Kevin Anggara: Dipanggil Pengawas

Dipanggil Pengawas - Kevin Anggara

Dipanggil Pengawas

Kunci jawaban adalah hal yang paling ngeselin dalam ujian nasional. Orang yang make kunci jawaban ini selain berbuat curang, juga ngerepotin orang lain. Kalo nggak dilaporin, untung di mereka. Kalo dilaporin, semuanya kena dan harus menanggung susahnya bareng-bareng. Kayak yang kemarin-kemarin lagi rame, karena ada yang ngelaporin tentang kebocoran soal dan penyalahgunaan kunci jawaban, rencananya Wakil Presiden malah minta ujian nasional buat diulang.

Yang make kunci jawaban siapa, yang ngulang siapa. Di sekolah gue juga ada beberapa orang yang diem-diem make kunci jawaban. Ada yang belajar bener-bener, dapet nilainya pas-pasan. Ada yang make kunci jawaban, dapet nilainya bagus sendiri. Nggak ngerti lagi deh gue. Bener-bener hina.

Karena katanya ujian nasional nggak menentukan kelulusan, kalo gue jadi kepala sekolah, orang-orang yang make kunci jawaban ini mungkin boleh seneng karena ujian nasionalnya lulus. Tapi, gue nggak akan ngelulusin mereka dari sekolah. Biar ngulang lagi satu tahun. Khan enak.

Terlepas dari masalah kunci jawaban, biarkanlah mereka sadar sendiri fungsinya sebagai manusia. Gue pengin nyeritain hal lain tentang ujian nasional kemarin. Jangan nanya gue belajar apa nggak. Gue orangnya males, kalo udah di rumah nggak bakalan mau megang buku pelajaran. Makanya, di sekolah gue belajarnya fokus biar bener-bener paham dan nggak perlu ngulang lagi di rumah. Itu prinsip yang gue pegang dari dulu. Seandainya dapet jelek pun, jeleknya masih wajar.

Nggak kayak ujian nasional tahun-tahun sebelumnya, hari pertama anak IPA diisi dengan pelajaran bahasa Indonesia dan Kimia (biasanya Biologi). Karena gue penulis (cieilah), pelajaran bahasa Indonesia nggak usah diragukan lagi karena gue yakin bisa dapet bagus. Untuk pelajaran Kimia, banyak-banyak minum air putih aja sebelum ujiannya dimulai. Sampe kembung

Hari kedua, pelajaran Matematika dan Biologi. Untuk pelajaran Matematika, gue serahkan semuanya kepada pensil 2B dan komputer yang memeriksa. Maklum, ujiannya masih manual. Nah, kalo Biologi, masih bisa dipahamin deh soal-soalnya. Waktu ujian dua jam, baru satu jam, sekelas udah selesai semua. Melihat itu, pengawasnya pun ngajak kita ngobrol untuk buang-buang waktu. Dan nggak lama kemudian, salah satu pengawas yang cewek bisik-bisik ke pengawas yang cowok. Sampe akhirnya, pengawas yang cowok menatap gue, lalu bertanya, "Vin, kamu nulis buku?"

Yang kemudian dilanjutkan dengan obrolan panjang sampe bel pulang berbunyi.

Hari terakhir, pelajaran bahasa Inggris dan Fisika. Terima kasih kepada game-game masa kecil yang udah mengajarkan bahasa Inggris secara nggak langsung. Karena kalian, gue bisa ngerjain ujian bahasa Inggris dengan lancar. Saat istirahat, dan sebelum ujian yang terakhir, gue tiba-tiba dipanggil sama guru Matematika. Pak Tara, nama gurunya, sampe turun ke lantai dua cuma buat manggil gue. Buset, ada apaan ya? Gue kayaknya nggak pernah lupa buat nyirem WC kalo habis kencing.

Pak Tara nanya ke gue, "Hayooo, coba inget-inget tadi ada masalah apa...." sambil senyum-senyum. Sepanjang perjalanan di tangga menuju ke atas, gue nginget-nginget semua kesalahan yang pernah gue lakukan dari pagi tadi sampe sekarang. Gue nggak nyontek pas ujian. Gue nggak jorokin orang dari tangga. Dan yang pasti, gue nyirem WC habis kencing tadi. Salah apa gue....

Sampe di lantai 4, guru-guru pengawas udah pada berdiri di depan ruang pengawas. Mereka ngeliatin gue dengan serius seakan-akan gue baru aja mecahin pot bunga. "Hayoooo, tuh ngomong sama mereka," kata Pak Tara. Pengawas cowok yang kemarin kemudian bertanya ke gue, "Kok kemarin ngerjain Biologi-nya cepet banget?" Dia curiga kalo gue make kunci jawaban.

"Loh, emang soalnya gampang, Pak. Pas saya udah selesai kan satu kelas juga udah selesai semua!" jawab gue. Dia masih nggak mau kalah, "Ah, bohong kamu... Masa cepet banget selesainya?"

"Ya, emang soalnya gampang, Pak!" Semua pengawas masih ngeliatin gue. Kemudian, kepala sekolah gue ikutan dateng juga dan ngeliatin. Buset, salah apaan gue? Suasana semakin tegang. Sampe salah satu dari pengawas itu ngeluarin hape dan bilang, "Eh, sini foto dulu sama Ibu. Anak Ibu dari kemarin minta foto bareng sama kamu." 

"Loh?" Gue bingung. Ini ada apaan sih sebenernya. Gue baru aja dicurigai karena berbuat curang, sekarang semua pengawas udah ngeluarin hapenya dan minta foto bareng gue. Termasuk pengawas cowok yang tadi. Pak Tara yang ngeliatin gue cuma ketawa-ketawa. Kurang ajar, gue ternyata dikerjain. Udah panik dan mikirin apa aja kesalahan yang gue lakukan pagi ini, ternyata... dikerjain.

"Iya nih, baru tau ternyata kamu yang murid-murid Bapak omongin itu. Ternyata beneran. Baru nyadar sekarang, untung udah foto-foto ya kita hahaha," kata si pengawas cowok.

It's something

Pengawas-pengawasnya tau gue siapa, karena mereka pernah nonton video-video gue dan ada murid mereka yang kenal sama gue. Pas ngerjain soal ujian Fisika, pengawasnya senyum-senyum aja ngeliatin gue. It's something. Untung aja ini hari terakhir. Dan saat bel pulang berbunyi, beban sekolah gue selama 12 tahun di sekolah yang sama akhirnya bisa dilepas. Lega.

Sebelum pulang, gue dipanggil sama kepala sekolah, "Vin, itu pengawasnya manggil kamu.."

Gue masuk ke ruang pengawas. "Buset, ini ada apaan lagi ya?" pikir gue dalem hati. Kemudian, salah satu pengawas yang cewek manggil gue, ngeluarin hape, buka Instagram. Sambil senyum, dia bilang,

"Follback ya!"

Kevin Anggara. Seorang blogger yang merangkap sebagai pelajar tanpa tanda jasa. Sedang sibuk kuliah dengan tujuan lulus secepatnya. Banyak dikenal karena video "Alasan Izin ke WC" dan "Dora the Ngeselin" di Instagram, yang entah lucunya di mana.

80 komentar:

  1. Ko, Semangat ye!! Semoga sukses dan lulus dengan NEM tertinggi yaaa :3 !!!

    BalasHapus
  2. Terkenal banget ya lo, Vin. Itu pengawasnya gaul semua, etdaaah.
    Gue gak bisa rasain perasaan lo pas ditanya kenapa cepet banget ngerjain UN Biologi~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses selalu bang dan semoga dilancarkan masuk PTN yg di ingin kan serta mendapatkan danem yg terbaik

      Hapus
  3. Asyik nih terkenal di kalangan guru-guru hahahaha.....
    Wah, enak nih udah selesai ujiannya. Semoga sukses ya nanti di kuliahnya, Vin.

    BalasHapus
  4. Wkwkw. Kevin. Emang terkenal. Yoyoy vin... Sukses ya kuliahnya.

    BalasHapus
  5. masala klasik ya kunci jawanbn...malah bikin galo

    BalasHapus
  6. selalu ada yang baru ye vin di hidup lu :v

    BalasHapus
  7. Hoki banget. Eh bentar, itu antara hoki atau nggak modusnya si pengawas pinter

    BalasHapus
  8. Assyifa Widiastomo18 April 2015 19.13

    famous banget yak vin? wkwk.
    moga-moga waktu pengumuman ntar peserta un se-Indonesia gaada yang nilainya <5.5 yak, vin :"

    BalasHapus
  9. Niceeee kooo !!! Nice !!!!!! Tapi yang ga tahan waktu dimintain follback. Wkwkkwkw

    BalasHapus
  10. wah pengawas cewenya curang bisa minta follback dari lo langsung kev hahahaha :v

    BalasHapus
  11. wahahaah terus lu follback vin? :D Famous banget wihh

    BalasHapus
  12. Wahh .. Males ngulang belajar di rumah yahhh ... Nanti rasakan bedanya pas kuliahahahaha

    BalasHapus
  13. Wahh menurut gue itu bisa dijadiin bahan video vin :3

    BalasHapus
  14. Enak nya jadi lu vinnn dimintain foto wkwkwk :3

    BalasHapus
  15. YAAAAH... SEGITU DOANG CERITANYA.... LANJUT DOOOONG MASIH PENGEN BACA ,,,,,,,,,

    BalasHapus
  16. Ending postingannya...

    It's something.

    BalasHapus
  17. Eeeee buset dahh.. itu namanya cari kesempatan dalam kesempitan kak.. itu pengawasnya pada modus wkaka.😝😝😝😝 apalagi pengawas yang terakhir.. parah.. masa minta follback.. kak kevin penggemarnya luar biasa dehh.. haha. Btw semoga hasil ujiannya memuaskan deh. Amin

    BalasHapus
  18. Setdah, itu pengawas gokil bat😂 gak tahan itu ama yg mnta follback Wkkk😂🔫
    Koko makin pemmes yak wiihhh

    BalasHapus
  19. lega banget koko udah selesai UN.. good luck kedepanya ko :)

    BalasHapus
  20. kak,, coba vlog dong awalnya kak nulis buku. soalnya aku juga suka nulis dan kepengen nulis buku,,

    please....

    BalasHapus
  21. Pengawas nya greget juga ya :v

    BalasHapus
  22. IT'S SOMETHING BGT YA KO KEV WKWK.Dari tulisan lu gue ngerasa itu seru gitu hahaha:3

    BalasHapus
  23. IT'S SOMETHING BGT YA KO KEV WKWK.Dari tulisan lu gue ngerasa itu seru gitu hahaha:3

    BalasHapus
  24. Wow, you must really happy, bro haha :D Setidaknya walau gak dapat nilai bagus nantinya pengalaman tentang Ujian Nasional lu bisa diingat sampai nanti lu punya anak haha~

    BalasHapus
  25. emang ko pengawas itu suka ngeselin

    BalasHapus
  26. Sett dah, pengawasnya ada ada aja.. :))

    BalasHapus
  27. lo follback nggk tuh pengawas cewek? :v

    BalasHapus
  28. Wahh kenak jebakan BATman loe kev :v

    BalasHapus
  29. Awkward juga ya Vin harus make ngerjain orang dulu hahaha

    BalasHapus
  30. Berarti lu bukan hanya terkenal di kalangan anak muda aja vin. Ternyata orang-orang tua juga kenal lu wkwk :D

    BalasHapus
  31. Emang lu kasih folkback tuh cewe?

    BalasHapus
  32. Boleh juga tuh vin trik ngerjain orang ala pak tara, nanti gue coba kerjain guru gue ah pake cara itu. jadi inget mantan, nama gurunya sama persis sama nama mantan ;(

    BalasHapus
  33. bukannya lo anak ips ya vin? kok ujian nya ada biologi sama kimia segala? *bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. adiozh cuman kevin anggara yg masuk ipa & teman2 yg sering bikin video di Ig masuk ips semua

      Hapus
  34. Pengawasnya mau PDKT mungkin sama lo x) >,<

    BalasHapus
  35. Dara Nur Aulia19 April 2015 07.07

    Hahahahaha......, gak nyangka. Kebayang deh, kalo ka kevin jadi artis dan udah kuliah. Kalo lg di kampus, pasti banyak yg minta foto. Dan dijamin hidup kaka gak bakal tenang karena di sepanjang jalan menuju kampus bakal ada aja orang yg minta foto bareng. Aku akan selalu berdo'a buat kaka, biar kaka gak stres. Hahaha

    BalasHapus
  36. Pengawasnya tenyata nge-fans juga sma lu kev :D

    BalasHapus
  37. "vin, follback ya", yang ini ngakak abis :D

    BalasHapus
  38. hore udah hampir kelar nih SMA nya, sukses terus ya vin :D
    akumah kalo orang tua jadi pengawas kakak juga pasti nyuruh poto wkwkw

    BalasHapus
  39. coba w yang jadi pengawasnya...enak tuh

    BalasHapus
  40. Suatu unsur yang saya dapat... Sebelum UN kita harus banyak bermain game bahasa inggris biar bisa ngerjakan soal

    BalasHapus
  41. Gue ngakak+mules disaat yg sama waktu bayangin gue ada di posisi lo..

    BalasHapus
  42. wkwk yg terkhir nya lucu :D semangat terus ya ko kevin :D :)

    BalasHapus
  43. Ngehek anget lah yaaa, jadi inget-inget masa Ujian nih habis baca postingan ini. Btw, gue mau nyelametin Vin. Selamat datang di dunia perkuliahan! Dunia yang nggak jauh absurd dari sekolahan. Bahkan lebih. Haha.

    BalasHapus
  44. Busetdah hahah, gue yg baca deg-degan bgt, eh ternyata pengawas nya minta foto, trus minta follback lg..... ah something bgtxD

    BalasHapus
  45. kak Kevin?
    Bukunya dijual di wilayah mana aja
    ke Sumut gak?

    BalasHapus
  46. Cie~ pengawas UN minta foto cie~ :D
    Semoga UNnya ga diulang -_- amin!
    Dan kita dapet nilai yang memuaskan! O:)

    BalasHapus
  47. Curigaaa,, semua pengawasnya punya instagram semua .___.

    BalasHapus
  48. enak nih udah selesai ujiannya. Semoga sukses ya nanti di kuliahnya :)

    BalasHapus
  49. dikira dipanggil pengawas karena kunci jawaban tong hahahaha

    BalasHapus
  50. hahahaha... kejadian yang greget vin.... xD
    yang penting moga lo lulus d dkv .... (y)

    BalasHapus
  51. Sumpah ngekeh wkwkwk kalau gue diposisi lo sih pasti tampang gue udah bego banget tapi seneng juga disisi lain. Semoga lulus ya vin

    BalasHapus
  52. Hahaha, diminta utk di folback, buruan folbek deh ko :v

    BalasHapus
  53. Hai vin, kamu keren! terinspirasi deh sama kamu ^^

    BalasHapus
  54. ada yang nanya cara edit video pake software apa nga ? :P

    BalasHapus
  55. wih.. tambah famous aja nih ko.
    btw emang ngeselin banget kalo ujian yg lain pada pake kunci. kasian yg belajar bener bener.

    BalasHapus
  56. Wih orang udah jadi orang terkenal nih*
    http://www.alfskh.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ehh. mampir kesini juga ternyata :v

      www.suckshare.blogspot.com

      Hapus
  57. sama mas saya kalau udah dirumah paling males baca buku pelajaran, paling cuma ngerjain PR doang. makasih mas menjadi inspirasi saya.

    BalasHapus
  58. Bener tuh vin . gue setuju kalau elu jadi kepala sekolah

    Tadi gue bacanya serius waktu lo di panggil pengawas , menurut gue lo ketauan mncri jawaban dengan bantuan kancing HAHA
    Eh ternyata malah di kerjain . popularitas lo semakin naik dah! *mantap

    BalasHapus
  59. pengawas trendy, untung gk diajak main video bareng kwkwkw

    BalasHapus
  60. Sama, lebih suka merhatiin di kelas daripada harus belajar lagi di rumah.

    BalasHapus
  61. pas bagian "Makanya, di sekolah gue belajarnya fokus biar bener-bener paham dan nggak perlu ngulang lagi di rumah. Itu prinsip yang gue pegang dari dulu. Seandainya dapet jelek pun, jeleknya masih wajar." kenapa sama ya.. ah kita sama. goldar AB juga ya Vin?

    BalasHapus
  62. kena jebakan batman /azek

    BalasHapus
  63. kalau gw bro! gak minta kunci gak minta apapun yang bersangkutan dengan jawaban UN. tappi pengawasnya baik. ngasih gw jawaban un yang benar(walau cuman beberapa soal). dan it's something pula vin!

    www.suckshare.blogspot.com

    BalasHapus
  64. Anjirr nyesel gua bacanya ujung"nya minta foto

    BalasHapus
  65. Artikel yang sangat menarik, terima kasih admin :))
    Kunjungi balik juga ya
    http://clayton88.blogspot.com | http://bit.ly/1sUU8dl | http://Agensbocasino.com | http://goo.gl/OraDLz | http://www.prediksibolajitu.online | http://goo.gl/RkuB4G | http://Bandarbola138.com | http://goo.gl/8rM20b | | http://M138.net | http://goo.gl/5dAkJO | http://clayton88.blogspot.co.id | http://www.layardewasa.top/

    BalasHapus

Terima kasih atas waktunya. Kevin Anggara (@kevinchoc).