Dunia Ini Lebih Luas dari Ruang Kelas

Segenap pelajar SMA yang baru menjalankan UN sedang sibuk-sibuknya menikmati liburan. Beberapa ada yang deg-degan menunggu pengumuman kelulusan. Beberapa ada yang santai dan nggak begitu peduli. Gue termasuk orang yang biasa-biasa aja dan nggak begitu peduli dengan hasil pengumuman nanti. Karena gue udah siap dengan apapun hasil yang keluar nanti.

Justru kalo deg-degan, kita bisa bikin diri sendiri jadi semakin panik. Dan begitu hasil yang keluar nggak sesuai harapan, jatohnya malah bisa stres. Banyak orang yang nanya sama gue, kenapa nggak takut kalo misalnya nanti nggak lulus? Hey, dunia ini lebih luas dari ruang kelas.

Creativity

Hasil “tidak lulus” nggak bikin gue langsung mati. Justru itu adalah saat yang tepat untuk gue membuktikan bahwa hidup nggak melulu soal nilai. Lulus atau nggak lulus nanti, gue sendiri nggak akan mau buat ngulang sekolah lagi. Cuma ngabisin duit dan waktu, demi sebuah ijazah. Yah, kalo lulus gue akan lanjut kuliah. Kalo nggak lulus gue akan jalani hidup kayak biasa. Sesederhana itu.

Gue akan tetap jalani passion gue sekarang ini. Tetap nge-blog dan menulis kayak biasa. Tetap menghibur lewat video. Tetap menjadi diri sendiri, seperti sekarang ini. Yoi.

Gue bukan pesimis, tapi realistis. Gue sendiri susah optimis dalam hal apapun yang gue kerjakan, karena takut kecewa kalo hal yang gue kerjakan itu nggak sesuai harapan. Makanya gue selalu nurunin ekspektasi serendah mungkin, dan selalu cari solusi lain kalo-kalo emang bener hal yang gue kerjakan nggak sesuai harapan. Begitulah gue. Just don’t expect too much.

Kita harus selalu siap dengan setiap kemungkinan yang ada. Jadi buat temen-temen seperjuangan yang lagi nunggu pengumuman kelulusan, dibawa santai aja. Jangan terlalu dipikirin. Buat adik-adik kelas SD dan SMP yang nanti akan menjalani ujian, semangat belajarnya!

Tetap ingat, bahwa dunia ini lebih luas dari ruang kelas.


Ngomong-ngomong soal sekolah, buku kedua gue kebetulan masih mengambil tema ini. Sekarang buku gue udah selesai diedit dan sedang memasuki proses selanjutnya: pembuatan ilustrasi dan kover. Untuk judulnya, masih belum dipastikan. Tanggal terbitnya juga belum tau. Yang pasti sih, kata editor gue, bukunya bulan ini terbit dan siap nangkring di Gramedia. Tenang, bakalan ada pre-order dan edisi tanda tangannya kok. Nggak usah takut kehabisan. Bersiap-siaplah!

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 78 Comments

  1. Unknown

    Oke nice suka suka lo 😀
    Main unfair Mario lg vin gue seneng ngliatnya 😀

  2. Unknown

    vin itu cover bikinan ente.. kalo ya tolong dong kalau sempet atau mau bikinin tutorial siangkat juga gak papa mau video atau tex bergambar juga gak papa…

  3. Kevin Anggara

    Iya, emang yakin sih. Gue nggak lulus pun, nggak akan kuliah dan langsung tekunin passion yang udah gue jalanin. Banyak kerjaan yang nggak butuh ijazah. Gampang? FYI, gue ngumpulin duit buat kuliah pun sendiri, penuh perjuangan. Jadi, kalo lu bilang itu gampang, okelah, lu lebih pinter nyari duit daripada gue. Kalo analoginya mau lewatin jembatan, yang penting itu bisa berenang, nggak peduli sedalam apapun airnya. Yang penting, lu bisa berenang.

  4. Unknown

    Semoga semua nya lulus dan semangat meraih cita2 nya

  5. mudah mudahan pada lulus semua, kasian orang tua nya kalu ga lulus, ntar anak anak nya pada bunuh diri

  6. Unknown

    ternyata nggak cuman aku yang punya pemikiran kek gini :v .saluut bang. kereenn!!!!! #weseh

Leave a Reply