Kevin Anggara: Interabsurd: Stop Motion Guy

Interabsurd: Stop Motion Guy

Belakangan ini, Instagram lagi rame banget sama hashtag #indovidgram. Gue adalah salah satu dari banyak orang yang bergabung dan ikutan bikin video di sana. Padahal, awalnya gue cuman penonton doang. Dari komunitas Indovidgram, gue jadi kenal banyak orang-orang yang kreatif. Ada yang bikin video komedi, makanan, musik, stop motion, dan masih banyak lagi. Semuanya dikemas dengan kreatif dalam video berdurasi maksimal 15 detik.

Selain bikin, gue juga suka nonton video-video yang ada di akun @indovidgram. Salah satunya adalah video dari Aulion (@AULION), the Stop Motion Guy. Nggak hanya di Instagramket, cowok yang bernama lengkap Aulia Rizsa Wirizqi ini juga udah aktif duluan di YouTube. Video-video stop motion-nya pasti bikin orang-orang bertanya dalam hati, "Gokil, ini buatnya gimana ya?". 

Bahkan, ada satu video stop motion yang proses shooting-nya selama 6 jam! Penasaran kan gimana proses pembuatan video stop motion-nya Aulion? Apa aja yang dibutuhin buat bikin video stop motion? Yuk, simak langsung obrolan gue di Interabsurd kali ini!

Interabsurd adalah interview absurd yang diadakan sebulan sekali di kevinanggara.com. Interabsurd sudah diedit sesuai dengan kebutuhan. Terima kasih.

Interabsurd: Stop Motion Guy

Makasih udah mau mampir ke Interabsurd di kevinanggara.com!

Thank you juga om Kevin yang udah mampir ke blognya om Aulion. Sekarang om siap ditanya-tanya kok.. 

Oke! Om Aulion sekarang lagi sibuk apa nih? 

Status gue saat ini masih pengangguran sih sebenernya. Tapi status pengangguran gue masa berlakunya bakal abis di bulan Agustus karena gue udah mulai jadi mahasiswa UMN DKV #YAAASSSS

Wow, kuliah lagi dan di UMN ternyata!

Sibuknya saat ini selain sering mainin Alexa, gue sibuk di komunitas Indovidgram, jadi ya kerjaannya bikin video Instagram. Saat ini juga masih bikin film pendek/music video untuk YouTube gue.

Oh iya, awal mula ketertarikannya sama dunia video itu gimana?

Dulu tuh gue suka megang kamera, suka foto-foto. Bisa dibilang dulu gairah gue di fotografi #YailahGairah. Gue juga ngeliat handycam itu lebih keren dari kamera. Dari situ gue kayak dapet ketukan jiwa dan bisikan malaikat gitu: “By the way, Yon, Video lebih asik dan lebih menantang loh dari foto”. Dari situ gue coba bikin video clip, terus share ke temen terdeket. 

Mereka pada suka dan responnya positif semua (karena dulu hobby bikin video tuh anti-mainstream, jadi ya meskipun video lo jelek, orang pada bilang bagus -_-) dari situ gue terpacu untuk bikin karya lagi, hingga saat ini. 

Azek. Lu suka bikin video apa aja, Yon?

Gairah gue sih lebih ke music video atau stop motion.

#YailahGairah

Biar gak awkward, saatnya gue ganti kata gairah jadi passion ya. 

Gue lagi berusaha nyari genre yang sesuai passion gue, jadi saat ini gue nyoba semua genre dari horror, drama, documentary, action, music video yang pop, rock, dll. Sebenernya gue masih labil sih lebih ke music video atau short film, karena keduanya sama-sama asik, selama menggunakan kreativitas. Dan gue seneng bikin stop motion karena stop motion bisa dibikin kayak music video atau short film.

Iya juga, ya. Biasa kalo bikin video stop motion butuh waktu berapa lama?

Paling cepet 30 menit, paling lama 6 jam. Gue paling gak bisa bikin stop motion lebih dari sehari, soalnya tangan udah gemes buat ngedit dan penasaran sama hasilnya.

Sama kayak gue, bawaannya gemes pengin ngedit. Kenapa tertarik bikin video stop motion?

Stop motion itu membuat sesuatu yang gak mungkin, menjadi mungkin. Makanya dibutuhkan kreativitas dan dari situ kreativitas kita ditantang. Misalkan lo liat video stop motion di YouTube, ada badan orang yang dijadiin skateboard, ada yang bisa jalan kaki sambil tiduran di kasur, ada yang jalannya sambil terbang. Itu bisa dibuat dengan teknik stop motion. 

Kayaknya keren kalo gue bisa jalan sambil terbang...

Satu hal lagi yang buat gue tertarik bikin video stop motion itu cara buatnya SUPER FUN, meskipun ya... harus sabar dan capek (stop motion tanpa capek itu gak bakal bagus hasilnya). Gue juga suka feeling-nya pas udah nonton, and I’m like: “Gokiiil, akhirnya jadi juga nih video!”. Ada kebanggaan tersendiri, meskipun hasilnya jelek/bagus. 

Yup. Gue udah nonton video-video stop motion lu di YouTube, dan I'm like: "Gokiiiil, ini video pasti buatnya lama banget. Keren!". Nah, video stop motion yang proses pembuatannya paling ribet itu yang mana?

Heavy Rotation JKT48. Gilaa itu capeknya maksimal banget. Gue juga harus bikin property yang banyak banget, harus latihan gerakin tubuh sambil tiduran di lantai, harus mikirin gimana caranya biar iPhone gue bisa ditaro di atas kamar, dan harus beresin kamar setelah shooting. Ini yang gue bilang shootingnya terlama, 6 jam.

Salut! Padahal hasil jadinya cuman sekitar 1-2 menitan. Dan, gue masih bingung gimana caranya biar iPhone lu itu ada di atas kamar. HAHAHA! 


Apa aja sih Yon yang dibutuhin buat bikin video stop motion? 

Pertama niat, kedua ide, ketiga ide, keempat ide, kelima kamera atau hape yang bisa foto, keenam software buat ngedit, ketujuh tripod (supaya stabil fotonya, gak gerak-gerak). Selebihnya ya property. Kenapa nomor satu itu niat? Soalnya stop motion gak akan bisa dibikin kalo lo gak sabaran, ngeluh, males gerak. Kalo lo udah niat bikin stop motion, pasti setelahnya bakal dapet inspirasi, ide dan bakal fun ngejalaninnya.

Lu lebih suka bikin short movie atau stop motion?

Hmmm.. jujur gue bingung jawabnya.. apa ya.. duh.. gimana kalo short movie dengan teknik stop motion? Gak boleh ya? Oke.. wait... apa ya..

Gimanaaaa? :)))

Skip deh, Vin. 

Huahahaha. Oke, mari mengalihkan isu ke topik yang lain. Gue nonton berita dan baca di koran, katanya sekarang lu udah mulai nge-blog ya di aulion.com

Yaaaasss! I just found my second gairah. My first gairah is video making.

#YailahGairah. Isi blognya apa aja, Yon?

Di aulion.com ada cerita traveling karna gue sering jalan-jalan. Dan bakal lebih sering sharing tentang jalan-jalan di Jerman, soalnya banyak temen di Jerman yang mungkin pengen ke tempat yang pernah gue kunjungin juga.

Terus?

Ada behind the scenes, tutorial dan tips tentang video karena sering banget ada orang yang nanya: “Bikinnya gimana sih, Yon?”. Ada quiz iseng gitu, karena gue emang suka random dan lumayan kan buat ngabuburit puasa. Ada giveaway, bagi-bagi hadiah. Dan ada page khusus Aulionism gitu biar mereka makin solid dan kreatif. Yay!

Kereeeeen. Jadi lebih suka nge-blog atau bikin video? 

Bikin video dooong! Kan tadi gue udah bilang, passion gue nomor satu itu bikin video, kalo presiden baru nomor dua. #LOH

Kebetulan, yang nomor dua udah jadi presiden #Yailah. Eh, Yon, setelah gue menghabiskan waktu untuk baca-baca postingan di aulion.com, ternyata cita-cita lu itu jadi sutradara, ya? 

Iya. Sutradara tuh kayak bikin dunia sendiri di filmnya, itu artinya ya orang ini harus kreatif banget dan gue suka sama dunia kreatif. Gue juga suka cinematography sih, jadi harus mikirin gerakan kamera ke sana, ke sini, atau ke mari.

Lebih suka jadi orang di balik layar atau di depan layar?

BALIK LAYAR LAH! Kenapa gue capslock?

Karena capslock lu rusak?

Karena itu udah fix: di depan layar itu bukan gue banget! Pertama, gue gak bisa acting. Kedua, gue gak bisa acting. Ketiga, gue paling gak bisa ditontonin orang. Tapi saat ini, gue lagi mencoba di depan layar, pengen coba sekali-kali. Makanya mulai sekarang, di ending video YouTube gue pasti ada durasi di mana gue ngobrolin tentang videonya.

Yon, di Instagram kan lagi rame sama Indovidgram, itu apaan sih? 

Indovidgram itu komunitas video Instagram, di mana isinya ada para kreator yang kreatif dan yang suka buat video di Instagram. Setiap harinya, akun @indovidgram post video dari kreator yang bikin video menarik. Isinya tuh bukan cuma komedi doang, ada art, stop motion, food, travel, music, dll. Jadi ya intinya video itu harus menarik, gak harus lucu.

Ooooh gitu... Awal terciptanya gimana?

Gara-gara @benakribo dan @marloernesto sering bikin video di Instagram. Terus mereka ngajak gue, gue tadinya gak mau, tapi ternyata ketagihan! Terus ngajak @ardinhai @moinblog @dhinoharyoo dan @chandraliow deh buat bikin video juga. Terus kita rundingin bareng-bareng, gimana kalo dibikin komunitas, biar rame Instagram orang Indonesia-nya. Yaudah kita udah yakin. Terus gue dan @chandraliow bikin nama “Indovidgram”, lalu terciptalah..

INDOVIDGRAM!


Nah, gimana caranya kalo temen-temen pengin gabung di Indovidgram? 

Bikin video Instagram dengan hashtag #indovidgram, terus isi form di: bit.ly/JoinIVG deh.

Gue pengin tau dong, inspirator lu di dalam dunia video itu siapa aja?

Joko Anwar, Mystery Guitar Man, OK GO, dan Coldplay. Mereka semua kreatif banget kalo buat film/video. 

Oke, akan gue catet, siapa tau gue bisa terinspirasi juga dari mereka. Nah, Yon, berandai-andai dulu nih... kalo dapet kesempatan jadi sutradara, mau bikin film genre apa?

Drama. Karena drama ini film yang ringan buat semua kalangan, gampang untuk menyentuh hati penonton dan gue bakal bikin dengan style gue, jadi bakal fun. Yay!

Ditunggu sinetronnya nanti. Kalo bisa pake teknik stop motion yak! #YAAASSS. Jadi, buat menutup obrolan kali ini, ada pesan-pesan buat pembaca yang mau belajar bikin video juga?

Kalo mau berkreasi, jangan pernah terpaku sama pernyataan: "Gue gak punya ini-itu”, karena hal yang terpenting dalam berkreasi itu niat dan ide. Percuma lo punya handycam harganya 50 milyar tapi bikin videonya abal-abal. Dan mulai dari usaha sendiri, cari info dan belajar sendiri. Jangan nunggu dan terpaku sama jawaban orang, coba lah cari di google, lo bakal nemu jawabannya dan bahkan nemu ilmu baru yang gak lo cari.

Ada quotes yang melekat di hati gue: “Harus berani mulai dari nol, karena semua orang sukses tuh pasti dari gak punya apa-apa, sampe punya apa-apa”. 

43 komen absurd

emang banyak yg join indovidgram.
but u r my favorite one :)
Keep support KevinAnggara ! (y)

Reply

wah, enak banget bang aulion kuliah di umn.. ambil dkv lagiii.. kevin jgn kalah dong :P

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Memang stop motion @aulion itu keren-keren! Nice Interview.

Btw, ada yg typo tuh di "Pertama niat, kedua ide, ketida ide, keempat ide..." Hehehe..

Reply

Masih bingung mikirin video stop motion yang JKT48, itu sendirian doang bikinya ato ada bantuan dari alien mungkin? :3

Reply

Jujur, gue tertarik banget bakal bikin video Stop Motion gara-gara Aulion. Haha, tapi belum punya camera bakal bikin, nabung dulu gue nabung. #Curcol

Reply

wah kali ini ngewawancarain aulion ya. bagus nih share pengalamannya buat bahan rujukan. ohiya, nice info, vin (y)

Reply

Gokil. keren. gue juga pernah liat di youtube yang macam gini tapi orang luar yang bikin.
eeeeh salam buat Aulion! hahahaha :D

Reply

Duh sumpah itu videonya keren banget, niat abis!

Reply

wuiih gila banget tuh, niat abis bikin videonya. tapi overall keren gan :D

Reply

wah, aku juga lagi coba coba bikin stopmotion nih, tapi berhubung gada tripot ya kameranya gerak gerak

Reply

Gileeeh, sempet bingung juga sih shoot dari atas di stop motion Heavy Rotation itu pake apa. Kirain minta bantuan temen, tapi malah ekstrim banget naro i-Phone di atas kamar :))

Reply

Wah videonya keren banget , jago banget bikinya :D

Reply

gue udah cukup lama kenal anak ini, dan emang harus gue akuin gue ngidolain dia banget, paling suka karya si doi waktu bikin stop motion yang pakai baju sekolah. konyol banget, tapi keren dgn peralatan seadanya haha

sukses buat aulion, sukses buat elo vin, dan sukese buat gue juga #apaini

Reply

Baru tahu kalo si aulion masih muda. Keren. Gue juga dulu pertama kali tau pas dari video yang heavy rotation itu. :))

Reply

Gue salut banget sama kak Aulia, ka Kevin juga. Tapi gue yakin di luar sana juga masih banyak lagi orang-orang kayak kalian. ^_^ Go terus!

Reply

Huah men Aulion memang keren kalo soal stop motion.
Gue perlu banyak belajar dari doi :D

Reply

Aulion emang juara deh untuk stop motion :))

Reply

Aulionnnnnnnnnn… terlalu keren!
Untung aku cowo *eh

Reply

Aaaak Aulion... Vin, tanyain vin kenapa pake nickname AULION??

Reply
Anonim Author

Kko les gue ngefans ame lo, gk aneh lagi klo kko les gua ngomongin lu!
btw, koko les gua titip salam euy!!!

Reply

Semoga nyusul nanti..

Reply

Iya, udah gue benerin typo-nya. Human error :))

Reply

Dibantuin juga kayaknya sama temennya..

Reply

Tuh orangnya ada di atas..

Reply

Wah, gue belum nonton yang itu..

Woiya makasih. Sukses juga buat lu \o/

Reply

Iya, habis itu sering kepo video yang lainnya deh gue hahaha..

Reply

Penjelas mungkin kalo di cowok hahaha.

Reply

Salamin balik ya..

Reply

sepertinya videonya pernah saya liat di blognya benakribo :D

Reply

wuih,kak,kok bisa gitu ya....

Reply

ini wawancaranya ketemuan langsung gitu Vin?
btw jadi pengen ikutan bikin stop motion, huahaha.. cuma gadget dan aplikasinya yang kurang mendukung.. wih kutipan nya bagus juga tuh Aulion

Reply

Vin tlong tanyain aulion dong gmna caranya buat ngundang anak2 indovidgram buat jadi bintang tamu diacara sekolah

Reply

Tapi, apa bagusnya sih Indovidgram

Arock Serenada

Reply

SETUJU dengan Aulia, buat stop motion emang butuh niat. tapi kalau liat stop motionnya Aulia, stop motion aku masih belum ada apa2nya
(padahal sudah menyita waktu SEMALAMAN. huuuu :'( . nggak pa2, pemula -bela diri- ).
Dan stopmotionnya Aulia itu, SANGAT LEBIH* dari NIAT.!
Jika ada kata yang menyatakan lebih dari "sangat lebih", gue pakai itu... Hahaha

Salam kenal Aulia, salam kenal Kevin.

Reply

Aulion keren. Terus berkarya ya.. semoga orang2 kaya gini bisa segera mewujudkan mimpinya buat bikin film. nggak sabar nonton film bikinannya. :D yaaiyyy

Reply

bagus loh, coba liat deh. Kalau nggak liat bagusnya, emmm.. kayanya something wrong di kamu :D v

Reply
Anonim Author

Bang kevin itu kamera diatas gitu make apa?.maksdnya kmeranya keatas ggitu terus ke bawah gmna crnya?

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).