#NgeblogYuk dari Sekarang!

 
Gue sedang menulis draft postingan dengan segelas ice-coffee yang menjadi teman gue di setiap malam. Untuk mengistirahatkan pikiran sejenak, jari gue mulai mengklik tombol mouse dan berpindah tab dari blog ke twitter. Keasyikan scrolling timeline membuat telunjuk kanan gue keram. Gue lalu terhenti dan melihat sebuah twit dari Bena, yang isinya kurang lebih adalah ajakan untuk ngumpul bareng blogger-blogger di Jakarta. Kebetulan, Bena lagi free. Beli satu, gratis Bena. 
 
Sebagai seorang blogger yang sangat bersemangat, gue mengirim e-mail sesuai syarat untuk ikutan acara yang dinamakan #NgeblogYuk itu. Kalo dikonfirmasi, berarti ini adalah pertemuan pertama gue dengan Bena secara langsung. Pertemuan pertama yang nantinya akan dihiasi dengan obrolan-obrolan seputar internet dan juga blog. Pertemuan pertama yang nantinya akan mempertemukan gue dengan inspirator gue dalam dunia blog. Kalo dipikir-pikir, romantis juga, ya. 
 
Keesokan harinya, gue bangun dengan tujuan bermalas-malasan karena kebetulan hari libur. Gue lupa, kemarin gue sempet ngirim e-mail ke Bena. Tapi, habis scrolling timeline dan melihat Bena muncul lagi, gue langsung ngecek inbox e-mail. Dan ternyata, ada e-mail konfirmasi yang mengharuskan gue datang ke salah satu mall di Jakarta Selatan, menghadiri acara #NgeblogYuk bersama keempat blogger lain. Dua diantaranya adalah anak-anak komunitas blogger yang gue ikuti, Jamban Blogger.
Saat itu juga, gue langsung bersiap-siap untuk berangkat dengan TransJakarta. Gue adalah orang Jakarta yang punya keinginan untuk membuat Jakarta bebas macet, yah walaupun kemungkinannya lebih kecil dari mata gue sendiri, salah satu caranya adalah dengan naik angkutan umum ini. 
 
Nah, sesampainya di sana, gue keliling mall sambil naik-turun eskalator. Oh, bukan… gue bukan nungguin mereka. Tapi gue lagi nyari toilet, kebelet pipis, eh kencing. Pipis itu cewek, kencing itu laki! Beda, ya. Hape di kantong celana sebelah kanan gue kemudian bergetar, tanda ada sms yang masuk. Smsnya kurang lebih tentang pemindahan tempat acara berlangsung, dari salah satu coffee shop ke coffee shop lainnya. 
 
Sambil nungguin mereka, gue langsung mendatangi coffee shop yang dimaksud, memesan segelas ice cappucinno yang ternyata paling murah dari ice-coffee lainnya, kemudian mengeluarkan laptop untuk menulis postingan. Sampai akhirnya mereka datang, lumayan, gue udah dapet satu draft postingan. 
 
 
Oh iya, gue pengin kenalin dulu siapa aja yang datang di acara #NgeblogYuk ini. Yang pertama, udah jelas ada Bena yang ngadain acara seru ini. Bena adalah seorang blogger yang juga merangkap sebagai penulis buku “Benabook”. Lalu, ada Vendry, pemilik Moinblog yang isinya dijamin bikin perut menjerit kelaparan. Bikin ngiler pula. Ada juga teman dari Bena dan Vendry, yaitu Natasha, Brand Ambassador @iwearbanana. Sayang, blognya udah ditutup. Doi sekarang lagi bikin naskah buku loh. 
 
Nggak lupa dong, ada dua orang temen gue dari Jamban Blogger. Mereka adalah Ucup dan Tiwi. Ucup adalah seorang blogger yang baru-baru ini semangat banget nge-blog. Doi katanya sedang mencari jati diri. Ucup mengambil jurusan Public Relation, dan jelas, Ucup ini orangnya nggak bisa diem. Tiwi, yang baru-baru ini kuliah dan mengambil jurusan Sastra Indonesia. Suka nulis cerpen dan puisi di blognya. 
 
Gue juga dapet temen baru di acara ini. Ada kak Pingkan yang ternyata paling senior di antara kita. Bayangin aja, doi udah nge-blog sejak 2003 di Friendster! 2003 itu gue baru aja umur 6 tahun dan masuk SD. Kemudian ada Ravi, salah satu teman Bena, yang baru nge-blog belum lama ini. Blognya berisi tentang Fashion DIY, dan menjadikannya sebagai fashion-blogger cowok pertama yang gue kenal. Terus yang terakhir, ada Sabila yang jauh-jauh dari Bekasi untuk ikutan ngeramein acara ini. Totalnya jadi ada 9 orang. 
 
 
Oke, here we go ke inti acaranya. Di acara ini, kita saling sharing soal blog, review blog, berbagi pengalaman, sampai curhat dan yang terakhir main games. Yang awal-awalnya pada diem-dieman doang, lama kelamaan suasana jadi cair dan kita mulai akrab satu sama lain. Berkat Ucup dan Ravi juga yang pinter ngomong dan bikin acara makin seru. 
 
Dari acara ini, gue juga jadi dapet banyak ilmu tentang nge-blog. Sampai akhirnya di penghujung acara, yaitu kesimpulan, Bena memberikan kesan dan pesan untuk kita. Pesan-pesannya positif, membangun dan bermanfaat banget. Nggak nyesel deh dateng ke acara ini, dapet temen baru, dapet pelajaran juga. Gue juga ikut-ikutan ngomong, setelah dipaksa sih. 
 
“Pada dasarnya, nge-blog itu untuk berbagi. Bukan untuk terkenal dulu.” Gue membuka suara. Suasana mendadak jadi serius. Bena membenarkan kacamatanya. Vendry membenarkan posisi duduknya. Ucup menatap mata gue dalam-dalam. Tiwi mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Pingkan langsung menoleh ke arah gue. Sabila tetap diam dalam posisinya. Ravi… kemana Ravi?! 
 
Oh, ternyata Ravi duduk di belakang gue. Ravi kemudian melepaskan topinya.  
 
“Gue nge-blog sih buat berbagi dulu ke pembaca.” Gue melanjutkan. “Perihal terkenal atau yang lainnya, itu cuman bonus. Kalo kita sering-sering berbagi dan konsisten, pada akhirnya kita juga bakal dikenal dengan sendirinya.” Suara gue masih tetap kecil, tapi masih bisa didengar oleh semua yang ada di situ. 
 
Gue juga mendapatkan pertanyaan dari Ravi, “Ada batasan minimal berapa post dalam satu bulan?” Gue jawab “Ada. Kalo gue, mulai dari Februari kemarin mulai konsisten dan serius nge-blog. Minimal 4 postingan dalam satu bulan. Gue juga punya jadwal sendiri dalam publish postingan. Biasanya setiap Sabtu, malam minggu.”
 
“Setelah publish postingan di hari Sabtu, gue kemudian menyiapkan postingan untuk Sabtu berikutnya. Jadi, bukan tiap hari Sabtu, gue baru ngetik lalu langsung publish. Biasanya, gue selalu siapin postingan duluan. Ada beberapa postingan gue yang nggak di-publish di hari Sabtu. Itu biasanya postingan penting, atau untuk keperluan event.” 
 
Ravi menambahkan, “Apa hambatan nulis di blog?” 
 
 
Bena yang pertama kali menjawab. Tapi Vendry langsung nyeletuk, “Bena itu selalu punya rencana untuk nulis di blog. Idenya banyak banget. Nah, karena kebanyakan, biasanya malah nggak jadi”. Bena tertawa, lalu membenarkan kata Vendry. Bena juga bocorin sedikit rahasia, kalo dia sekarang lagi pengin bikin blog baru. Tentang… ah namanya juga rahasia.
 
Gue kebagian untuk menjawab. “Hambatan gue nulis di blog, hmm… paling ada pembaca yang nggak setuju dengan postingan gue. Itu doang. Padahal, mereka nggak harus setuju kok. Karena semua orang punya pendapatnya masing-masing.”
 
 
Waktu terus berjalan, nggak kerasa acara udah mau selesai. Sesi terakhir, kita foto-foto bareng, dan baru inget kalo kita semua punya hape. Soalnya, saking seru acara #NgeblogYuk, kita nggak sempet mainin hape. Hehe. Gue juga nggak lupa foto-foto bareng Bena, terus gue ngasih buku #SGFD ke Bena. Yah, ini pertemuan yang keren banget. Selanjutnya, gue berharap bisa ikutan lagi. 
 
 
Nah, temen-temen, menurut gue, nge-blog itu bener-bener bermanfaat loh. Selain bisa nambah banyak temen baru, kita bisa nambah pengetahuan juga. Cerita-cerita yang kita tulis di blog juga nantinya bisa kita baca lagi di hari tua, bisa diceritain ke anak-cucu juga. FYI, Bena ini pernah dapet undangan ke luar negeri loh berawal dari nge-blog. Dari nge-blog juga Bena sempet sharing, dia bisa bayar uang kuliahnya sendiri. Jadi mengurangin beban orang tua juga. Wow. Buat yang masih males update blog dan baru mau bikin blog, semoga postingan ini bermanfaat, ya. #NgeblogYuk dari sekarang!

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 54 Comments

  1. hlga

    kemarin udah pengin join juga acaranya si bena ini
    cuma ga sempet bentrok sama acara lain.

    salam kenal bro. tulisan lo bagus, rapi, dan kayanya lo blogger lama deh kayanya
    soalnya nama lo familiar banget

    hehehe

    1. Kevin Anggara

      Salam kenal juga, bro. Blogger baru kok, baru setahun ini, belum lama hehe 😀

  2. Tofik Dwi Pandu

    widih enak juga bisa ketemu bena, dan blogger senior lainnya.

    kalo gue sendiri sih hambatan buat posting karena males ajah, ga nanya yah, yaudah ngasih tau jah hehe . salam kenal vin

    1. Kevin Anggara

      Yoi dong hehe, makanya kalahkan rasa males itu~

      Salam kenal juga..

  3. hambatan hanya pada penulis yang ga setuju. Bearti kevin ga pernah kehabisan ide buat posting apa yaa ?

    Eh, kalo baca dari tulisannya ga nyangka kevin masih 16 tahun 🙂 hehe

    1. Kevin Anggara

      Semua kan punya pendapat masing-masing, kalo nggak setuju ya bukan urusan gue hahaha.

  4. Anonim

    Dari ngeblog bisa dapet pacar nggak, ya?

  5. Putri Sukoco

    wah,bagus itu perlu dikembangkan, slam kenal ya salam blogger

  6. Unknown

    Asiikkk, jadi temen fashion blogger pertamanya Kevin..
    hahahaha

    Yepp.. kalimat "Pada dasarnya, nge-blog itu untuk berbagi. Bukan untuk terkenal." was like a slap to the face (for me)..
    hahaha 🙂
    But thanks to you
    karena itu gue ngubah mindset awal dari ngeblog itu sendiri dan jadi semakin semangatt ^^

    By the way,it was really nice to meet you 🙂
    Semoga kapan-kapan bisa ketemu dan berbagi sama blogger komunitas kancut keblenger lainnya..
    *cheers*

    xx
    RAVI AGUSTIANA

    1. Kevin Anggara

      Nice to meet you too, Ravi 😀

      Makin semangat ngeblognya! Hehe.. Amin *cheers*

  7. Arman Zega

    kemarin juga baca postingan ucup bahas ginian.
    asik banget tuh pasti ya.
    jadi iri gua.
    haha

    eh, main main ke blog gua juga ya

  8. Ilham Bachtiar

    Bahasa lo enak dibaca sob, sipp.. Dari awal ngeblog lo emang udah sekonsisten ini ya nerapin jadwal posting ?

    1. Kevin Anggara

      Makasih, sob. Hehe. Awal ngeblog masih asal-asalan, curhat nggak jelas dan gitu-gitu lah. Awal 2012 baru coba nerapin jadwal posting gini biar konsisten hehe.

Leave a Reply