Kevin Anggara: Karya

Karya

Akhir-akhir ini, dunia YouTube Indonesia lagi penuh drama. Nggak perlu gue kasih tau, gue yakin kalian udah pada tau. Karena itu juga, kata-kata "vlog" pun tiba-tiba menjadi sensitif dan sakral. Lalu, banyak yang bertanya-tanya: apakah vlog itu termasuk karya? Tergantung.

Menurut KBBI, karya adalah pekerjaan, hasil perbuatan; buatan; ciptaan.

Sampe di sini, kita harus setuju bahwa secara harfiah, lo masak indomie itu juga termasuk karya. Lo bikin tugas laporan di Microsoft Word, itu karya. Lo bikin slide buat presentasi, itu karya. Lo bikin tulisan di blog, itu karya. Lo bikin video di YouTube, itu karya. Lo hamilin anak orang... itu kurang ajar, nying.

Sekarang, kita harus tau apa itu vlog. Vlog adalah singkatan dari video blog: a video blog or video log, usually shortened to vlog /ˈvlɒɡ/, is a form of blog for which the medium is video, and is a form of web television (Wikipedia). Gampangnya, vlog adalah "postingan blog" dalam bentuk video, bukan tulisan. Visualisasi vlog dikomunikasikan dalam bentuk verbal maupun non verbal.

Verbal bisa secara lisan maupun tertulis (ada teks dalam video kalo males ngomong). Non verbal (biasanya jadi pendukung komunikasi verbal) bisa secara ekspresi wajah atau cara bicara. 

Menurut gue sendiri, vlog itu ada BANYAK jenisnya. Nggak melulu musti ngomong terus di depan kamera, kita juga bisa memainkan visualiasi maupun memasukkan lagu-lagu untuk mendukung mood yang sedang dibangun. Yang penting, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang-orang yang nonton. Gampangnya, orang-orang pas nonton nggak bingung, "Ini video apaan, sih?"

Karya

Kebanyakan orang menganggap bahwa: vlog adalah video lo ngomong depan kamera dari awal sampai akhir. Padahal, vlog itu luas: video review, video jalan-jalan, video lo curhat terus pengin cepet-cepet kawin karena PR matematika banyak banget, dan masih banyak lagi. Yang membedakan blog dan vlog HANYA medianya. Blog itu tulisan, vlog itu video. Sesimpel itu.

Daily vlog. Sesuai namanya, daily vlog adalah video keseharian dari orang yang membuatnya. Biasanya dibuat rutin sehari atau dua hari sekali. Isi videonya kurang lebih mengikuti keseharian dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bangun tidur, mau mandi, mau makan, mau jalan, pokoknya semua aktivitas yang dilakukan sehari-sehari. Apakah salah orang membuat konten daily vlog? Nggak sama sekali. Toh, dia lagi mendokumentasikan hidupnya dalam bentuk video. Sama aja kayak orang yang bikin daily blog. Hanya beda medianya. Yang satu video, yang satu tulisan.

Konten daily vlog laku karena menurut gue, orang-orang itu kepo dengan hidup seseorang. Gue sendiri suka nontonin daily vlog orang lain, bukan cuma karena kepo (kadang iya dan pengin tau aja), tapi karena kesehariannya menarik untuk diikuti.

Lalu, apakah vlog termasuk karya? Tergantung. 

Secara harfiah, iya. Secara esensi (the most basic and important quality of something), penonton yang menilai. Cara gue menilai vlog itu termasuk karya atau bukan: selama gue ngerti dan menikmati video yang gue tonton (apapun itu), gue menyebutnya sebagai sebuah karya. Memang subjektif, namanya juga cara gue. =P

82 komen absurd

YAAAAY.Kangen sama tulisan lu, udah berapa minggu lu nggak ngepost di blog, dan sekarang akhirnya ngeposting juga.

Reply

vin , karena jawaban lo subjektif maka gue juga jawab secara subjektif ...
gue pgn lo ttep ngevlog / berkarya , so gue masi liat video lo daripada doi *nunjuk orang yang bermasalah*

Reply

Jadi artis sudah sibuk banget ya .. :D

Reply

kepikiran buat bikin daily vlog tapi yg jadi permasalahan yang nonton tertarik tidak dengan vlog gue -_- skill ngedtit video tdk memumpuni lgi. Huh

Reply

Udah pernah gue singgung juga di twitter perihal topik ini.

Kalo cara penilaian gue sih gini, daily vlog itu karya, tapi effortless. Apalagi kalo cuma cuap-cuap di depan kamera doang. Udah mah Effortless, meaningless pula. Tapi, untuk orang yang kepo atau penasaran sama kehidupan seseorang, malah seneng nonton daily vlog daripada sketsa atau video yang butuh usaha gede. Lebih ke menghibur atau nggaknya sih kalo gue.

Btw, ada salam dari blog baru gue :D

Blog Indra Permana

Reply

emang sih belakangan vlog kesannya adalah kata sakral banget. Semacam membangun pemikiran: vlog itu harus begini, harus begitu, gak boleh gini, gak boleh gitu. Selama orang gak terganggu sih menurut gue sah-sah aja. Kalo orang banyak yg protes sama daily vlog, lalu apa bedanya blog yg isinya curhatan juga? Sama, medianya aja yang beda. Selama gak ngerugiin orang lain, orang seneng dan menikmati sih sah-sah aja orang mau buat apa, karena semua itu balik lagi sama penonton. :))

Reply

gak ngerti lagi deh sama tulisan lo vin wkwkw. setuju banget sama tulisan lo.

Reply

YAAAAY.Kangen sama tulisan lu, udah berapa minggu lu nggak ngepost di blog, dan sekarang akhirnya ngeposting juga.

Reply

Setelah sekian lama tidak memposting tulisan, akhirnya muncul juga. Langsung bahas vlog lagi. Lumayan menerangkan pemahaman gue tentang vlog. Nice. :)

Reply

Udah lama gak liat tulisan lo, Vin. Makin sibuk aja kayaknya haha.

Anyway, saking banyaknya vlog, gue jadi males ngeliatnya. Seakan-akan jadi menjamur aja gitu.

Reply

As usual, tulisan kevin emang kayak gini. Khas.

Anyway, bener banget selama ini banyak orang yang menganggap bahwa vlog itu adalah video dimana orang ngomong dari awal sampe akhir. Padahal, ya vlog itu video blog. Lo ngeblog cuma medianya video. Terus nulis yang rutin, vin. Tulisan lo itu enak untuk dibaca dan kadang juga mengandung makna kalo menurut gue. Muehehehe.

Reply

Kalo hamilin anak orang itu da termasuk karya juga kok. Nanti hasil karyanya bisa jadi anak. Tapi masih bayi. Bayi itu tampan atau jelek. Cantik atau jelek. Itu tergantung dari orang tuanya atau juga proses saat membuat bayi tsb. Terima kasih salam super

Reply

Sudut pandangnya berbeda dari koment2 lainya kece ahaahaha :D

Reply

Betul. Nggak suka nonton vlog bukan berarti kita boleh ngelarang orang bikin vlog. Kalau diasumsikan vlog itu karya, ingat kalau ada yang namanya karya bermanfaat atau karya yang sebaliknya. Kalau nggak bisa bermanfaat buar orang lain, seenggaknya bermanfaat buat diri sendiri. Yang penting semua happy! \m/

Reply

orang yang bikin vlog semakin menjamur koh kevinnn ..!!!!

Reply

Akhirnya publish kembali hehe

Reply

Kagum sama lo vin, masih bisa ngeblog. Lo sibuk ngampus youtube dan ini itu.

Reply
Anonim Author

Fokusnya meleset nih, haha.

Reply

HIDUP SEBAGAI SEORANG BLOGGER! HIDUP JUGA SEBAGAI SEORANG VLOGGER!!! YEAAAAHHH!!!

Reply

Beda ya sekarang anak kuliahan ambil contohnya tugas di Microsoft sama buat presentasi=))
Semangat vin!

Mungkin maksudnya ada beberapa yang buat vlog tapi terlihat drama/dibuat-buat?:$

Reply

Ngehamilin anak orang juga termasuk karya karena menciptakan sesuatu yang baru dan di dalamnya terdapat nilai seni juga. Eh. *ngacir*

Reply

Vlog lu masih kurang Vin, kalau bisa buat yang harian gitu.

Reply

kalo bikin indomie aja disebut karya masa vlog kaga disebut karya?? kan lucu -_-

Reply

Lagi booming banget vlog di youtube, mulai dari Bang Raditya Dika, Bang Pandji, dan stand up komedian lain dan menurut saya ini tren lho, dan mungkin bakal ada nanti pengemis bikin vlog, kita gak tahu. Menurut saya bagus juga sih mereka bikin vlog soalnya saya bisa jadi tahu hidup kayak mereka, hidup jadi orang terkenal seperti apa, dan bisa belajar banyak.. keren banget POV lo membahas vlog ini, akhirnya informatif lagi blognya selain curhat, kayaknya kesibukannya udah mulai berkurang ya Kak Kevin??

Reply

cuek aja vin, yang penting berkarya :))

Reply

Wow. Gue yakin bikin vlog itu ada tekniknya juga.. Jadi pengen tahu lebih lanjut :D

Reply

Mantap vin, maju terus.. jgn lupa kunjungi blog gue ya www.andikamachmud.com

Reply

Aku suka banget tontonin vlog jadi sedikit tahu aja keseharian mereka itu ngapain aja hahaha.

Reply

Iya sekarang banyak banget di dunia peryutupan, banyak blog-vlog gitu, ada yang menarik, lucu, bermanfaat, dan ada juga yang gaje. Ya wajar lah mungkin pemula membikin vlog. Gue juga tertarik untuk membikin vlog, tapi ada satu yang terganjal gue rasa, gue gak minat, dan gue lebih minat mendokumentasikan keseharian gue ke dalam blog saja. Gue lebih ngeh ke tulisan sih

Semoga kedepannya banyak karya2 orang di youtube makin membuat kita ketawa atau bermanfaat

Reply

Hamilin anak orang. :')

Reply

Keren bro. Lu suka anime kan?
Lu blogger. Dan jadi youtuber. Salut deh. Follow @banzsho :p

Reply

Iyaa ya, Sekarang dunia peryutuban, atau yang lebih spesifik per-vlogan, lagi heboh banget wkwkwk

Reply

kalo hamilin anak orang kurang ajar :v ,njir :V ,BTW nice postnya

Reply

Gue kagak brani ngevlog gan... kagak pede sama tampang dan suara wkwkwkwkwkwk

esensi? wiw, filsafat nih... setema gan sama blog ane :))

Reply

Vin, dailyvlog youtuber indonesia siapa yang elu sering nonton?

Reply

Vin, dailyvlog youtuber indonesia siapa yang elu sering nonton?

Reply

kak kevin,maaf jika pertanyaannya kurang nyambung
saya mau nanya,gimana sih caranya nama blog kita itu seperti www.kevinanggara.com

Reply

kepikiran buat bikin daily vlog tapi yg jadi permasalahan yang nonton tertarik tidak dengan vlog gue -_-

Reply

Gak nyangka, ternyata bikin Mie termasuk karya juga.. Gue bangga sering bikin mie.

Reply

Sebutan untuk orang yang menghasilkan karya berarti karyawan? Pendapat yang bagus Kevin, terus berkarya, salam karya(wan?) Hehehe

Reply

Selamat terus berkarya aja gan,,,keren nih

Reply

Itu apa deh ada obat kuat sex segala macem nyampe sini. -_____-

Vlog dan blog beda cuma di medianya. So, blogger harusnya bisa jadi vlogger, ya nggak?

Reply

mari terus berkarya gan..semoga terus menjadi manfaat

Reply

Penjelasannya keren vin. Gue bookmark blognya :D

Reply

Masa hamilin anak orang sih T^T hahah LOL

Reply

Pemikiranmu keren, Kev. Pernah liat vlogmu juga dan walopun terkesan cuek, tapi apa yang kamu sampein berbobot. Menurutku sih :v

Reply

Ternyata begitu, udh gue baca sampe abis vin

Reply

Setuju, selama bisa dinikmatin dan kita nggak bingung sama apa yang sebenernya pengen disampaikan sih nggak masalah. Soalnya gue tau bikin vlog butuh usaha, dan salah satu bagian dari karya adalah melewati proses berupa usaha. Sebelum pada akhir jadi sebuah hasil, berupa karya.

Reply

Tulisannya keren kak,terus berkarya!BTW saya masih pemula dalam dunia blog,tulisannya saya masih nggak karuan.

Reply

LOOHHH komen macam apa ini wkwkw

Reply

Kayak lagi ngejelasin ada kucing ML sama anjing tanpa pengaman di depan kamera, Itu termasuk Vlog bukan vin ?

Reply

Yosh! Gue setuju deh.
Apapun itu karya kok bang.

Reply

Vlog udah menjamur banget sih sekarang. Artis-artis juga ikutan gagap vlog, beberapa artis udah mulai bikin channel youtube sendiri dan ngebikin konsep daily vlog juga. Sebenernya gpp, asalkan bisa memberikan viewersnya pengalaman dan pengetahuan. Gitusih menurut gua, kalo gua lagi bijak. haha

Reply

Ko,blog koko ini blog gado gado bukan sih ko??
Kalo bukan emang blog apa

Reply

Lagi serius baca terus tiba-tiba,

"Itu kurang ajar, nying."

WKWKWKWKWKWKWKWK.

Reply

Kok belum update postingan lagi vin. Gak pengen nyritain pas dapat piala IMAA kemaren. hehe

Reply

Nice sharing, setuju. Secara orang Indo kyknya suka hal-hal visual :D

Reply

sekarang lagi mewabah fenomena menjadi vloger ko...hihihi

Reply

sangat menginspirasi :)

Reply

Teach me more, Senpai.

Reply

Bang mohon bimbingan nya gue baru mulai nge blog https://arlieghazyyudhanta.blogspot.co.id/?m=1

Reply

Yup, termasuk kok.

Reply

sudah kuduga :v

Reply

Hi Kak Kevin Anggara. Saya hanya mengikuti Daily Vlog : Fun for Louis dan Mr. Ben Brown. Karena perjalanan kehidupannya seru dan kegiatan keliling dunia juga selalu menarik. Di tambah dengan pengambilan gambar yang nyaris sempurna. Pastinya memberikan informasi yang berguna untuk orang-orang yang suka pelesiran gitu.Selain manjain mata, saya melatih pendengaran dalam Bahasa Inggris - hasilnya lumayan (for listening section). Apakah itu juga termasuk KARYA?

semangat7x

Reply

Hi, Rizky. kamu bisa mulai dengan membeli domain .com (contoh: muhammad rizky dot com). Pastinya ada biaya yang di keluarkan, biasanya 150rb/tahun.

Terima Kasih

Reply

hai kak kevin sukses trs ya

Reply

Sepakat banget Vin sama tulisanmu yang ini. Berkarya selagi muda, berkarya yang positif biar gak keren doang, tapi juga bermanfaat buat orang lain. :D

Reply

kalo menurut ane tergantung Vloggernya, klo emg bner2 yutuber mereka bikin vlog yang bnar2 bermanfaat yang sesuai passion mereka. Nah masalahnya sekarang banyak sekali vlogger sampah, contohnya artis2 ga jelas yg ikut2n bkin vlog ga brmanfaat

Reply

wah jadi paham saya hehe
mkasih mas kevin sharing2nya ..

Reply

kerennn yaa, jadi tahu aku

Reply

aku sih emang kalau lagi ngaggur kerjaannya nonton vlog,, jadi tahu mereka ngapain aja

Reply

makasih kak akhirnya saya jadi tahu perbedaan antara blog dan vlog

Reply

Sama-sama kenceng kompetitornya di blog maupun vlog

Reply

vin kalau vlognya si salah beli gimana menurutmu?

itu kan gak ada asiknya sama sekali

Reply

bagi saya Vlog juga sebuah karya mas, soalnya kan proses pembuatannya juga butuh teknik dan seni, pasti deh itu dinamakan karya, bagi saya sih, hehehe

Reply

Ngevlog, orang termasuk elu vin gokil bgt dah..
terhibur bgt

Reply

yang penting banyakin karya aja, entah lewat media apa aja

Reply

Terus berkarya dan berkarya..

Reply

Ditunggu terus karya-karya positifnya buat para pegiat vlog Indonesia. Kalian kreatif-kreatif dan keren. :D

Ayo, berkarya positif untuk menginspirasi anak-anak muda di Indonesia.

Salam kenal. :)

Reply

Poskan Komentar

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Anggara (@kevinchoc).