Kevin Anggara: 5 Hal yang Gue Lakukan Kalo Lagi Stres

5 Hal yang Gue Lakukan Kalo Lagi Stres - Kevin Anggara

5 Hal yang Gue Lakukan Kalo Lagi Stres

Ilustrasi orang stres

Sebagai manusia normal, stres adalah sebuah kondisi yang pernah gue alami. Contoh gampangnya adalah ketika nilai rapor jelek, diomelin orang tua, diputusin pacar, sariawan, sakit gigi, dan tetangga sebelah malah asik dangdutan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Atau contoh lainnya ketika gue ngasih tau bahwa harga buku gue Rp43,000, dan saat itu juga ada satu kutu kupret di antara orang-orang banyak, yang dengan nggak berdosa malah nanya: "Kak, harga bukunya berapa?". Stres dan ngeselin itu beda tipis. 

Jadinya males ngapa-ngapain. Bawaannya kalo nemu tempat tinggi pengin langsung loncat. Nggak menyelesaikan masalah, tapi menyelesaikan hidup lu. Semua orang pasti pernah ngalamin stres, begitu juga dengan gue. Dan, apakah gue akan nyari tempat tinggi dan loncat saat itu juga? Ya nggak lah. Gue kan takut tinggi. Lagian, Indonesia juga masih membutuhkan gue. Makanya, gue biasa mengatasi stres dengan melakukan hal-hal ini:

1. Baca dan Nulis

Baca buku atau tulisan yang bagus itu kayak nemuin harta karun di bawah laut. Kita akan ngerasa bahagia dan "kaya" setelahnya. Selain baca, nulis adalah cara yang ampuh buat bikin gue lupa sama yang namanya stres. Orang yang tulisannya bagus, biasanya hatinya lagi berantakan. Nah, orang yang tulisannya jelek, hatinya ya... lebih berantakan. Kalo lagi stres, tuangkan itu lewat tulisan. Stresnya ilang, tulisannya yang jadi stres. Eh, maksud gue bagus.

Daripada nyari tempat tinggi buat loncat, mending juga baca buku atau nulis. Ini nih yang dinamakan stres tapi produktif. Nggak hanya stres dan ngacak-ngacak WC di rumah, tapi bisa menghasilkan juga. Lebih bagus kan?

2. Bikin Video

Nah, ini kesibukan baru gue sekarang. Lumayan buat meredakan stres. Habis bikin video, orang-orang yang nonton video gue malah stres. Mereka stres, bikin video juga. Yang nonton? Ikutan stres lagi. Gitu terus. Bayangin kalo satu video gue bisa bikin 10 orang stres. Masing-masing dari mereka kemudian juga bikin video karena stres, nambah lagi jadi 100 orang stres. Terus sampe 1,000, 10,000, dan akhirnya gue bisa beli pesiar + pulau pribadi. #AgenMLM

Jadi, maklumin kalo di video gue agak stres. Karena pas buatnya aja gue lagi stres. :))

Tapi percayalah, jika dalam sehari kalian bisa mengajak 10 orang stres untuk bikin video, maka dalam 3 bulan dengan jumlah yang sama, kalian udah bisa membeli pesiar, pulau pribadi, dan bahkan membeli uang! WOW! Ayo, tunggu apalagi! Tempat terbatas! #AgenMLMLvlDiamond

3. Makan

Nggak bisa dipungkiri lagi, makan adalah cara yang paling enak buat ngelupain stres. Apalagi makan cokelat. Beh, gue bahkan bisa jadi lupa kalo ada kata stres di KBBI. Walaupun gue stres di rumah dan nggak bisa ke mana-mana buat beli makanan, gue nggak khawatir lagi karena ada Foodpanda. Tau situs ini udah lumayan lama dari temen.

Jadi di foodpanda.co.id, gue bisa order makanan dari 500 restoran lebih. Nggak hanya itu, selalu ada penawaran spesial untuk menjaga kantong agar lebih hemat. Cara ordernya juga gampang. Hanya dengan download aplikasi mobile-nya di sini, terus ikutin deh petunjuk-petunjuk selanjutnya. Udah order? Tinggal tunggu makanannya sampe ke rumah, terus bayar di tempat alias Cash on Delivery! Jasa delivery makanan mana coba yang lebih mudah dari ini?

Beberapa hari yang lalu gue coba mesen makanan dari aplikasi Foodpanda. Informasi yang disajikan dari setiap restorannya itu lengkap banget. Mulai dari statusnya (buka atau tutup), ongkos kirim, minimum pemesanan, sampe waktu tunggunya. Detail. Nggak lama setelah menunggu, akhirnya makanannya pun dateng dan gue jadi bisa mengatasi stres dengan makan sepuasnya. Azek!

Kalo lagi stres, cobain deh makan makanan kesukaan kalian sepuasnya. Dijamin ampuh. Misalnya kayak gue, makan cokelat. Bisa bikin mood jadi lebih baik dan mengurangi tekanan darah. Cokelat juga punya kandungan yang mampu membuat pengkonsumsinya jadi merasa nyaman. Nggak punya pacar yang bikin nyaman? Nggak apa-apa, yang penting punya cokelat!

4. Main Game 

Jelas! Karena main game itu asik dan menyenangkan. Selain buat olahraga tangan dan mata, main game juga bisa bikin pengetahuan bertambah. Misalnya gue, yang kebanyakan belajar bahasa Inggris dari game yang lagi dimainin. Belajar dari game Harvest Moon, yang nggak hanya mengajari gue jadi petani sejak umur 10 tahun.

Dulu, gue ini gamers akut. Kacamata yang gue pake ini adalah bukti nyata dari kebanyakan main game dan nonton TV deket-deket. Zaman kelas 1 SMP, sepulang sekolah gue pasti langsung lari ke warnet. Pulang ke rumah, ganti baju, main ke warnet lagi. Dan semenjak mau naik ke kelas 3 SMP, gue udah nggak pernah nyentuh warnet sampe detik ini.

Menurut gue, kalo bisa main game di rumah, ngapain harus ke warnet. Ngabisin jajan dan duitnya mending gue pake buat beli makanan. Di rumah gue punya komputer (punya kakak sih), daripada didiemin, gue pake aja deh buat main game dan mulai nge-blog. Dan setelah komputer rusak, gue main game paling lewat smartphone. Iya, si Boy.

Apa-apa sekarang udah serba canggih. Lewat smartphone aja gue udah bisa main game yang grafiknya nggak kalah sama di komputer. Kalo lagi stres, gue sekarang main game lewat smartphone atau bahkan numpang main di rumah temen. Stres gue hilang, temen gue yang stres karena rumahnya gue tumpangin. Dan, ini adalah game-game smartphone favorit gue.

Inget: Main game boleh aja, asal jangan terlalu lama dan deket-deket! Nanti matanya rusak.

5. Tidur

Lari dari kenyataan yang paling mudah.

...

Jadi, itu adalah 5 hal yang gue lakukan kalo lagi stres. Sebagai manusia, wajar sih kalo sekali-sekali stres. Mungkin lagi ada masalah atau nilai rapor jelek, diomelin orang tua, diputusin pacar, sariawan, sakit gigi, dan tetangga sebelah malah asik dangdutan terjadi dalam waktu yang bersamaan. Saran gue kalo lagi stres atau ada masalah, mending jauhin dulu deh tempat-tempat tinggi dan media sosial yang kalian punya. Kan bahaya nanti kalo misalnya ngetwit karena emosi, bukan karena suara hati. Azek.

Nah, kalo kalian lagi stres, apa yang biasa dilakuin biar nggak stres lagi? Share di bawah!

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

74 komentar:

  1. Baca, nulis, tidur itu cara ampuh juga buat gue. Selain itu gue juga suka dengerin lagu atau main gitar sampe hati rasanya "plong" gitu lah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, dengerin lagu.. Bener juga. Gue nggak bisa main gitar sih :|

      Hapus
    2. klao gua sih milih tidur kalo lg stress, simple (lari dari kenyataan hahahahaaaaa :-D)

      Hapus
  2. Nulis iya emang bener banget bisa ngurangin stress, malahan kadang2 stressnya hilang. Tapi, kalo pas lagi stress, gue buat tidur kok malah nggak bisa tidur, tambah stress malahan, brad.

    BalasHapus
  3. kalo gue lagi stress biasanya baca, abis itu dapet ide buat nulis, eh pas nulis, mentok lagi ide buat nulisnya, stress lagi dehh, akhirnya makan, pas mau makan gak ada makanan, akhirnya masak, dapet ide lagi pas masak di video-in, niat bikin tutorial, eh komputernya ngeleg, terus stress lagi, ywdh beralih ke maen game, gak menang-menang, jadi stress lagi, ujung2nya tidur, eh pas tidur mimpiin mantan, bangun2 stress lagi.. #kepanjangancommentnyayak #yahmaklumlah #namanyajugalagistress #hidupstress

    BalasHapus
  4. Nulis dan tidur itu gue banget! :)))

    BalasHapus
  5. Makan ice cream sama indomi super pedes... abis itu tidur
    Kalo ngga nyari angin depan rumah sambil nggambar *apa aja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Es krim cokelat. Beh, moodbooster banget :))

      Hapus
  6. Gue baru tau ada orang apes yg lagi ada masalah, nilai rapor jelek, diomelin orang tua, diputusin pacar, sariawan, sakit gigi, dan tetangga sebelah malah asik dangdutan terjadi dalam waktu yang bersamaan.

    BalasHapus
  7. kalo gue lebih ke main ke rumah temen, nge-game bareng. kalo nge-game sendirian berasa jones vin

    BalasHapus
  8. Vin... yang makan sm tidur itutuh cara yg paling ampuh vin buat hilangin stress, tapi lama kelamaan berat badan malah naik nih vin... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue malah pengin kayak gitu..

      Hapus
    2. Mungkin lo harus lebihin porsi makan lo dari porsi biasanya, terus banyakin ngemil juga mungkin itu bisa membantu menaikkan berat badan lo, karena gue juga begitu vin... #okesip #maafkepanjangan #selamatgendutvin

      Hapus
  9. bikin ramen2an aka mie ramen pedes dalam kemasan sambil main game sampe mata sakit terus ketiduran dan bangun2 hape udah mati:'|
    kalo gagitu paling doodling2 dan taunya hasilnya serem hehe

    BalasHapus
  10. kak, kakak suka makan? buktinya apa? badan kakak masi segitu aja-_-"

    BalasHapus
  11. Kak harga bukunya berapa?



    ......



    udah stres lagi belum?

    BalasHapus
  12. kalau gw mah langsung aja tidur :v oke clear :v

    BalasHapus
  13. gamer akut dari jaman kelas 2 sd tapi mata gue masih bagus vin:))

    BalasHapus
  14. Gue kalo stres, biasanya jailin orang. Kalo sukses, kan, ngakak tuh. ilang stresnya.

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. wah kebalik banget :D kalo gue stres gara2 belajar

      Hapus
  16. Bagus ko. Gue biasanya bikin video. Tapi karena ada koko gue, gue malu bikin video, kena ejek mulu. Tapi, tidur adalah cara paling ampuh. Kalo ga ngantuk ? pergi ke tempat tinggi aja #Lah

    BalasHapus
  17. Kl lg stress,biasny aku nyanyi skencang*ny,bodo amat lirikny slh nadany beda,yg penting teriak hehe

    BalasHapus
  18. Kalo lagi stres biasanya nonton ke bioskop kalo gak gitu ngobrol aja sama temen. Dijamin langsung lupa xDD

    BalasHapus
  19. Tidur merupakan cara terampuh bagi gue...

    BalasHapus
  20. kalo stress, gue... lebih milih main game. lumayanlah bisa nembakin orang di kepala lalu nyolong duitnya ._.

    BalasHapus
  21. Ini Iklan ya Vin ? #CumaNanya

    azizkerenbanget.blogspot,com

    BalasHapus
  22. yaps 5 hal di atas biasanya yang saya lakuin kalau lagi stress, dan kalau masih stress berarti butuh pskiater mungkin ada gangguan di kepalanya :D
    tapi bisa ambil wudhu' terus sholat :D

    BalasHapus
  23. salut sama kebiasaan yang nomer 2. lanjutkan :D

    BalasHapus
  24. Vin adek gue ngefans lu doi titip salam yoo

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  26. karena tulisan gua jelek, gua lebih suka gambar kalo lagi stres. Hasilnya, gua gambar orang stres.

    BalasHapus
  27. Ko, kalo gw stressnya di kelas enaknya ngapain??

    BalasHapus
  28. Nonton pilem vin. tapi yang paling ampung khasiat ngilangin stresnya tuh ngumpul ama temen - temen :))

    BalasHapus
  29. Kalo gue sih lebih suka nulis sambil tidur,, dan begitu gue bangun ternyata itu cuma mimpi.

    BalasHapus
  30. makan terus tidur sampe 12 jam wuhuuuuu /o\

    BalasHapus
  31. foodpanda itu keren banget, kalo stres nyiumin ketek aja Vin :)

    BalasHapus
  32. makasih ko buat saran kalo lagi stress. bakal aku coba. eh, waktu tiu kalo gk salah kko pernah ketemu cewe dibaywalkkan namanya chrsitine ? itu temen gue ko. bole kli ko kalo aku juga difollow di insta. follow aku di @aldelynedelyne ya ko.. thx

    BalasHapus
  33. Tidur adalah solusi terbaik saat hasrat ingin gantung diri ada pada puncaknya

    BalasHapus
  34. Kalo gue jalan-jalan aja ke mana. Kalo nggak, dengerin musik sambil nyanyi-nyanyi.

    ThrwBlog

    BalasHapus
  35. Nomor 5 favorit gue banget tuh......*jempol*

    BalasHapus
  36. Kalo gue biasanya dengerin lagu sama main gitar.. ato gak cari tutorial gitar di yutup.. gue stress abis baca postingannya aulion.com yg bahas ttg pertama kali liat setan :|

    BalasHapus
  37. bacain postingan ini ke adek gw bikin gw malah stress -.-
    malah makanan kgk dimakan makan #maklum makan nasi
    klu gw sih paling tidur, maen game klu ada cokelat ya ane mamam :v klu kgk ya naseb

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh penulis (eh, kok tega banget sih , si kevin, ngapus komentar gue)
    Btw, kalo gue caranya , sih main game, trus makan, baca komik, main game lagi, lau, kalo kalah gue (hampir) banting alat main game gue (lho, bukannya ini malah nambah stressnya?) Lalu tidur, lalu dibangunkan oleh mamaku dengan cara ngancam pake silet (glek!) Lalu sarapan, lalu ke sekolah (woi, ini mau kasih tau cara ngilangin stress ato mau ceritain kisah hidup gue?)

    BalasHapus
  39. Mandi, Makan Enak, Tidur Bro.....

    BalasHapus
  40. Dengerin Lagu Classic
    Beethoven Dan Mozart

    BalasHapus
  41. Wah sama kak,mata aku minus gara-gara game --

    BalasHapus
  42. Maen drum keras-keras bro...ahahahaha

    BalasHapus
  43. Enaknya ka kalau lgi stress itu teriak sekenceng-kencengnya,trus abis itu nyanyi,soalnya aku suka nyanyi sampe-sampe yang dengar aku nyanyi malah stress

    BalasHapus
  44. Haha gw sering pake tips yg ke 5 tuh #lari dari kenyataan alias tidurr... Haha

    BalasHapus
  45. kalo lg stres gue sukanya renang atau makan cokelat, haha lumayan kalo cape tinggal tidur pules. teruuss lupaaa

    BalasHapus
  46. Kalo lagi stress enaknya main gitarr ... hha

    BalasHapus
  47. Klo gw sering2 ngilangin stres itu baca komik, facebook-an, main game, tidur, belajar udah gtu doang.

    BalasHapus
  48. Kalau gue lagi stress biasanya gue nonton video kompilasi instagram....Termasuk loe pria kacamata yang telah membuat gue ketagihan nonton video loe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Videonya menghibur soalnya. Ampuh buat ngilangin stres :)

      Hapus
  49. KEVIN ini gue penggemar kamu dari TK - SD - SMP - SMA kelas 2.(salam,penuh hormat)

    Vin gue nih mau nanya aplikasi apa yang loh pakai buat edit video lu
    soalnya gue lagi pengen-pengennya buat video(merekam) lalu gue edit.
    lalu gue eksport ke youtube.

    (gue lagi strees nih [tapi jarang], buat nyari aplikasi edit video kayak puya lu)

    BalasHapus
  50. KEVIN ini gue penggemar kamu dari TK - SD - SMP - SMA kelas 2.(salam,penuh hormat)

    Vin gue nih mau nanya aplikasi apa yang loh pakai buat edit video lu
    soalnya gue lagi pengen-pengennya buat video(merekam) lalu gue edit.
    lalu gue eksport ke youtube.

    (gue lagi strees nih [tapi jarang], buat nyari aplikasi edit video kayak puya lu)

    BalasHapus
  51. jalan-jalan di blog kakak , sambil nyimak :v

    BalasHapus
  52. makasih gan tentang infonya dan salam sukses

    BalasHapus
  53. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  54. Biar ga stres , bayangin muka kamu aja kayaknya udah cukup deh heheheee

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).