Kevin Anggara: Imlek

Imlek

"Semakin tua seseorang, maka angpao yang didapatkan dari tahun ke tahun akan semakin sedikit. Itu siklus ekonomi. Kayaknya. Gue juga ragu sih. Angpao yang gue dapet tahun ini lebih sedikit dari yang tahun lalu. Begitu juga nanti tahun-tahun ke depan. Pasti semakin sedikit. Tapi, memang harus kayak gini. Namanya juga perubahan. Perubahan ini nggak bisa dihindari. Jadi, tinggal lalui aja."

Ramalan gue di imlek tahun lalu ternyata benar. Angpao yang gue dapet di tahun ini lebih sedikit daripada tahun lalu. Di situ, kadang gue merasa sedih. Tapi, yah, lumayan buat nabung beli kamera.

Imlek 2015

Nggak ada lampion yang menghiasi rumah gue di tahun ini, karena tahun lalu, ada salah satu anggota keluarga yang meninggal. Kata nenek sama nyokap gue, selama 3-4 tahun ke depan, kita nggak akan masang ornamen-ornamen berwarna merah saat imlek di rumah. Tapi, tradisi lain tetap jalan seperti biasa. Makan bersama, sembahyang, dan tentunya, pemberian angpao.

Imlek tahun ini dimeriahkan oleh hujan yang turun dengan sangat deras. Sederas air mata yang turun karena tau mantan udah punya pacar baru. Pas sembahyang malam, gue pun ditemenin sama hujan. Dingin. Sedingin sikap mantan yang baru putus. Lah, kok jadi bahas ginian.

Entah kenapa, dari tahun ke tahun, sodara gue jadi makin banyak. Anak-anak kecilnya juga. Rumah gue jadi rame sama orang-orang yang mukanya terlihat asing. Dan setiap gue ke rumah sodara, kerjaan gue cuma makan dan bilang "kiong hi" biar dapet angpao. Tapi ya gitu, ada yang ngasih, ada juga yang nggak peka. Dasar, semua sodara sama aja. Setiap ketemu sodara, gue pasti dibilang, "Wah, Kevin udah tambah gede ya. Masih kurus aja. Nggak makan ya?" MENURUT SODARA?!

Dari komentar-komentar sodara yang bilang gue udah tambah gede, gue jadi merenung. Gue udah tambah tua sekarang. Tambah dewasa. Tambah bikin sodara merasa nggak perlu lagi ngasih gue angpao. Ya, beberapa yang nggak peka. Bulan depan, tepat tanggal 16, gue udah hidup di dunia ini selama 18 tahun. Bukan angka yang besar bagi mereka yang lahir tahun 1945.

Tapi angka yang besar bagi gue untuk menyadari arti dari Imlek yang sesungguhnya. Arti dari tradisi-tradisi yang gue jalani, berkumpul dengan keluarga, makan bersama dalam satu meja, bertemu dengan sodara, semuanya bahagia, dan bukan sekedar tentang nilai di dalam sebuah angpao yang bisa habis kapan aja. Walaupun itu juga penting, buat nabung beli kamera.

Selamat tahun baru Imlek ke-2566!

46 komen absurd

yang sabar... semua pasti ada waktunya.

Reply

Koko bulan depan 18 thun???
Sama donggg..
Tp agree bgt... tiap thun berkurang
Plus kadang ndk kenal juga sma saudara sendiri gra" kebanyakan

Reply

Wah vin, lu niat banget nabung buat beli kamera.
Hdup emang butuh perjuangan! #nyess

Reply

bagi angpao ko :D

Reply

yo, selamat imlek juga vin...
semoga kebeli deh tu kamera, dapet berapa lo taun ini? :))

Reply

Selamat Tahun Baru Imlek vin!
Tentang pemberian angpao, sepertinya aku juga sedang mengalami masa-masa sulit ini. Kalo lagi hari raya Idul Fitri, disitu kadang saya merasa sedih juga. Aku semakin tua, dan orang-orang menganggap kalo udah besar gak perlu dikasih angpao lagi. Seharusnya, batas untuk tidak diberikan angpao itu ketika kita sudah kerja, bukan saat kuliah. ehm.
*curhat*

Reply
Assyifa Widiastomo Author

udah abis masanya ya vin dapet angpao banyak? wkwkwk. semangat terus vin nabung buat beli kameranyaaa 9(' '9) semangat calon sutradaraaaa.

Reply

pingin kembali ke umur 7 tahunan dimana banyak bgt yang ngasih angpao, uang THR wkwkwk

Reply

menurut gue koko gak dapat banyak angpao gara gara datangnya rame rame coba kalau datang sendiri koko ambil garpu lalu dengan hembusan nafas dua atau tiga kali koko berjalan ke arah para taik pak jiji ama dan lain segalanya koko bisikin gong ci fat cai sambil nyodorih garpu percaya besoknya koko gak diangap lagi. sekian

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

lah koko lahir tahun 1996 apa 1997? di Facebook kok 96 tapi kok koko bilang ultah ke 18?

Ngomong-ngomong
Happy Chinese New Year ya ko :)

Reply

Angpaonya kooh!! bagi dong!!

Reply

Gong xi fat cai vin..

Btw soal angpao, klo 3 taun yg lalu gue msih dikasih angpao sm Om, skrg gantian gue yg ngsih angpao anak2 mreka.. Siklus lebaran. Wuehehe

Reply

disitu saya merasa sedih, lanjutkaan sedihnyaa kaaaakkkk #eeehhhh

Reply

masih inget gak ko angpao pertama kali isinya berapa?

Reply

Semakin sedikit dan nanti beberapa tahun ke depan generasi ko levin yang ngasih angpao.

Happy Chinese New Year

Reply

hei kalian, saya mau ke bali besok ! angpao-nya belum dikasihhh ke guee hahaha :p

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Galau banget imleknya. Ya, gitu emang siklus susah dirubahnya..... Bentar lagi, lo juga bakal ngasih angpao..

Reply

sama vin, lebaran pun begitu. saudara bahkan kurang peka padahal yang lebih digunain duitnya pelajar tingkat akhir :D

Reply

Kita tukeran aja, Vin. Lu dapet uang lebaran, gua dapet uang angpao. Semoga.

Reply

Ko bagi kue keranjang dong :3

Reply

yang bikin sedih bukan tambah sedikit, tapi liat sodara yg seumuran udah bisa kasih angpao ke orang.. :o

Reply

udah dewasa gak imut lagi buat narik perhatian suapaya dikasi ampao Vin.. x😅

Reply

Sama halnya kayak pas gue lebaran. Makin tua, makin keliatan gedhe, angpao lebaran juga makin berkurang dengan segala kalimat tipu daya para sodara gue. Ya, begitulah. Semua beranjak semakin tua dan berumur. Makanya, selagi masih sehat, tetep berkarya. :))

Reply

kita beda satu hari satu tahun loh,vin.Tapi lu tetap lebih tua.wkwkw

Reply

ko kevin, angpaonya emang dapet berapa tahun lalu dan tahun ini???

Reply

Ciee... yg ngerasa tua.
Met imlek ya adek Kevin

Reply

Kalo gue masih banyak yeah =D

Reply

Imlek tahun ini dimeriahkan oleh hujan yang turun dengan sangat deras. Sederas air mata yang turun karena tau mantan udah punya pacar baru.itu pun kalau ada mantan.

Reply

Menurut ramalan gue, beberapa tahun lagi giliran lo yang bakalan ngasih angpao ke sodara-sodara lo yang kecil-kecil itu XD

Reply

Semoga kebeli deh kameranya. Kayaknya butuh perjuangan lagi buat ngumpulin duit beli kamera :D

Gong xi fat cai, koh :)

Reply

Kayaknya bukan mitos lagi ya angpao berkurang karena usia bertambah hehe

Reply

Hahaha "Wah, Kevin udah tambah gede ya. Masih kurus aja. Nggak makan ya?" MENURUT SODARA?!
Wah lumayan tuh kalo udah bisa beli kamera Vin. Selamat ya. \:D/

Reply

Sabar ko, walau pun dikit, syukur ada yang ngasih.Nah, kalo gak ada yang ngasih gimana coba?

Reply

semoga kesampean vin, beli kameranya

Reply

Yah kasian sekali ya loe vin. Gw aja udah sebesar ini dapatnya tambah besar wkwkwkw....

Reply

Gong Xi Fat Cai banggg:):)
angpao na lai....

Reply

mudah-mudahan buku-bukumu sold out semua vin. jadi selain beli kamera baru kamu bisa ngasih angpao juga ke sodara-sodaramu yang masih kecil. amin.

Reply

Saat baca postingan ini.. Di situ saya merasa sedih

Reply

waktu pasti kan menjawab...

Reply

ko, rumah engga kebanjiran pas imlek?
well...Gong Xi Fat Cai :D

Reply

sama kayak hari raya yang lain, waktu kecil semua om dan tante, pakde dan bude, pasti rajin ngasi thr, makin gede, seakan akan lupa kalo hari raya itu waktunya kasih thr ke keponakan :')

Reply

18 Tahun ? Kapan nikah :v
Klo dah nikah blg ko
Ntar sincia wa mampir :3

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).