Kevin Anggara: Baper

Baper - Kevin Anggara

Baper

Tadinya, hari ini gue mau bikin postingan tentang Kotak Surat. Tapi setelah melihat email yang isinya lebih banyak curhat daripada pertanyaan, gue jadi bingung sendiri mau bales gimana. Entah udah berapa email yang belum gue balas. Kebanyakan karena gue belum tau jawabannya. Beberapa pertanyaan yang udah sering gue balas. Sisanya bener-bener nggak penting, "Kak, minta pin BB-nya."

Jadi, hari ini gue memutuskan untuk membahas sebuah fenomena yang lagi sering dialami sama remaja-remaja se-Indonesia: baper. Menurut kitab gaul, baper adalah singkatan dari bawa perasaan, bukan bawaannya laper. Baper adalah keadaan di mana seseorang selalu melibatkan perasaannya. Apa-apa pake perasaan, dimasukkin ke dalam hati. Dikit-dikit sedih, pokoknya super sensitif.

BAPER

Orang yang selalu baper, kalo lagi ulangan pasti susah. Semua soal yang ada pasti kebaca kayak gini: "Sebenarnya, hubungan aku sama kamu itu gimana? Jelaskan." Padahal soal aslinya: "Bagaimana proses perjuangan Indonesia sampai akhirnya merdeka? Jelaskan." Apa-apa yang melibatkan perasaan emang susah. Karena mainin perasaan emang lebih susah daripada mainin rubik.

Jangan baca tulisan ini sambil baper. Susah, nanti kalo ada yang galau, gue yang tanggung jawab.

Sebenarnya, baper dan PHP itu saling berhubungan. Korban PHP, biasanya adalah orang-orang yang baper. Orang-orang yang terlalu sering berharap. Karena terlalu nyaman, bisa membuat orang lupa kalo mereka hanya sebatas teman. Di balik setiap PHP, pasti ada harapan yang ditaruh berlebih. Iya, jadi istilah PHP itu cuma ada bagi mereka yang selalu baper.

Karena kebanyakan baper nggak baik buat kesehatan, makanya, baper jangan dijadiin hobi. Misalnya kalian udah seneng karena si gebetan baik banget, padahal si gebetan baik ke semua orang. Sakit.

Boleh-boleh aja sih baper, tapi jangan semuanya selalu melibatkan perasaan. Kita manusia, punya perasaan dan logika. Gunakanlah sesuai kebutuhan. Ada satu quotes yang bunyinya gini, "Cewek berpikir dengan hati, cowok berpikir dengan logika." Gue ketawa. Cuy.... Hati itu berfungsi sebagai penawar racun, bukan buat mikir. Masalah itu diselesaikan dengan logika dan akal sehat, bukan perasaan, apalagi hati. "Tapi, masalah ini cuman bisa diselesaikan dengan hati!" Gue ketawa lagi. :))

Gue ingatkan sekali lagi, jangan baca tulisan ini sambil baper. Ini malam minggu, loh. Waktu di mana para jomblo lebih rentan galau dari hari biasa. Kurang-kurangin baper, banyakin minum air putih. 

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

97 komentar:

  1. Ngapain baper?

    Mendingan makan wafer.

    BalasHapus
  2. vin klo mau nyelesein rubik tu hrs buat cross dulu apa ada rumus lain ?

    BalasHapus
  3. gue suka postingan lo ko! azekk

    BalasHapus
  4. Hampir semua Cewek yang gue kenal Baper semua, gue binggung mereka kenapa..

    BalasHapus
  5. Assyifa Widiastomo31 Januari 2015 19.12

    keviiiinnnn fix updatean malem ini bikin galauuu. mungkin karena bacanya sambil baper /?. yaudah lah ya udah terlanjur baca juga terlanjur baper juga terlanjur galau jugaa haha.

    BalasHapus
  6. kadang kala sih temen gua jadi Baper semua , entah gimana tuh asal usulnya :v

    BalasHapus
  7. Hahaha udah ngetren banget, yak, istilah baper. Nggak semua jomlo rentan. Jomlo justru banyak berkarya. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, banyak-banyakin air putih sama berkarya. Jangan galau terus.

      Hapus
  8. inti nya kalau ada cwe baik
    jangan terlalu pd dulu
    haha

    BalasHapus
  9. bg vin, baper itu khusus buat anak yang punya pacar aje bukan kaya gw jomblo :v

    BalasHapus
  10. Terus berarti baper itu 11:12 sama ke-GR an. Yah.

    BalasHapus
  11. Namanya juga manusia kev, suka begitu

    BalasHapus
  12. Sesungguhnya, lebih susah nahan 'Laper' daripada 'Baper'..... Kalo sudah malem.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Oke fixed. Gue baper dan gur suka PHP-in orang :3
    Kolaborasi yg sangat pas bukan :3 engga kok, gue ngga bangga -.- pedih pin

    BalasHapus
  15. banyak-banyakin air putih sama berkarya dan yang gak boleh ketinggalan banyakin bersyukur Vin 😁

    BalasHapus
  16. iya bener, kasian yang dibilang PHP, padahal mah orang nya aja yang terlalu baper -_-

    BalasHapus
  17. Kalau liat yutup baper mulu itu tandanya kuota mau abis.

    BalasHapus
  18. Ngekek aja vin baca postingan ini :((

    BalasHapus
  19. Daripada baper, mending gue ngemut pensil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari pada ngemut pensil, mending ngemut permen MintZ :v

      Hapus
    2. Daripada ngemut permen, mending minum air putih..

      Hapus
    3. suruh minum air putih mulu -_- ntar kembung :v

      Hapus
  20. kebanyakan jomblo baper.
    nah, lo kan juga jomblo, vin *eh

    bnyakin minum aer putih gih

    BalasHapus
  21. Tiap paragraf yg gue baca, gue selalu ber"ng....." sambil liat keatas kali aja ada cicak kawin(?)

    Tulisannya azek...
    Yeeeee~

    BalasHapus
  22. Kayaknya gue pernah baper sampe sakiit banget #sakitnyatuhdisini

    BalasHapus
  23. Apa? Lo ketawa karena cewek mikir pake hati? Apaaaa? <----- contoh cewek baper.


    Bukan gue loh, ya.
    *kabur*

    BalasHapus
  24. Yoi, hati itu gunanya buat penawar racun, bukan buat mikir. Gua setuju nih. Secara gua juga anak IPA *nyombong dikit

    BalasHapus
  25. vin, ga blajar?
    mau UN kan?

    *jangan baper

    BalasHapus
  26. Kayak nya ini kisah nyata kak kevin deh.. :v
    Soal nya terlalu .baper postingan nya :D

    BalasHapus
  27. mampir dimari dulu sambil malmingan sama revisian skripsi :v
    lagi skripsian baper mulu bawaannya.. liat skripsi banyak goresan pulpen dan tulisan tangan dosen pembimbing di tiap halaman itu rasanyaaaaaaaaa.......... *padahal itu buat kebaikan kita juga, biar skripsinya bener*

    BalasHapus
  28. Intinya, kurang-kurangin baper. :))

    BalasHapus
  29. vin klo mau nyelesein rubik tu hrs buat cross dulu apa ada rumus lain ?

    BalasHapus
  30. sukses teruss kak!=D
    Kapan"visit blog ku trs kasih saraan;;) Hhe
    makasih :) goodluck!:D

    BalasHapus
  31. Baru pertama liat blog nya kak Kevin . Kok jarang nge-buat Vlog lagi sih ?

    BalasHapus
  32. Vin kalau gue bapernya bawaannya laper bukan baper yang lu omongin. Btw ada sebuah pepatah yg pernah gue baca : berbaper-baper dahulu berfriendzone-friendzone kemudian.

    BalasHapus
  33. hai kevin, kak kevin pernah baper?

    BalasHapus
  34. Itu kan quote yang dipake Kak Kevin yang buat jawab ask.fm ku kemarin yang nanyain quote nya Kak Kevin -_-

    BalasHapus
  35. Lebih sakit di-php-in guru sih. Katanya besok nggak ulangan, ternyata jadi juga ulangannya :")

    BalasHapus
  36. Jangan-jangan buat postingan ini pun kevin baper deh, kelihatan tau banget tentang baper haha.

    BalasHapus
  37. Kalau ngomongin soal baper, gue bingung mau komen apa. :|

    BalasHapus
  38. Sekarang gue yang nanya. Sebenarnya, hubungan aku sama kamu itu gimana? Jelaskan.

    BalasHapus
  39. Bahahahahaha.
    iya, ya... mikir kok pake hati.... :3

    BalasHapus
  40. Gue baru tau ada istilah ini. Anjrit kelitan banget nggak gaul nih gue. Yang gue tau baper itu yang suka ada di mobil-mobil itu, loh..

    BalasHapus
  41. Semakin baik seorang cewek semakin jahat sifat aslinya : v
    #bapermodeon

    BalasHapus
  42. Dan... aku baru tau artinya baper, lol, lol :D

    BalasHapus
  43. kesindir parah baca yang ini kev :3

    BalasHapus
  44. Beuuuh... setuju nih, Vin. Gue juga rada nggak suka sih sama orang yang dikit-dikit drama. Seolah hidup mereka tuh nggak ada "gregetnya" sama sekali. Gue juga selalu bilang gitu: hati buat penawar racun, bukan buat mikir. Nurani tuh baru buat feeling. #StopDrama #DramaKoreaJugaBoleh

    Btw, gue udah balik ngeblog lagi nih. :))

    BalasHapus
  45. Mana kevin nya brow, kok ilang. Wahhh jngn jngn ?????????? Ayukkkkkkk apa hayooo. Vin ngapain luh vin ???? Ciyeeeeeeeee ketahuan . Hehe. Oke vin hanya gua aja yg tau rahasia nya. Ahahi.

    BalasHapus
  46. bagi yang masih sekolah, boleh meluangkan waktu sedikit untuk membaca tulisan gue tentang realita pendidikan kita dari jaman dulu sampai sekarang, monggo.. http://justceloteh.blogspot.com/2015/02/keresahan-akan-pendidikan.html

    BalasHapus
  47. vin postingan lo keren.
    oiya gue juga punya temen yang dramatis banget sampe ngaku2 punya pacar padahal setelah di selidiki teryata cuma pacar sewaan heeehhh drama bgt hidupnya, mending ngaku jones aja sekalian daripada punya pacar tapi sewaan.
    gue akhir-akhir ini lagi hobby nulis nih coba liat tulisan gue, buka blog gue www.diankusumawatit7.blogspot.com. makasih semoga yang baca tulisan gue bisa terhibur

    BalasHapus
  48. entah kenapa vin... orang yang baper itu susah... jalanin idup aja susah... soalnya gw ngerasain sendiri sih... www.aidunstars.blogspot.com

    BalasHapus
  49. ohh sekarang bilangnya baper yakk... gw msh suka bilang drama queen..

    BalasHapus
  50. Hahahaa Baper :v
    Bagus vin Nicee dah :))

    BalasHapus
  51. Baper itu bukannya yang ada sayur dan roti dan daging itu ya.....

    BalasHapus
  52. Temenku tuh bapernya kelewatan, dikit-dikit baper, temennya deket ama org lain aja baper, apalagi lihat gebetan, bapernya -_-

    BalasHapus
  53. Dek kevin keren-keren lah postingannya, sukses buat orang bahagia =D hahaha
    terus kembangkan, km berpotensi, semoga tercapai yaa cita-citanya jadi sutradara :D Amin.
    Sukses juga buat UN nya :)

    BalasHapus
  54. marthaapatricia23 April 2015 23.19

    hmmm, gitu ya....

    BalasHapus
  55. Kayaknya gue serasa jadi tua deh, Bro. Sumpah baru tau istilah-istilah itu. Gue serasa udah usia late thirties gitu. -_-

    Jaman oh jaman. Tiap ganti tahun, tiap ganti jaman, ada aja istilah-istilah baru yang muncul. :(

    BalasHapus
  56. vin bukannya lo pernah bilang kalo sesi kotak surat itu boleh buat curhat juga? kalo ada yang curhat kok gak di balas?

    BalasHapus
  57. Baper oh baper everywheree :v

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).