Kevin Anggara: Mengembangkan Hobi dari Sekarang

Mengembangkan Hobi dari Sekarang - Kevin Anggara

Mengembangkan Hobi dari Sekarang


Hobi adalah suatu hal atau kegiatan, yang ketika kita lakukan, maka kita akan merasa bahagia. Hobi juga biasa dilakukan dengan sepenuh hati. Iya, setiap orang pasti punya hobi, suatu hal yang sering dilakukan, misalnya: menulis, menggambar, menyanyi, olahraga, mengumpulkan sesuatu dan masih banyak lagi. 

Beberapa artis dan aktor terkenal juga punya hobi, loh. Contohnya Johnny Depp. Johnny Depp punya hobi yang bisa dibilang agak aneh. Doi suka mengumpulkan boneka BARBIE di rumahnya. Dan beberapa di antara boneka BARBIE-nya itu limited edition. Ini beneran. Contoh lain, misalnya Mr.Krabs. Doi suka uang. Bukan suka, sangat mencintai uang malah. Mungkin, kalo uang itu orang, Mr.Krabs bakalan nikah sama uang. Mereka bakalan punya anak ikan paus dan hidup bahagia selamanya. 

Nah, hobi ini juga banyak yang unik. Gue pernah baca-baca di internet, ada orang yang punya hobi naik roller-coaster, hobi pura-pura mati, hobi manjangin rambut sampe bisa dipake buat main lompat tali, juga hobi memberikan uang untuk orang asing yang nggak dikenalnya. Yang terakhir, sungguh hobi yang bermanfaat bagi orang lain. 

Terus, kenapa kita perlu punya hobi, vin?

Menurut gue, hobi membuat hidup menjadi lebih berarti dan berwarna. Punya hobi, berarti kita juga punya "sahabat" dan sebuah petualangan dalam hidup. Hobi membantu kita untuk membentuk karakter, mengenali diri sendiri dengan lebih baik, dan nggak jarang, hobi juga bisa menuntun kita ke masa depan yang cerah. Hobi main bola misalnya, bisa mengantarkan Cristiano Ronaldo menjadi pemain bintang di Real Madrid. 

Gimana cara mengembangkan hobi?

Simpel. Kita harus rutin dan konsisten melakukan hobi yang disukai. Bergabung dan berkumpul dengan beberapa komunitas atau teman yang punya hobi yang sama. Semakin kita "suka" melakukan hobi kita, maka semakin baik juga hasilnya. Karena semua yang diawali dengan niat akan berakhir dengan nikmat.  Lakukan terus hobi itu selama kita menikmati dan sejauh hobi itu masih bermanfaat bagi kita (juga orang lain). 

Hobi makin sering dilakukan, pasti makin berkembang juga. Apalagi dari hobi, bisa jadi profesi. Selain dapet kepuasan tersendiri, hobi yang jadi profesi itu menghasilkan uang juga, loh. Hobi = awal penemuan profesi. Orang yang hobinya jadi profesi, menurut gue, dialah orang paling bahagia di dunia ini. \o/


Tapi, vin. Orang tua gue nggak mendukung hobi gue...

Orang tua pasti punya pertimbangan tersendiri demi kebaikan kita. Obrolin dulu dengan mereka, terus temukan solusi bersama. Kita juga harus pahami sudut pandang mereka. Buktiin, bahwa kita bisa bertanggung jawab mengatur waktu dan bisa mengukir prestasi dari hobi yang kita jalani. Lama kelamaan, gue yakin, orang tua pasti bakal mendukung. 

Gimana caranya biar hobi gue berguna bagi masa depan? 

Untuk hal ini, tanyakan sama diri sendiri. Apa aja manfaat yang diperoleh saat melakukan hobi ini? Siapa aja yang membantu untuk mengembangkan hobi ini? Gimana caranya biar hobi ini bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain? 

***

Gue sendiri punya banyak hobi. Menulis misalnya. Gue suka nulis hal apapun, di draft blog, microsoft word, juga catatan. Dengan rutin dan konsisten, hobi gue ini bisa berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Dari tulisan, gue bisa berbagi informasi/cerita ke banyak orang. Hobi itu sesuatu yang (harusnya) kita lakukan dengan hati. Karena gue percaya, sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti akan diterima oleh hati juga. Sesuatu yang dilakukan dengan hati, hasilnya pasti baik. Sesuatu yang dilakukan dengan hati, pasti akan bisa berarti. 

Sesuatu yang dilakukan dengan hati, nggak akan pernah sia-sia. 

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

61 komentar:

  1. Hobby itu sahabat yang ada di dalam diri kita sendiri :))
    kadang hobby yang gila sekalipun bakalan jadi sesuatu yang menyenangkan disaat diri kita sendiri yang melakukannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, bener juga tuh. Pantes ada orang yang hobinya terbilang unik, tapi dia sendiri malah menikmatinya hahaha..

      Hapus
  2. Gue paling setuju sama kalimat lo yang "Orang yang hobinya jadi profesi, menurut gue, dialah orang paling bahagia di dunia ini. \o/"

    Akhir-akhir ini gue juga lagi ngembangin hobi gue. Mudah-mudahan konsisten dan bisa jadi orang yang hobinya jadi profesi. Biar bahagia \o/

    BalasHapus
  3. Gue juga berharap (dan berusaha pastinya) biar hobi gue bisa menghasilkan sesuatu yang baik haha:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok mari ngembangin hobi dari sekarang ehehe..

      Hapus
  4. Dulunya hoby gue menggambar dan citacita gue pengen jadi komikus, tapi setelah memikirkan bnyk prtimbangan dan seiring berjalannya waktu, akhirnya hobi gue pindah jdi suka belajar bahasa jepang, dan cita-citapun juga berubah yaitu pengen jadi penerjemah komik

    BalasHapus
  5. Gue setuju dengan quote terakhir lo vin " Sesuatu yang dilakukan dengan hati, tidak akan sia-sia "
    Emang, semua yang kita kerjakan kalau emang tulus, pasti bakal berguna banget. Walaupun itu nantinya akan terbuang, tapi tak akan terbuang dengan sia-sia. Btw, nice post.

    BalasHapus
  6. Setuju, asalkan hobinya yang positif :D

    BalasHapus
  7. Johnny Depp hobinya keren abis.. -___-
    gue sekarang lg meniti proses menuju 'dari menulis menjadi sesuatu yg bisa menghasilkan karya yg dpt dibanggakan'. Smoga tercapai.. Hehe.

    BalasHapus
  8. Kalo yg hobinya nonton bokep gimana, ya....

    BalasHapus
  9. Gue hobi banget ngumpulin photopack member JKT48 :v

    BalasHapus
  10. berhubungan dengan hobi gua paling cinta sama quote "Do what you love, love what you do."

    BalasHapus
  11. gue suka nulis, pengen deh bisa nulis buku dan diterbitin kayak lo :D selain itu gue juga suka hunting kuliner~ :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, semangat jalanin hobinya.. biar bisa jadi profesi juga heheh

      Hapus
  12. Wah, iya, bener banget nih. Dan, mumpung masih muda sih. Gue pertama kali punya hobi yang klik itu card flourish, abis itu patica, beatbox, dan, baru deh sekarang nulis. Walaupun patica dan beatbox udah jarang belajar, tapi kadang-kadang masih suka iseng. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru pertama kali denger patica, langsung googling hahaha..

      Hapus
  13. Gue punya hobi nulis tapi perkuliahan yg gue ambil gak ngedukung. alhasil gue ikut organisasi jurnalistik, dan sepertinya gue hampir mengabaikan kuliah gue krn hobi itu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah masuk jurusan :))

      Tapi, kuliah kalo menurut gue nggak ngaruh sama hobi kalo kita emang niat \o/

      Hapus
  14. Gue hobinya pengen ngikutin karir lu ka, punya buku umur 16:D

    BalasHapus
  15. "Sesuatu yang dilakukan dengan hati pasti akan diterima oleh hati juga" Gue suka kata-kata lo itu, vin. Gue coba ya :D

    BalasHapus
  16. Gue hobi ngoleksi gebetan nih vin. kali aja ntar gue jadi model majalah playboy. ya kali...

    BalasHapus
  17. Thanks buat inspirasinya vin. Hobi gue skg ngedit film nih, sama nulis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, gue juga lagi suka bikin video dan ngedit2.. Barangkali nanti skillnya berkembang hahaha

      Hapus
  18. temen gue hobinya galau di TL, kasian ya? :(

    BalasHapus
  19. Ini gue setuju deh : Hobi itu sesuatu yang (harusnya) kita lakukan dengan hati.

    Makanya disebut hobi, dan makanya menyenangkan, karena kita nggak merasa itu kewajiban apalagi beban. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Kalo hobi yang kita lakukan dengan senang hati itu jadi profesi, wah.. :))

      Hapus
  20. dan juga satu lagi karena dari hobi, kita pun bisa menghasilkan duit yeaaah :D

    BalasHapus
  21. wih bagus nih postingan.
    hobi itu asik karna kita jalani dengan sepenuh hati, karena emang kita berminat disitu.
    tapi kadang ada org yang menjadikan melukis sbg profesi, dan dokter sebagai hobi.
    keren tuh. otak kiri dan kanan berfungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, harusnya terbalik tuh, ya. Tapi keren juga.. inovasi.

      Hapus
  22. Yaa kita bisa mengembangkan hobi dengan cara kita asal cara kita itu tidak mengganggu orang lain... :D

    BalasHapus
  23. Hobi itu salah satu hal yg membuat kita betah menikmati hidup.
    salah yg lainnya adalah punya duit, kawin, dsb.
    utk org kere, saranku milikilah hobi yg ngga banyak menghabiskan uang wkwkwwkkk canda canda :p
    postingannya menarik, bro
    salam kenal ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama kalimat pertamanya. Salam kenal juga, bro. :D

      Hapus
  24. Postingan yg menarik..

    Gue bersyukur karena gue termasuk orang yang punya hobi. Malah bisa bertahan dari kecil sampe sekarang.. :)

    Salam kenal

    BalasHapus
  25. Setuju banget. Keren mas bro
    Hobby bisa menjadi profesi kita

    BalasHapus
  26. Yup. apa lagi kalau kerja mu sesuai sama hobi mu, maka kerjamu akan terasa seperti bermain.

    BalasHapus
  27. Betul banget vin! Gue suka banget sama quote lu yang super ini : "Karena semua yang diawali dengan niat akan berakhir dengan nikmat." :D

    BalasHapus
  28. "rutin dan konsisten" >> Setuju banget sama ini,Kevin..
    Aku hobi gambar dan masuknya jurusan informatika, tapi gak masalah juga sebenernya, dapet ilmu baru. Tapi harus tetep rutin ngejalanin dan konsisten sama hobi sendiri. :)

    BalasHapus
  29. hobi gue baca sama nonton film... nulis sdikit. Game gk suka. Nah lohhhhh gk brguna bgt gue yaa

    BalasHapus
  30. hahahah kerenn kak :D tapi gimana sih kak langkah pertama utk ngembangin hobi itu..? misalnya hobi nyanyi, ada orang yg suaranya bagus tapi dia MALU utk nyanyi dan membuktikan kehebatan dia dalam bernyanyi kak. nah kalo gitu gimana ceritanya kak? kan jadi bingung sendiri -____- :D

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).