Kevin Anggara: Kotak Surat: Jadi Sutradara

Kotak Surat: Jadi Sutradara

Ternyata masih ada yang ngirim email ke gue dengan mencantumkan pertanyaan di bagian Subject. Pengin gue bales dengan ngetik jawabannya di bagian Subject juga, tapi takut dikira nyindir. 

Kemarin ada yang bilang gue sombong terus nanya kenapa emailnya belum dibales-bales. Oke. Yang ngirim email bukan cuma satu orang. Semua email masuk pasti gue baca. Kalo belum gue bales, something wrong with your email / question, cuy. Gue udah nggak akan jawab-jawabin email yang isi pertanyaannya: Kak, ngedit videonya pake apa? Kak, agamanya apa? Kak, sekolah di mana? Kak, harga bukunya berapa? Dan pertanyaan-pertanyaan yang sejenis. 

Kalo emang pengin tau, gue yakin lu pasti bisa paling nggak usaha buat nyari jawaban itu di sini. Dengan usaha nyari jawaban itu, lu bahkan bisa nemu informasi baru yang nggak lu cari. Cengli ya.

So, langsung aja. Gue nggak akan pernah bosen untuk bilang: karena kalian, postingan ini ada!

Kotak Surat
Dari Michelle Melissa 

Halo, ko! :))

Ko, aku mau minta saran donk
Ko gimana sih cara nya bisa ngatasin rasa cemburu sama gebetan yang terbilang populer di sekolah? soalnya aku lagi alamin hal ini #curhat #akurapopo

Aku juga penasaran, kan koko sekarang udah terkenal di medial sosial ini kan, aku tuh bingung kalo di sekolah aku ceritain tentang video-video koko, tapi ada juga yang belum kenal sama koko, terus dia bilang "Kevin Anggara itu siapa sih? kok gue gak kenal dia ya" aku bingung mau jawab apa, mau bilang koko itu artis tapi kagak pernah nongol di tivi-tivi, mau dibilang viners tapi dia juga kagak tau apa itu vine, terus aku harus jelasin apa ke dia donk ko?

Tolong dibantu ya ko :)) sorry kalo pertanyaan nya rada absurd gitu 
Thanks \o/

Halo, mungkin kamu salah nanya orang. Gue bukan seorang ahli atau dokter cinta. Tapi kalo maksa (nggak maksa kan, ya?), beginilah jawaban gue: ngapain juga cemburu, kan kamu cuma gebetan, bukan siapa-siapanya. Walaupun nanti jadi pacar, yang kamu punya itu hatinya, bukan seluruh hak dan kewajibannya. Oke, jawaban gue emang nggak membantu menyelesaikan masalah. 

At least, gue udah berusaha.

Buat jadi artis, nggak harus selalu muncul di TV kok. Btw, video gue pernah kok masuk TV, videonya doang, orang yang buat belum. Kalo pada nggak tau sama gue, suruh buka blog ini aja, ya. 

***

Dari Ridwan Syahputra

bang, nama gue ridwan. gue mau nanya nih cara cepat biar bisa move on itu gimana? terimakasih :v

Baca SUPERMON (Surat Perintah Move On). Good luck.

***

Dari Abigail Lovelya

Hai, Kev!

Gue Abigail lovelya, panggil aja Gabby, wkwk. Gue salah satu fans lo, yang gagal bisa ketemu sama lo tanggal 24 kemarin, gara-gara ortu gue takut kalo ada rusuh lagi di monas. </3
Ya, pokoknya sekarang gue mau nanya-nanya aja gitu sama lo, dan kalau lo berkenan menjawab pertanyaan gue ini, rencana gue akan ngeposting ini ke blog gue. Gimana?
Gua, ngerasa berutang kepada para pembaca blog gue-yang masih sedikit itu-, gue terakhir bilang kalau gue akan nanya-nanya singkat ke elu, kalau ketemu pas ke Monas. Karena gue nggak bisa ketemu lo langsung, yasudah gue beralih ke Kotak Surat seperti ini aja. Hehe.

langsung ke pertanyaan aja kali, ya.
1. Boleh "hai" gitu nggak, ke gue dan pembaca blog gue? (kalo dijawab)
2. Awalnya pernah kepikiran nggak, kalau awalnya lo bisa nerbitin buku, alias jadi penulis?
3. Kan, lo nulis buku lo hanya dalam waktu 2 minggu, ya? Ada tips nggak supaya saat ngetik naskah itu nggak jenuh? Karena, tbh, gue juga menulis novel, dan gue terkadang jenuh saat mengetik.
4. Ada nggak perbedaan saat lo ngetik naskah buku, dan ngetik postingan di blog? 
5. Lebih nyaman ngetik yang mana? Naskah untuk buku, atau postingan untuk blog?
6. ini yang terakhir, janji.... Lol. Kasih sedikit kalinat motivasi dong untuk penulis yang jenisnya pemula seperti gue..

Hehe, itu aja, kali. Thanks a lot, Vin. sorry juga kalau kepanjangan.
-Salam karya penulis Indonesia!- XD

Halo, Gabby. 

1. Hai.
2. Pas gue nge-blog juga gue udah jadi penulis kok. Awalnya belum kepikiran bisa nerbitin buku. Tapi itu terjadi beneran.
3. Nulis naskah tepatnya. Yup, itu lagi semangat-semangatnya nulis. Jenuh mungkin karena lagi banyak pikiran, singkirin dulu deh masalah yang ada, atau tuangin lewat tulisan. Lumayan kan, lagi jenuh aja bisa dapet satu tulisan.
4. Ada. Naskah buku: harus terpaku sama outline. Postingan blog: bebas!
5. Postingan blog dong.
6. Kalo mau jadi penulis ya nulis, jangan kebanyakan ngeluh kalo nulis itu susah. 

Azek.

***

Dari Hana,

Hai Vin, gue baru beberapa hari ini baca blog lu. Setelah gue baca, tulisan lu bisa buat orang pengen ikutan nulis (termasuk gue). Nah gue punya beberapa pertanyaan nih:

1. Kan banyak tuh yang bilang, banyak baca banyak ilmu, kalo bacaan nya itu kayak dari blog, novel, dan sejenis ny itu termasuk ga sih bacaan yang bisa menambah ilmu?
2. Buku lu kan bergenre komedi, lu punya rencana ga bikin buku dengan genre selain komedi?
3. Apakah lu punya target lu bakal ciptain berapa buku?
4. Kalau lu udah jadi sutradara, apa lu punya rencana buat bikin film dari tulisan (blog atau buku) lu?

Makasih udah mau di baca, di jawab pertanyaannya, dan di bales juga.

Halo, Hana. 

Wah, seneng deh kalo bisa buat orang ikutan nulis juga kayak gue.

1. Iya. Beda-beda ilmu yang didapat.
2. Nggak ada. Kalo ada juga gue bikin genre sendiri: absurd. Nulis bebas dan nggak jelas. :))
3. Nggak ada target tetap gue bakal ciptain berapa buku. Selama gue punya cerita-cerita unik yang pantes ditulis ke buku, gue akan tetep nulis buku.
4. Belum tau deh kalo itu. Gue lebih seneng bereksperimen dengan imajinasi gue sendiri. Membuat hal-hal yang belum kepikiran sebelumnya menjadi ada nantinya. 

***

Dari Liu Meina

Yo Kevin!

Salam hangat dari Batam, Riau, Indonesia!

Kamu bisa panggil gue Meina. Sebelumnya gue belum pernah buat beginian nih, kirim email ke orang yg gue gemari dan gue termasuk penggemar baru kamu. Pertama kali gue liat kamu itu di instagram, kalo ga salah ingat video tentang "Harapan untuk Indonesia". Video yg gue liat ada yg lucu, lucu banget, dan jujur aja juga ada yg ga begitu lucu tapi tetap bagus kok. Videonya gue recommended ke temen-temen gue dan mereka pada suka, sampai-sampai ada yg suka banget sama kamu. Terus beberapa hari ini gue baru tau kalo kamu jga ada bikin blog, jadi gue buka deh blog-nya. Karna waktu itu gue lagi bosan jadi gue baca-baca blog kamu dan gue ketemu yg namanya "Kotak Surat", makanya gue sekarang bisa kirim email ke kamu. Gue juga ada baca yg judulnya "Ini Indonesia". Asli!!! Gue setuju banget sama kamu. Perbedaan itu adalah hal yg indah. Kalo saja semua orang dapat mengerti juga, pasti di Indonesia bisa hidup lebih damai, betul ga? Gue sendiri juga orang Cina cuman ya agak dikit berbeda. Kalo orang panggil orang Cina ya Cina kan, kalo gue Jawa-Cina, beh, sakitnya tuh dihati bro! Tapi ya sudah deh, sabar aja.

Setelah gue amati lagi ternyata kamu udah bikin blog sejak tahun 2013 dan kamu juga pengen jadi sutradara sama bikin film. Berjuang ya! Gue yakin kalo kamu pasti bisa. Nothing is impossible, right?! Keep going!

Nah, disini gue ada pertanyaan nih. Apa sih yg membuat kamu pengen menjadi sutradara? Cuman satu pertanyaan gue dan makasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya.
Salam Batam!!

Halo, Meina.

Makasih udah suka sama video gue sampe direkomenin ke temen-temennya. Telat ya, padahal gue udah mulai nge-blog duluan sebelum bikin video di Instagram. Yap, dan selamat email kamu udah masuk di segmen Kotak Surat!

Kenapa gue ingin jadi sutradara, karena itu keren. Gue pengin banget bisa bikin film sendiri, ngarahin orang-orang sesuai dengan skrip yang ada, dan ketika filmnya jadi, gue pengin orang-orang yang pulang dari bioskop ngasih tau temen-temennya supaya nonton film itu juga. Mungkin niat jadi sutradara di diri gue tumbuh ketika gue mulai serius dan aktif bikin video di Instagram.

Contohnya video-video gue di sekolah. Gue ngarahin temen-temen supaya bisa akting sesuai dengan skrip yang ada, ngatur bagian-bagian yang nantinya akan dilihat sama penonton, dialog, dan kebetulan editing juga gue lakukan sendiri. Gue menyajikan itu dalam bentuk video, berusaha agar orang-orang yang nonton dari detik pertama terus penasaran dan nonton sampe detik terakhir. Walaupun nantinya nggak bisa jadi sutradara film yang akan tayang di bioskop, paling nggak gue bisa jadi sutradara short movie dulu. Dimulai dari yang kecil.

Ya, ada kepuasan tersendiri ketika orang-orang suka sama karya gue, ngomentarin, bahkan nge-share karya gue ke temen-temennya. Apresiasi yang memacu gue untuk terus semangat dalam berkarya. Salam buat Batam!

***

Mau ikutan nanya-nanya di segmen Kotak Surat? Baca ini.

21 komen absurd

Lo ama gue sama Vin. Cita-cita gue juga pengen jadi sutradara. Semoga nanti kita bisa berkerja sama, dalam membuat film Vin.

azizkerenbanget.blogspot.com

Reply

serem juga vin nasihat lo tentang cemburu

Reply

Sejujurnya ko, aku jadi rajin nge blog karena terinspirasi dari koko. Di postingan pertama gua ada ceritain tentang alasan gua nge blog. Bahkan jadwal posting aku samain dengan koko. Dan entah sejak kapan gua jadi fans koko hehe. Salam kenal ^^/

Reply

Lo pengen jadi sutradara, gue malah pengen jadi penulis skenario :D

Reply

Kalo gitu bagusnya lu jangan bikin account Ask.fm, Vin. Blogger ga terkenal kayak gua aja tiap hari dapet puluhan pertanyaan, gimana kalo lu? Hehehe...

Reply

Woaaah makasih banyak! \o/

Reply

Semoga bisa kerja sama, yey!

Reply

Punya ask.fm sih, tapi ya bukan buat jawab-jawabin pertanyaan mainstream yang itu X))

Reply

bener vin, nulis blog lebih bebas, santai juga gak terpaku outline.. nulis postingan di blog kalo di hari Minggu, bisa 3-4 kalo bener-bener banyak ide.. atau dijadiin draft lah, kalo untuk buku atau novel, suka blank sendiri gitu deh, entah kenapa lebih berat. haha, btw semoga terwujud impian jadi sutradaranya :D aamiinn

Reply

ngomong-ngomong sutradara, lo udah kaya stephen chow vin.. muke lo cocok.
ehh steven chow itu sutradara apa produser ya? ahh bodo amat yg penting apapun hal positif yang bisa dilakukan gue dan seluruh bangsa indonesia mendukung akan hal itu.. MERDEKA! -lah?

Reply

Gue doain,, moga tercapai semua, koh! ameeen. :D sukses terus ya

Reply

Wah baru tahu gue lo pengni jadi sutradara. Ikutan kompetisi short movie-nya hellofest aja vin.

Reply

Hallo Kevin ! kamu kena tag The Liebster Award dari aku. silahkan baca dan penuhi syaratnya ya :D disini > http://thaliaskartal.blogspot.com/2014/10/the-liebster-award-firsttime.html

Reply

Elu pengen jadi sutradara? Gua pengin miara burung dara. Apa kita jodoh?

Reply

Pernah ngirim e-mail tentang cara bikin premis yang bagus itu gimana, dan dibales pake outlinenya MMJ. Sekarang, udah nemu premisnya: adaptasi. Sekarang lagi nungguin revisian dari Mas Edo aja nih, hihi.

Reply

Vin, adu rubik yuk (kalo ketemu)

Reply

Blogwalking gan :)

Reply

Vin , email lu yg di bio IG kan ?

Reply

vin,,gimana cara uoload video ke indovidgram ?? yg ricih yee :D
maklum newbie

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).