STOPMOTION

Baru-baru ini, gue lagi tertarik sama salah satu teknik animasi yang bernama StopMotion. Sebelumnya gue udah sering nonton sih video-video StopMotion di YouTube. StopMotion sendiri ini adalah salah satu teknik dasar dalam animasi. Di mana objek/benda digerakkan secara manual dan dipindahkan secara perlahan. Kemudian, setiap digerakkan secara perlahan, objek/benda tersebut harus diambil gambarnya (difoto) dan disusun secara berurutan. Nah, biar keliatan bergerak layaknya animasi, gambar-foto yang diambil digabungin semua jadi satu, terus diatur kecepatannya. 

 
Kecepatannya juga macem-macem. Misalnya nih, untuk durasi film 1,5 menit (90 detik) pada kecepatan 25 fps (frame per second), jumlah foto yang harus diambil adalah 2.250. Tiap 1 detik = 25 foto. Setelah semuanya dirangkai jadi sebuah video, biar menarik, tinggal ditambah musik, jadi deh StopMotion. 
 
Tau film “Shaun The Sheep“? Nah, itu adalah salah satu bentuk animasi StopMotion. Filmnya digarap dengan sangat teliti dan sangat detail. Domba, perkebunan, mobil, dan objek-objeknya disusun sedemikian rupa. Gerakan seperti berjalan, berlari, melompat juga disusun sampe keliatan halus banget. Pembuatannya? Nggak usah ditanya, pasti capek dan makan banyak waktu. 
 
StopMotion = Gerak dikit – foto – gerak dikit – foto – gerak dikit – foto – dst. 
Gue iseng nyoba bikin StopMotion. Awalnya niat itu datang secara tiba-tiba, pas gue lagi mau makan cokelat. Gue kepikiran, kenapa ini nggak gue jadiin StopMotion aja, ya? Kan siapa tau, hasilnya bagus. Gue langsung buat deh videonya. Kira-kira yang ini cuman makan 50-60an foto. Kemudian langsung gue upload di Instagram:
 

 
Gue jadi ketagihan, hari itu juga, gue langsung buat StopMotion Rubik’s. Jadi ceritanya, StopMotion itu berisi rubik yang diselesaikan dari keadaan teracak. Makan sampe 300an foto. Sayang, Instagram punya batas video 15 detik. Terpaksa gue cepetin jadi sekitar 10 fps biar bisa masuk semua. Jadinya cepet gini deh:
 

 
Gue juga bikin versi kecepatan normalnya, sekitar 30an detik. Gue upload di YouTube:
 
 
Klik ini kalo video nggak bisa di-play.

Nah, makin lama gue makin ketagihan. Gue bikin StopMotion lagi. Konsepnya gue lagi gambar buku gue di kertas, terus pas udah jadi, buku gue muncul beneran deh. Ini makan sekitar 250an foto, plus tangan gue pegel gambarnya. Niat awalnya sih pengen gue gambar pelan-pelan sampe jadi. Tapi karena udah pegel duluan, jadinya gue gerakin tangan gue nutupin buku dari kiri ke kanan, terus langsung jadi. Biar kesannya kayak sulap, padahal mah tangan pegel. StopMotion #SGFD:
 



Kalo mau buat StopMotion itu yang penting NIAT dan SABAR. Niat biar kita bisa mulai membuatnya. Sabar karena membuatnya itu lama dan makan waktu. Plus pegel. StopMotion paling pegel yang pernah gue buat itu yang rubik. Iya, karena emang baru buat 3 video StopMotion, dan yang paling lama itu yang rubik. Tangan kiri gerakin rubik, tangan kanan megang hape siap-siap foto. Begitu terus. Nggak jarang, gue malah lupa rumus nyelesain rubiknya karena harus gerakin pelan-pelan, terus difoto dulu. 
 
But, I enjoyed this so much.
 
***
 
Gue suka sama video StopMotion-nya Bena yang pake kaki. Itu buatnya pasti lama banget. Seharian. Salut deh sama Bena. Videonya keren, kreatif, dan menghibur. Buat yang mau liat video StopMotion-nya Bena, klik INI
 
Pas gue lagi asik bahas StopMotion di twitter, followers pada merekomendasikan gue untuk nonton video StopMotion Aulion. Pertama kali nonton video StopMotion-nya, gue langsung kagum sendiri. Keren banget, bro! Nih kalo nggak percaya:



Klik ini kalo video nggak bisa di-play.



Gimana? Tertarik bikin video StopMotion? Pernah buat juga? Share dong sama gue! 😀

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 85 Comments

  1. Anonim

    Kalo bikin stopmotion lewat video juga bisa kok, tapi pas ngerekamnya di pause (bukan di stop), jadi ga perlu banyak ngambil foto *saran.

  2. lamdre

    abis fotonya ke kumpul di apain lagi vin? ==a

  3. Tias

    Sering bikin stop motion tapi hasilnya kurang greget 🙁

  4. Saya suks stop motion Silverqueen. Langsun terbang ke Indomaret terdekat *ngidam cokelat*. Makasi Kak Kevin Anggara

  5. Unknown

    thx Kevin,membantu banget.. gue udah bikin beberapa video.. ini channel gue di youtube Algeo Manumpil. klw boleh nonton truss di koreksi yaa 😀 🙂 hehe di tunggu:)

  6. Unknown

    Gw baru mau buat ko.Masih susah nyari ide
    Hehehe

Leave a Reply