Halo buat para pembaca setia blog ini. Cielah kayak punya aja. Lama nggak update blog, baru sekarang deh sempet. Sabtu kemarin seharian penuh ada kopdar sama salah satu komunitas blogger. Maklum, lah. :))
 
Oh iya, gue punya jadwal update postingan tiap hari Sabtu. Entah kenapa, udah terbiasa aja. Biar gue serasa punya deadline gitu kayak penulis beneran. Jadi, hari ini sedikit gue “langgar”. Tapi nggak apa-apa lah, yang penting update. 
 
Hari ini gue pengen bahas sedikit tentang blog gue. Terutama template dan headernya. Menurut gue, emang bener sih, rada mirip sama blog Alitt dan Bena. Mirip sama blog Alitt karena layoutnya, mirip sama Bena karena warna merahnya. Padahal nggak ada maksud ngikutin. Gue kebetulan suka warna merah dan template simple gini.

Gue bikin template ini bawaan dari template blogger yang simple, terus desain sendiri sampe kayak sekarang ini. Gue nggak suka yang ribet-ribet. Kayak gini menurut gue udah simple dan pas. Jadi, kalo mirip ya wajar. Gue juga baru nambahin fitur “slider” di bawah header. Lumayan lama buatnya. Sekarang bawaannya jadi makin mirip blog Bena.
 
Oh iya, Alitt dan Bena ini adalah inspirator gue juga dalam dunia blogging dan menulis. Udah gue bahas di sini. Yap, sekarang template blog-blog yang kebetulan gue kunjungin juga udah mirip-mirip semua kayak gini. Dominan warna merah. Ada yang biar beda diganti warnanya doang. Ada.
 
Oke, cukup basa-basinya soal template blog ini. Selera template blog gue, Alitt, dan Bena ternyata sama. Yang penting, gue nggak bener-bener plagiat dan copas. Apalagi sampe copas isinya. Heuheu..
 
Lanjut lagi…
 
Awalnya background blog gue itu batik gitu, tapi nggak sempet gue screenshot semua. Gue cuman punya headernya doang satu: 
 
Untung belum ada sarang laba-laba.
 
Iya, itu pas awal 2012. Itu adalah header versi pertamanya. Versi kedua yang ada kacamata gitu, dan gue taroh di tengah. Pas gue cari-cari di data komputer, nggak ketemu. Mungkin pembaca blog gue dulu pada tau atau inget. Cuman ini berkas yang gue punya. Hiks.
 
Dari template batik itu, gue langsung rombak abis jadi kayak sekarang. Dominan warna merah putih, sampe sekarang juga masih tetep (terinspirasi dari warna bendera Indonesia juga, nih). Cuman ada beberapa pergantian header.
 
1.
2.
3.
4.
Gue bahas dari nomor 1, ya. Itu mungkin (udah agak lupa) adalah header pertama gue saat ganti template. Ada meme Mother of God, yang kemudian dibawahnya gue tambahin tulisan Mother of Blog. Ada gambar kacamata, rubik, sepatu futsal gue, dan beberapa icon sosial media. Taglinenya masih: Catatan sesat seorang pelajar. Juga ada kata: “Don’t be stupid!” yang gue bawa dari blog terdahulu. Di tengah-tengah, gue masih pake kata ABSURD BLOG. Ciri khas, broh.
 
Header ke 2. Nggak banyak yang berubah, ya. Tambahan logo windows (waktu itu gue lagi demen sama windows phone), Nokia Lumia merah, dan gitar.  Mother of Blog udah gue ganti jadi: an ABSURD little thing called BLOG.
 
Header ke 3. Nah ini, nih! Gue baru menang iPhone 5 dari lomba blog saat itu. Jadi, langsung aja gue ganti logo windows dan Nokia Lumia-nya menjadi logo Apple dan iPhone hitam. 
 
Header ke 4. Cuman ada perubahan warna iPhone. Saat menang, gue ngarepnya dapet yang warna hitam. Eh dapetnya yang putih. Yaudah deh. Diganti lagi, ya. Di header ke 4 ini juga gue udah ngerubah kata “ABSURD BLOG” menjadi “ABSURDISME”. Gue nemuin kata ini tanpa sengaja. Waktu itu lagi ngetren kata dengan akhiran -isme. Pas gue tambahin kata absurd, eh cocok juga. Absurdisme bisa dibaca langsung, bisa juga dipisah jadi absurd is me. Gue = absurd, gitu.
 
 
Di header kelima ini, gue agak rombak dari yang dulu. Ada kartun gue-nya di kiri dan kanan. Rubik dan gitar masih tetap. Penambahan icon aplikasi iPhone yang menurut gue unik, emoticon Line, tulisan “Trust me, i’m a blogger!” dan “writer: Kevin Anggara”. Jadi lebih simple menurut gue.
 
————–
 
Seperti gue bilang diatas, ada penambahan fitur slider. Mungkin nanti bakal gue isi sampe 3 atau 4. Tergantung kondisi, ya. Untuk sekarang, gue isi 2 gambar. Yang satu promo buku gue gitu, yang kedua akun-akun sosial media gue. Nggak apa-apa kali eksis, sekali-kali bro! Hahahaha. 
 
Eh, kepanjangan yah basa-basi gue. Intinya gitu. Gue cuman pengen ngasih tau sedikit tentang template blog gue dan tentang blog ini. Oh iya, gue bikin header 1 sampai 4 pake Paint. Yang terakhir pake photoshop, tapi caranya sama kayak pas make Paint.  Cuman pindah-pindahin dan nambahin gambar. Nggak jago make photoshop gue. By the way, makasih udah luangin waktu untuk baca. Sekian.

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 37 Comments

  1. Unknown

    Kalo punya gue pas gue edit-edit malah mirip blognya bang Hena

  2. TomiAzami

    bikin semua ini agar menjadi blog sekeren ini caranya gimana vin? ane masih newbie niih

    1. Kevin Anggara

      Sering-sering otak-atik template aja, kan ada menu-nya "customize".

  3. ridwanwijaya

    Keren, bisa menangin iPhone dari blog. Bagi-bagi tips nya donk. 😀

  4. Unknown

    Bang Bagi Template Blog Yang Abang Pakai Sekarang Lah

  5. Unknown

    kak kein bagilah link templatenya

  6. terimakasih atas informasinya gan, template blog keren dapat membuat pengunjung blog betah berlama-lama
    .

  7. Unknown

    Ko,blog koko ini blog gado-gado bukan sih
    Kok kayaknya campuran
    Thanks

Leave a Reply