Kevin Anggara: Pelajar Tanpa Tanda Jasa

Pelajar Tanpa Tanda Jasa - Kevin Anggara

Pelajar Tanpa Tanda Jasa

Guru, orang tua di sekolah, yang nggak pernah ngasih kita uang jajan. Guru, kalo murid telat diomelin, dirinya sendiri telat dimaklumin. Guru, pahlawan tanpa tanda jasa. Guru, oh, guru..

Oke, itu udah puitis banget. Sampe mau nangis nulisnya. *kemudian nyanyi Hymne Guru*

Pahlawan dan pelajar tanpa tanda jasa

Beberapa waktu yang lalu, satu Indonesia baru merayakan hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November. Harusnya sekolah libur, biar guru dan murid sama-sama senang. Guru nggak usah ngajar, murid nggak usah masuk. Simbiosis mutualisme jadinya. Gue diajarin pas pelajaran Biologi. Buat yang belum tau, simbiosis mutualisme itu adalah hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan. Lumayan, lu bisa pamerin ini ke temen-temen.

Murid-murid SMA di sekolah gue juga ikutan merayakan hari guru. Mereka patungan beli kue buat dikasih ke guru. Kebetulan, gue nggak masuk pas diminta patungan. Jadi agak kaget, pas istirahat pada ngumpul megang kue (cokelat lagi), padahal hari itu gue nggak ulang tahun. Ternyata buat dikasih ke guru. Lilinnya udah mau gue tiup, tapi nggak jadi. Sungguh niat yang mulia dari para murid untuk membahagiakan guru selama satu hari. 

Kalo gue yang beli kue, pasti gue udah nyelipin kertas kecil bertuliskan: 

"Pulang cepet ya, kan udah dibeliin kue, hehehe."

Di balik kertasnya masih ada tulisan:

"Kalo udah dimakan tapi nggak dipulangin, ganti ya duit buat beli kuenya."

Kemudian kuenya dikeluarin lagi, gurunya nggak bawa duit.

Agak ribet, kenapa hari guru di seluruh dunia nggak disamain aja. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Kayak di Singapura, perayaan hari guru dilakukan sehari sebelumnya dan murid-murid dipulangkan lebih awal. Kalo tau akan hal ini, pasti banyak murid-murid yang pindah buat sekolah di sana. Sebagai murid, gue tulus banget ngasih kesempatan guru istirahat di rumah saat hari guru. Guru udah capek-capek ngajar, nggak aus? 

Kalo gue bisa bikin kalender sendiri, gue bakal bikin hari murid sedunia. Dirayakan selama satu bulan berturut-turut, diadakan dua belas kali dalam satu tahun. Atau alternatif lain, gue bikin kalender yang tanggalnya merah semua. Gue yakin usaha kalender gue pasti laris.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Sebesar apapun jasanya, nggak ada tanda jasa yang guru terima. Bahkan penghargaan atau pangkat sekalipun. Karena guru, gue bisa menulis dan membaca. Karena guru juga, gue jadi tau arti simbiosis mutualisme yang tadi. Yang bisa gue pamerin di sini.

Gue adalah seorang pelajar tanpa tanda jasa. Bukan pahlawan. Karena sebesar apapun jasa gue, kalo telat ya gue tetep nggak boleh masuk. Sesering-seringnya gue bantuin nenek-nenek nyebrang jalan, kalo ulangan jelek gue tetap harus remedial. Secapek-capeknya gue ngerjain PR, kalo gurunya lupa juga jadinya percuma. Dan ingatlah ini teman-teman: satu senyuman itu lebih baik dari seribu kata-kata. Jadi, kalo ditanya guru terus nggak tau jawabannya... senyum aja.

...

"Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain."

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

106 komentar:

  1. Caption yang sangat super sekali hahaha

    BalasHapus
  2. Bagus kak tulisannya :) Guru memang pahlawan tanpa tanda jasa :)

    www.fkrimaulana.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Jadi, kita nggak boleh ngatain guru seenak jidat. Karena beliau kita bisa (agak) pinter kayak gini.

    BalasHapus
  4. Kalo gueeee fans tanpa tanda jasa._.
    Se engga ngudengnya gue dengan artikel lo ini gue tetep baca ini sampe hatam yeaaaayyyy~

    BalasHapus
  5. Keren ko, tentang simbiosisnya, gua belajar sendiri(?)
    tapi yang penting, guru memang #TERBAIK dan kadang- kadang #AZEK

    BalasHapus
  6. Kalo lu, Kevin, adalah pelajar tanpa tanda jasa, maka akan ada yang namanya Hymne Pelajar. *nyanyi Hyne Pelajar*

    BalasHapus
  7. Keren kak , aku seneng banget sma kalimat yg terakhir "Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain." Mantappp :D

    BalasHapus
  8. Simbiosis Kevinisme ,, kurikulum 2035~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain gue jadi menteri pendidikan bro..

      Hapus
    2. kak kalo jadi menteri jadi menteri hari libur aja

      Hapus
  9. Super...
    Salam ya buat guru lo yang ngajarin arti simbiosis mutualisme :D

    BalasHapus
  10. Nice..
    Yang 'ditanya nggak tau jawabanya, terus senyum aja boleh dicoba nih. :))

    BalasHapus
  11. Jihan Azzah Hanifa29 November 2014 19.39

    Akhirmya, Malming Gw Terisi Dengan membaca Blogmu, meski membacanya sebentar :v

    BalasHapus
  12. Kata - kata terakhirnya bijak banget :D Kereen deh!

    BalasHapus
  13. Haha jadi ingat zaman sekolah dulu :p

    Dimana guru-guru killer tidak pernah terlupakan

    BalasHapus
  14. Wakaka... Keren banget tulisan lo vin(y) sekalian gue bisa belajar dari lo buat jadi blogger yang baik *karena masih newbie*

    BalasHapus
  15. Tumben kevin lagi bijak.. Hehe

    Betul.betul.betul.. Sebagai seorang guru memang harusnya begitu..
    Apalagi gue yang juga seorang (calon) guru..
    Andaikan setiap hari bisa seperti itu, kayaknya kita harus buat revolusi ya vin? :D

    #DukungKevinJadiMenteriPendidikan #Eh?

    BalasHapus
  16. Ada ada aja tulisannya. Tapi gue pikir, bener juga. :))

    BalasHapus
  17. Keren vin, suka sama quotenya ;)

    BalasHapus
  18. wah di ending ada quote. hahasekk keren Vin..
    jadi kangen gue rasanya sekolah.. bisa ngerayain hari guru.. kalo hari dosen belum ada kan ya?

    BalasHapus
  19. Pengen banget deh beli kalender lu ko :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo udah jadi menteri pendidikan gue sebarluaskan..

      Hapus
  20. AKU CINTA KAK KEVIN <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciyehh ada yg nembak
      #tolaktolaktolaktolak

      Hapus
  21. Ga kena marah tuh dasinya macam gitu
    #pengalamankenamarah

    BalasHapus
  22. HAI KO KEVIN ♡

    BalasHapus
  23. Kalo di sekolah gue mah gurunya dikasih bungan, Vin. :D
    Bener-bener post yang bikin murid seneng. Entah kenapa gue habis baca ini jadi seneng. :D
    Anjir, quote terakhirnya keren, Vin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Azek, jangan nangis gitu dong ah... *kasih tissu*

      Hapus
  24. Iya sih, murid tuh ga pernah bener di mata guru. Kita telat mah dihukum. Lah sendirinya kalo telat main masuk aja tuh ke kelas --". Sungguh murid teladan :v *intinya sih murid itu selalu ngalah* #mengapaslaluakuyangmengalah #sungguhgj #abaikan #bubar

    BalasHapus
  25. semoga yang pengen jadi guru bisa jadi guru seperti lilin

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Dan secapek-capeknya sok-sokan ngasih jawaban ke temen, kalo ujung-ujungnya nilai temen lo jelek, lo bakal gak punya temen. :))

    BalasHapus
  28. err.... kyaknya emang lo kepedan ye, vin. sbnernya kan yg di kasih kue, guru lo. napeh lo yg ke ge-eran? kesringan bkin video kli yak, makanya gtu *eeh.

    nah, itu inisiatif lo bikin kalender warna merah smua, boleh juga tuh. paling lgsg berhadapan sama presiden, gara'' ngerusak aturan. gue mah bantuin doa aja, vin. biar lo di hukum *eh

    BalasHapus
  29. Oh, jadi simbiosis mutualisme itu gitu ya vin? Pantas ulangan kemaren salah. Blog lo harusnya jadi bloh pendidikan nih. Hahaha, piss vin :))

    BalasHapus
  30. Halo Kevin Anggara. Baru pertama kali komentar di blog ini.
    Bagian terakhirnya keren banget.
    Maaf ya kalau merasa terganggu. Ini blog gue dengan temen-temen gue: brainlessimperial.blogspot.com
    Terima kasih.

    BalasHapus
  31. "Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain." Nice! keren banget ini

    BalasHapus
  32. lahirnya seorang mentri, presiden, yang ngajar kan guru
    meski begitu guru masih di abaikan apalagi guru honorer

    BalasHapus
  33. Kalo hari guru gurunya suruh traktirr dongs koh

    BalasHapus
  34. Ada ngga Hari Dosen vin?

    http://fadillahabdi.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Sumpah Gokil, True Story banget :V

    BalasHapus
  36. anda coeg sekali .....

    http://mastah-cyber.blogspot.com

    BalasHapus
  37. dalem tuh Vin kata-kata terakhirnya. ibarat lilin. dipake hanya ketika mati lampu :'

    BalasHapus
  38. "Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain."
    luar biasa :v

    BalasHapus
  39. Tajem banget otak lo, Vin, sampe ada niat buat ninggalin catetan kecil di kue. Sayang nggak terlaksana hahaha :))

    BalasHapus
  40. vin kapan2 gua maenlah kerumah lu , tapi gak tau alamat lu :D

    BalasHapus
  41. Lah kan spiderman ga punya sayap -_-

    BalasHapus
  42. Mantak kali lah memang artikel ini bah!
    Kalok di Batak kan "Guru tanpa tanda jasa" itu jadi "Holong ni guru naso tar balos hon".

    Horas vin, sekali2 mampir diblog ane yaa. :D

    Orang BATAK ngeblog, nggak kebayang isi blognya gimana! Langsung singgah aja disini lek!

    kardisimbolon.blogspot.com

    BalasHapus
  43. hi...nice to meet you all..please visit me back..thanks

    BalasHapus
  44. Baru bisa buka hari ini :D.... Definisi guru: orang yang selalu melototi muridnya ketika ujian. Dan kemarin, ketika ujian, gue dipelototi. Kan, gue ngga salah apa apaa!
    -www.steven37h.blogspot.com

    BalasHapus
  45. "Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain." kata-kata itu mantapz bnget (y)

    BalasHapus
  46. loh ko emang di singapore libur gitu? kok di indonesia engga sihh

    BalasHapus
  47. Ada yg jdi motivator muda nih critanye :D
    Inspired banget tuh bang (y)
    Bisa dipraktekin, wkwkk..

    BalasHapus
  48. Walaupun ini post-an bijak tetap terkemas dengan lucu. Dan berkat post-an ini akhirnya gue tahu apa iti simbiosos mutualisme yey -_-

    BalasHapus
  49. btw jasa sebagai seorang murid apa aja ya vin? menurut loe?

    BalasHapus
  50. Bagus vin blog lu

    BalasHapus
  51. Kesimpulannya jadi
    Guru itu jualan lilin ya ko?

    BalasHapus
  52. selain pahlawan tanpa tanda jasa, beberapa guru itu juga berprofesi jadi tukang cukur dadakan.

    BalasHapus
  53. Kalo bisa si ayo kita buat kalender rencana lo itu bareng vin :D

    BalasHapus
  54. bagus juga blognya vin :v Kunjungan pertama ke blog lo vin...

    BalasHapus
  55. "Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain." Dan guru terbaik adalah pengalaman. Sepahit apapun pengalaman kita, itu yang bakal nerangin jalan kita ke depan. #azek

    BalasHapus
  56. Keren vin.....! Guru lu keren maksud gue hee..

    BalasHapus
  57. Quote yang terakhir itu loh, kereeenn !!

    BalasHapus
  58. gimana kalo guru matematika vin?

    BalasHapus
  59. lucu bnget kak cerita" lu... sumpah bkin ngakak.. d tunggu ya post selanjutnya.. :)

    BalasHapus
  60. Ada 2 hukum tentang guru
    1. Guru tak pernah salah
    2. Jika guru salah, kembali ke hukum 1

    BalasHapus
  61. Baru nemu blog ini, dan isinya ternyata....... azek juga 😁

    BalasHapus
  62. Quotes yang terakhir ya keren kak kev haha

    BalasHapus
  63. Foto yang di atas, kak kev nya kaya mau tauran-___-mirip kaya anak anak crows zero(?)

    BalasHapus
  64. kak kalo ada video terbaru kasih tau dong

    BalasHapus
  65. YA...
    ada tapi versi nya kurang menarik...
    nanti kapan kapan bantuin tarik
    biar video gue semakin menarik.............?

    BalasHapus
  66. nama aplikasi kak kevin yang untuk ngedit video apaan yaa.
    kasitau dong...?
    nanti kalau udah dikasih tau,akan gue bikin,lalu ngedit,lalu eksport ke youtube (instagram)

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).