Kembali

Selamat datang lagi dan KEMBALI. Iya, gue tahu udah lama banget nggak menulis di blog ini. Gue nggak akan menggunakan kalimat klise seperti: saking lamanya ditinggal, blog gue udah ada sarang laba-labanya. Atau, saking lamanya ditinggal, blog gue bukan hanya ada sarang laba-labanya, tapi lengkap dengan ekosistemnya. Intinya, gue udah jarang menulis sesuatu di blog…

Karya

Akhir-akhir ini, dunia YouTube Indonesia lagi penuh drama. Nggak perlu gue kasih tau, gue yakin kalian udah pada tau. Karena itu juga, kata-kata “vlog” pun tiba-tiba menjadi sensitif dan sakral. Lalu, banyak yang bertanya-tanya: apakah vlog itu termasuk karya? Tergantung. Menurut KBBI, karya adalah pekerjaan, hasil perbuatan; buatan; ciptaan. Sampe di sini, kita harus setuju…

Menahan Godaan

Akhirnya, gue nulis sesuatu yang serius lagi. Temanya berhubungan dengan bulan Ramadan ini. Yup, puasa. Gue yakin, pembaca blog gue ada yang menjalankan puasa, ada juga yang nggak. Mungkin, kita juga udah nggak asing dengan berita penutupan tempat makan di bulan puasa setiap tahun. Yang gue bahas ini nggak jauh-jauh dari itu. Kedua, tentang saling…

Niat

Nggak kerasa ya, postingan di blog gue udah lebih dari 150. Ini adalah postingan ke-165 di blog ini. Udah kelebihan lima belas postingan, gue baru nyadar. Yah, walaupun postingan-postinganya nggak sepanjang yang dulu, paling nggak gue masih tetap bisa konsisten buat nulis. Gue bisa disiplin. Walaun ada bolong-bolongnya juga, sih. Udah kayak puasa aja. Yang…

Gue Heran Sama… 3

21. Gue heran sama Vicky Prasetyo. Ya, siapa yang nggak heran coba sama manusia satu ini? 22. Gue heran sama orang-orang yang protes karena ada iklan di blog gue. Padahal, iklan di blog adalah salah satu sumber penghasilan seorang blogger. Walaupun nggak seberapa. Jujur, dengan pageview blog gue yang udah nembus 5,000an dalam sehari, pemasukan…

Belajar Menghargai

Kadang gue nggak habis pikir sama beberapa orang yang nggak bisa menghargai sesuatu. Mungkin tiap pelajaran budi pekerti, orang-orang ini bolos ke kantin. Makanya cuma bisa nyela usaha orang dalam membuat sesuatu. Nggak bisa menghargai. Padahal, mereka belum tentu bisa melakukan hal yang sama. Dan gue yakin, kerjaan mereka paling cuma nonton sinetron sambil makan…

1234