Kevin Anggara: Ngomongin Naskah dan Film

Ngomongin Naskah dan Film

Naskah buku kedua gue udah lumayan banyak perkembangan. Selagi postingan ini gue tulis, tersisa 4 bab lagi yang gue perkirakan (kalo nggak ada halangan), awal bulan Februari akan selesai gue ketik. Karena buku pertama juga udah susah banget dicari di toko buku, nantinya buku pertama gue akan cetak ulang dan terbit bareng buku kedua. Jadi, menabunglah dari sekarang teman-teman.

Dan setelah naskah buku kedua kelar, gue akan fokus bikin video lagi di YouTube. Sekarang lagi nabung buat beli kamera. Kasian si Boy, dipaksa bikin video mulu sama bosnya.

...

Beberapa hari lalu gue nonton film PK. Film komedi dari India dengan satir agama yang dalem menurut gue. Kalo itu film garapan Indonesia, mungkin bakal didemo di mana-mana karena persoalan yang dibahas agak sensitif. Sebenarnya, yang menjadi masalah utama bukan agama. Tapi tentang manusia yang sering menuhankan manusia atas dasar agama. Di film ini, kita nggak diajak buat menghakimi atau menjelekkan agama tertentu. Kita malah diajak buat menertawakan tingkah laku seorang "alien" yang mencari-cari Tuhan. Pada intinya, film ini mengandung banyak sindiran, terutama dalam hal pola pikir manusia dalam beribadah kepada Tuhannya. Dan mungkin, film ini akan membuat kita merenung sejenak. Gue terdiam saat PK, tokoh utamanya, bilang begini: "Ada dua Tuhan. Pertama, yang menciptakan kita semua. Dan yang kedua, yang diciptakan oleh manusia."

Agama mengajarkan kebaikan, tujuannya sama-sama menuntun manusia ke jalan yang benar. Yang menjadi pertanyaan adalah, jika Tuhan itu satu, kenapa ada banyak agama di dunia ini? Agama-agama tersebut pun mempunyai konsep ketuhanan dan tata cara ibadah yang berbeda-beda. Lalu, Tuhan siapa yang paling benar di antara agama-agama tadi? Pertanyaan-pertanyaan itu terjawab dengan sangat baik lewat film ini. Ceritanya, komedinya, joget-joget India-nya, semua seimbang.

PK

Gue salut sama sutradara (Rajkumar Hirani) dan tokoh utamanya (Aamir Khan). Sang sutradara berani ngangkat isu yang penting, yang salah sedikit bisa fatal akibatnya, dengan sangat menarik. Aamir Khan yang berperan jadi sang "alien" juga totalitasnya nggak usah diragukan lagi. Gue takjub, sepanjang film, dia melotot terus. Kebayang, itu susah banget. Mata gue bisa perih. :))

So far, ini film terbaik sepanjang tahun 2014 menurut gue. Emang nggak sebagus 3 Idiots, karena yang dibahas juga jauh berbeda. Film ini bisa bikin gue mikir, merenung, dan tertawa sekaligus. Sebelum nonton film ini, kita harus open-minded dulu. Beneran.

...

Setelah taping dan menyebarkan berita gue akan masuk The Comment, saat-saat yang ditunggu pun akhirnya tiba. 19 Januari 2015, The Comment episode yang ada gue-nya tayang di segmen kedua. Satu episode sama Raditya Dika. Tab mention gue bener-bener rame, bahkan sebelum episode itu tayang. Mungkin udah ratusan orang yang nanya, "Kapan tayang?" ke gue. Ini dia videonya:


Yah, memang cuman satu segmen. Tapi gue rasa, yang nonton juga nggak kalah banyak sama segmennya Raditya Dika. Di situ, gue emang keliatan pendiem. Bukannya nggak mau ngomong, tapi emang susah aja konsepnya "belajar bareng" gitu. Beda ceritanya kalo di segmen itu konsepnya kayak talkshow. Jadi ditanya-tanya, dan gue pasti akan lebih banyak ngomong daripada diemnya.

Banyak yang kecewa, kenapa cuma satu segmen, kenapa cuma sebentar, kenapa gue di-shoot-nya dikit, kenapa nggak bareng Raditya Dika, dan kenapa-kenapa lainnya. Menurut gue, itu udah bagus. Sangat bagus, mengingat itu pertama kali gue masuk TV. Gue sama sekali nggak grogi, karena udah biasa juga di depan kamera. Mungkin kalo ada kesempatan yang lain, gue bisa lebih baik. Yeah.

Selamat malam minggu.... bagi yang merayakan!

71 komen absurd

Anonim Author

PERTAMAX

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

keren ko! :v
kurang 4bab lagi, smngtt ko!! :3

Reply

Yyass! Gue akan beli buku lo. Karena gue cari yg pertama pun ga dpt, ini kabar gembira banget bwt gue. Gue akan beli kedua buku lo. Dan soal film PK gue akan nonton, dan akan gue recomend bgt k tmn tmn gue yg suka ntn juga. Dan soal lo masuk the commemt cuma satu comment gue, ternyata lo tinggi banget, dan kurus. Bukan ngejek pin, bagi napa tinggimya 😂 gue bantet soalnya haha

Reply

dsetelah the comment....kemudian datanglah undangan undangan lain *aamiin


Undangan
Undangan pernikahan mantan._.
*ehhhh

Mskin sukses ya ko

Reply

Oh, kurang 4 bab lagi? *brb langsung cek celengan*

Sukses koh :))

Reply

Semoga uangnya bisa cepet terkumpul Vin.

Reply

ditunggu buku kedua nya *mari cek tabungan* hahaaha

Reply

Tayamgannya w kira yang game2 gtu
tau2nya acara bimbel

Tapi ga apa2lah yang penting ada Kevin Di the Comment

Reply

Semangat !
Numpang Ninggalin Jejak aja
BLOGWALKING

Reply
Hanjihan Author

Buku 1 + Buku 2 Berapa rupiah kira-kira yak? Semangat nabung'-')9

Reply

Yasss! Akhirnya buku yang pertama mau dicetak ulang, mengingat gue belum beli. Haha. Nabung-nabung-nabung!
Semangat terus ngetiknya ko! :) :v

Reply
Assyifa Widiastomo Author

cieee, ditunggu buku keduanya sama video-video YouTubenya jugaa. Jangan lupa H-78 /? UN. semangaat. azek

Reply

Yasss! Akhirnya buku yang pertama mau dicetak ulang, mengingat gue belum beli. Haha. Nabung-nabung-nabung!
Semangat terus ngetiknya ko! :) :v

Reply

Keren.Belum nnton sih tapi lihat post nya koko aja tntng ini udah bersemangat buat pengen tau. Ohya,semoga aja masuk tv lagi dan shot nya lebih lama bareng bang dika :'v soalnya aku suka kalian berdua :v

Reply

Hih! Gue nggak sabar beli buku itu!! Gue beli 2 sekalian!! Sh*t! Gue daerah gue Net TV nggak dapet. Terpaksa cuma bisa streaming.

Reply

Gak sabar nunggu buku berikutnya, buku pertama juga bakal di cetak ulang.Jadi, sesuai quotes nya kevin yang "nantinya buku pertama gue akan cetak ulang dan terbit bareng buku kedua. Jadi, menabunglah dari sekarang teman-teman." gue akan menabung biar bisa beli buku lu

Reply

kayanya bagus nih filmnya :3.ntar nonton ah xD

Reply

Keren ...
Sukses terus .

www.ikhsanicus.blogspot.com

Reply

Tips bisa jadi penulis apa sih vin? kali aja gua bisa ngeluarin buku hehehe..

Reply

salah tahun tuh vin yang tayang the comment :)) harus nya 2015
yah walaupun lo lebih muda dari gue dan prestasi lo lebih banyak dari gue tapi gue bangga sama lo, semangat terus vin ! tetap berkarya !!

Reply

Semoga aja lo bisa diundang di acara talkshow. Jadi lo bisa lebih aktif bicaranya.. kayak hitam putih etc. Goodluck buat buku kedua lo, vin!

Reply

Oke, siap-siap nyelengin duit dari sekarang. Buat beli buku... pelajaran hehehe.
Kalo ada duit deh, gua bakal beli

Reply

uhuiii... azek azek

Reply

uhuiii... azek azek

Reply

hmm, mantap vin. gue liat lu hari senin di the comment, sukses terus bro :)

Reply

Kapan main FTV nya, pin? *hehe*
Sukses buat buku keduanya! Semoga cepat rampung ye!

Reply

Sampai detikini gue belum pernah nonton film India PK itu. Udah sering denger dimana-mana, tapi belum nonton.

Cedih :(

Reply

Keren. Ditunggu buku keduanya, bro.

Gutlak! :))

Reply

Sekarang tinggal 3 bab lagi~

Reply

Nabung dan tungguin ya hehehe..

Reply

Amin...

....eh, kok, mantan? :|

Reply

Vin! Blogpost kita sama2 tentang film PK, Kita jodoh!

Reply

Yuk Vin bikin film. Zerius.

Reply

Harus nabung dari sekarang biar bisa beli buku Kevin sepaket :v

Reply

Kayaknya gue udah terkena virus agar beli buku lo nih, Vin. :D

Reply

Buset. buku pertama aja gue belum beli, lo udah ada rencana nerbitin buku lagi, vin. Tapi, keren-keren. Eniwei, kira-kira kapan terbitnya?

Reply

film PK belom sempet gue tonton tuh, tpi bentaran lgi. smoga.
yah, wlaupun cuman tampil satu segemn doang, anggep aja itu pengalaman. nnti klo udah bikin karya lgi, bakalan di panggil lgi.
semangat, pin

Reply
Anonim Author

Nabung Buat Beli DSLR

Reply

Vin, padahal kemarin-kemarin gw lagi bingung buat naskah eh pas buka web lu tiba-tiba ada tentang naskah! Itu kebetulan banget

Reply

masukan dan kritik: PK memang film bagus, tapi kalau dibilang paling bagus 2014, hmmm, saya tidak setuju..(apa dasarnya?)..lagipula film ini sebenarnya konsepnya hampir mirip film OMG: Oh My God! (2012), film India juga, jadi secara subtansi sama, di samping memang budaya-agama di India sangat mudah menjadi sasaran empuk para pengkritik agama dengan dasar logika dasar..

Kembali ke film terbaik? Apa maksudnya "film terbaik yang kamu tonton tahun 2014?" Kalau begitu bisa dibilang koleksi nonton mu masih sedikit....Banyak loh film bagus di 2014 (Boyhood, Birdman, Interstellar, Gone Girl, Nightcrawler, The Grand Budapest Hotel, aghhh banyak lah pokoknya!)


Reply

Ditunggu ya bukunya..semoga gak ketinggalan lagi. Yang ke 1 sampai pesan online. All the best and good luck Kevin.

Reply

Wah azek deh vin. Kasih tau gue ya, kalo udah terbit di Bandung XD. Ditunggu ya buku ke2 nya. Btw, lo bener-bener menginspirasi gue. Semoga kedepannya gue bisa nulis juga kaya lo.
Good Luck

Reply

Sama dengan gue, nggak setuju dengan apa yang lu bilang. Karena selera bagus orang itu beda-beda. Kalo menurut lu film yang lu sebut bagus, menurut gue nggak. Sama, kan? Sesederhana itu.

Reply

Amin. Makasih ya \o/

Reply

Mungkin bulan Mei... Mungkin.

Reply

Jadi pengen beli buku lo vin. Sama jadi pegen nonton filmnya,, penasaran soalnya.

Reply

Gue nggak bisa ngebayangin kalo Indonesia bikin film yang mengangkat isu yang nyerempet atau emang mengangkat isu SARA.

Btw, cepet keluar ya buku barunyaaa~ \o/

Reply

Lumayan Lama juga durasinya di Youtube ini yak._.

Reply

kok yg pas di the comment itu, ko kevin nggak banyak bicara ya? :)

Reply

Mungkin dia mulai lapar.
Oh ya, skrg dah awal februari, berapa bab lagi? atau udah ada di gramed?

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Vin, semangat nulis bukunya, ntar pas baru keluar langsung gue borong tuh buku.....

Reply

Wah.kak, sukses terus yah ngeblog nya... gue juga lagi niat ngeblog nihh...
blog gue:
www.damiancreativity.blogspot.com
kalo kak kevin mau luangkan waktu sebentar aja buat kunjungin blog gue, gue ucapin makasih banget yah kak,, gbu slalu....
oh iya btw, gue nulis artikel di blog gue tentang inspirasi gue ngeblog nih... nah, di artikel itu gue sempat jelasin tentang kakak lo... kerena gue terinspirasi dari vlog kak kevin yang judulnya ngomongin blog.

Reply

PK emang bagusnya keterlaluaaan :D

Meskipun personal favorite tetep 3 Idiots sih :) *toss sama Kevin*

Reply

Wakakaka... dari hasil diskusi2 bareng para reviewer film,biasanya orang yang ngebanding-bandingin film itu cuma lagaknya doang biar kelihatan pengetahuan luas. Padahal aslinya cetek hahahahahaaaa santai Vin

Reply

ngomong2 harga bukunya mau di bandrol berapa ? dan bukunya sampe kelampung gk?


Reply

Keren menurut gw dan ga hanya humor tapi sindiran dibalik film ini yang bikin gw melek !! salut

Reply

wew.. aku ae blm dapat buku kesatu..sekarang udah ada buku kedua..
semangat trus vin.. :)

Reply

wew.. salah satu tontonan yang wajib di lihat nih :D

Reply

Gw udah pernah nonton yg satu ini vin. Keren gila. Pemerannya udah tua, tapi masih aja bisa akting kayak orang bego :v Salut deh sama film ini...

Reply

Mantap banget bro, tingkatkan.

Reply

semoga bisa kekejar nih buat nonton film ini , heheh

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).