Kevin Anggara: Welcome to YouTube

Welcome to YouTube

Semua orang seneng main game. Termasuk gue. Main game adalah salah satu penghilang stres yang ampuh setelah makan. Dan, baru akhir-akhir ini, gue coba buat video "let's play" di channel YouTube gue. Videonya berisi gameplay dan reaksi gue terhadap game yang sedang dimainkan. Salah satu game yang pernah gue mainkan berjudul Unfair Mario. Bukannya ngilangin stres, gue malah makin stres. Yang bikin game seenaknya, jebakannya nggak bisa diperhitungkan dengan logika.

Ada lagi, gue mainin game horor. Judulnya TheHouse buatan Sinthai Studio. Emang sih, game-nya simpel. Tugas kita cuma klik-klik ke benda-benda tertentu. Terus kalo udah klik gitu, kadang suka muncul jumpscare yang bisa bikin jantung copot. Makanya, main game horor itu volume-nya harus dikencengin biar berasa. Tapi jangan terlalu kenceng juga, nanti bisa budek.

Satu hal yang pasti, kalo kalian juga mau bikin video "let's play" adalah: dibilang ngikutin PewDiePie. Yah, mau gimana lagi. Risiko sih. Tapi lucu aja, masa yang boleh main game cuma satu orang doang kan? Jangan dibawa pusing, tujuan main game kan buat seneng-seneng. Reaksi orang juga beda-beda. Kalo ada yang nggak suka, YouTube kan menyediakan tombol dislike. Yoi. Sesederhana itu.

Gue sendiri pernah diprotes karena sering ngomong kasar untuk mengungkapkan kekesalan saat main game. Gue pikir, yah, gue sedang menunjukkan: "Ini loh reaksi spontan gue ketika jatuh atau kaget." Ketika ada orang yang ikut-ikutan ngomong kasar karena nonton video gue, ya, itu bukan sepenuhnya salah gue. Gue sama sekali nggak nyuruh yang nonton buat ngikutin omongan gue. Kalo di video gue nyuruh orang-orang buat ngikutin omongan gue, ya, sepenuhnya gue baru salah.

"Tapi, lu kan nyontohin yang nggak bener, Vin?"

Sama seperti sinetron. Kalo kelakuan anak-anak zaman sekarang kayak gitu (taulah), ya, jangan salahin sinetron-nya. Siapa suruh sinetron ditonton. Kita kan punya hak dan kontrol untuk itu.

Ya, beberapa hari lalu ada orang nyasar yang ngomentarin video gue. Protes kenapa gue mengucapkan nama binatang. Menyuruh gue berpikir bahwa ada berjuta-juta orang yang online dan menonton video gue di YouTube, termasuk anak-anak yang masih polos, dan dia takut, nantinya mereka akan ikut-ikutan seperti gue. Katanya, ini bukan pelajaran yang bagus untuk anak-anak.

"Yah, memang." kata gue dalam hati. Karena ini YouTube, bukan buku pelajaran. 

Welcome to YouTube

FYI, channel YouTube gue itu bener-bener random. Apa aja ada. Video main rubik, main futsal, vlog, challenge, gaming, kompilasi Instagram, semua ada. Kalo ditanya channel YouTube gue isinya apa aja, jawaban gue, "Banyaaaaaak! Lu maunya apa?" Gue ini orangnya selalu suka mencoba hal-hal yang baru. Jadi, dimaklumin aja ya kalo video gue kadang random. Tergantung arah angin. Ehe.

Gue asumsikan, pembaca blog gue di sini udah tau akun YouTube gue apa. Jadi, sambil menunggu selama seminggu untuk setiap postingan baru, cari aja gue di YouTube. Siapa tau update video baru. Kalo kadang random dan nggak mendidik, ya maklumin... Karena ini YouTube, bukan buku pelajaran.

Dan tentunya, bukan sinetron.

61 komen absurd

Betul, tuh vin. Itu sih tergantung pribadi orang masing-masing. Ambil baiknya, buang yang jeleknya. Simpel.

Reply

Sumpah vin! Semenjak lu main game, lu jadi suka maki padahal game pertama yang ngeselin lu nggak ada maki. Dan lu pake aerphone yang SAMA dengan pewds. Sederhana, "Cari jati diri" and Go fo it!

Reply
Assyifa Widiastomo Author

ya udah lah ya, vin, kan katanya "kenal aja enggak?" wkwk. Tetep berkarya, vin. 9(' '9)

Reply

Gue awalnya pengin comment juga Vin, kenapa lu ngomongnya kasar gitu kalo main game tapi lu udah jawab disini dan gue tau jawabannya. ternyata LU BIJAK VIN! Haha : D Thanks Ko!
Semangat buat UNnya :)

Reply

ko, inget ngga yang terjadi di attempt 173 di unfair mario? :)

Reply

Akan selalu ada pro dan kontra.. :))

Reply

inget ini di the house? "kalender, boneka, kalender, boneka, lebih keras!" ? :)

Reply

Oke, gue kemaren baca siapa orang tersebut yang ngomen gitu di channel lo....

Gue juga rada parno sih kalau video lo juga bisa ditiru anak kecil. Mungkin buat cari amannya makian tetep ada tapi dibuat mute dan dikasih tulisan aja pake bintang bintang. Tapi itu sih terserah lo.... Kalau ditayangin di tv, gue yakin baru sehari video lo udah kena sanksi KPI....

Cheers...

Reply

Semuanya di kembalikan ke pribadi masing-masing ajalah, setuju gak. Kalau menurut pribadi itu adalah yang baik, ya terima aja. Tapi kalau gak, biarin aja lewat.

Reply

Kayak gak pernah ngomong kasar aja tuh orang.

Reply

Pokoknya kayak yang lu omongin " Informasi itu disaring dulu, jangan ditelan bulat-bulat".Jadi, ambil baiknya aja dan buang jeleknya. Setuju?

Reply

Ikuti kata hati lo aja vib :)

Reply

wihh bener banget kata2 nya ko :))) "Youtube bukan buku pelajaran" yaa kalo mau belajar dari youtube juga bisa sihh , itu kan tergantung kita nya mau lihat vidio yang mana ,harus bisa memilih lahh .

Reply

Semua orang bebas ber ekspresi dan mungkin bener menurut lo vin, ya itu menunjukan ekspresi lo ketika main game itu, terlepas dari salah dan benar tergantung dari sudut pandang mana kan haaha..

Terus Berkarya Bro!!

Reply

Hidup terlalu singkat vin kalo cuma buat ngeladenin omongan orang.
Emang sih masukan itu perlu
But man, stuju banget sama lo vin
itu YOUTUBE bukan BUKU PELAJARAN xD
Keep inspiring!

Reply

'Karena ini YouTube, bukan buku pelajaran', gue agak ga suka sama kata kata ini..
Tapi nice post dah, vin.

Reply

yaudah bang kevin, kan bang kevin bilang, KALO SATU SENYUMAN ITU LEBIH BAIK DARI SERIBU KATA KATA, jadi kalo ada orang yang komentar ga tau aturan SENYUM AJA...

Reply

Pro dan kontra selalu ada Vin. Ada yang suka, ada yang tidak suka. Keep goin' Vin!

Reply
sahira nafisa Author

tadi siang gue abis nonton video lo ka, dan gue liat siapa orang yg komen kalo video lo tuh gak baik. secara logika, sekarang zaman udh berkembang,teknologi semakin maju,semua ada, tergantung kita bisa menyaring nya atau gak.
eh ya ko, congrats ya unfair mario-nya dah level 4, kita samaann!

Reply

Kalau misalnya gak mau ngeliat orang ngomong kasar/refleks gak usah nonton aja. Simple, right?


Tetap terus berkaya ko, don't listen to the haters cause your too awesome to hear them (yah kecuali kalau itu positif sih :v). Btw congrats main unfair mario sialannya ko! Ini kok gue main Unfair Mario baru level satu udah 21 death sih :'v itupun baru sampe checkpoin *curhat gak penting*. Di tunggu level selanjutnya yang bakal nurunin IQ lebih banyak

Reply

Aku nyoba main unfair mario dan emang itu game berhasil bikin orang stress :'< . Senin ujian semester, makin stress jadinya :'< . Tetap semangat, Vin! ^O^

Reply

Yoi, emang harusnya begitu hahaha..

Reply

Belum keluar aja aslinya ehehehe..

Reply

Bijak dari mana huahahahaha..

Reply

Iya, untung ini YouTube, lebih bebas sih... Asal nggak sampe jelek-jelekin suku / ras.

Reply

Di luar juga rasanya banyak yang berbicara dengan kata-kata "kasar" with their english. Karena mereka (youtuber) juga cari pasar (penonton) yang memang 17 tahun ke atas (atau setidaknya mengerti tentang game yang mereka mainkan). Kalau gue sih gak masalah vin lu nyebut binatang, mereka yang takut bila ada anak-anak yang nonton dan dengarnya, itu berarti kurang bimbingan/pengawasan orang tua.

Youtube bahkan mengetahui hal itu dan buat applikasi buat anak-anak, kan? Youtube Kids (something) itu? Pengawasan lagi-lagi yang dari orang tuanya juga, disediain wadah tuh~.

Semangat Vin! Gue juga rasanya mau mulai bikin video let's play ini, nyicip-nyicip kayak apa~ :D

Reply

Namanya juga reflek kaget ya Vin, gue aja kalo kaget bisa ampe Istighfar kalo gak teriak kenceng ampe dimarahin karena berisik, hahaha.

Mungkin selanjutnya kata-katanya harus di sensor kali ya? '-'a

Reply

Kamu semakin aneh-aneh aja akhir-akhir ini.... Sarkasmenya makin kerasa..

Reply

Setiap kegiatan yang kita lakuin pasti ada yang setuju ada yang engga, ada pro dan kontra. Oke, itu wajar. Simple. Semangat, jadiin motivasi aja!:)

Reply

Nah iyatuh.gue aja ngeliat komentar video lu di youtube rasanya agak kesal.namanya juga reaksi spontan waktu kaget.

Reply

Bener ko kevin ! Siapa suruh nonton ! Ngomong2 buku kedua dah jadi ?

Reply

emang sih, kayak nya bukan elu doang yang ngerasain.

Reply

Gue sih belom liat videonya, kasar sedikit sih gapapa. masih muda ini #loh

Reply

Nggak beda juga sama orang bikin gambar (dalam hal ini: gue). Ada orang yang pro dan kontra soal hasil yang gue bikin. Dikira niru karakter orang, dikira sara, dikira bla bla bla. Gue nggak nyalahin mereka yang juga berasumsi kayak gitu. Itu hak mereka. Yang sejas, satu hal dalam kasus gue, seperti apapun karya yang kita hasilin, mirip atau nggak sama karya orang, itu bukan masalah. Niru karya orang, dan bisa, itu nggak gampang. Butuh skill dan keahlian. Referensi juga gitu. Tapi inget, ini dalam konteks "niru", bukan njiplak (ngecopy). Tetep kita yang berproses dan nunjukin hasil. Dan itu nggak mudah. :))

Stay work, stay cool,Vin. Niatnya baik kok.

Reply

Hi Kevin, gw tau lu dari ponakan gw yg SD kelas 4. Dan gw yg udh lumayan tua ini jd ikut2an ngefans sm lu.
Yg namanya haters dan lovers pasti ada, tetep berkarya dan jadi inspirasi generasi muda ya!

Reply

Keren2 videonya, salam kenal iya

Reply

:D hahaha keren vin
jangan lupa kunjungi juga blog gue simbalisme.blogspot.com
:D kalau lu mau request game silahkan kasih dikomentar

Reply

subscribed! hehe...

kalo soal kasar dan ngga kasar, menurut gua sih yang penting natural aja... kalo mencoba kasar biar lucu mah bakal bikin lu kedengaran kaku...

tapi kalo emang alaminya gitu, justru bikin videonya menarik... asal ngga kelewat ngga nyambung kasarnya.. :D

Reply

Lu ngehe banget kev waktu main unfair mario. Tapi ku akui gayamu ...

Reply

Hahaha ada-ada aja ya vin. :))
Saran gue sih, pas awal lo tulis aja 15+ atau apa gitu di pojok video (misal, ini misal doang). Soalnya kebanyakan yang ngikutin lo kan masih umur segitu. Jadi seenggaknya kewajiban lo udah dipenuhin, selanjutnya ya terserah mereka kalo masih mau nge-judge. :)

Reply

Justru gue terhibur dengan adanya "let's play" di youtube lu, vin. ngakak aja liat reaksi lu. ID Card dibilang KTP._. Gue tunggu video" "let's play" lu.

Reply

Jadi pengen buat channel youtube sendiri

Reply

Bener tuh bang, jangan hiraukan apa kata orang lain. Lakukan apa yg kamu senangi, and just be yourself! ^_^ # Keep posting video di youtube ya bang kev

Reply

pingin buat tapi belum ada ide dan waktu

Reply

Youtube udah jadi kayak jendela dunia ya, ngalah-nglahin buku :p

Reply

Terima kasih sudah mau berbagi, artikelnya cukup bagus dan menarik, jika berkenan silahkan baca materi berikut pengendalian interan Berikut ini: pengertian sistem pengendalian intern menurut mulyadi

Reply

Gue ngeliat komentar video-video lo di Youtube aneh-aneh juga.' Kayak orang yang belom tau dunia internet.

Reply
arva keshena A. Author

vin kapan buku loe terbit?, harganya brp?, terbit dmn?, buku apa aja yang mau loe terbitin?. sama vin kapan loe bikin video vlog lagi? karena selain terhibur, penikmatnya juga ketawa dan puas, dan klo menurut gw video gaming tuh gk terlalu penting akibat nya kata kotor keluar ya kan? ya daripada mendatangkan yg gk bener, mendingan loe buat vlog. ok itu aja yang mau gw sampein semoga loe mai buat vlog:v :)

Reply

Yg kaya gitu mah kacangin aja vin biar puas :D
Btw cari game "NGESELIN" yg laen vin,lo lucu kalo bilang anying :v

Reply

Videonya di Youtube kocak-kocak vin, video lu sering masuk vivicu the comment lho..

Reply

Oh iya vin. Gue setuju soal yang ngomong kasar. Toh, kalo nonton video PewDiePie juga sering keluar kata f*ck sh*t and manymore. So, santai aja.

Walaupun tetep aja sih kurang enak aja didenger. Hehe :D Terus Berkarya!

Reply
Fajar Author

mas kevin klo udh sampai stage 8 hati". Saya finishin 4 kali tapi gk menang" tapi jika menang itu beruntung :v

Reply

boleh nanya gak, penghasilan perbulan dari AdSense berapa vin?

Reply

Ko main game five nights at Freddy's 1&2 dong. Ditunggu yo

Reply

Vin emang gk ada yg lain apa selain main game

Reply

You simply pass the user’s input through the Game:ref on the way into the PC, and then compare those results with the data on the server side of things. If the two are drastically out of step, there’s reason to believe that there’s cheating software running on the cheap runescape gold.

Reply

kalau gue kurang setuju tuh...!
he.heheehhe.....

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).