Kevin Anggara: Karya

Karya - Kevin Anggara

Karya

Akhir-akhir ini, dunia YouTube Indonesia lagi penuh drama. Nggak perlu gue kasih tau, gue yakin kalian udah pada tau. Karena itu juga, kata-kata "vlog" pun tiba-tiba menjadi sensitif dan sakral. Lalu, banyak yang bertanya-tanya: apakah vlog itu termasuk karya? Tergantung.

Menurut KBBI, karya adalah pekerjaan, hasil perbuatan; buatan; ciptaan.

Sampe di sini, kita harus setuju bahwa secara harfiah, lo masak indomie itu juga termasuk karya. Lo bikin tugas laporan di Microsoft Word, itu karya. Lo bikin slide buat presentasi, itu karya. Lo bikin tulisan di blog, itu karya. Lo bikin video di YouTube, itu karya. Lo hamilin anak orang... itu kurang ajar, nying.

Sekarang, kita harus tau apa itu vlog. Vlog adalah singkatan dari video blog: a video blog or video log, usually shortened to vlog /ˈvlɒɡ/, is a form of blog for which the medium is video, and is a form of web television (Wikipedia). Gampangnya, vlog adalah "postingan blog" dalam bentuk video, bukan tulisan. Visualisasi vlog dikomunikasikan dalam bentuk verbal maupun non verbal.

Verbal bisa secara lisan maupun tertulis (ada teks dalam video kalo males ngomong). Non verbal (biasanya jadi pendukung komunikasi verbal) bisa secara ekspresi wajah atau cara bicara. 

Menurut gue sendiri, vlog itu ada BANYAK jenisnya. Nggak melulu musti ngomong terus di depan kamera, kita juga bisa memainkan visualiasi maupun memasukkan lagu-lagu untuk mendukung mood yang sedang dibangun. Yang penting, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang-orang yang nonton. Gampangnya, orang-orang pas nonton nggak bingung, "Ini video apaan, sih?"

Karya

Kebanyakan orang menganggap bahwa: vlog adalah video lo ngomong depan kamera dari awal sampai akhir. Padahal, vlog itu luas: video review, video jalan-jalan, video lo curhat terus pengin cepet-cepet kawin karena PR matematika banyak banget, dan masih banyak lagi. Yang membedakan blog dan vlog HANYA medianya. Blog itu tulisan, vlog itu video. Sesimpel itu.

Daily vlog. Sesuai namanya, daily vlog adalah video keseharian dari orang yang membuatnya. Biasanya dibuat rutin sehari atau dua hari sekali. Isi videonya kurang lebih mengikuti keseharian dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bangun tidur, mau mandi, mau makan, mau jalan, pokoknya semua aktivitas yang dilakukan sehari-sehari. Apakah salah orang membuat konten daily vlog? Nggak sama sekali. Toh, dia lagi mendokumentasikan hidupnya dalam bentuk video. Sama aja kayak orang yang bikin daily blog. Hanya beda medianya. Yang satu video, yang satu tulisan.

Konten daily vlog laku karena menurut gue, orang-orang itu kepo dengan hidup seseorang. Gue sendiri suka nontonin daily vlog orang lain, bukan cuma karena kepo (kadang iya dan pengin tau aja), tapi karena kesehariannya menarik untuk diikuti.

Lalu, apakah vlog termasuk karya? Tergantung. 

Secara harfiah, iya. Secara esensi (the most basic and important quality of something), penonton yang menilai. Cara gue menilai vlog itu termasuk karya atau bukan: selama gue ngerti dan menikmati video yang gue tonton (apapun itu), gue menyebutnya sebagai sebuah karya. Memang subjektif, namanya juga cara gue. =P

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

90 komentar:

  1. YAAAAY.Kangen sama tulisan lu, udah berapa minggu lu nggak ngepost di blog, dan sekarang akhirnya ngeposting juga.

    BalasHapus
  2. vin , karena jawaban lo subjektif maka gue juga jawab secara subjektif ...
    gue pgn lo ttep ngevlog / berkarya , so gue masi liat video lo daripada doi *nunjuk orang yang bermasalah*

    BalasHapus
  3. Jadi artis sudah sibuk banget ya .. :D

    BalasHapus
  4. kepikiran buat bikin daily vlog tapi yg jadi permasalahan yang nonton tertarik tidak dengan vlog gue -_- skill ngedtit video tdk memumpuni lgi. Huh

    BalasHapus
  5. Udah pernah gue singgung juga di twitter perihal topik ini.

    Kalo cara penilaian gue sih gini, daily vlog itu karya, tapi effortless. Apalagi kalo cuma cuap-cuap di depan kamera doang. Udah mah Effortless, meaningless pula. Tapi, untuk orang yang kepo atau penasaran sama kehidupan seseorang, malah seneng nonton daily vlog daripada sketsa atau video yang butuh usaha gede. Lebih ke menghibur atau nggaknya sih kalo gue.

    Btw, ada salam dari blog baru gue :D

    Blog Indra Permana

    BalasHapus
  6. emang sih belakangan vlog kesannya adalah kata sakral banget. Semacam membangun pemikiran: vlog itu harus begini, harus begitu, gak boleh gini, gak boleh gitu. Selama orang gak terganggu sih menurut gue sah-sah aja. Kalo orang banyak yg protes sama daily vlog, lalu apa bedanya blog yg isinya curhatan juga? Sama, medianya aja yang beda. Selama gak ngerugiin orang lain, orang seneng dan menikmati sih sah-sah aja orang mau buat apa, karena semua itu balik lagi sama penonton. :))

    BalasHapus
  7. gak ngerti lagi deh sama tulisan lo vin wkwkw. setuju banget sama tulisan lo.

    BalasHapus
  8. YAAAAY.Kangen sama tulisan lu, udah berapa minggu lu nggak ngepost di blog, dan sekarang akhirnya ngeposting juga.

    BalasHapus
  9. Setelah sekian lama tidak memposting tulisan, akhirnya muncul juga. Langsung bahas vlog lagi. Lumayan menerangkan pemahaman gue tentang vlog. Nice. :)

    BalasHapus
  10. Udah lama gak liat tulisan lo, Vin. Makin sibuk aja kayaknya haha.

    Anyway, saking banyaknya vlog, gue jadi males ngeliatnya. Seakan-akan jadi menjamur aja gitu.

    BalasHapus
  11. As usual, tulisan kevin emang kayak gini. Khas.

    Anyway, bener banget selama ini banyak orang yang menganggap bahwa vlog itu adalah video dimana orang ngomong dari awal sampe akhir. Padahal, ya vlog itu video blog. Lo ngeblog cuma medianya video. Terus nulis yang rutin, vin. Tulisan lo itu enak untuk dibaca dan kadang juga mengandung makna kalo menurut gue. Muehehehe.

    BalasHapus
  12. Kalo hamilin anak orang itu da termasuk karya juga kok. Nanti hasil karyanya bisa jadi anak. Tapi masih bayi. Bayi itu tampan atau jelek. Cantik atau jelek. Itu tergantung dari orang tuanya atau juga proses saat membuat bayi tsb. Terima kasih salam super

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudut pandangnya berbeda dari koment2 lainya kece ahaahaha :D

      Hapus
    2. Fokusnya meleset nih, haha.

      Hapus
    3. LOOHHH komen macam apa ini wkwkw

      Hapus
  13. Betul. Nggak suka nonton vlog bukan berarti kita boleh ngelarang orang bikin vlog. Kalau diasumsikan vlog itu karya, ingat kalau ada yang namanya karya bermanfaat atau karya yang sebaliknya. Kalau nggak bisa bermanfaat buar orang lain, seenggaknya bermanfaat buat diri sendiri. Yang penting semua happy! \m/

    BalasHapus
  14. orang yang bikin vlog semakin menjamur koh kevinnn ..!!!!

    BalasHapus
  15. Kagum sama lo vin, masih bisa ngeblog. Lo sibuk ngampus youtube dan ini itu.

    BalasHapus
  16. HIDUP SEBAGAI SEORANG BLOGGER! HIDUP JUGA SEBAGAI SEORANG VLOGGER!!! YEAAAAHHH!!!

    BalasHapus
  17. Beda ya sekarang anak kuliahan ambil contohnya tugas di Microsoft sama buat presentasi=))
    Semangat vin!

    Mungkin maksudnya ada beberapa yang buat vlog tapi terlihat drama/dibuat-buat?:$

    BalasHapus
  18. Ngehamilin anak orang juga termasuk karya karena menciptakan sesuatu yang baru dan di dalamnya terdapat nilai seni juga. Eh. *ngacir*

    BalasHapus
  19. Vlog lu masih kurang Vin, kalau bisa buat yang harian gitu.

    BalasHapus
  20. Lagi booming banget vlog di youtube, mulai dari Bang Raditya Dika, Bang Pandji, dan stand up komedian lain dan menurut saya ini tren lho, dan mungkin bakal ada nanti pengemis bikin vlog, kita gak tahu. Menurut saya bagus juga sih mereka bikin vlog soalnya saya bisa jadi tahu hidup kayak mereka, hidup jadi orang terkenal seperti apa, dan bisa belajar banyak.. keren banget POV lo membahas vlog ini, akhirnya informatif lagi blognya selain curhat, kayaknya kesibukannya udah mulai berkurang ya Kak Kevin??

    BalasHapus
  21. cuek aja vin, yang penting berkarya :))

    BalasHapus
  22. Wow. Gue yakin bikin vlog itu ada tekniknya juga.. Jadi pengen tahu lebih lanjut :D

    BalasHapus
  23. Aku suka banget tontonin vlog jadi sedikit tahu aja keseharian mereka itu ngapain aja hahaha.

    BalasHapus
  24. Iya sekarang banyak banget di dunia peryutupan, banyak blog-vlog gitu, ada yang menarik, lucu, bermanfaat, dan ada juga yang gaje. Ya wajar lah mungkin pemula membikin vlog. Gue juga tertarik untuk membikin vlog, tapi ada satu yang terganjal gue rasa, gue gak minat, dan gue lebih minat mendokumentasikan keseharian gue ke dalam blog saja. Gue lebih ngeh ke tulisan sih

    Semoga kedepannya banyak karya2 orang di youtube makin membuat kita ketawa atau bermanfaat

    BalasHapus
  25. Iyaa ya, Sekarang dunia peryutuban, atau yang lebih spesifik per-vlogan, lagi heboh banget wkwkwk

    BalasHapus
  26. kalo hamilin anak orang kurang ajar :v ,njir :V ,BTW nice postnya

    BalasHapus
  27. Gue kagak brani ngevlog gan... kagak pede sama tampang dan suara wkwkwkwkwkwk

    esensi? wiw, filsafat nih... setema gan sama blog ane :))

    BalasHapus
  28. kak kevin,maaf jika pertanyaannya kurang nyambung
    saya mau nanya,gimana sih caranya nama blog kita itu seperti www.kevinanggara.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi, Rizky. kamu bisa mulai dengan membeli domain .com (contoh: muhammad rizky dot com). Pastinya ada biaya yang di keluarkan, biasanya 150rb/tahun.

      Terima Kasih

      Hapus
  29. kepikiran buat bikin daily vlog tapi yg jadi permasalahan yang nonton tertarik tidak dengan vlog gue -_-

    BalasHapus
  30. Gak nyangka, ternyata bikin Mie termasuk karya juga.. Gue bangga sering bikin mie.

    BalasHapus
  31. Sebutan untuk orang yang menghasilkan karya berarti karyawan? Pendapat yang bagus Kevin, terus berkarya, salam karya(wan?) Hehehe

    BalasHapus
  32. Selamat terus berkarya aja gan,,,keren nih

    BalasHapus
  33. Itu apa deh ada obat kuat sex segala macem nyampe sini. -_____-

    Vlog dan blog beda cuma di medianya. So, blogger harusnya bisa jadi vlogger, ya nggak?

    BalasHapus
  34. mari terus berkarya gan..semoga terus menjadi manfaat

    BalasHapus
  35. Penjelasannya keren vin. Gue bookmark blognya :D

    BalasHapus
  36. Masa hamilin anak orang sih T^T hahah LOL

    BalasHapus
  37. Pemikiranmu keren, Kev. Pernah liat vlogmu juga dan walopun terkesan cuek, tapi apa yang kamu sampein berbobot. Menurutku sih :v

    BalasHapus
  38. Setuju, selama bisa dinikmatin dan kita nggak bingung sama apa yang sebenernya pengen disampaikan sih nggak masalah. Soalnya gue tau bikin vlog butuh usaha, dan salah satu bagian dari karya adalah melewati proses berupa usaha. Sebelum pada akhir jadi sebuah hasil, berupa karya.

    BalasHapus
  39. Tulisannya keren kak,terus berkarya!BTW saya masih pemula dalam dunia blog,tulisannya saya masih nggak karuan.

    BalasHapus
  40. Kayak lagi ngejelasin ada kucing ML sama anjing tanpa pengaman di depan kamera, Itu termasuk Vlog bukan vin ?

    BalasHapus
  41. Yosh! Gue setuju deh.
    Apapun itu karya kok bang.

    BalasHapus
  42. Vlog udah menjamur banget sih sekarang. Artis-artis juga ikutan gagap vlog, beberapa artis udah mulai bikin channel youtube sendiri dan ngebikin konsep daily vlog juga. Sebenernya gpp, asalkan bisa memberikan viewersnya pengalaman dan pengetahuan. Gitusih menurut gua, kalo gua lagi bijak. haha

    BalasHapus
  43. Ko,blog koko ini blog gado gado bukan sih ko??
    Kalo bukan emang blog apa

    BalasHapus
  44. Lagi serius baca terus tiba-tiba,

    "Itu kurang ajar, nying."

    WKWKWKWKWKWKWKWK.

    BalasHapus
  45. Kok belum update postingan lagi vin. Gak pengen nyritain pas dapat piala IMAA kemaren. hehe

    BalasHapus
  46. Nice sharing, setuju. Secara orang Indo kyknya suka hal-hal visual :D

    BalasHapus
  47. sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  48. Teach me more, Senpai.

    BalasHapus
  49. Hi Kak Kevin Anggara. Saya hanya mengikuti Daily Vlog : Fun for Louis dan Mr. Ben Brown. Karena perjalanan kehidupannya seru dan kegiatan keliling dunia juga selalu menarik. Di tambah dengan pengambilan gambar yang nyaris sempurna. Pastinya memberikan informasi yang berguna untuk orang-orang yang suka pelesiran gitu.Selain manjain mata, saya melatih pendengaran dalam Bahasa Inggris - hasilnya lumayan (for listening section). Apakah itu juga termasuk KARYA?

    semangat7x

    BalasHapus
  50. makasih kak akhirnya saya jadi tahu perbedaan antara blog dan vlog

    BalasHapus
  51. Sama-sama kenceng kompetitornya di blog maupun vlog

    BalasHapus
  52. Terus berkarya dan berkarya..

    BalasHapus
  53. Ditunggu terus karya-karya positifnya buat para pegiat vlog Indonesia. Kalian kreatif-kreatif dan keren. :D

    Ayo, berkarya positif untuk menginspirasi anak-anak muda di Indonesia.

    Salam kenal. :)

    BalasHapus
  54. Udah lama gak baca blognya kevin. Dulu update banget terutama pas terbitin buku. Skrg sibuk ya vin? Karena tulisannya bagus.. Sebisa mungkin update... Krn nulis itu jg karya lo salah satunya.
    Dulu sering banget nulis keseharian lo apapu kdg2 ttg jalan. Tulis donk ttg keseharian lo skrg. Main film tu gimana, yg dulu lo gk tahu skrg jadi tahu. Biar menambah ilmu kepada para pembaca.

    Semoga sukses

    BalasHapus
  55. Keren bro. Lu suka anime kan?
    Lu blogger. Dan jadi youtuber. Salut deh. top kamu anak muda, kembangkan terus bakatmu, kakrk bangga kepadamu nak...

    BalasHapus
  56. ih kak kevin , bikin kagum
    semakin hari semakin sibuk aja ni yeee
    sukses terus kak

    BalasHapus
  57. http://www.ohfishiee.com/2018/10/adventurous-taste-chocha-foodstore-petaling-street.html

    Welcome to asetqq.vip, the Best and Most Trusted Indonesian Online Poker Site. AsQQQ provides 6 games that can be played in 1 User Id only. Online Poker, DominoQQ, Bandar Ceme, Capsa Susun, Live Poker, Ceme Keliling Games, using Indonesian real money
    poker online

    jdk88.id/ is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
    Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
    Jadwal bola

    Onekartu is a trusted online poker agent Site. Original Money Poker uses IDNPlay servers that are 100% proven trusted and fairplay. Deposit and Withdraw Process in Crotqq start from 10 thousand rupiah and with fast and safe process. Customer Service Crotqq is available 24 hours to help you if you are having problems. onekartu.net is always trying to become a trusted online poker agent for those of you who want a Fairplay Poker game.

    poker uang asli

    AGWbet is an online gambling agent that is an online casino agent, online casino, online casino, online casino, online casino, online casino, and more. AGWbet has collaborated with several Indonesian local banks such as BCA, BRI, BNI and independently to improve services in the deposit and withdrawal process.

    agen bola terpercaya

    BalasHapus
  58. dompetpoker.online is a card game that shares betting rules and is usually (but not always) in hand ranking. The Poker Online game is different in terms of how cards are shared. In the most modern Poker Games, the first round of betting starts with several forms. Type of card arrangement in Online Poker.

    poker online

    Choosing an online casino agent is essential if people want to work on online gambling. http://www.dompetcasino.club/ to make the play scene should really be done so that the smoothness in playing gambling can be enjoyed gambling agency sites online casino agency page can also be done with a system of observing recommendations and recommendations from more experienced players.
    judi online

    BalasHapus
  59. Zammora is an Online Store that was established in 2017, providing fashion products for women. We are focused on the beauty of design, and we are obsessed with quality

    tas wanita

    Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

    SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

    Indonesian SEO

    Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

    Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

    Indonesian SEO Service

    You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
    online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
    online dating site

    BalasHapus

  60. โบนัสสำหรับสมาชิกใหม่ สล็อตออนไลน์ รับสูงสุด 5,000 บาท
    โบนัสสำหรับสมาชิกใหม่ สล็อตออนไลน์ 100% หรือสูงสุด 5,000 บาท
    สมัครเลย >>> satu88 <<<

    BalasHapus
  61. https://fathulladenn.blogspot.com/

    BalasHapus
  62. kaa maaf oot. tapi itu kertas yg di dinding postit kan ya? ko aku beli ga nempel gitu di dinding huhu

    BalasHapus
  63. Guys, maaf numpang share ya...silahkan kunjungi website saya www.sukaho.com , Dijamin anda tidak akan rugi !! kunjungi sekarang. Thanks :)

    BalasHapus
  64. เงินฝากครั้งแรก รับไปเลย โบนัส 30%, โปรโมชั่นโบนัสต้อนรับสำหรับลูกค้าใหม่ นอกจากนั้นยังมีโปรโมชั่นเติมเงิน และโปรโมชั่นคืนเงิน ให้กับสมาชิกปัจจุบันอีกด้วย
    goldenslot
    โกลเด้นสล็อต
    สล็อตออนไลน์

    BalasHapus

  65. โปรโมชั่น Goldenslot sport
    สมัครสมาชิกใหม่ พร้อมโปรโมชั่นเติมเงิน แบบครบวงจร รับสูงสุด 1,000 บาท
    สมัครสมาชิกคลิก>>> แทงบอลออนไลน์ โกลเด้นสล็อต

    BalasHapus
  66. ทางเข้าgolden slot เพื่อเข้าเล่นเดิมพันกีฬาระดับโลก
    ทางเข้า golden slot เพื่อเข้าเล่น เดิมพันกีฬา

    ให้บริการ goldenslot Sports พนันกีฬาออนไลน์ทุกชนิด ไม่ว่าจะเป็น ฟุตบอล บาสเกตบอล กีฬา e-sport เกมส์ไพ่ที่เป็นที่นิยมเช่นบาคาร่า โป๊กเกอร์ รูเล็ต และ แบล็กแจ็ก พร้อมเทคโนโลยีชั้นนำจากผู้ผลิตซอฟต์แวร์เกมส์ระดับโลก
    goldenslot sport
    คลิก>>> โกลเด้นสล็อต

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).