Kevin Anggara: Kotak Surat: Cara Supaya Jadi Tenar

Kotak Surat: Cara Supaya Jadi Tenar

Beberapa waktu lalu saat ngecek kotak surat, ada sesuatu yang menarik perhatian gue. Sebuah email (dari... ya, sebut siapa saja) yang sangat unik. Ketika emailnya gue buka, isinya kosong. Ternyata isinya ada, tapi ditulis di bagian "Subject". Ngeliat ini, gue makin prihatin sama kurikulum baru karena pelajaran TIK dihilangkan. Padahal, dasar-dasar teknologi itu lebih penting ketimbang prakarya. Bahaya aja kalo populasi orang yang ngisi email di bagian Subject makin banyak. Yang salah dia, yang repot kita. Ini bukan pertama kalinya gue dapet email kayak gini. Cukup sering. Dan harapan gue, semoga menterinya cepet ganti. Amin.

Tujuan adanya segmen Kotak Surat ini (selain buat ngejawab pertanyaan-pertanyaan dari pembaca) adalah untuk meminimalisir pertanyaan yang sama ditanyain lagi ke gue. Kadang gue bosen banget ngeliat email masuk yang isi pertanyaannya lagi-lagi: Sejak kapan suka nulis, Kak? Ngedit video pake apa, Kak? Agamanya apa, Kak? Judul bukunya apa, Kak? Beli bukunya di mana, Kak? Nama saya siapa, Kak? Dan pertanyaan-pertanyaan yang udah pernah gue jawab di segmen Kotak Surat edisi sebelum-sebelumnya.

Nggak semua email gue jawab di postingan kali ini, beberapa gue bales langsung via email. Jadi, gue ucapin selamat buat yang emailnya terpilih! Karena kalian, postingan ini ada. Email dari Maudy Ayunda aja nggak gue jawab loh di sini. Ya karena dia nggak ngirim email apapun.

Kotak Surat
Dari Veronica Claudia

hai kevin

gw tau lu dari video dora the ngeselin baru2 ini
gw mau tanya, gimana caranya lu bikin video dgn latar sekolah lu itu? apa enggak diliatin anak-anak lain? dan apa awalnya ada yg bilang itu garing dsb?
gw juga anak kelas 12 sma di salah satu sma katolik di jakarta, gw masih ga habis pikir aja video gitu bisa dilakuin di sekolah, karna kl di sklh gw mungkin itu hal yg impossible. apa lu dateng ke sekolah pas hari libur jd ga ada yg liatin atau gmn?

Halo.

Bikin mah tinggal bikin aja di sekolah. Nggak apa-apa kali diliatin. Bukan hanya anak-anak lain, guru juga sempet ngeliatin kok pas gue bikin video di sekolah. Cuek aja. Kecuali bikinnya pas jam pelajaran. Garing? Ya itu urusan orang-orang yang nonton, yang penting kan gue udah memberikan yang terbaik. Itu prinsip berkarya. 

Bisa, kan nggak ganggu jam pelajaran. Gue aja sempet bikin vlog buat YouTube di sekolah. Sempet disuruh pulang sama guru, tapi cuekin aja lah. Niat gue kan baik. :))

***

Dari Erna Phang

ko, ko" tuh sayang gk sama fans ko" ? meskipun ada yg lebay bgt sukanya #kayak aku ini, aku tuh demen bgt sama mukanya ko", trs videonya juga koplak bgt, bikin ngakak, aku sampe ngasih tau semua video ko" ke sodara aku dan semua nya suka, mereka bilang "ganteng-ganteng gila" hha, tp itu yang disukain orang".. makasih udah bales :) ngomong" ko" kalo ada yg datengin ke sekolah dan minta foto, ko" usir, menghindar, atau ladenin? kwkwkw.. sukses ya buat karir ko", dan semoga cita" jadi sutradara terwujud :) semoga yang ko" jalanin semuanya lancar ya, God bless you ko

Gue nganggep fans kayak temen sendiri. Asal mereka nggak fanatik aja sama gue, karena sesuatu yang berlebihan itu nggak baik. Nggak usah caper komentar pedes biar dibales, ngata-ngatain, dan pake cara norak lainnya. Gue menghargai apresiasi dari kalian, gue juga seneng banget ada yang terus support gue. Dukungan dari kalian itu yang bikin gue terus semangat buat berkarya. Mau dateng ke sekolah gue buat minta foto? Boleh banget dong.

Amin.

***

Dari Hana Triana R

Haaai, Vin!

Aku mungkin bisa dihitung sebagai fans baru kamu. Jujur, aku jarang baca blog-blog orang, tahu kamu dari-- ya, pasti tahulaah, video WC-mu itu :)) aku kira itu video dari Vine, ternyata setelah liat yang Dora dan ditelusuri, Kevin itu punya fanpage sendiri, dan langsung ku-like lalu liat2 videonya, ke youtube subscribe, baru nyasar ke blognya :)) kebalik ga sih? tapi gapapa lah yah, yg penting fans baru bray! haha. Aku selalu nonton video2 kamu kalau lagi bete dan kalau lagi gaada kerjaan juga atau baca tulisan2mu ngurut dr depan ke halaman-halaman lama sambil nunggu tulisan baru :D

Oke, itu kalimat penghibur saja biar kamu senang HAHAHA.
engga vin, bercanda.

Terus aku mau nanya~
1. Kapan-kapan kenalin temen-temenmu yang ikut andil dalam beberapa videomu doongs ~ 
(Oke ini bukan pertanyaan)
2. Vin, kamu kan katanya jomblo, berarti pernah punyaa dongs, agak diceritain gimanaa? Pembaca juga pasti pengen tahu ihiir~ 
3. Boy apa kabar vin?
4. Aplikasi dan game untuk iOs yang recommended dari kamu apa aja? Kalau bisa dari yang gratis dulu rekomennya hehe

Terus berkaryaa yaa Vin! Semangaat kelas 3 SMA-nyaa! \m/

Halo, Hana. 

Kalo menurut sejarah bangsa Yunani dan Peraturan Daerah nomor 32 tahun 2014, itu terbalik. Harusnya kenal gue dari blog dulu, buku, YouTube, baru Instagram dan Vine :)) 

1. Siap. Mereka udah sering gue ajak buat bikin vlog juga sih di YouTube. Mungkin nanti ada vlog khususnya ya kenalin mereka satu-satu. 
2. Pernah dong. Ah, jangan deh. Nanti pembaca pada nangis setelah mengetahui kisah cinta gue yang sangat mirip sinetron di Esceteve. Cukup disimpan sendiri. 
3. Baik, kamu? (ini dia yang bales).
4. Clash of Clans. 

\o/

***

Dari Munadhia

Pagi, Kevin. 

Kenalin, aku penggemar barumu. Baru beberapa hari yang lalu aku nemu videomu di Facebook, dan isinya kocak banget (Dora the Ngeselin). Setelah itu, aku coba stalk instagram sama blogmu. Ternyata, kamu seorang Kevin yang aku temu di Facebook orangnya produktif dan banyak bakat. Terus, kemarin aku coba buat kirim e-mail ke kamu buat pertama kalinya. Dan ajaibnya langsung dibales. Hehe.

Nah, karena aku lihat kamu orangnya hebat aja, hebat banget, hebat pol, aku punya 3 pertanyaan nih buat kamu.
1. Gimana kriteria e-mail yang mau kamu bales? Penggemarmu di luar sana pasti bertanya-tanya dan berharap banget buat e-mailnya dibales. 
2. Sejauh kamu hidup di bumi ini, apa momen paling membahagiakan dan paling bikin kamu putus asa? Terus gimana caramu bangkit dari putus asa itu? Aku cuma pengen tau cara pandang kamu sebagai orang yang selalu bikin orang ketawa kayak kamu. Hehe.
3. Apa cita-cita terbesarmu di dunia ini? Suatu mimpi yang kelihatan impossible tapi kamu tetep mau memperjuangkannya?

Makasih, ya, udah mau baca. Semoga jawaban dari kamu bisa menginspirasi buat aku dan mungkin pembaca yang lain.
Oya, Ko, teh itu bikin kadar hemoglobin menurun lho (lah, ora nyambung!)
Semangat ya latihan motornya. Semoga cepat bisa dan berkendara dengan selamat! Aamiin.
Salam buat adekmu kipernya tim basket sekolahan!

Halo, makasih udah luangin waktu buat nonton video dan baca blog gue.

1. Email yang sopan, ada pertanyaan yang jelas dan emang belum pernah gue jawab. Nggak kayak email yang isinya cuman, "Hai Kevin, aku fansmu, bales email ini ya." Jujur, itu buang-buang waktu banget. Atau email yang isinya, "Kak, biar kursornya jadi gambar kartun gitu gimana?" Pertanyaan kayak gitu akan ditemukan jawabannya dengan cepat kalo yang bersangkutan mau usaha dikit buat ngetik di google.
2. Banyaaaaaaaak. Yang paling gampang, pas gue menang lomba blog tahun lalu dan dapet iPhone 5 baru. Bangun-bangun langsung ceria kayak anak TK baru masuk SD. Momen putus asa? Hmmm, mungkin pas blog gue masih sepi ya saat awal-awal nge-blog. Hampir putus asa sih, tapi nggak ada gunanya juga kan. Blog gue nggak akan tambah rame kalo gue putus asa. Jadi, gue tetap berusaha!
3. Jadi sutradara dan bikin film. 

Siaaaap. Semoga gue bisa ngendarain motor dan nggak ada korban-korban yang berjatuhan.

***

Dari Rizqy Al

halo bang/ka/*isisendiri* kevinn^^
salam sejahtera bagi kita semua! #eh

sebelumnya aku mau cerita dikit nih, aku belum lama ini sebenernya tau bang/ka/*isisendiri* kevinn, aku tau bang/ka/*isisendiri* kevin dari ig, nah semenjak itu aja entah kenapa aku makin penasaran dan akhirnya buka semua socmed punya abang yang aku tau. makin hari makin tertarik ngeliat ini itu, keren keren dan yang paling penting gk ngebosenin, kerennya lagi itu jadi motivasi+inspirasi tersendiri buat aku^^ so, makasih bang;))

pertanyaanya, simple sih, gimana sih cara bikin blog atau web? tapi yang gratis selain di blogspot. terus bedanya blog sama web itu apa bang? 
makasih yaaa^^ cheers!

Halo, Rizqy.

Udah kena #absurdnisasi, nih.

Oke, gue jelasin dulu. Kalo blog, bisa dibilang itu buat pribadi. Kalo website, fungsinya lebih banyak dan luas. Kayak website perusahaan, portal berita, dan masih banyak lagi. Menurut gue, blog itu masih bagian dari website juga. Kira-kira begitu, deh. Nggak semua yang belakangnya pake .com udah pasti website, kayak blog gue ini, cuma beli domain. Kalo website, itu udah punya hosting dan domain sendiri. Begitulah penjelasan sotoy dari gue.

Cheers! \o/

***

Dari Erina Damayanti

Halo Vin.. Gue Erina.

gue ada beberapa pertanyaan sebagai seorang newbie di blogger. thanks kalo mau jawab wehehe. 

1. kok blog lu keren si, rame bgt? #retoris
2. blog lu kan rame banget pengunjung, udah sampe ratusan ribu gitu. Sejak kapan blog lu mulai rame? Sejak awal bikin blog, sejak lu terbitin buku, sejak lu eksis di instagram atau kapan yah?
3. apa tips lu kepada semua blogger, supaya blog nya rame dan disukai? blogwalking, promosi atau ??? 
4. apa yang lu lakukan secara pribadi biar blog lu eksis? atau blog lu rame sendiri tanpa lu lakukan apa2... ._.

udah itu aja. thanks :D

Halo, Erina.

1. Yup, semuanya nggak terjadi dengan gitu aja. Ada perjuangan di baliknya yang bikin blog ini rame hehe. Mungkin pembaca-pembaca yang lama ngeliat itu semua. \o/
2. Sejak gue mulai konsisten nge-blog, awal-awal tahun 2013 lah. Terus semakin "naik" lagi setelah buku pertama terbit. Dan mengalir dengan sendirinya aja karena konsisten itu. Pas "eksis" di Instagram, pembaca nambah lagi... Azek.
3. 4 hal penting yang harus kamu tahu sebelum nge-blog. Sisanya balik ke konsisten itu. Blogger zaman sekarang ini udah banyak banget, nambah terus. Blognya juga banyak yang bagus-bagus. Tapi yang konsisten, masih jarang. Itu yang dicari dan bisa bikin pembaca jadi inget terus. Jadi, konsistenlah teman-teman!
4. Intinya kayak tadi, konsisten. Imbangi dengan konten yang bagus, sesuatu yang bikin blog berbeda dengan blog-blog lainnya, rajin blogwalking, promosi (sering boleh, tapi jangan sampe spam), dan baca blog gue terus. Nah, itu contoh promosinya. 

***

Dari Kevin Fz

Gimana cara jadi tenar kayak kk? :D

Saudaraku yang baik, jawabnya ada di ujung langit. Kita ke sana dengan seorang anak. 

***

Mau ikutan nanya-nanya di segmen Kotak Surat? Baca ini.

49 komen absurd

Maksud nomer lima apa ya, Vin ? Gue kurang paham. Hehehe. :V

azizkerenbanget.blogspot.com

Reply

Haha... Alasan aku liat video wc kamu, karena kmu mirip banget sama mantan kamu. Tapi ya beda umur. Apa aku salah vin?

Reply

Ciyeee..MAs kevin, gue bangga bangga! :D
btw pas baca jawaban email dari Kevin Fz, ngakak guenya! -_-

Reply

Pertanyaan dari Munadhia sama Erina bagus, mewakili pertanyaan - pertanyaan yang pengen gue ajukan ke elu, vin. Tapi udah keduluan :))

Reply

Pertanyaan dan jawaban yang inspiratif. Super sekali. Salam kenal ya Vin dari www.salaminzaghi.com :))

Reply

Haha, benar tuh kurikulum 2013 hapus pelajaran TIK, untung di sekolahku gak dihapus \O/ TIK It's so fun!! zaman udah maju teknologinya, seharusnya jgn dihapus
Gimana dgn koko di sanle?
:)

Reply

Itu yang Hana-hana buka hana yang di sinetron itu kan? hahahhaa. kapan-kapan mau ikutan nanya ah vin, tapi mikir dulu yaa nanya apaan *pelan-pelan musnah*

Reply
Anonim Author

Koko bisa buat rainbow loom gak?

Reply

gue mah kenal lo udah agak lumayan lama :v
pertama lewat twitter dari sijuki terus gak sengaja liat bio lo di twitter trus gue buka alamat blog nya :D terus lewat buku kemudian makin tenar di instagram lalu ke facebook terus ke youtube terus vine terus.. terus ... ntah lah :v

kira2 begini metamorfosisnya :v
twitter >> blog >> buku >> ig >> fb >> youtube >> vine >> artis :v

Reply

yelah, yang pertanyaannya jadi judul malah cuma gitu doang.
tetep semangat, dan makasih udah mengantarkanku pada suatu kesadaran bahwa semua orang hebat itu pasti memiliki masa2 sulit.

Reply

Yg terakhir tuh ikhlas vin jawabnya?

Reply

Intinya untuk menjadi tenar susah untuk diungkapkan ataupun dijelaskan secara spesifik, itu semua tergantung proses yang kita lakukan. Bener ga vin?:))

Reply

KEVIIIIN AKU JUGA NGE-FANS SAMA KAMUUUUU! :>

Reply

CIE kan fansnya makin banyak! Btw, udah lama ngak mampir ke blog lu nih Vin. Sibuk sama kerjaan dan project yang makin banyak. Sukses terus ya! Semoga cita-cita lo tercapai!
~~~\o/

Reply

Konsisten. I got the key :D

Salam, ThrwBlog

Reply

Itu yang anonim dihapus..... Pasti hater.... (sotoy banget)

Ngomongin coc, gue belum pernah nemu desa lo buat diserang vin

Reply

hahaha tapi realnya ada yang fanatik gitu gak vin sama lo ?

Reply
Anonim Author

Buset dah cowok ditanyain beginian :))

Reply

Yang paling penting sih emang konsisten.

Reply

Vin. Ada "Absurd Blog Award" di blog gue, dibagi buat 30 komentator pertama, buruan! cek di recent post blog gue.

Btw, blog lo udah gue follow. Follback ditunggu ya

Reply
Anonim Author

Gw setuju banget sama paragraf pertama diatas... dan "semoga menterinya cepet ganti" AMIINNNNNN......

Reply

MARKITKONTEN

Mari Kita Konsisten. :D

Reply

Nama clan CoCnya apa? :3

Reply

wkwk jadi pengen terkenal juga kaya kaka kevin :p

Reply

Nambah pengetahuan banget kan ya jawabannya hahaha.

Reply

Karena gue angkatan terakhir di kurikulum 2006, pelajaran TIK masih ada. Tapi buat yang kelas X dan XII, udah diganti sama prakarya.

Reply

Nggak terlalu terbalik nih hahaha!

Reply

Dengan sepenuh hati.

Reply

Yup, semuanya mengalir begitu saja..

Reply

Gue juga lagi sibuk-sibuknya nih hehehe.

Sukses \o/

Reply

Entahlah, komennya itu emang disengaja kayak gitu: (Komentar ini telah dihapus blablabla).

Reply

Banyak banget Vin yang nanya. Semoga sukses terus deh, biar makin banyak pengalaman yg bisa dibagi. Siapa tahu, gue ketularan ngetop kan? Siapa tahuuu.. XD

Reply

Memang perlu perjuangan ya yg kayak gitu, tapi tetep deh, keep spirit ya. :)

Reply

Dapat pelajaran dari tulisan ini. Konsisten. Siip! Semangat terus, kevin \o/

Reply

vin punya template blog yang keren kayak lu gimana

Reply

kalo di sekolah gw mau ada TIK atau pun ga ada pasti selalu nyerempet * kayak bajaj * ke arah TIK soalnya belajarnya pake laptop ...

Reply

hai gue Erina #eh

GILA EMAIL GUE DIJAWAB :o

Reply
Alifia Rizqy Author

MAKASIHH KO KEVINN E-MAIL KU UDAH DI BALESSS, cheersssss

Reply

kalo udah blogwalking ke blog lu, malah pengen baca yang lain Vin, bener banget.. konsisten, masih jarang banget yang konsisten.. pokoknya lagi diusahain banget lah seminggu ada 1-2 tulisan.. kasian kan pembaca yang nunggu postingan baru, hehe :D

Reply

Koko keviiin, blog tentang guru2 koko di sekolah doong :D ehehe

Reply

gua si tau nya dari instagram... Dan td lagi browing tiba-tiba nemu blog ini.. Pertama sempat mikir, Kevin Anggara siapa ya? Kyk kenal? Dan baru konek td.. Jd ini first time gua berkunjung di blog ini.

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).