrahman (temanan yok kawan)

Reply

Bang Kevin,kayaknya gw sering liat muka lu di video facebook yang "Dora The Ngeselin" dan "Permisi Ke Toilet" itu ????
(Sbenernya gw gk tau itu elu ato org lain)

Reply

Proud of youuuu Kevin!

Elo salah satu acuan gue dalam dunia blog.

Keep up the good work yaaa! :D

Reply

gue udah 4 tahun viewers masih 7ribuan aja hahahahahahahaha /ketawa miris

Reply

MeNgapresiasi dulu. Hee

Reply

Hahaha, ini posting motivation banget! :D jd semangat buat ngeblog nih.. thanksya vin! :))

Reply

ZzZzz gw aj sebulan gk nyampe 100 orang :(

Reply

Yang penting tetep usaha dan semangat :D

Reply

Hehe, makasih! :D

Reply

Visit my blog :
http://joseandreasluk1.blogspot.com/

Reply

Kak coba di banyakin lagi gambarnya
Kayak blog kak kevin yg meet indovigram itu
Jadi lebih tertarik aja bacanya
.semoga di baca de

Reply

mungkin gue sekarang lagi di masa masa sulit itu

Reply

wah, bener bener perjuangan ya bro! gue udah lumayan baru beberapa hari ngeblogging udah dapet 500 views lebih. dan sekarang gue makin tambah semangat buat ngeblog lagi. ngebayar 2 tahun hiatus kagak main blog karena trauma :v /
thanks bro atas motivasinya. sukses selalu!

Reply

Cerita yang Inspiratif,,untuk genjot motivasi,,,mas bro,,selamat..yaach

Reply

Hai. gw udh baca, tp gatau mau koment apa.. jadi cukup ini aja

Reply

bagus kak :v,ini bisa jadi motivasi bagi saya :v

Reply

Kata-katanya kaya yg ada di salah satu vlog deh :D ,, kalau ga salah yg vlog "ngomongin blog" ,
Baru nyadar, padahal udh lama :D

Reply

Salut!! sayang merasa gak punya bakat nulis hh :v

Reply

Keren mas. Jadi kemotivasi. Emang sih klo bikin postingan mendingan sedikit-sedikit dan sesering mungkin. Jadi yah, ibaratnya biar disangka "masih hidup" gitu.
Promosi, okelah itu uda pasti.
Tapi aku masih bingung tentang hubungan antara sering ninggalin komentar di postingan orang sama kenaikan statistik blog. Emang ada yang mau kepo sama jati diri kita ya??

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).