Kevin Anggara: Kotak Surat: Tips Konsisten, Selera, dan Username

Kotak Surat: Tips Konsisten, Selera, dan Username

Seperti janji gue di postingan sebelumnya, kali ini gue bakalan jawab email-email yang masuk ke dalam Kotak Surat. Gue nggak nyangka, ini yang ngirim email banyak banget. Nggak gue jawab semua, karena beberapa ada yang: 1) Udah pernah gue jawab di edisi sebelumnya. 2) Panjaaaaang banget kayak lagi curhat. 3) Ya, emang nggak harus dijawab juga. Retoris. 

Jadi, selamat buat yang emailnya gue jawab di postingan kali ini. Lumayan kan namanya mejeng huahahaha. Yang nggak gue masukin ke sini, berarti udah gue bales via email langsung atau ya... seperti poin nomor 3 tadi, nggak harus dijawab juga.

So, selamat membaca!

Kotak Surat
Dari Sudirman Idos

Setelah ngirim mail gak jelas dan gak dibalas (kamu jahat!) gue mau nanyain tentang genre buku nih, Vin secara buku pertama lo kan udah sukses di pasaran.

Jujur, gue suka cerita bertema society, love, pity, dan ceritanya kompleks. Buku yang sering gue baca itu terbitan Macmillan tapi masuk ke Indo di terbitkan ulang sama Dian Rakyat. Ya, contohnya The Woodlanders, Our Mutual Friend. 

Nah, gue pengen banget nulis dengan genre romansa dan ceritanya kompleks, tapi apa menurut lo buku kayak gitu bisa diterima anak-anak seusia kita? Gue juga pengen nyoba genre komedi sih, cuma gue orangnya garing. Kurus, kayak kerupuk. Eh, selera humornya kayak kerupuk maksudnya. Jawabanmu aku tunggu, mastaaah.

Satu lagi, gue kok jomblo?

Sekarang gue bales nih.

Wow, bacaannya berat ya kayaknya? Gue baru denger tuh judul-judul buku itu. 

Walaupun ceritanya kompleks, asal gaya penulisannya asik, pasti bisa diterima sama anak-anak seusia kita. Contohnya? Novel Perahu Kertas karya Dee Lestari. Jujur, itu novel Indonesia pertama yang gue baca sampe selesai. Semenjak itu, gue jadi suka baca buku-buku yang lain. Walaupun ceritanya kompleks, tapi gue enjoy banget bacanya. Sampe selesai lagi.

Garing itu salah satu seni juga sih dalam komedi. Yang penting kan udah berusaha ngelucu. Asal jangan kayak acara sketsa gambar aja. Itu mah gue rasa bisa bikin kategori baru sendiri: garing. Bukan komedi lagi :)) Dan ini yang perlu diinget: selera humor orang beda-beda. Yang menurut gue lucu, menurut orang lain bisa aja nggak lucu. Tapi buat acara sketsa gambar, kayaknya pada setuju sih sama gue kalo itu garing. #khanmaen

Lah, jomblo? Gue juga sih.

***

Dari Alfy Khairini

Vin.. Ngefans banget sama kamu. Muda berbakat. Di liat dari kacamata nya kaya nya juga pinter. Kaya nya yah vin.. Haha. Can you show me how smart you are? :D
Mau nanya boleh yah? Kan malu bertanya sesat di jalan. Banyak nanya dikira wartawan. Ngga apa-apa kan yah? Ngga apa-apa lah (nanya sendiri jawab sendiri)
1. Itu arti chocs di semua nama social media kamu apa sih artinya?
2. Sekarang udah ada kesibukan baru yah. Posting video di Ig, youtube. Gimna time management kamu, ngebagi waktu antara ngeblog, bikin video, ngedit video, belajar. Ngerjain tugas mungkin. Dll? Apa lagi udah mau kelas 3 yah.
Kali aja bisa ditiru buat yang ga bisa mangement waktu kaya aku. Kalo kamu kan ngehabisin waktu buat bikin semua maha karya kamu yang luar biasa itu. Kalo aku ngehabisin waktu buat stalking karya kamu semua nya di blog, youtube,twitter,vine, instagram.path, friendster, (kalo masih ada)

Nggak perlu ditunjukin sepinter apa gue. Langit tak perlu mengatakan kalo dia tinggi. Azeeeeek.

1. Banyak nih yang nanya gini. Dulu, gue bikin ID Kaskus dengan nama kevinchoc. Kenapa nggak kevinanggara? Karena kepanjangan, dan udah ada yang make. Gue suka cokelat dan kopi. Yauda, gue coba ambil bahasa Inggris dari cokelat: chocolate. Tapi masih kepanjangan. 

Gue singkat lagi jadi choc. Terus digabungin sama nama gue, jadinya kevinchoc deh. Udah make nama itu dari 2010, jadi tiap buat akun media sosial, make nama itu deh. Nah, kalo nemu akun gue yang make chocs, itu sengaja gue tambah huruf "s" karena yang kevinchoc udah ada yang punya. Kayak akun Instagram, yang kevinchoc udah ada yang make, padahal pas gue cari nggak ada. Gitu deh, kalo nggak kevinchoc ya kevinchocs. Biar catchy. 

2. Gampang, dengan disiplin dan konsisten aja. Pagi sekolah, pulang tidur siang. Bangun beresin buku, terus ngerjain tugas dan belajar (seperlunya aja sih). Malemnya dipake buat nulis dan yang lainnya. 24 jam - (makan + minum + sekolah + nulis + dan lain-lain) = jam tidur.

***

Dari Imel Vimala

Hello Pagi siang sore petang malam vin.

Vin gini nih maaf kalo terbelitbelit yaudah to the point aja nih.
Oke sebelumnya kenalin nama gue imel. *ahgapenting juga gue ngenalin diri,gaada yg nanya(!?)*:"
Vin wajar ga sih ya kalo seorang penulis ga suka baca? Wajar ga vin. Kalo ga wajar kasih pendapat dong gimana biar suka baca.. Yah ketahuan deh gue jarang baca buku pljrn ,ahhh biarin lah ya ;p hhahah

Nggak wajar. Gimana kalo gue tanya, wajar nggak seseorang hidup tanpa bersosialisasi?

Menurut gue, ya... kalo mau jadi penulis dan males baca, jangan berharap tulisannya bagus aja. Sendirinya aja nggak mau baca, gimana tulisannya bisa bagus. Biar suka baca? Ya dengan mulai baca. Just do it. #bukaniklanNike

***

Dari Gita Christiana

Selamat pagi/siang/sore/malem, Vin. Tergantung lo bacanya kapan.

Bisa dibilang, gue bukan 'orang baru' di dunia blog. Kira-kira dari kelas 6, berarti udah mau jalan 5 tahun. Kalo boleh flashback, gue itu kurang pake hati ngurus blog. Kadang sebulan ngepublish bisa beberapa kali, tapi yang paling parahnya gue pernah nggak ngepost apapun berbulan-bulan sampe gue lupa password blog gue sendiri. Nah, mulai dari akhir kelas 9, gue coba untuk 'lebih pake hati' ngurusin blog. Tapi ujung-ujungnya... ya gitu deh.

Sekarang gue mau mulai bener-bener konsisten. Ya walaupun belum tentu tiap minggu gue bisa publish satu post. At least gue janji sama diri gue sendiri buat lebih produktif lagi. Masalahnya, gue sering kurang bisa wujudin ide yang gue dapet ke dalam bentuk teks. Jadi di otak tuh udah ada gambaran buat nulis ini-itu tapi begitu mau diketik, gue bingung sendiri. Sering juga pas lagi ngetik, mood gue tiba-tiba berantakan dan akhirnya gue jadi males lanjut.

Bagi tips atau sarannya dong kita harus gimana supaya bisa tetep konsisten + total dalam ngurus blog. Oh iya, gimana caranya supaya nggak kehabisan kata-kata waktu mau nuangin ide ke dalam bentuk tulisan?

Thank you, Vin! Sukses terus kedepannya, ditunggu juga buku keduanya :)

Wuih, udah lama banget nih nge-blognya. 

Masalah lu yang susah mau nulis apa yang ada di otak itu pernah gue alamin. Biasanya harus banyak baca buku kalo kayak gini. Perbanyak baca, karena penulis yang baik itu adalah pembaca yang rakus. Jangan sampe mood ngalahin diri sendiri. Justru lu yang harus ngalahin mood itu.

Tips supaya tetep konsisten dan total: gampangnya gini deh.. dalam seminggu ada 7 hari, dan tiap hari itu ada 24 jam. Sesibuk apapun lu, nggak mungkin lah nggak punya waktu kosong 30 menit aja. Tanemin itu, dan coba nulis rutin selama 30 menit setiap hari. Dalam seminggu, bisa kan jadi satu postingan? Kalo udah publish postingan itu, ulang lagi dari awal.

Jam nulis gue itu biasanya jam 7 malam ke atas. Entah kenapa, lebih enak aja nulis malem-malem. Apalagi keasikan sampe pagi hari. Hahaha. Oke, makasih yak.

***

Dari Celine Chan

Dear Kevin

Hai kak.. *sok akrab*

pertama kenalin, nama gue Celine. Gue mau sedikit cerita & minta saran nih. Pertama, gue bercita-cita jadi penulis & blogger terkenal (contoh kaya elo) tapi masalahnya, dulu gue pernah bikin blog dan blog itu sepi banget. Viewers nya pun hampir tiap hari ga ada, dan itu bikin gue frustasi & males buat lanjut nulis. Padahal blog itu dah gue promosiin di social media apapun yg gue punya. Dan endingnya blog itu gue hapus.

Kedua, gue itu ga pinter tentang blog design, jadi blog yang gue buat, hiasan-hiasan di blog gue jelek banget & ga menarik, jadi bikin tampilannya kurang menarik & alhasil berdampak jadi kurangnya viewers.

Kalau menurut lo gimana? Apa yg harus gue lakuin? Lanjutin keinginan jadi Blogger & penulis dengan kekurangan kaya gitu, atau gimana?

Mohon sarannya ya, Vin!

Thanks alot! Maaf kalau kepanjangan :D

Halo, Celine.

Pertama, prinsip dasar sebuah blog itu berbagi. Ya, walaupun tujuan orang nge-blog itu beda-beda. Nggak usah frustasi kalo blog sepi, karena semua blogger pasti pernah ngalamin hal ini. Lebih lanjut, lu bisa baca tulisan gue yang ini. Terkenal dan blog rame itu cuma bonus atas apa yang udah lu lakukan. Promosi di semua media sosial itu nggak memungkinkan juga blog lu akan langsung rame. Balik lagi.. kontennya udah menarik belum?

Kedua, gue juga nggak pinter. Tapi gue mau belajar. Dan, liat deh tampilan blog gue. Lumayan ya? Buat awal-awal, yang penting sih tampilan blog itu simpel dan nggak bikin sakit mata. Nah, kalo ilmu udah bertambah, boleh deh coba diutak-atik tampilannya biar lebih menarik.

Semua blogger itu punya kelebihan dan kekurangan. Kalo emang niatnya ke situ ya lanjutin.

\o/

***

Dari Marcellius Rangga

haloo.. Kevin. gue Rangga. salam kenal ya.
gue juga salah satu blogger dan salah satu penggemar blog loe juga. 

btw, gue mau tanya. gue sekarang cita-cita pengen jadi penulis buku. gue semangat banget buat nulis. biar semua orang bisa baca tulisan gue, gue buat blog. gue pengen banget blog itu gue jadiin buku. tapi, kalo dibandingin sama buku loe. yang hampir 260 halaman. apakah gue sanggup? 

gue cuma pengen tanya beberapa hal :
1. berapa tahun loe nyelesein buku pertama loe?
2. apa aja yang loe bahas di buku loe?
3. kenapa loe bisa rapi banget kalo nulis? bisa apik + gampang di pahamin?

itu aja pertanyaan dari gue. semoga loe bisa bantu gue buat raih cita-cita + harapan yg gue punya dari kecil. thank you kevin. ditunggu balesannya.
Halo, Rangga.

1. 2 minggu. Serius. Tanya aja editor gue.
2. Beli dan baca buku gue biar tau.
3. Latian, latian, dan latian. 

Yak, semoga jawaban singkat gue bisa membantu.

***

Dari Aminy Andawi

Hi kevin ((or probably I should call you koko kevin? Heheh)) 
Namaku Ami, aku siswi SMA kelas 10 ((naik kelas jadi kelas 11 sekarang)). Tbh I really like watching your vids and read all your posts on ur blog. You may call me as your fan (?) Heheh~ To the point aja ya, I have few questions for you ((if you dont mind)) to answer :)

1. Dulunya emang udah suka hal" seperti ngeblog/bikin vid ga makanya bisa kaya sekarang?

2. Setiap mau ngetik/buat vid dapet inspirasi darimana?

3. Apa tanggapan orang tua terhadap apa yang kamu lakukan sekarang?

4. Sekolahnya ga terganggu?

5. What if there is someone yang lebih bagus dari kamu dalam hal" yang kamu lakuin sekarang ini? Will you fill offended atau nyerah dan ga lanjutin karya" kamu lagi atau keep going dan ngedukung apa yg dilakuin sama orang tersebut?

Itu aja sih pertanyaannya. Tujuan aku nanya pertanyaan" itu buat inspirasi,pembelajaran dan jawabannya ((kalo iya kamu jawab)) buat penyemangat juga sih karna aku pengen kaya kamu, kak chandra,bang bena,kak devina,dan sejenisnya (?)

Well okay, berharap bgt semoga kamu bakal bales email ini :) thank you! ^^

Halo, Aminy.

1. Yup, dari kelas 2 SMP gue udah mulai nge-blog dan tertarik di dunia video.
2. Inspirasi gue dari mana-mana. Kadang dari blogwalking, kadang dari nonton film, kadang datang tiba-tiba. Kayak cinta. Eh, itu kayak judul lagu Maudy Ayunda.
3. Kadang suka nanya-nanya, buat video apa sih? Main laptop mulu. Padahal lagi nge-blog.
4. Nggak.
5. Gue selalu menjadikan orang-orang yang lebih hebat dari gue sebagai motivasi, biar gue bisa berkarya sebaik atau bahkan lebih baik dari dia. Nggak merasa tersaingi. Toh, sama-sama berkarya buat hal positif.

Semoga jawaban gue menginspirasi. Azek. 

***

Mau ikutan nanya-nanya di segmen Kotak Surat? Baca ini.

47 komen absurd

Email gue gak di bales.. #AkuRapopo

Reply

Yang bener, bro? Coba cek email lu deh.
Sebelum gue post ini udah gue bales2in kok via email langsung.

Reply
Anonim Author

nyelesein buku dalam 2 minggu, nyelesein rubik cuma beberapa detik. hebat hebat..

Reply
Edward Elmer Author

Ko Kevin, kok Emailku gak dijawab? Aku mau tau cara bikin iMovie tuh

Reply

Cek email kali bro. Sebelum post ini gue publish udah gue bales-balesin via email langsung.

Reply

Itu yg ngambek emailnya gak dibalas cowok2.. #salahfokus :))

Intinya sih konsisten dan niat. Kadang niat berbanding terbalik sama keadaan :v

Reply

Ah, nggak usah pengalihan isu deh.

Gue masih inget kok apa yang lu lakukan di CoC.

*laporin*

Reply

Keren, bermanfaat banget, Vin! Oh iya, gue baru selesai re-read Perahu Kertas, eh ternyata lo masukin di postingan ini. Jangan-jangan...

Reply

Kalo gue baca dari seluruh pertanyaan yang masuk ke email lu, sebenernya gue pernah ngerasain juga semua hal-hal di atas dan sedikit banyak jadi tau sendiri jawabannya hehe.

Kebetulan gue juga sama kayak lo, vin.. Seneng nulis sama video, makanya gue sering banyak nanya juga sama lo. Btw thanks udah mau gue tanya-tanya. Gue banyak belajar dari lo secara gak langsung. POKOE TERUS BERKARYA! :D

Salam,
ThrwBlog

Reply

Thank you vin...love u ;)) ;3

Reply

Hmm.. 'ntar IAM maen surat-suratan jugga ahh sama Kevin :V

Reply

Ah.. Udah akhirnya,selama seminggu gue nungguin postingan blog ini. Ternyata dikejutin dengan postingan Kotak surat, memotivasi banget, Bang!
Eh iya, Pasti pas bikin buku itu, lagi semangat banget kayaknya! 2 MINGGU gituuu...! :D

Reply

Ko Kevin, gw pingin email lu sebenarnya. Jujur aja gw ga tau mau email apa buat lu :v

Reply

Wah ternyata email gue dijawab lewat sini. Makasih buat jawaban & tipsnya, Vin!
Fyi, gue termasuk orang yang rakus baca. Jumlah buku pelajaran sekolah kalah.

*ngelanjutin draft yang tertunda*

Reply

setelah gue keliling nyari.. ehhh gak tau di emailnya masuk di spam :3
makasih udah di balas.. woooooo

Reply

Finally nama gue tercantum di blog nya kevin anggara, itu prestasi !! :D *lebaydikit*

Reply

Thanks, Vin udh kasih tau cara konsisten. :)

Btw, username lo @kevinchoc berarti artinya Kevin Uchoc ya? :D #HanyaBercanda

Reply

Anjrit, ngerjain buku cuma 2 minggu.. Seriusan?

Reply
Edward Elmer Author

Gak ada Ko

Reply

Hahah keren. Salam dari Aziz Amin. @Jonn_Ness

aziz4min@gmail.com

Reply

Vin, jadi elu sehari tidur berapa jam?

Reply

Wahahaha pak konsultan kevin :p
Makin rame ya yang nanya. Dari mulai yang nanyanya standar sampai yang sampe seribet gitu. Tapi gpp lah, menurut gue jawaban lo di tiap pertanyaan udah cukup sesuai kok kayak biasanya. :)

Reply

vin lo kenapa user name nya bukan @kevinrub aja ?? kan lo suka rubik

Reply

Buku setebel itu 2 minggu? Hmmm. Kevin keren.

Reply

Hem.. hem... hem... gue bingung mau komen apa.

Eniwei, gue baru tau lo nyelesain buku itu 2 minggu. Gue aja nulis naskah 100 halaman 6 bulanan... Keren.. keren...

Oh iya vin, lo pas ngirim naskah berapa lembar? A4 kan?

Reply

Terimakasih Kevin. terimakasih atas jawaban singkatnya. singkat tapi bermakna.

Reply

lumayan nih bisa nambah semangat nulis lagi

Reply

Huehehe makasih!

Reply

Bukan, cok. :))

Reply

6-12 jam huahahaha

Reply

Iya, gilaaa banyak banget yang ngirim email :')

Reply

Kan ada ilustrasinya juga itu hahaha..

Reply

Kalo naskah gue yang sekarang lama euy..

Reply

Cie Kevin naik kelas cieeee. Cie tahun depan Ujian Nasional cieeee.

Reply

Huhuhu... iyalah, personal literature mah emang lama ya itu, gue juga buat personal literature 100 hal A4 6 bulan. Susah ngumpulin idenya, cuy.

Reply

Lu keren vin \m/ Doain gue supaya bisa mencontoh jejak lu.. Gak bakal ada yang nyesel kalo ada blogger lain yang mengikuti cara lo ini. Lu inspirasi banget :D *TerlaluMainstream*

Reply

Gile. Sibuk aja tidurnya masih lama ._.

Reply

baru cek blog lu vin, ternyata pertanyaan gue masuk kotak surat juga. wokeee! jawaban lo jadi bikin gue makin semangat nulis, thanks a lot mabro!

Reply

bermanfaat banget, sih. Jadi makin nge-fans sama blog lo, nih.

Reply

wew ternyata pertanyaan gue dimuat..
Makasi banyak, Vin atas jawabannya! jadi memotivasi gue buat bikin blog baru dan aktif nge-blog dan pastinya berbagi juga :D

Reply

weee,gw jdi inget sma blog gw yg dulu: terlantar. itu jga gara2 gw bingung, gimna cara menuangkan isi kepala gw ke dalem bentuk tulisan yang rapi hehehe. tpi liat "khotbah" lo gw jdi termotivasi bwt nulis lgi nih hehe, thx ya atas "ceramahnya" hehehehe.

Reply

ini nih blog yang gue suka, selain menyampaikan info-info yang bermanfaat juga blognya supel dan gak kaku alam menyampaikan info yang ada.
oh ya jika berkenan silakan follback blog saya yah. salam kenal

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).