Kevin Anggara: Game-game Smartphone Favorit Gue

Game-game Smartphone Favorit Gue - Kevin Anggara

Game-game Smartphone Favorit Gue

Gue suka main game, terutama kalo lagi nggak ada kerjaan atau sekedar buat ngisi waktu luang. Dulu, gue adalah anak warnet sejati. Pulang sekolah langsung ke warnet, ngabisin duit buat main game. Sejak kelas 2 SMP, gue udah tobat dan nggak pernah ke warnet sampe sekarang. Setelah gue pikir-pikir, nggak ada gunanya juga. Mending uang yang gue pake buat main warnet itu gue tabung dan beliin komputer, lalu main game-nya di rumah. Lebih hemat.

Game adalah salah satu hal yang nggak bisa dipisahkan dari hidup manusia. Zaman yang semakin canggih memungkinkan game bisa kita mainkan lewat benda bernama smartphone. Dulu, game cuman ada di konsol-konsol kayak Nintendo, PlayStation, atau komputer. Sekarang, semua orang bisa main game dan membunuh waktunya lewat smartphone yang dia punya. 

Tahun lalu, gue nggak nyangka bisa dapetin si Boy karena menang lomba blog. Padahal, sebelumnya gue udah ngumpulin duit buat beli smartphone, eh... gue malah dapet rezeki yang nggak diduga. Rezeki dari Tuhan emang nggak pernah salah orang. Semenjak bersama si Boy, gue sering ngisi waktu luang dengan main game. Dari game yang adiktif, sampe yang nyebelin. Dari game yang ngasah otak, sampe yang bikin tangan pegel. Dari game yang suka bikin aplikasi chatting kita dikirimin invite-an, sampe yang... itu NYEBELIN!

Kali ini, gue pengin bahas beberapa game-game smartphone favorit gue. Kiranya bisa menjadi pedoman hidup yang lebih baik dan bentuk kecintaan gue terhadap game. Check this out:

1. Clash of ClansTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Game populer buatan Supercell ini adalah game strategi yang bisa membunuh waktu gue. Di game ini, kita harus membuat sebuah "desa", bangun pasukan, lalu nyerang pemain-pemain lain. Selain nyerang, kita juga bisa diserang. Nah, makanya kita harus buat desa yang kuat. Masang banyak tembok penghalang (wall), ranjau (ada banyak), dan pertahanan (defensive building) sekuat mungkin. Semuanya itu bisa di-upgrade sampe level maksimal.

Seperti game-game kebanyakan, tugas kita adalah mengumpulkan resources sebanyak-banyaknya buat keperluan upgrade tadi. Resources-nya di sini ada tiga: gold, elixir, dan dark elixir. Cara ngumpulin resources itu bisa dengan nyerang desa orang lain, atau produksi sendiri. Di awal-awal game, kita wajib bangun resources building. Dan, ya.. bisa di-upgrade juga biar produksinya makin banyak. Jangan lupa bangun storage building yang berfungsi buat nampung hasil produksi atau "rampokan" kita saat nyerang orang lain. 

Bisa jadi tulisan sendiri kalo gue review semuanya. Segitu aja dulu. Gue udah dari tahun lalu mainnya. Sekarang udah level 80. Kalo ketemu desa gue, jangan ragu-ragu buat serang ya.

2. Hay DayTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Lagi-lagi, dari developer game Supercell. Hay Day adalah game simulasi perkebunan terbaik (di smartphone) menurut gue. Karena suka main Harvest Moon, gue juga tertarik buat mainin game dengan tema-tema kayak gini. Ngurusin kebun, panen tanaman, kasih makan ternak, nambang, sampe mancing, semuanya ada di sini. Banyak variasi hewan, tanaman, juga alat-alat canggih untuk membuat hasil ternak menjadi lebih mahal. Misalnya susu sapi bisa dijadiin krim, mentega, dan keju sehingga harganya jadi lebih mahal buat dijual. Asik, deh.

Udah dari tahun lalu juga mainnya. Sekarang gue udah level 51. *ambil cangkul*

3. Temple RunTersedia untuk: iOS dan Android. Harga: *Gratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Ngomongin game smartphone, nggak lengkap rasanya kalo gue nggak masukin Temple Run. Game dengan genre endless runner ini punya banyak versi (Temple Run 2, Temple Run: Brave, Temple Run: Oz). Gue sendiri lebih suka yang Temple Run 2, lebih asik aja soalnya. *Selain Temple Run 1 & 2, Temple Run yang lain nggak gratis, guys. Jadi harus ngeluarin uang dikit. 

Ceritanya kita lagi dikejar dan harus lari terus, jangan sampe ketangkep. Ada banyak koin yang bisa dikumpulkan dan beberapa powerups (kebal, lari kenceng, dan lain-lain) dalam game ini. Grafisnya smoothGameplay-nya juga gampang, swipe ke atas untuk lompat, swipe ke bawah untuk meluncur, dan goyangin smartphone ke kiri atau ke kanan buat ngambil koin. 

4. Flappy BirdTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Jadi, udah berapa banyak orang yang bunuh diri gara-gara game ini?

Biarpun banyak menuai kontroversi dan membuat banyak orang hampir membanting smartphone-nya, game satu ini cukup asik buat ngisi waktu luang gue. Dengan tampilan dan cara main yang terbilang sangat simpel, game ini sangat adiktif dan terkadang nyebelin. Kesuksesan game ini terlihat dari banyaknya tiruan game dengan tampilan dan cara main yang hampir sama. Sayang, pemiliknya kayaknya juga ikutan stres dan menarik game Flappy Bird dari App Store. Untung aja belum gue delete. Lumayan seru dan NYEBELIN!

5. Flow FreeTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Puzzle game besutan Big Duck Games ini adalah salah satu game buat mengasah otak. Yang harus dilakukan di game ini adalah menghubungkan garis sesuai dengan warna yang sama, dengan syarat semua pipa-nya harus terisi penuh. Ada banyak level yang tersedia, dan makin tinggi level-nya, kesulitan yang dihadapi juga makin bertambah. Seperti namanya, Flow Free, game ini gratis. Tapi... kalo merasa kurang dan pengin nambah tantangannya, kita bisa beli tambahan level yang ada dengan in-app purchase dalam game-nya langsung. 

Kalo lagi bosen main rubik, gue suka main game ini. Sama-sama harus mikir dan berhubungan dengan warna-warna. Asik loh. Lumayan buat ngelatih otak kiri. 

6. Tebak GambarTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Tebak Gambar ini adalah game buatan orang Indonesia yang menguji imajinasi, logika, dan nalar. Kita diminta untuk menebak kata-kata yang dimaksud lewat gambar-gambar yang disediakan. Misalnya gambar WAJAN yang huruf N-nya dicoret dan diganti dengan huruf H. Jadinya = WAJAH. Tersedia banyak level, dan tiap levelnya disediakan 20 gambar. 

Yang paling susah di tiap level jelas gambar ke 20, karena ada banyak kata yang harus ditebak dan harus dijawab sebelum waktu yang ditentukan habis. Kalo ngaku punya IQ tinggi, coba tantang diri lu buat main game satu ini tanpa nyontek kunci jawaban di Google. Game ini asik banget buat dimainin, sekaligus bentuk dukungan kita terhadap game lokal.

7. 2048Tersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Game simpel yang baru rilis Maret lalu ini dibuat oleh seorang remaja asal Italia yang masih berumur 19 tahun. Game ini lalu dimainin oleh remaja asal Indonesia berumur 17 tahun, dan gue langsung ketagihan. 2048 termasuk jenis puzzle game untuk mengasah otak. Cocok dimainin saat nungguin balesan chat dari cewek, nungguin lampu merah, dan nungguin balesan chat dari cewek di lampu merah. Cara mainnya simpel, tinggal geser ke kiri, kanan, atas, dan bawah. 

Disedian kotak 4x4,  dan di awal game kita bakal dikasih 2 angka. Geser aja buat gerakin setiap angka yang ada, angka yang sama bakal bergabung jadi lebih besar. Dan tiap gerakan yang kita lakukan, akan memunculkan satu angka baru lagi untuk digeser lalu digabungkan. Tujuannya sih mencapai angka 2048, sesuai nama game-nya. Tapi skornya bisa lebih kok, dan game bakal terus berlanjut, kecuali kotaknya udah penuh semua. 

...

Nah, itu tadi beberapa game-game smartphone favorit gue. Kalo kalian, sering main yang mana? Atau punya rekomendasi game-game seru buat smartphone? Share, yuk! \o/

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

95 komentar:

  1. Ah, si bos juga mainin ini semua di badanku kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah boy kamu bobo aja, udah capek kan dipake bos kamu main terus. Udah udah, bobo sana. Udah malem, gak baik buat kamu tidur malem-malem kayak gini.

      Hapus
    2. Wakakaka, jaga Boy baik2 ya, Vin! xD

      Hapus
    3. kalo gw suka mainin angry birds starwas vin seru banget tuh, ada jurus jurus nya ketika mau nabrak kotak atau itu nya lah pokok nya, terus pencet eh tekan layar nya maka keluar jurus nya, wuhhhh

      Hapus
    4. pas maen 2048, score tertinggi berapa??

      Hapus
    5. jangan sampe begadang boy

      Hapus
    6. itu di coc town hall nya di taroh dipinggir, ane brani banget vin nyerang nya, kalo ketemu pasti ane serang

      Hapus
    7. ko,COC (CLASH OF CLANS) koko clan nya namanya apa ? boleh dikasih tau gak ?? komen ya kalo mau kasih tau tapi kalo gamau yaaa///terserah deh :v

      Hapus
    8. COC adalah game favorite ku sekarang walau ada clash royale game terbaru dari supercell aku tetep masih kecanduan sama coc

      Hapus
  2. Keren keren. Langsung download ya vin, atau si Boy yang lagi pake blog ini.

    BalasHapus
  3. Katanya nih, Vin.. Katanya.

    Game yg membuat kesel: Flappy Bird

    Game yg mengasah otak: Tebak Gambar dan 2048

    Katanya sih gitu.. Katanya. :D

    http://www.ilhamkusumaning.com/

    BalasHapus
  4. Beneer..Flappy Bird itu NYEBELIN..

    BalasHapus
  5. Gue sering main temple run 2, flow free, candymeleon, sama farm heroes :D

    BalasHapus
  6. Gue suka main Dream League Football di android gue, karena bisa jago langsung tanpa duit. Kalo endless runner gue lebih suka Minion rush karena jujur temple run gue udah bosen.

    Kalo Hay Day keliatannya boleh gue coba tuh, Vin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang sih, Minion Rush lebih nggak ngebosenin karena boleh dibilang masih fresh. Skor gue cuman 500K-an :|

      Hapus
  7. Wah, bisa jadi referensi nih. Penasaran sama 2048, nanti download ah \m/

    BalasHapus
  8. Yang pertama tuh kayaknya lagi heboh banget ya vin? gue ngga punya smartphone sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama banget. Tapi nggak seheboh Flappy Bird waktu itu..

      Hapus
  9. yang game Clash of Clans dan Hay Day, ada cheatnya gak? behahaha :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keknya ada, tapi nggak seru ah main game pake cheat..

      Hapus
  10. Terbukti, layar lcd smartphone gue juga sempet rusak gara2 tangan gue lemes main flappy bird gagal terus buat tembus rekor tiang ke 72. Alhasil, berhubung gue penyabar, gamenya gue uninstal deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di AppStore, uninstall nggak bisa install lagi kecuali jailbreak. Soalnya udah ditarik dari AppStore sama pemiliknya :))

      Hapus
  11. favorit gue sih Clash of Clans, tapi lebih seneng lagi kalo main game rhythm semacem Cytus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di AppStore ada juga toh.. Boleh nih dicoba.

      Hapus
  12. Sejauh ini flow free masih paling sering gue mainin...

    coba game Colosseum Defense itu keren juga lo, Vin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Grafiknya simpel dan keren. Kayaknya asik..

      Hapus
  13. Gue baru belajar main Hay Day nih vin. Buset dah, itu punya lo udah 51? Jago bener yaa hahahaha :D

    BalasHapus
  14. Hay Day kayaknya rame...

    *Buru-buru buka playstore*

    BalasHapus
  15. Flappy Bird itu game paling kampret,,tapi asik sih buat bunuh waktu

    BalasHapus
  16. Wah, kalau gue jarang banget mainan game, termasuk di HP. Terakhir ketagihan maen game adalah pas awal-awal SMA. Game favorit gue waktu itu Winning Eleven. Oh iya, sama Smack Down, cuma buat ngeliat cewek-cewek seksinya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa-masa sekolah emang masanya gila-gilaan sama game hahaha.

      Hapus
  17. Waktu rajin ngewarnet, lu maen game online apaan vin? x))

    Gue gak punya smartphone. Game yang sering gue mainin cuman uler, dan game asah otak yang pernah gue mainin palingan sudoku :(
    Tapi gue pernah main flappy bird di smartphone temen. And by the way, high score gue 332, ekhem.. *kalem

    BalasHapus
    Balasan
    1. PB :))

      Btw juga, skor gue tepat 1 angka di atas lu hehehe.

      Hapus
    2. Wah, highscoremu segitu vin?
      kalau highscore ku ituh 563. sumpah tangan kagak bisa nulis pas selese main gituan, kaku abis!

      Hapus
  18. kalau aku sih temple run sma flappy, enak tpi juga ngeselin, hahahaa. Salam Blogger Malang Raya..

    BalasHapus
  19. Clash of clans gue tu bener tuh, kalo gue lawan lu bisa menang kaga vin??

    BalasHapus
  20. Vin gue sempet komen di post ini kok ilang ya koment gue,, sempet masuk draft lagi ya, kalo gak salah lo post ini hari jumat kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sebelumnya post ini ke-publish pas hari Jumat, kepencet. Makanya gue buat lagi ke postingan baru.

      Hapus
  21. angka terbesar gue di 2048 udah nyampe 8192 vin. sebel banget udah segitu harus berakhir.
    Game itu tidak adil.
    Gue kalau lagi nemenin adik ponakan ngasih game Didi X Dodo vin game yang bisa dimainin 2 orang.

    BalasHapus
  22. vin, kalo gue serang desa lo, lo balik nyerang desa gue nggak? -_-

    BalasHapus
  23. Yang ke tujuh itu gue belom pernah maenin.
    Abisnya angka gitu kek soal UN MTK... :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mainnya nggak seribet keliatannya kok.

      Hapus
  24. game di smartphone gw cuma 2 : flappy bird sama 2048
    game yang bisa bikin lo ngantuk jadi gak ngantuk..
    game yang bisa bikin lo boker di toilet lebih lama dari yang biasanya..

    wkwkwk

    BalasHapus
  25. memang sekarang bermain game udah bisa dimana aja, bahkan sampe bisa dimainin di smartphone. game di smartphone pun juga ga kalah menarik dan keren.
    terutama game flappy bird yang simple aja bisa jadi trend banget

    BalasHapus
  26. Dream league soccer sih yg hue mainin di andro, mau donlot CoC kayaknya nyita waktu banget (pengalaman main rise of nations di pc dan kayaknya bakal terulang kalo main CoC). Game tiup rok dong. Muahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjis, mainnya RoN. Sama! Bikin lupa waktu banget itu mah. Hahaha.

      Hapus
    2. Vin nama clan coc lu apaan?

      Hapus
    3. Kak kevin pernah main Rise of nations atau nggak stronghold?

      Hapus
  27. kalo saya sih pake blue stack aja bang kevinchoc

    BalasHapus
  28. Ternyata main COC juga ya. Coba serang dah kalo ketemu.
    Btw, Subway Surf bukan game favorit nih? Padahal gue lihat dari dulu sampe sekarang banyak yang main. Tapi ga tau deh tersedia di Appstore atau kagak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subway Surf mah tipe game endless-runner, konsepnya sama kayak Temple Run. Udah banyak yang kayak gitu. Pernah main, cuman ya biasa aja..

      Hapus
  29. Hay day gue baru level 22 baru mainin sih...
    Tebak gambar gue udah kelar level akhir.. Terakhir sih level 16 gatau deh udah update lg apa belom..

    2048 download ahhhhh....

    BalasHapus
  30. terkadang gue juga main pou

    BalasHapus
  31. Clash of Clans pertamax, karna emang visualnya keren. Gratis pula :p
    Game yg nyempil di smartphone gue jg ada "Banana Kong" Gabungan Tample Run + Flappy Bird. Kalo mainnya udah kesel jangan ampe mencet layarnya ampe bolong aja :D
    Banyak game yg baru tau juga sih dari postingan ini. Bermanfaat. kompor gas, Vin.

    BalasHapus
  32. Cobain cytus atau deemo vin itu asik , lagu2nya juga enak2 , kalo coc lu nama clanya apa ?

    BalasHapus
  33. Yah gue gapunya smart phone. xD

    BalasHapus
  34. tetep flappy bird nomer satu... setiap kali main penginnya banting hape

    BalasHapus
  35. Dulu sih seneng banget main Clash of Clans cmn lama2 bosen
    sekarang lagi semangatnya main Iruna

    BalasHapus
  36. Suka MMORPG ga? Coba Brave Frontier XD kalo main, share id nya ya hahaha

    BalasHapus
  37. score flappy birdku cuma 9 ._.
    untung mainnya di hp temen :D

    BalasHapus
  38. TimotiusJason29 Juni 2014 19.36

    Aihh nama clannya itu apa??? Hampir ketauann klo bisa join biar bisa kenalan hehehee . Brofist

    BalasHapus
  39. Kalo aku mainnya Asphalt 8 , NBA2k14 , Gangstar Vegas kak :D bisa dicoba tuh kak keren :3

    BalasHapus
  40. Jirr. Gue 3x donlod apus donlod apus tu CoC -_- gak ngena di hati :v
    Btw FrontLine Commando boleh coba tuh bro :))

    BalasHapus
  41. Wah itu semua diatas jg game sehari2 gua.. hahaha

    BalasHapus
  42. Vin , Game mirip Clash Of Clans yg offline ada kagak :v

    BalasHapus
  43. Buset COC Nya Susah DItembus Tuh WKWKWKKWKWK

    BalasHapus
  44. Mending gua main coc yang offline namanya totla conquest buatan gameloft

    BalasHapus
  45. Join dong vinn clan luuu :v

    BalasHapus
  46. Wah game ane smua itu ahaha

    BalasHapus
  47. Kak Kevin,sekarang clannya apa? ._. ikut clannya dong... aku lvl 75... troop polos lvl 5...

    BalasHapus
  48. Gw suka maen Clash of clans

    BalasHapus
  49. Kak,kirain main Dead Space for Android Juga :v

    BalasHapus
  50. maen coc juga nih bang kevin :D

    BalasHapus









  51. main iron pants dong vin




    BalasHapus
  52. Kak kevin punya clan gx klo gx ikut cikoneng united my name penso

    #salamcoc

    BalasHapus
  53. kev,sekarang clan CoC lu apa namanya?pengen join jg

    BalasHapus
  54. apa nama clan coc-nya ???

    BalasHapus
  55. Kak. Game Clash Of Clans Bagus. Karna Bisa Menambah Banyak Teman. Dan Memperbanyak Silahturahmi Kak...

    BalasHapus
  56. game yang bisa dimainin sama kaki ada gak? #ga
    kalo gak ada yang pake kikil aja ada gak? jangan lupa tambah baso nya satu/?

    BalasHapus
  57. gamenya banyak gan tapi ane lebih suka banget yang no 1 itu tuh

    BalasHapus
  58. Begitu ketemu desa ente tak videoin make screen recorder dan upload ke chanel gw HinoSamuel737 . Nice writing

    BalasHapus
  59. Ko kevin Main Au Mobile Indo donk seruu

    BalasHapus
  60. Kak kevin kenapa game cumanceban.com punya saya gak bisa dibuka?katanya sih ada sistem root atau jailbreak an gitu

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).