Yang Penting Nggak Penting? Nyunyu.com Jawabannya

Tulisan yang cerdas adalah tulisan yang membuat pembacanya mikir. Kayak misalnya, apa situs anak muda terkini yang seru banget? Iya, bener. Nggak usah mikir juga kalian udah tahu jawabannya: kevinanggara.com… eh maksud gue nyunyu.com. Bentar lagi udah mau tahun baru 2014, dan kalian belum tau apa itu nyunyu.com? Let me explain to you. 
 
Nyunyu
 
Nyunyu.com adalah sebuah situs kreatif, yang dibuat oleh anak muda, dan ditujukan untuk anak muda juga. Kira-kira, begitu info yang gue dapet dari sini. Gue masih inget persis, dulu, tagline nyunyu.com masih “Yang Muda Yang Berjaya”. Coba search keyword itu di google, dan kalian bakal mendapatkan nyunyu.com nangkring di page pertama. 
 
Seiring naiknya harga cabe-cabean (bukan konotasi) dan meningkatnya kebutuhan manusia akan WiFi gratis, situs yang dibuat pada tanggal 3 Februari 2012 ini pun mengubah taglinenya menjadi “Yang Penting Nggak Penting”. Kenapa begitu? Karena bagi nyunyu.com, semua yang penting bakalan dikemas secara nggak penting. Dan semua yang nggak penting bakalan dikemas secara penting. Karena itu, yang penting nggak penting!
 
Gue sendiri udah tau situs nyunyu.com dari 2012. Awalnya sih cuman seneng baca-baca aja dan iseng buat akun biar bisa main di #MasihSingle. Tapi karena (lagi-lagi) lupa password, belum lama ini gue baru buat akun lagi. Ini nih akun Nyunyu gue: 


Nyunyu
 
Di nyunyu.com, gue sering mantengin rubrik MAIN ARTICLE. Isinya adalah artikel-artikel seru nan menghibur tentang fenomena sehari-hari yang bisa bikin kita mikir, “Anjir, bener juga! Kok gue nggak kepikiran, ya!”. Artikelnya menarik, karena dikemas secara ringan dan santai. Bahasa yang dipake juga bahasa anak muda bingit
 
Nyunyu
 
Nah, menu MAIN ARTICLE ini bisa kita klik, dan nantinya bakalan muncul rubrik-rubrik yang berkaitan. Article, ibaratnya timeline twitter yang isinya artikel-artikel dari #nyunyuTEAM. Rekomendasi, sesuai dengan namanya, artikel-artikel pilihan rekomendasi yang hacep bakalan ada di sini. Pemadam Kelaparan, nah ini yang nggak boleh dilewatin. Selain bisa bikin laper, review beberapa tempat makan juga disajikan dengan informatif dan pastinya bikin makanannya berasa langsung ada di depan kita. Saran gue, siapin banyak tissue karena kalian bakalan ngiler. Events, berisi tentang event-event terkini yang up to date. Buat yang ngaku gaul banget, harus selalu mantengin rubrik satu ini, nih. Dan yang terakhir, Nyubrol. Nyunyu bakal ngundang tamu-tamu keren buat diwawancarain atau sekedar diajak ngobrol santai. Gue termasuk salah satu yang pernah masuk rubrik ini. Artikelnya bisa dibaca di sini
 
Yang penting nggak penting!
 
Masih seputar menu di nyunyu.com, selanjutnya ada rubrik Kosanyu (Komik Sarang Nyunyu). Berisi tentang komik-komik kocak, yang setau gue, dulu bakalan rilis setiap pukul delapan malam. Komik-komiknya mewakili isi hati pembaca, karena diambil dari hal-hal yang terjadi sehari-hari. Ayo, update lagi dong rubrik ini, Nyu!

Nyunyu

 

Ini dia, rubrik bagi para jomblo yang maunya dipanggil single: #MasihSingle. Di rubrik ini, para member nyunyu.com bisa nyari pacar loh. Yang lebih kerennya lagi, ada fitur yang bisa mengatur pencarian sesuai dengan keinginan kita. Iya, kita bisa ngatur pencarian berdasarkan gender, umur, hobby, kota, sampai nama. Tapi saran gue, jangan ngatur pencarian sampai kayak gini: 
 
Gender: Female. Umur: <= 19. Hobby: Bermain Musik. Kota: DKI Jakarta. Nama: Handoko. 
 
Nggak bakalan nemu! 
 
Buat yang suka curhat dan bingung mau nampung curhatannya di mana, tenang… Di nyunyu.com, ada rubrik #PojokGalau yang siap menjawab setiap keresahan dari kalian. Rubrik ini dibagi dua lagi, ada Solushit dan TTM (Tanya-Tante-Mer). Kalo di Solushit — yang curhatannya bakal dijawab oleh Alitt  biasanya konsultasi seputar cinta-cintaan doang. Nah, kalo di TTM, lebih ke curhat yang personal dan berbau dewasa. Biasanya, remaja yang penasaran dengan hal-hal yang dilakukan oleh orang dewasa bakalan konsultasi di sini. 

Karena nyunyu.com itu kreatif, tentunya nggak cuman artikel berisi tulisan-tulisan aja yang ada. Di #NyunyuTUBE, ada dokumentasi berupa foto dan video yang dibuat oleh #nyunyuTEAM. Yang paling gue suka, mungkin interactive video “Modar Kombat!” dan “Berbagai Macam Ekspresi Jangan”.
 
Yang terakhir, mungkin termasuk salah satu event juga, namanya FESTREEVAL. Itu tuh, lomba poster dan foto dengan tema “My Tree My Life“. Salah satu ajang lomba yang mengajak kita untuk peduli dengan lingkungan. 
 
Yang penting nggak penting!
 
Kalo buka situs nyunyu.com, coba deh kalian perhatiin lebih detail. Di bawah slider, ada menu lagi seperti gambar di atas ini. Menunya bisa kalian geser ke kiri dan ke kanan, sesuai kebutuhan. Isinya adalah kategori-kategori dari MAIN ARTICLE tadi. 

Nyunyu
 
Buat yang udah kenal Nyunyu dari lama, pasti tau siapa tokoh pada gambar di atas. Yap, pasangan absurd si Burhan dan Anyep. Sekarang udah jadian belum, ya?

 

Nyunyu


Di Nyunyu, tiap minggunya ada rubrik Weekly Coys! dan Weekly Playlists loh. Ketinggalan artikel-artikel seru? Jangan takut, semua artikel pilihan yang menarik bakal dirangkum di Weekly Coys! Nah, di Weekly Playlists, ada playlist-playlist pilihan tiap minggu yang punya tema berbeda. Misalkan playlist dengan tema penyalur kebencian, lagu yang bisa bikin ketiduran, lagu yang bisa jadi moodboster (kata Oka, sih, mdbstr) sampai lagu biar kamu berani ungkapin cinta


Nyunyu


Buat yang suka bengong sambil natap Baygon, sekarang kalian udah punya temen nih. Daripada natap Baygon, mending main ke rubrik Temen Bengong di Nyunyu. Di sana, ada video-video yang bisa nemenin kalian bengong sambil lupa kalo di depan kalian ada Baygon. Gue suka Temen Bengong edisi video timelapse. Kebetulan, kemarin gue baru belajar bikin timelapse

NYUNYU
 
Buat yang mau daftar jadi member di nyunyu.com, gampang loh caranya. Tinggal ngisi fullname, username yang kalian pengen, dan password di kolom “Daftar Akun Baru”. Cara lain, bisa juga daftar dengan akun facebook kalian. Tinggal klik “Sign Up for Nyunyu Sosmed” aja. Kalo udah, tinggal login, deh. 

Nyunyu


Mengenai tampilan Nyunyu di desktop version, udah sedikit gue kasih liat gambarnya di pembuka tulisan ini. Tampilannya yang sekarang terkesan flat dan minimalis. Untuk mobile version (gue biasa buka dari iPhone), tampilannya juga nggak kalah elegan. Plus responsif pula. Saran gue ke depannya nanti, Nyunyu bikin apps buat para pemakai gadget, mau itu buat Android ataupun iOS. Tujuannya: biar para pengguna gadget nggak melulu sibuk chatting atau sekedar scrolling timeline twitter di kala jenuh, tapi malah buka apps Nyunyu! 


“Eh, lo ngapain? Seru banget, lagi stalking timeline siapa sih?”

“Nggak, ini gue lagi buka apps Nyunyu. Download dong, artikel-artikelnya seru loh!” 

 
***
 
Gue curiga, nama Nyunyu berasal dari kata unyu yang diunyu-unyukan. Unyu, kan? Jadinya Nyunyu, deh. Selama gabung di situs berlogo burung hantu unyu ini, gue jadi punya banyak bacaan yang menghibur dan temen-temen baru. Dari Nyunyu, gue kenal penulis-penulis keren kayak Oka, Fallen, Alitt, Todjon, Enad, dan masih banyak lagi. 
 
Dari tulisan-tulisan mereka di Nyunyu, gue belajar banyak. Bahwa dari hal di sekitar kita aja, apapun itu, bisa dijadikan sebuah tulisan yang menarik. Dari kegelisahan dan keheranan kita terhadap suatu hal, bisa dijadikan tulisan dengan sudut pandang diri kita sendiri. Karena, mengutip dari Raditya Dika, menulis adalah menjawab kegelisahan. Kita menulis untuk menjawab kegelisahan pembaca. Kalo kita banyak kegelisahan, berarti kita juga banyak penderitaan. Tapi, nggak apa-apa. Banyak penderitaan, banyak juga karya yang dihasilkan. Ini yang namanya menderita tapi bermanfaat
 
Ke depannya, semoga Nyunyu makin kreatif, seru dan berjaya. Membernya makin banyak juga pastinya. Mari, kemas sesuatu yang penting jadi nggak penting, dan yang nggak penting jadi penting. Karena bagi nyunyu.com… Yang Penting Nggak Penting!
 
Nyunyu
 
Ikut seru-seruan juga yuk bareng Nyunyu! Nyunyu lagi ngadain testimony contest buat para blogger di Indonesia. Caranya? Gampang. Tinggal tuliskan testimoni tentang website nyunyu.com di blog pribadi kalian. Selengkapnya, kalian bisa baca ini. Eh iya, yang nggak kalah keren, kalian bisa ngirim artikel loh ke Nyunyu. Siapa tau nanti kepilih buat dipajang dan tentunya makin eksis, deh. Tulisannya maksud gue. How to Send Article.
 
NYUNYU, Yang Penting Nggak Penting!

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 85 Comments

  1. @romiyooo

    Wah saingannya mastah blogger nih. Nyerah deh nyerah.. 🙁

    1. GIZ

      Mas'e ini lho merendah muluk, padahal artikelnya doi ada di khayangan gitu :'3

  2. Unknown

    Gue harap nyunyu ini bisa berkembang dan jadi populer seperti Malesbanget.com jadi website kreatif anak muda semakin banyak deh!

Leave a Reply