Liburan di pesiar gue mulai dengan tidur. Hari pertama gue pakai untuk mengistirahatkan badan, biar besok-besok badan jadi seger dan gue siap menjelajah seisi pesiar dengan penuh semangat. Gue keluar kamar cuma untuk makan malam dan jalan-jalan karena di dalam kamar… dingin. Yah, anggap aja bersantai-santai dahulu, bersenang-senang kemudian.

23 September 2013

Pesiar akan mendarat di Phuket (Thailand) pada pukul 18.00 sore. Nggak banyak hal-hal yang gue lakukan hari ini. Jalan-jalan sebisanya aja dalam pesiar. Dan hari ini, gue sengaja nggak nge-charge iPhone gue. Pengin ngeliat sejauh mana gue bisa bertahan.


Beberapa jam terlewati dengan sangat membosankan. Gue disuruh jalan-jalan, tapi malah males dan memilih untuk tidur-tiduran di dalam kamar.


Pukul 18.00 sore, gue nyampe di Phuket. Rencananya, pesiar akan berlabuh di sini sampai pagi nanti. Gue nggak jalan-jalan di sini. Karena keluarga gue yang lain juga nggak niat sih sebenarnya. Gue hanya turun sebentar buat nemenin nenek, adiknya kakek, dan tante belanja oleh-oleh. Buah-buahan tepatnya. Habis itu, langsung balik ke pesiar. Walaupun aktivitasnya cuman gitu aja, tapi ada satu fakta menarik yang bisa gue simpulkan:


Gue bisa melewati hari ini tanpa menyentuh iPhone.


24 September 2013

Hari ketiga, tenaga dan batere iPhone gue udah terisi penuh.


Gue dibangunkan tepat pukul 06.30 untuk sarapan. Gue bangun dengan semangat dan langsung beranjak mandi. Tempat sarapan yang akan gue kunjungi nanti adalah salah satu tempat yang paling gue sukai di dalam pesiar ini. The Mediterranean Buffet adalah nama dari tempat yang gue maksud. Salah satu restoran yang berada di lantai 12 ini menarik hati gue sejak kedatangan gue pertama kali, 3 tahun lalu. Walaupun menarik hati, gue nggak sampe jadian kok. Gue bertiga (nenek dan tante) menuju ke lantai 12 menggunakan lift. Keluar dari lift, belok ke kiri dikit, lalu lurus terus melewati kolam renang.


Kolam Renang di lantai 12 SuperStar Virgo

Di sayap kanan dan kiri kolam renang, ada tempat duduk yang langsung menghadap ke laut lepas. Capek berenang? Istirahat di sini sambil ngeliat pemandangan laut sepertinya ide yang bagus.

SuperStar Virgo

Setelah melewati kolam renang, The Mediterranean Buffet langsung keliatan saat pintu otomatis (yang kayak di mall-mall itu) membuka. Taraaaa:

SuperStar Virgo

Tentunya, harus antre dulu biar masuknya tertib. Kebetulan, pagi ini masih sepi. Kami masuk dengan menggunakan access card. Lalu, mbak-mbak cakep yang jagain pintu masuk akan berkomunikasi dulu dengan beberapa asisten di dalam (menggunakan semacam telepon yang biasa dipake satpam), untuk memastikan ada meja yang kosong atau nggak. Setelah mendapatkan meja yang kosong, kami dipersilahkan masuk dan duduk di meja sesuai nomor yang tertulis. Nah, pasti kalian bertanya-tanya, kenapa gue suka tempat ini?

The Mediterranean Buffet seingat gue buka empat kali dalam sehari. Pagi, siang, sore (waktu minum teh), dan tengah malam. Menu-menu yang disediakan juga berbeda-beda. Pagi hari, gue bisa menemui makanan-makanan breakfast ala Eropa maupun Asia. Ada makanan “ringan” seperti sereal, roti, dan kue yang bermacam-macam. Untuk minumannya, ada susu, kopi, teh, jus, dan air putih. Siang hari, makanan yang disediakan lebih “berat” porsinya. Sore hari, hanya teh dan beberapa snack kecil. Tengah malam = sama dengan siang hari.

Semuanya tinggal ambil sendiri. Sebanyak-banyaknya, bebas! Dan yang bikin gue makin betah, makan di sini bisa sambil ngeliatin laut lepas. Perut kenyang, mata juga kenyang.

The Mediterranean Buffet SuperStar Virgo

The Mediterranean Buffet SuperStar Virgo

Makan sambil memandang jendela dengan pemandangan laut lepas itu asik.

Pukul 12:00 siang, ada acara BBQ. Tempatnya ada di kolam renang yang pertama kali gue lewati. Banyak stand makanan yang dibuka di sana, dan semuanya gratis. Ada es krim, daging panggang, kue, macem-macem deh. Rasanya, kayak ngerayain tahun baru di atas pesiar. Rame banget. Biar lebih meriah, ada seorang DJ di dekat kolam renang yang memutar musik. Asoy. Gue nggak mau pulang kalo gini caranya mah. Seminggu aja gue di sini, mungkin berat badan gue bisa nambah drastis.

Cukup makan-makannya.

Tujuan pesiar hari ini adalah Langkawi. Pesiar sampai di Langkawi kira-kira pukul 13.30 siang. Ceritanya udah bisa dibaca di sini.
 

Selesai jalan-jalan di Langkawi, nenek, adiknya kakek, dan tante gue balik ke tujuan utama mereka datang ke sini. Casino. Sedangkan gue, inilah waktunya untuk menjelajah isi pesiar. Yeah!

Gue mulai dari perpustakaannya. Masih di lantai 12, perpustakaannya ada dekat dengan lift. Keluar lift, belok kiri dikit, lurus.. Nah, perpustakaannya ada tepat di sebelah kiri tempat gym. Perpustakaannya nggak terlalu besar. Dilengkapi dengan beberapa komputer untuk browsing, sofa, dan beberapa lemari dari kayu yang membuat tempat ini jadi nyaman. Sebagian besar koleksi bukunya berbahasa Inggris. Makanya, gue bawa beberapa buku sebagai bahan bacaan. Termasuk buku gue sendiri dong. Hehe. Hehehe.

SuperStar Virgo

SuperStar Virgo

SuperStar Virgo

Asiknya baca buku di sini, gue masih tetep bisa ngeliat pemandangan laut lepas. Makanya, gue sengaja pilih tempat duduk yang menghadap ke jendela. Baca buku sambil dengerin musik slow, terus ngeliat ombak yang menari dari atas pesiar. Beh…

Setelah baca buku (walaupun belum selesai), gue masih tetep berkeliaran di lantai 12. Gue pergi ke belakang pesiar. Melewati kolam renang tadi, juga The Mediterranean Buffet. Ternyata, masih ada sebuah restoran gitu dan kolam renang kecil.

SuperStar Virgo

Gue jalan-jalan sebentar, menikmati udara sore hari dengan bebas. Angin di atas pesiar lumayan kenceng. Kalo badan gue seberat kertas, mungkin gue udah terbang karena tertiup angin.

Tenang.. gue belum turun dari lantai 12. Gue pengin menikmati sunset dari atas sini. Gue malah naik satu lantai (sebenarnya bukan lantai 13 juga sih) dari tempat diadakannya BBQ. Karena nggak ada yang bisa diminta untuk fotoin, gue malah sempet foto diri sendiri pake timer. Bolak-balik, ngecek fotonya, ternyata jelek, ulang lagi. Mungkin, orang-orang yang lagi bersiap menikmati sunset di seberang gue juga bingung kali, “Ini anak ngapain dari tadi bolak-balik?”

SuperStar Virgo

SuperStar Virgo

SuperStar Virgo

Puas menikmati udara sore dari lantai paling atas, gue nggak langsung turun. Gue pergi ke luar untuk bersiap-siap mengabadikan foto sunset.

SuperStar Virgo

Nggak bagus-bagus banget hasilnya. Tapi yang jelas, saat itu langitnya berwarna biru gelap dan merah muda. Matahari udah mau tenggelam. Lagi asik-asiknya motret, tiba-tiba ada empat orang (keluarga) yang juga sedang melakukan hal yang sama dengan gue. Yakin deh, bentar lagi gue pasti disamperin untuk fotoin mereka. 5.. 4.. 3.. 2.. 1..

SuperStar Virgo

Can you…”

Yes.. yes..” pertanyaannya belum selesai, tapi udah gue jawab sambil menganggukkan kepala. Kemudian gue mengambil kamera yang diberikan dan mengabadikan foto mereka berempat. Keluarga bahagia dengan dua orang anak yang sedang menikmati liburannya di sini. Setelah mengucapkan terima kasih, mereka masih melanjutkan foto-foto dengan latar belakang langit yang udah mulai menggelap.


SuperStar Virgo

***
Inilah malam terakhir gue di dalam pesiar. Walaupun kebanyakan ceritanya berasal dari lantai 12. Dari nggak ada yang fotoin gue, sampe disuruh fotoin orang lain. Dari yang males pergi ke luar kamar, sampe akhirnya keluyuran di pesiar sampe tengah malam. Dari hari pertama dan kedua yang biasa-biasa aja, sampe hari terakhir yang bagi gue berkesan. Gue agak nyesel, kenapa hari pertama dan kedua gue sebagian besar cuma dihabiskan di dalam kamar. Justru hari terakhir lah gue baru beneran “jalan-jalan”.

Gue nggak bisa tidur-tiduran terus di kamar. Kalo gitu mah nggak usah liburan, di rumah juga bisa tidur-tiduran doang. Gue harus ke luar dari kamar dan mencoba sesuatu yang baru.

Dan gue baru sadar, di hari terakhir inilah gue baru mendapat banyak pelajaran karena udah jalan-jalan. Dari sopir taksi di Langkawi, gue belajar tentang budaya baru. Dari sekeluarga yang minta difotoin, gue belajar bahwa sebenarnya gue cuma harus lebih berani untuk minta tolong orang fotoin gue. Biar nggak capek aja bolak-balik foto pake timer sendiri. Terakhir, gue juga belajar… bahwa hanya dengan pergi lah gue tau ke mana harus pulang.

Tapi, gue belum mau pulang. Besok pagi, pesiar akan kembali mendarat di Harbour Front. Lalu, gue pun akan melanjutkan sisa liburan ini di… Marina Bay.

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 42 Comments

  1. Admin

    Gk cuma makanan yg bikin ngiler… cerita liburan lo pake pesiar bikin ngiler. Iriii… -_-"'

  2. Anonim

    ngiri gw vin -,-

  3. Unknown

    Berapa banyak biaya yang mesti keluar vin? 😀

Leave a Reply