Kevin Anggara: Kotak Surat: Realistis

Kotak Surat: Realistis

Setelah sekian lama belum bikin postingan kotak surat, email gue penuh dengan pertanyaan-pertanyaan yang bikin sakit kepala. Pertanyaan-pertanyaan yang udah sering dijawab, masih aja ditanya. Makanya, sebelum mempersiapkan postingan kotak surat kali ini, gue nyeleksi dulu pertanyaan-pertanyaan yang masuk. Waktu nyeleksinya bahkan lebih lama ketimbang waktu gue ngetik jawabannya. Saking banyaknya.

Yup, ada lebih dari tiga ratus email "Kotak Surat" yang masuk dari bulan Maret kemarin. Bayangin deh gimana sakit kepalanya gue bacain satu-satu dan nyeleksi pertanyaan buat dijawab. Mari kita mulai!

Kotak Surat
Dari sabrinahaslim98

Hai ko, apa kabar ?? Kok lu udah lama gabales kotak surat lg ?? Sibuk ya ?? Hehe, gua mau minta pendapat(?) lu nih ko, gua kan mau naik kls 2 smk, nah dr sekarang gua udh mulai mikirin gua kedepanny gimana, gua pengenny bisa kuliah di PTN yg lumayan bgus, tp orang2 sekitar gua pada bilang gua gabakalan bisa, secara smk gua jg yg gk terlalu bgs, gua akuin otak gua jg pas2an, terus slah satu anggota keluarga gua bilang, katany gabakaln ada ptn yg mau nerima gua, menurut elu ko, masih adakah(?) kesempatan utk gua ngebuktiin kemereka kl gua it mampu, atau mungkin jg menurut lu orang yg kayak gua ini memang gabisa msuk PTN, udh segitu aja, jawab ya ko plisss xD

Tepat sekali, gue lagi sibuk, dan ini baru sempet lagi.

Yang nentuin hidup elu ya diri elu sendiri. Nggak usah peduli apa kata orang. Kesempatan masih terbuka lebar, lakukan semampu elu aja. Hasilnya mah belakangan, yang penting usaha dulu.

***

Dari Agnes Felim

Ini email wa yang kedua buat le ..
Gatau deh yang pertama udah dibaca atau masih ketimbun sampai dasar-dasar inbox emailmu.. Hahahaha

Kayanya udah lama le ga post balasan kotak surat lagi ya di blog, pasti sibuk, ttd buku la, wawancara, talk show, bikin video dan lain-lain.

Kev, wa mau nanya sama le, le sering banget kan bilang kalau le ga suka diatur-atur bahkan sama orang tua sekalipun, but if their choice is gonna make them proud of you and make them happy, what will you do ? Still gonna stay with your choice atau ikutin maunya ortu ? 

I've a little problem, kita seumuran and i see that you're so bright, di umur yang bahkan belum kepala 2 le tuh udah bisa dibilang sukses. I've a dream, dari awal wa pengen kuliah dkv di umn, tapi ortu nyaranin ikutan PPA BCA yang semacam program beasiswa gitu.. Wa dapet tuh beasiswa but end up with some messy feeling, satu sisi pengen ngejar cita-cita, satu sisi lagi wa ga optimis bakal sukses dengan cita-cita wa dan takut ngecewain ortu, wa belum berani ambil resiko karena wa juga belum punya penghasilan sendiri kaya le.. What do you think ? 

Hahahaha ceritanya curhat, a little bit privacy but I think you will have some good point of view..

Oke, w bingung kenapa le ngetiknya kayak gitu.

Gue udah pernah jawab langsung di email, ya: "Orang tua juga nggak setuju gue kuliah di UMN, karena jauh dari rumah dan gue harus ngekost. Tapi ya, gue emang nggak bisa diatur. Akhirnya jadi juga dan biayain semuanya sendiri. Kalo masih belum bisa biayain sendiri, mending ikutin orang tua dulu deh. Sample lulus beasiswa, gelarnya kasih mereka. Itu kan yang mereka minta. Habis itu, langsung kejar passion." Gue coba kasih pencerahan lagi:

Dulu, di sekolah gue juga ditawarin ikutan PPA BCA, tapi gue nggak mau dan tetap dengan pilihan sendiri, melanjutkan kuliah di jurusan DKV. Gue adalah orang yang nggak akan bisa menjalani suatu hal kalo gue emang nggak suka. Hidup cuma sekali. Life is all about choices. Your life, your choice.

***

Dari Ima Gita

Hi, kak Kevin!

Malem malem, cekikikan gajelas gara-gara baca ceritanya kakak pas trip ke Bali. Ketawa ikhlas nonton kumpulan video kakak di youtube. Senyum – senyum gaje baca answer kakak di ask.fm. Padahal besok aku ulangan Ekonomi....

Anyway, nama aku Ima kak :D kelas 10 SMA. Dan sekolahku deket sama Krisna loh, kak! Itu toko oleh – oleh yang ada Pia Susu sama kaos murah – murahnya! Kak Kevin suka yang murah – murah kan?! #eh

Aku juga punya blog, tapi itu masih terbilang jauh bgt dibanding sama punya kakak. Aku cuma memanfaatkan blog sebagai media “sekadar” aja kak.... udah lama banget aku engga update postingan, tapi sekarang lagi berusaha buat rajin lagi gara – gara liat blog kakak, hehehe.

Aku gatau ini sudah dijawab apa engga, tapi aku pengen tahu :

Gimana caranya kakak percaya sama diri kakak sendiri? 

Aku punya masalah soal kepercayaan diri. Aku punya ketakutan tersendiri buat bermimpi tinggi dan selalu menanamkan “Jangan mimpi terlalu tinggi, nanti kalau jatuh sakit banget” gitu. Ditambah dengan prestasiku yang biasa – biasa aja, tubuh gendut, terbilang ga trendy dll...

Bukan bermaksud sok tahu, tapi dari apa yang kakak tulis di ask.fm, blog dsb kakak selalu confident tentang diri kakak. Aku salut sama sikap kakak yang nanggepin orang – orang itu like a boss dan ga ngehirauin mereka yang komentar tentang kakak. Kakak selalu menekankan kalau hidup ini harus realistis dan jadi diri sendiri aja. 

Terus sukses dan berkarya kak! Hidup Kak Kevin! (kalok ‘Mati Kak Kevin!’ nanti aku baca blog siapa TT)

Makasih, bahkan kalau dibaca aja, kak! 

Gimana caranya gue percaya sama diri sendiri? Percaya diri. Kalo kita aja nggak percaya sama diri sendiri, gimana orang lain bisa percaya dan yakin sama diri kita? Kepercayaan diri itu sangat penting (bukan dengan telanjang di bunderan HI karena saking percaya dirinya, itu mah gila). Caranya ya, harus percaya sama diri sendiri. Percaya kalo elu bisa melakukan hal ini, itu, dan yang lainnya. Selain percaya diri, gue juga realistis.

Realistis kalo gue pasti bisa melakukan hal ini, itu, dan yang lainnya. Percaya dirinya disesuaikan dengan kemampuan yang kita punya. Kalo nggak yakin bisa, entah karena halangan apapun, yaudah tinggalin aja dulu sampe bisa yakin lagi. Daripada kayak kata elu tadi, "Jangan mimpi terlalu tinggi, nanti kalau jatuh sakit banget." Tapi, jangan sampe ini bikin elu nggak mau mencoba hal-hal yang baru.

Mencoba hal yang baru itu penting. Kalo nggak mencoba, kita nggak akan tau batas kemampuan kita sampe mana. Cuman, balik lagi ke realistis tadi. Kalo nggak yakin bisa, mending tinggalin dulu. Misalkan elu mau lompat dari atap rumah, sebelum jatuh ke tanah elu mau ngepak-ngepakin tangan kayak burung karena elu percaya elu bisa terbang. Jangan yang kayak gitu. Yang ada elu bakalan jatuh ke tanah dan dibawa ke UGD.

***

Dari Yuniar Dwi R

Hello ka , ka mau tanya ko sampul buku yang ke 2 mukanya ga mirip muka kaka sama sekali ya?

Kalo mirip banget sama muka gue, itu namanya foto, bukan ilustrasi.

***

Dari Valerie Gayatri

Halo kak :D ini pertama kalinya aku ngirim email ke Kak Kevin. Aku mau nanya ya.

1. Kak Kevin kan pernah pergi ke sekolah - sekolah gitu kan, itu pihak sekolahnya yang ngundang apa Kak Kevin yang minta izin kesana?
2. Aku liat beberapa blogger mulai jualan di blognya, dari baju, gelang, dll. Kak Kevin tertarik ga jualan kayak gitu di blog? Kayak buku yang kedua ini, dll.
3. Gimana, lulus nggak kak? Nem nya berapa? :D

Thanks, maaf kebanyakan nanya. Please dijawab

1. Diundang pihak sekolah.
2. Belum. Btw, gue nggak jualan buku sendiri. Kalo mau beli, nggak bisa langsung ke gue.
3. Lulus. NEM-nya, ada, deh~

***

Dari Adhwa Humaira

Hi Vin. How's your day? Barusan liat header blog kamu yang baru dan itu bener-bener rame hehe

I just wanna ask about something. Pernah nggak sih kamu waktu awal-awal nulis ngerasa apa yang kamu tulis di blog itu nggak pantes buat ditunjukin sama orang lain? Padahal kan apa yang kita tulis itu tujuannya supaya ada orang lain yang baca dan bisa memberi apresiasi sama tulisan yang kita bikin. Terus gimana caranya kamu ngatasin itu semua kalau emang kamu pernah ngerasain kayak gitu?

Thanks Vin

Nggak pernah. Karena dari awal nulis, gue udah tau gue sedang mempersiapkan hal yang pantas untuk dibaca oleh orang-orang. Coba deh tanya sama koki, awal-awal masak dia ngerasa nggak apa yang dimasak itu nggak pantes buat dimakan? Kalo emang ngerasa nggak pantes, dari awal juga dia nggak akan jadi chef karena mindset itu selalu menghantui pikiran.

Gue rasa, kata yang tepat untuk pertanyaan elu itu bukan "nggak pantes", tapi "nggak bagus". Sebagai penulis, gue ngerasa tulisan gue pantes buat dibaca. Kalo nggak, gue nggak akan nulis. Sebagai koki, mereka ngerasa masakan mereka pantes buat dimakan. Kalo nggak, mereka nggak akan masak. Mungkin yang jadi masalah adalah, bagus atau nggak tulisannya? Enak atau nggak masakannya? 

Yang paling penting, elu tau bahwa elu sedang melakukan apa. Elu nulis, berarti tulisan elu pantes dibaca. Elu masak, berarti masakan elu pantes dimakan. Bagus atau nggak tulisannya, enak atau nggak masakannya, itu urusan belakang. Percaya dan yakin dulu sama diri sendiri, apresiasi akan datang tanpa diminta. Yoi~

***

Dari Yulinar Khairunnisa

hai ko, ka, bang, mas, bingung mau mulainya gimana. ko kan lo nerima yang mau konsutasi kan. gini nih ko, gue jomblo nih ceritanya terus ada yang suka sama gua berlebihan gitu, mungkin dia anggep gua lebih tapi ya ko gua anggep dia temen biasa gitu , dia marah gitu ko ampe bingung gw dia marah kenapa. sampe akhirnya dia kaya orang ga kenal gitu ama gw . gua udah coba minta maaf kan sama dia tapi diannya jawab singkat mulu gitu. dan sampai sekarang gw kepikiran mulu ko. terus gw harus gimana dong ?? jawab ea ko.

Aduh, sabar ya, gue kebelet kencing.

***

Mau ikutan nanya-nanya di segmen Kotak Surat? Baca ini.

25 komen absurd

Anjrit woi :)) udah serius2 baca tau2 ada tulisan "kebelet kencing" :))

Reply

Vin,bisa kali bikin postingan ngenalin satu persatu orang-orang yang ada dirumah lu.

Reply

Oke realistis, tapi jangan juga berhenti bermimpi dan menggapai cita-cita. Satu lagi, percaya pada diri sendiri. Mungkin itu nilai yang bisa diambil dari postingan ini.

Btw seleksi 300an email lebih, beres berapa hari itu banyak banget.

Reply

It's true. Life is realistis..

Reply

Sangat mengerti dgn rasanya menyeleksi hal2 Yg mirip.... Sangat menyiksa....

Reply

Kevin makin wow, gue makin iri, tapi iri yang positif ko, agar gue termotivasi haha

Reply

Ikutan tersenyum wkwk

Reply

GWA INGIN SEPERTI KAMU , JADI YOU TUBER.

Reply

Keren, jawabannya. Gua paling suka saat 'percaya sama diri sendiri, apresiasi akan dateng'. Semakin mantap ya vin di UMN nya :D

Reply

isi surat yang ketiga mantap vin , bikin gue motivasi sama sendiri sekaligus berpikir secara realistis.

Goodluck yo di UMN nya!

Reply

saya pendatang baru di ROOM ini ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Aki Sholeh Paty , berkat bantuan No togel 4Dnya 5171 yang aki berikan ternyata benar2 tembus, saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan AKI,awalnya saya kurang yakin dengan angka yang Aki berikan, tapi ternyata alhamdulillah saya menang 4D lagi dan sionya, sudah berapa banyak peramal yang saya hubungi tidak ada satupun yang tembus malahan hutang-hutang saya bertambah banyak,kini kehidupan saya jauh lebih sukses dari pada sebelumnya ini semua berkat bantuan AKI SHOLEH PATY,bagi teman-teman pembeli kupon putih yang tidak pernah merasakan kemenangan 4D silahkan hubungi Aki Sholeh Paty di nomor : 0852-4466-9169-dan angka yang di berikan AKI SHOLEH PATY dalam7 putaran ini tidak perna meleset,anda jangan mudah tergiur dengan janji-janji saatnya kita perlu bukti hanya AKI SHOLEH PATY yang menjamin 100% kemenangan.kalau mau bukti hubungi sekarang. SEMOGA.JP
• لالله�أشهدألاإله إلاالله،وأشهدأن محمدرسوالله صلى الله عليه وسلموعليكومالله�أشهدألاإله

Reply

saya pendatang baru di ROOM ini ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada Aki Sholeh Paty , berkat bantuan No togel 4Dnya 5171yang aki berikan ternyata benar2 tembus, saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan AKI,awalnya saya kurang yakin dengan angka yang MBAH berikan, tapi ternyata alhamdulillah saya menang 4D lagi dan sionya, sudah berapa banyak peramal yang saya hubungi tidak ada satupun yang tembus malahan hutang-hutang saya bertambah banyak,kini kehidupan saya jauh lebih sukses dari pada sebelumnya ini semua berkat bantuan AKI SHOLEH PATY,bagi teman-teman pembeli kupon putih yang tidak pernah merasakan kemenangan 4D silahkan hubungi Aki Sholeh Paty di nomor : 0852-4466-9169-dan angka yang di berikan AKI SHOLEH PATY dalam7 putaran ini tidak perna meleset,anda jangan mudah tergiur dengan janji-janji saatnya kita perlu bukti hanya AKI SHOLEH PATY yang menjamin 100% kemenangan.kalau mau bukti hubungi sekarang. SEMOGA.JP
• لالله�أشهدألاإله إلاالله،وأشهدأن محمدرسوالله صلى الله عليه وسلموعليكومالله�أشهدألاإله

Reply
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Good bro, gua suka disaat lo ngomong " Percaya Diri ". Keep posting dan maju terus.

Reply

lgi penasaran gue. eh malah kebelet kencing :D

Reply

haha mantaf vin...

Reply

thanks to share Semoga bermanfaat

Reply

Yang terakhir penasaran =g

Reply

Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya ini nyata tidak ada rekayasa……
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 157 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan baik dalam Kesehatan atau Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
AKI DANU di Nomor telfon 082 390 678 649 di jamin bantuan beliau 100% …
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi AKI DANU di nomor 082 390 678 649 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

Reply

IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!








IBU DITA .(Karyawan) terimah kasih banyak Aki atas bantuanya anka ghoib AKI RANGGONG benar-benar tembus mohon maaf AKI ini pengalaman saya...waktu itu saya pernah minta bantuan pada seseorang yang mengaku pintar meramal angka toto...dan saya harus belajar untuk mendapatkan angkanya sampai saya hutang sana sini tapi apa yang terjadi angka yang saya terimah ngak ada yang keluar manpus dalam hati kecil saya....dimana saya harus bayar hutan yang terlanjur menumpuk...hingga akhirnya saya di kasih inpo teman untuk menjadi member AKI RANGGONG hasil angka ritual ghoib yang di kasih AKI kirim ternyata jitu...akhirnya terbayar hutang saya ini dan saya Membeli 8 unit rumah di Karawang, Tanah Kavling, dan franchise minimarket .hanya sekedar pengalam saya...untuk yang mau mencoba angka ghoib dari AKI RANGGONG silahkan hub/sms di nomor ( 085-222-967-279 ) ngak usah ragu-ragu...karna saya sudah merasakanya..terimah kasih AKI RANGGONG..salam bahagia...!!!


Reply

Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).