Kevin Anggara: Dunia Ini Lebih Luas dari Ruang Kelas

Dunia Ini Lebih Luas dari Ruang Kelas

Segenap pelajar SMA yang baru menjalankan UN sedang sibuk-sibuknya menikmati liburan. Beberapa ada yang deg-degan menunggu pengumuman kelulusan. Beberapa ada yang santai dan nggak begitu peduli. Gue termasuk orang yang biasa-biasa aja dan nggak begitu peduli dengan hasil pengumuman nanti. Karena gue udah siap dengan apapun hasil yang keluar nanti.

Justru kalo deg-degan, kita bisa bikin diri sendiri jadi semakin panik. Dan begitu hasil yang keluar nggak sesuai harapan, jatohnya malah bisa stres. Banyak orang yang nanya sama gue, kenapa nggak takut kalo misalnya nanti nggak lulus? Hey, dunia ini lebih luas dari ruang kelas. 

Creativity

Hasil "tidak lulus" nggak bikin gue langsung mati. Justru itu adalah saat yang tepat untuk gue membuktikan bahwa hidup nggak melulu soal nilai. Lulus atau nggak lulus nanti, gue sendiri nggak akan mau buat ngulang sekolah lagi. Cuma ngabisin duit dan waktu, demi sebuah ijazah. Yah, kalo lulus gue akan lanjut kuliah. Kalo nggak lulus gue akan jalani hidup kayak biasa. Sesederhana itu. 

Gue akan tetap jalani passion gue sekarang ini. Tetap nge-blog dan menulis kayak biasa. Tetap menghibur lewat video. Tetap menjadi diri sendiri, seperti sekarang ini. Yoi.

Gue bukan pesimis, tapi realistis. Gue sendiri susah optimis dalam hal apapun yang gue kerjakan, karena takut kecewa kalo hal yang gue kerjakan itu nggak sesuai harapan. Makanya gue selalu nurunin ekspektasi serendah mungkin, dan selalu cari solusi lain kalo-kalo emang bener hal yang gue kerjakan nggak sesuai harapan. Begitulah gue. Just don't expect too much.

Kita harus selalu siap dengan setiap kemungkinan yang ada. Jadi buat temen-temen seperjuangan yang lagi nunggu pengumuman kelulusan, dibawa santai aja. Jangan terlalu dipikirin. Buat adik-adik kelas SD dan SMP yang nanti akan menjalani ujian, semangat belajarnya!

Tetap ingat, bahwa dunia ini lebih luas dari ruang kelas.

...

Ngomong-ngomong soal sekolah, buku kedua gue kebetulan masih mengambil tema ini. Sekarang buku gue udah selesai diedit dan sedang memasuki proses selanjutnya: pembuatan ilustrasi dan kover. Untuk judulnya, masih belum dipastikan. Tanggal terbitnya juga belum tau. Yang pasti sih, kata editor gue, bukunya bulan ini terbit dan siap nangkring di Gramedia. Tenang, bakalan ada pre-order dan edisi tanda tangannya kok. Nggak usah takut kehabisan. Bersiap-siaplah!

80 komen absurd

Jadi terinspirasi sama ko Kev. Oya udah ga sabar nunggu bukunya terbit :D

Reply

Gak sabar buat buku kedua kevin. Bener tuh vin... Ijazah bukan segalanya.

Reply

Iya kak... setuju, lulus atau nggak lulus kita harus tetap jalani hidup sepenuh hati :D *sok bijak*
Di tunggu buku keduanya ya kak

Reply

Ruang kelas gak seluas dunia ini :D Gak sabar nunggu buku kedua :v

Reply

Wah setuju banget tuh | Gak sabar buku ke dua nih :D

Reply

Sama nih vin aku juga habis UN, dan juga salah satu orang yang tidak terkaku memikirkan nilai UN, karena itu yang aku kerjain dan itu juga hasil dari sesuatu yang aku kerjain. Bagaimanapun hasilnya nanti tetep harus puas. Karena sukses bukan hanya berasal dari nilai. Eaaaaaaaaaa...

Reply

Betul sekali(s7). Dunia lebih luas dan nilai bukan lah penentu masa depan. Apa yang patut dijalani ialah dengan minat dan bakat serta ambisius. Siapa tau semua itu dapat menjadi pekerjaan di masa depan yg sukses. Amiiiinnn...

Reply

Kayaknya buku kedua bakalan lebih keren. Iyalah covernya aja pake k. Yoi nggak bro *lirik paragraf terakhir*

Hahaha. Piss

Reply

Kayaknya buku kedua bakalan lebih keren. Iyalah covernya aja pake k. Yoi nggak bro *lirik paragraf terakhir*

Hahaha. Piss

Reply

ya, betul setuju sama kak kevin dunia ini lebih luas dari ruang kelas asal kita ada kemauan pasti kita bisa meraih sukses itu.. *ngomong apa gue barusan?*

Reply

baru nemu gue orang kayak lu vin :v "dunia ini lebih besar dari ruang kelas" quote yang bagus :v top dah

Reply

Ko, gmana sh rasanya UN? Aku US untuk pertama kali... deg2kan bgt... Belajar sekeras mungkin, tapi kata guruku nggak ush blajar terlalu serius ntar drop

Reply

Yaa aku sih setuju jugaa sma kamu vin "dunia lebih luas dri ruang kelas"... yg g setuju sihh ya itu g trlalu mikir kelulusan. Klo kamu enak vin ada krjaan lah yg gdaa? Skrg ijaza SMA aja gk laku apa lagi yg g pnya ijasa mau jdi apa? Klo kmu sihhh udh jdi orang gini yaaa santai :v :D

Reply

pemikiran yang cukup bagus :3 semoga sukses untuk hasilnya nanti :))

Reply

Santai bener lo vin :'v

Reply

Sangat menginspirasi :v

Reply

Gue dulu pas UN SD malah guenya stress gara" takut kalo gak lulus, tapi lu? Lu santai amat. Walaupun sebenernya sih bener apa yang lu omongin kal gak lulus juga gak bikin kita langsung mati..

Reply

Yoi. santai aja vin nungguin pengumumannya. Ngapain terlalu dipikirin, berat-beratin beban hidup aja :D
Ditunggu buku kedua vin. Nanti ada giveawaynya nggak nih? :D

Reply

Sesantai itu? Ok fix lo keren! haha :v

Reply
Nur Fahmi Fauziati Author

Wew, ortu lo enak ya ko gk ngharusin lo buat masuk apa, ambil apa, tahun ini gue juga lulus sma, seangkatan, tapi bedanya gue gk bisa sesante elo, dah nyoba, kepikiran, bahkan 9 mei dimana lo mau meet up gue malah tes kedinasan ama pengumuman snmptn -_-

Reply

SETUJU BANGET!!!!
Selamat buat buku nya,di tunggu ya !
Maju trus ko kevin

Reply

kemarin gue ngacak- ngacakin gramed/? dan udah kehabisan buku lo yang pertama, hmmmm

Reply

Sedikit tapi ngena! WOW! Nggak nyesel tiap minggu nungguin postingan Kak Kevin :))
Ditunggu terus Kak info tentang bukunya! :')

Reply

nanti pas buku keduanya udah terbit. buku pertamanya juga di cetak ulang kan?
nanti kalau buku keduanya udah terbit kasih tau di sosmed ya ko O(≧▽≦)O

Reply

Seeehhiya banget iniiii...kalo gue udah punya hobby yang menghasilkan gue pasti tenang tenang aja kayak lo vin.
Ngumpulin duit ahhh buat dapet yang po._. Tapi lagi libur uang saku-,- gegara gamasuk sekolah-.-

Reply

"Dunia ini Lebih Luas dari Ruang Kelas" , iya sih ko buat yang udah mau lulus :D nah aku masih 2 tahun lagi menikmati dunia ruang kelas ko. Tapi ini sumpah keren abis, bener kata ko kevin kalau nilai nggak selalu nentuin jalan hidup. Thanks ko, menginspirasi sekali!

Reply

"Dunia ini lebih luas dari pada ruang kelas" sedikit melegakan gue menjelang UN SMP ko kev! Mohon do'nya ko, UN senen depan nih! Hehe :)

Bakalan ikutan pre order nih, biar dapat ttd nya :3

Reply

Apapun hasilnya, ya terima aja. Lulus kagak lulus ya gak apa-apa, seperti kata lu Ko, lulus ya lanjut kuliah. Kagak lulus ya lanjutin kehidupan. Kagak bakal mati kok kalau kagak lulus xD

Oh iya, kalau ada pre order bilang-bilang ya, siapin duit buat dapat ttd :D

Reply

Yap gue suka gaya lo Vin.

Reply

Tetap saja saya takut. Kalau saya tidak lulus, sih, tidak masalah. Yang jadi masalahnya orang tua. Ditunggu bukunya. Oh, iya, buku Student Guidebook for Dummies akan ikut naik cetak juga, tidak? Soalnya belum dapat-dapat dari dulu.

Reply

*nyisihin duit buat PO yang ada tanda tangannya. Beli dua. Yang satu buat give-away :D *

Salam, Indra Permana

Reply

haha gue orangnya emang santai vin.. dan gue juga gak peduli ama hasil UN gue, tapi yang jadi masalah gue tipe orang yang suka berekspetasi.. hahaha

Reply

hmm... gue YES buat Loe...*AlaXfactor

Reply

Sayangnya dunia tidak berpikiran seperti anda -_-
Yang penting kinerja, bukan ijazah

Reply

aku jg setuju banget sama kak kevin :D
lebih setuju lagi, kalau misalnya kak kevin mau bles emailku hehehe

Reply

setuju tuh toh banyak orang yang sukses bukan hanya dari bangku sekolah / nilai ijazah aja tuh . sukses itu bisa dari mana aja asal kita punya keinginan dan jangan males .

Reply

setuju. Ka kevin keren banhet masih SMA udah nerbitin 2 bukuu !!! salutt

Reply

Ahhh mantep!
Staytune di toko buku deh~
Tapi pengen yang edisi TTD. Hehe

Reply

wah mantep...

Reply

Keren artikelnya, jd pengen buat kayak gini saya

Reply

ah, akhir akhir ini gue juga selalu ngayal tinggi, tp kenyataanya bikin kecewe banget,hiks.
bukunya ditunggu. . edisi dapet ttdnya ada give awaynya gak? maklum pecinta gratisan.

Reply

Kadang kita bisa santai, tapi dari pihak keluarga yang enggak. :( Yah semoga hanya yang baik-baik yang bakalan terjadi yah. Aamiiiin..

Reply

Betul juga tuh vin, gue juga kayak gitu. Nggak usah di ambil pusing, dibawa santai aja :)

Reply

"Gue bukan pesimis tapi realistis"
.
Emang bener vin, kadang kita terlalu ber-ekspektasi tinggi namun realita nggak sesuai sama yang kita harapkan. Nyesek

Reply

Show must go on. hidup lo masih terus berlanjut.

Reply

Yoi banget nih. Nilai gak menentukan ya gak?
Berhubung gue orgnya ngeyel, anggep aja gue gaj baca tulisan "ngak perlu promosi link blog".
mampr yeee >> www.jevontar.co.vu

Reply

tulisan yang menarik, lanjutkan gan, salam kenal

Reply

Bang kasih tips-tips dong biar bisa absurd kayak abang!

Reply
Someone Author

Gw juga lagi un, tapi un SMP. Besok terakhir :D

Reply

Bener vin, sebenarnya kehidupan sebenarnya baru di mulai ketika kita di luar kelas.
Wih gue kagum sama passion lo juga yg tetap optimis nulis . gimana ngatur waktunya?

Reply

Oh, gitu, mantap!

Reply

Thanks ya kak Kevin , pas banget nih 2 minggu lagi ujian ( SD) , oh iya ! Sukses ya meet upnya

Reply

Azek, makin produktif aja lo vin. Setuju sama judul postingan ini.

Reply

sip sobat
seperti yang saya pikirkan :v
Hasil tidak selalu menentukan akhir

Reply

Sebentar lagi kok hehehe..

Reply

Biasa aja kok hahaha..

Reply

Iya, mungkin karena gue udah ada kerjaan kali ya jadi mikirnya gitu haha..

Reply

setuju,ijazah bukan segalanya,lulus gak lulus harus tetap menjalani hidup :)

Reply

Setuju, sekolah beda banget sama dunia luar, baca ini Vin http://mastercorbuzier.com/2015/03/07/sekolah-basa-basi/

Reply
Anonim Author

Ke Sumatra lah bang kevin kek Raditya.. Buat Nge Promotin Bukunya Pekanbaru Padang Bukittinggi Aceh Palembang -West Sumatra-

Reply

Kita harus siap dengan kemungkinan yang ada.
Kalo ada kemungkinan pasti ada kepercayaan
Kalo ada kepercayaan pasti ada harapan
Kalo ada harapan pasti ada tujuan
Kalo ada tujuan pasti ada perjalanan
Kalo ada perjalanan pasti ada sebuah akhir perjalanan.
Kalo udah gini, gue bingung maksud komen gue apa...

Reply

Suka banget sama judulnya! Rimanya pas dan catchy :)

Reply

beneran vin ?yakin??klo gue sih nggak yakin klo lu nggk lulus gapapa, jd lu belajar 3 thun itu sia2,iya sih klo nggk lulus kita nggak bakalan mati tp vin ingat ya omongan itu bisa jd doa atau sugesti hti2 ,vin jgn sombong ya tetep rendah hati lu jga mau kulia kan psti dong persyratannya hrus punya ijazah,,yah gue tau sih lu nggak mikirin itu yg namanya snmptn sbmptn secara lu punya duit lebih,jadi buat bayar swasta itu mah gampang,nah kebanyakan org ni vin hrus bljr ekstra buat ketrima di PTN yg diinginkan seenggaknya ya kalau di negri bisa ngurangi beban org tua,klo lu emang udah ngerasa belajar, pelajaran sekolah,ilmu atau apalah itu udah nggak penting lagi ya udah vin nggak usah lu lnjutin aja udah tamat sma ini kan lu udah punya kerjaan.tp menurut gue sih ilmu dan dan pendidikan itu penting dan bisa diibaratkan jembatan menuju kesuksesan mau nggak mau ya harus kita lalui supaya bisa ke sebrang,klo lu nggak mau lewatin tu jembatan ya lu harus berenang iya klo airnya nggak dalem santai aja tp klo dalem tenggelem kan.

Reply

Lulus kagak lo vin :v

Reply

Oke nice suka suka lo :D
Main unfair Mario lg vin gue seneng ngliatnya :D

Reply

vin itu cover bikinan ente.. kalo ya tolong dong kalau sempet atau mau bikinin tutorial siangkat juga gak papa mau video atau tex bergambar juga gak papa...

Reply

Iya, emang yakin sih. Gue nggak lulus pun, nggak akan kuliah dan langsung tekunin passion yang udah gue jalanin. Banyak kerjaan yang nggak butuh ijazah. Gampang? FYI, gue ngumpulin duit buat kuliah pun sendiri, penuh perjuangan. Jadi, kalo lu bilang itu gampang, okelah, lu lebih pinter nyari duit daripada gue. Kalo analoginya mau lewatin jembatan, yang penting itu bisa berenang, nggak peduli sedalam apapun airnya. Yang penting, lu bisa berenang.

Reply

Oke deh vin gue skrg pakai cara pemikiran lu,soalnya nilai UN gue jelek mulai skrg gue tegasin dalam hidup gue bhwa hidup itu nggak melulu soal nilai,lu emang sosok inspiratif :-)

Reply

Semoga semua nya lulus dan semangat meraih cita2 nya

Reply

mudah mudahan pada lulus semua, kasian orang tua nya kalu ga lulus, ntar anak anak nya pada bunuh diri

Reply

ternyata nggak cuman aku yang punya pemikiran kek gini :v .saluut bang. kereenn!!!!! #weseh

Reply

stuju bnget bro.
ijazah bukan segalanya

Reply

stuju bnget bro.
ijazah bukan segalanya

Reply

Sesantai itu?? Mantap keren ,,!*yea buku kedua

Reply

Yang namanya hidup itu,... butuh kerja keras

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).