Kevin Anggara: Di Balik Layar

Di Balik Layar

Dengan kesibukan baru sekarang, setiap pulang sekolah, gue pasti selalu stay di kelas buat nunggu temen-temen yang lain. Bukan, kami bukan mau belajar bersama, tapi lebih dari itu... kami mau bikin video. Kalo kalian sering ngecek akun Instagram gue, pasti udah nggak asing dong sama beberapa video yang ber-setting di sekolah. Nah, sebagai pembuka, gue akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering muncul terkait hal ini:

Ngedit pake apa?

Baca postingan sebelum ini.

Sekolah di mana?

Kami sekolah di SMA Santo Leo 1, Jakarta Barat. Sesuai namanya, sekolah kami adalah sekolah Katolik. Gue sendiri sekolah di sini sejak SD. Kenapa nggak pindah-pindah: karena jaraknya deket dari rumah gue. Jalan kaki 2 menit juga nyampe. Lurus doang lagi. Huahahahaha. Nah, kalo mau mampir jangan lupa ya bawa banyak makanan. 

Itu bikin video di sekolah nggak dimarahin guru?

Nggak, karena kami bikin video setelah pulang sekolah. Pernah sih pas istirahat bikin video juga. Asal jangan pas pelajaran bikinnya ya. Yang penting sih nggak mengganggu dan kami harus siap beresin kelas lagi setelah dipake. 

Kok kelasnya cuman ada 4 orang?

Oke, gini....

Para pelaku di dalam video, termasuk gue, semuanya masih kelas 2 SMA (mau naik kelas 3 SMA). Terbagi karena penjurusan menjadi IPA dan IPS. Gue IPA, temen-temen yang lain IPS (@rainersantoso, @kelvinstl, @jnathanwinner, @jmyjulio, & @brydam). Saat kelas satu, kami semua masih tergabung dalam satu kelas dengan total murid 28. Tapi saat penjurusan, yang bisa masuk IPA cuma empat orang. Dan gue ada di dalamnya. Terus gimana? Ya lanjut.

Gue sekelas berempat, sementara temen-temen yang IPS sekelas lebih rame. Jangan kaget dan nanya kok bisa? Gimana rasanya? Bla bla bla. Itu semua bakal gue ceritain lebih lengkap di buku kedua. Eaaaaa. Sedikit informasi aja, kenapa gue masuk IPA: 1) Gue yakin yang minat pasti dikit, kelasnya jadi sepi. 2) Kelas sepi, bisa belajar lebih fokus. 3) Gue nggak suka suasana yang rame kalo lagi belajar. 4) Cari tantangan (padahal gue nggak bisa Matematika).

Karena Rainer tau gue sering bikin video di Instagram, awalnya dia minta diajak juga buat bikin video-video selanjutnya. Setelah itu, akhirnya yang lain "keracunan" dan pada ikutan juga. Biar nggak repot beresin kelas karena kegiatan ini, kelas IPA yang isinya cuma beberapa bangku dan meja terpilih sebagai tempat eksekusi. Itulah kenapa kalo bikin video di kelas, murid-muridnya paling cuman 4-5 orang. Lagian kalo kebanyakan juga susah nge-handle-nya.

Kok videonya nggak lucu?

Lucu itu relatif. Sesuai selera. Lagian, kami nggak melabeli setiap video yang dibuat dengan tulisan: VIDEO LUCU. Jadi kalo menurut seseorang nggak lucu, menurut yang lain bisa aja lucu. Kami berkarya buat orang-orang yang suka. If you don't like, just go away. 

Behind the Scenes

Jadi, di postingan kali ini gue pengin nyeritain proses di balik layar saat kami bikin video bareng. Bahasa kerennya behind the scenes. Azek.

Kami sering bikin video di sekolah maupun di rumah. Tapi yang paling deket udah pasti sekolah. Sehabis bel pulang, kami semua biasanya ngumpul dulu di kelas IPA. Yang udah punya ide, langsung deh ngasih briefing ke temen-temen yang lain. 

"Eh, jadi videonya gini, nanti akhirannya gini..."
"Gue butuh 3 orang, jadi nanti lu duduk di sono, terus pas gue berdiri..."
"Jangan gitu, mending kayak gini, endingnya lebih dapet.."

Saling ngasih pendapat sampe idenya mateng, kemudian langsung take video. Walaupun ide udah mateng, kadang saat take juga masih bisa di-improvisasi. Sampe dapet hasil yang bener-bener maksimal deh menurut kami. Nggak jarang, kami harus nunda pengambilan video karena ada guru yang tiba-tiba masuk dan nanya, "Ini lagi ngapain? Bukannya pulang..." Belum lagi kalo karyawan sekolah masuk dan pengin beresin kelas. 

Dalam sehari, kami bisa bikin 2-4 video. Untuk video rame-rame, semuanya gue yang ngedit di rumah. Hasil jadinya nanti dikirim lewat grup WhatsApp. Nah, temen-temen yang lain juga udah mulai sih bikin video sendiri. Mulai belajar dasar-dasar ngeditnya. Kalo ada yang butuh temen buat di videonya, saling bantu satu sama lain. 

Yang susah sih mungkin pas pengambilan beberapa scene yang agak absurd. Harus nahan ketawa dan take berulang-ulang sampe jadi. Intinya seru sih hahaha. 

Karena kebiasaan buat video tentang sekolah dan lumayan aktif di Instagram, pada akhir bulan Mei 2014, gue kepikiran buat bikin Schoollegevidgram (School + College + Video + Instagram). Terinspirasi dari Indovidgram, komunitas video Instagram di Indonesia. 

Gue ngeliat, banyak pelajar/mahasiswa yang punya bakat dan minat di bidang ini (video). Lalu, karena alasan tadi (sering bikin video tentang sekolah), kenapa nggak gue bikin akun khusus aja buat video jenis ini? Video gokil tentang keseharian di sekolah/kampus, keresahan yang bisa dijadiin komedi dan dinikmati orang banyak, juga sebagai penghibur di kala bosan. Kelihatannya menarik... dan jadilah akun @schoollegevidgram ini. 

Schoollegevidgram ini adalah bagian dari Indovidgram. Bisa dibilang, "kategori"-nya lah. Kalo mau nostalgia dengan nonton video-video tentang sekolah/kampus, buka Instagram, terus cari deh hashtag #schoollegevidgram. Buat yang videonya mau dipromoin, jangan lupa cantumin hashtag #indovidgram + #schoollegevidgram. 

Oiya, gue juga bakal upload video-video yang kami buat di Instagram ke YouTube. Biar orang-orang yang nggak punya Instagram juga bisa liat. Dan setiap bulannya, gue bakal upload video behind the scenes yang sayang buat dibuang. Kayak video di bawah ini:


Gimana? Udah nonton? Masih mau lagi?

...

Ini dia video behind the scenes terbaru:


Catatan: Bulan ini sampe bulan depan kami jarang post video tentang sekolah karena lagi liburan. Dimaklumi ya. Tapi secepatnya bakal bikin video bareng lagi kok. Cheers!

121 komen absurd

Comment pertama 👏👏👏👏👏👏

Reply

Serius satu kelas 4 orang aja, Vin?

Gue salah satu orang yang selalu kepoin ig lu, Vin. Oh jadi gini toh. Lain kali coba ajakin gurunya juga buat video vin.

Reply

Ooo jadi lo bikin video habis pulang sekolah.. :D jadi, kalo ada yg guru yg nanya kalian lagi ngapain, lo jawab apa vin?

Reply

Masa iya gue harus ngulang lagi nulisnya..

Reply

Gurunya juga udah tau kami lagi bikin video..

Reply

Gak nyangka cuman 4 orang -__-
btw, si rainersantoso akting-nya lumayan juga ya :))

Reply

Pertanyaan selanjutnya, kenapa warna seragam lo lebih terang dari seragam temen-temen lo?

Reply

Serius sekelas cuma 4 orang? Gue MIA (sebutan buat IPA di kurikulum '13) sekelas rata-rata 38 orang dan itu ada 6 kelas.. :|

Ditunggu video-video selanjutnya + buku keduanya!

Reply

4 orang beneran satu kelas? Kirain kalau penjurusan yang minat itu orangnya kurang banyak, bakal disetor ke jurusan yang lebih banyak peminatnya. *sekolah saya gitu sih ._.*

Ditunggu atuh buku keduanya. Cepetan rilisss!

Reply

4 orang satu kelas? enak bener, pasti bisa dapet juara 1 atau 2 atau 3 atau harapan 1 dong :D

Reply

kev, lagu yang dipake video "gak jadi ulangan" apa?

Reply

Keren. Main juga ya ke blog gue vin.azizkerenbanget.blogspot,com.

Reply

Kevin, kalo gua boleh tau lebih seru dan lebih sulit mana bikin video di sekolah bareng temen atau pas dirumah sendirian? Sekalian tolong bikinin di balik layar pas bikin videonya dirumah atau diluar sekolah dong... Hehehe

Reply

kev, lagu yang dipake video "gak jadi ulangan" apa?

Reply

Tiap gue baca postingan temen-temen blogger yang masih SMA tapi udah banyak karya kayak lo, gue jadi ngerasa "telat". Kenapa gue gak dari dulu aja kenal hal-hal yang beginian. Sekarang mau ikutan #Schoollegevidgram juga udah mau sidang T.A :D

Video lo ini gue yakin pasti keren-keren. Karena setau gue lo kan orangnya perfectionist :p

Keep creative dan terus berkarya, broooh! \o/

Salam,
ThrwBlog http://thrw.blogspot.com

Reply

Vin, siapa namanya temen lu yang kumisan itu plus bertubuh bongsor? Gileee wajahnya kocaaak

Reply

Salah satu temen lo ada yang mirip temen gue. Apa dia versi kedua temen gue?

Reply

Kevin sekarang mulai merambah dunia lain lagi....

(( DUNIA LAIN ))

Eh, tapi sukses kok. Anak-anak Instagram yang belum tahu blog, lambat laun jadi baca blog Kevin gara-gara video2 kocak di sekolah itu.
Aci nontonin terus lho. Ahahaha, sedih sih harus libur 1bulanan. Demi penonton setia, usahain deh, bikin sama temen2, minimal model pake seragam, di rumah temen, jadi ceritanya murid sekolah dan kejadian kocak di rumah temen gitu. Ahahaha. :))

Keep it going ya bro! <3 <3

Reply

Gw bener2 suka video lo yang Dora itu. Asli!! Gw ketawa ga bisa berhenti! Kalo bisa bikin lagi Dora the ngeselin 3. Sukses terus :)

Reply

Jadi makin kepengen bikin video, terutama nyobain stopmotion. Tapi gue gak punya medianya, kamera ataupun smartphone, minjem ke temen pun gak ada yang menyanggupi -____-

Reply

keren banget dah videonya :)

Reply

mantap banget deh keren banget videonya bisa bikin per episode :D

Reply

gue jadi pengen buat juga :,)

Reply

Cie yang lagi liburan. Yaudah gue tunggu artikel inspiratif lainnya dari lo vin. Berharap bisa belajar banyak dari artikel yang lo tulis tersebut. Terus berkarya! :D

Reply

Keren Vin videonya. Gue jadi pengen bikin juga. Tapi, gue bingung mau bikin pake apa. HP gue bukan smartphone. Komputer gue masih pentium 4 (WINDOWS XP). Memori kecil.

Sebelum bikin, gue belajar dari lo dulu deh, Vin. :))

Terus berkarya bro!! :)

Reply

Kak kevin videonya udah bagus. Tapi expresi wajah kak kevin masih agak kaku menurutku

Reply

Kreatif ka ,bikin yang lebih greget ya

Reply

Wahahaha namanya juga baru belajar bikin video-video singkat gitu. Lucu nggak lucu itu mah masalah belakangan. Gue justru malah lebih tertarik dari konsep videonya. Soal lucu atau gokilnya, itu bonus. :))

Reply
Anonim Author

wah kak kevin pake hoody SteelSeries NAVI :D

Reply

Gue suka banget temen lo yang paling gendut dan unyu itu, ada jenggot dan kumis lagi, uwuwuwu sampein yak.
gue paling suka video lo yang izin ke toilet, haha. Pernah ngga sih ada guru yang liat video lo di instagram dan ngasih coment secara langsung?

Reply

sehari 2-4 video? takenya berapa lama vin?

Reply

weheeee pelajar produktif. azek. lanjutkan :D

Reply

Asik! Hebat loe kak..
Wkwkwk..

Reply

Beneran kok hahaha..

Yoyoi, berbakat dia :))

Reply

Efek photoshop :))

Reply

Yup hehehe.

Siap!

Reply

Nggak, tetep lanjut walaupun dikit hahaha. Tapi nggak nyampe dua orang juga..

Siap hehehe

Reply

Nggak gitu juga :|

Reply

Pas di rumah sendirian.. Ngerekamnya sendiri juga hahaha..

Kapan-kapan yak hehehe.

Reply

Mungkin temen lu yang versi keduanya temen gue.

Reply

Hahaha iya, banyak pembaca baru yang awalnya kenal dari Instagram..

Libur bikin video tentang sekolah aja, tapi video sendiri tetep jalan dong.

Makasih! \o/

Reply

Beli aja bro, smartphone sekarang kan udah murah-murah..

Reply

Makasih, bro \o/

Reply

Smartphone sekarang udah murah-murah, beli aja bro hehe..

Pasti \o/

Reply

Makasih sarannya..

Reply

Yoi, itu sih orang yang nilai. Yang penting usaha pas buat 100%!

Reply

Sip hehehe.

Sering lah :)))

Reply

1 jam-an bisa lah 4 video. Tergantung berapa banyak scene dalam 1 video hehehe. Yang Super Selfie itu take-nya sekitar 20 menit non-stop. Ngeditnya yang lama.

Reply

Angkat 2 jempol bang.. *tepuk tangan *tolong jangan bertepuk tangan sebelum saya izinkan

Reply

ziirrrrrr gak garing vin ngakak kampret gue :))))
paling ngakak yang dat face HAHAHAHA :)))))

Reply

suer, vin. lo keren \o/
temen lo yang gendut itu pas adegan nari, ekspresinya oke banget haha :D

Reply

Koko ultahnya kapan? #kepo
16 Maret bukan?

Reply

vin kok guru nya gendut ?

Reply

Kasih tau dong ko,cara ngedit nya ?
Terus ngedit bagian apa nya yg pas misal nya buat video ?

Reply
Muhamad Fauzi Author

wah susah juga ya bikin videonya,respect deh sama kevin yg udah susah2 bikin videonya,
Ganbatte ne...

Reply

vin, lu kalo bikin video gitu di app apaan ?

Reply

Dari pada gembrot

Reply

itu yang ndut unyu" deh.. titip salam yak :v

Reply

Lah, video nya kga bisa dibuka kko .-.

Reply

Vin, kapan-kapan bikin videonya pake baju batik dong! Wahahaha (mentang-mentang sama-sama santo leo)

Reply

btw, itu lagu2 diawal behind the scenes apa??

Reply

Ka*fans cilik*..... Agamanya katolik?

Reply
Iniorangngefans Author

Katanya perhatiin tanda baca, kok masih ada ( ga ada koma) ya. Weka weka

Reply

Kevin itu yang Behind Delete Secenes yang lo malu tuh sendiri terus lempar tas itu lagu siapa ?

Reply

Ka kevin kapan ketemu lagi di monas waktu itu aku lagi liat banyak orang lagi bikin video aku juga heran................ SORRY my age is 12 and class 6 grade in sdn duren 1

Reply

Vin buku" lu judul nya apa??

Reply

wakwak ngakak gan...
btw, lo pake apa buat ngerekamnya

Reply
Anonim Author

klo kyk gitu biasanya plg jam brp ?

Reply
bayu raditya 12 Author

perasaan baju sma lu kelonggaran vin :v

Reply

wizz keren, ini nii baruuu anak indonesia,....
matappp,....
kalau yg ini di hafalin gak sebelum take "maunyari kantong ajaib doraemon trus nemenin kerasakti cari kitabsuci lalu bantuin naruto ngalahin madara supaya jadi hokage pak" hahaha :D

Reply

ooo, hahaahaaa, viin, gua liat muka lo aja ketawaa vin :D

Reply

lagu yg ada di video apa aja ?

Reply

nge rekam nya pake kamera apaan sih vin ?

Reply

Semua video kreasi lu, keren smua..
Pada ska teman2 gue sklas ..
Lanjutkan��

Reply

kak mau dipanggil kak atau kek hehe oh iya kakak biasanya ngedit video pake app apa terus kalo ngerekan pake HP atau kamera? mau nyoba nyoba siapa tau bisa sukses kayak kakak :v

Reply

Backsound di menit 1:52 apaan yak ? kalau boleh tau.

Reply

nanya doang

Reply
Anonim Author

Eh vin lu pake template apaan sih vin,trus ilustrasi blog lu siapa yg gambar,dan gimana sih nyari lombanya,maap pertanyaannya kebanyakan.hehe

Reply
iqi Author

kmu kuliah mau diterusin kemana 'n' prodi apa?

Reply

Vin Nama Kepala Sekolah Lu Ap Vin Nanya Doang Ya

Reply

Vin,Emang kamu gk malu bikin vidio yang diposting di youtube? Kenapa?

Reply

vin Buat video duet sama edho zell lgi donggg

Reply
Anonim Author

kak kalo download efek efek suara nya gitu dimanaa ?

Reply

eh yang lo unggah di youtube kok cuman sedikit sih kenapa gak sekalian semuanya biar seru!

Reply

kak menit yang ke 04:41 lagu mandarin judulnya apa ya ...yang di video lucu vinegram #2

Reply

Vin judul lagu pas lu ngeluarin kartu as itu apa judul nya ??

Reply

kak tolong mainin game steam"passing paneview forrest" game horor tuh

Reply

wah, aku paling suka nih video nya :D

Reply

Gue juga lagi bikin video kok

Reply

keren keren dah keren habis buat ka kevin!!! 2 jempol hihihi....

Reply

salam kenal dari annisa wkwkwk buat ka kevin sukses terus deh ya ;)

Reply

Kevin Semoga Sukses Terus Dan Jangan Lupa Bikin Video Kompilasi,Atau Sebagainya Yang Tertarik, Yang Menghibur Dll

Salam Dari BANDUNG

Reply

Ko Kevin, judul lagu kompilasi video Instagram apa kak?

Reply

Hallo kak... mau tanya, lagu pembuka vidio-vidio diatas itu judulnya apa yah, kak ?

salam hormat, Tomy.

Reply

Bagi judul lagu nya dong?

Reply

kak nanya dong , judul lagu yang temen ngebatalin janji itu apa judulnya?

Reply

Kak, muka lu mirip banget sama temen SD gue -,-

Reply

judul lagu yag di pake waktu video kartu as apa ??

Reply

Kak, gak ada fandom gitu ya buat fans kak Kev?

Reply

Vin opening video apa judul music nya ?

Reply

Kev mao nanya, toh tapi kalo lo masih buka ni website juga, kamera yg biasa lo pake kamera apaan?, pernah make kamera hp 8mp gak?, atau biasanya make kamera apalahh bla bla bla, rencana pengen jadi youtuber nihh, cuma badget tipis, rencana mau beli kamera 8mp, kira" bagus gak hasilnya ntar?^^

Reply

Keknya I'm Not The Only One

Reply

keren bro. klw boleh tau lo ngedit videonya pake apa? laptop atau hp? klw laptop pke aplikasi apa trus kalo hp pake aplikasi apa? di jawab ya! ;)

Reply

guru nya kok itu terus tapi lucu koq

Reply

sumpah lucu banget yg dora

Reply

vin , lagu yg di judul valentine , apa tuh ,

Reply

Kalo gua sih ga kaget. Gua SMA di Kalam Kudus Jayapura dan satu angkatan 30 orang. Lebih miris mana coba?

Reply

Minta nomer hp loo vin

Reply

Minta nomer hp loo vin

Reply

ko kevin...gw kan kelas 9 nih...terus gue mau masuk St.Leo. btw St. Leo ada web nya gak

Reply

sayangnya temen" ku nda asik buat bikin video ada sih 4 orang tapi pada cepet dijemput ortu

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).