Kotak Surat: Tujuan Nge-blog, Passion, dan Gaya Nulis

Berkat segmen baru di blog gue, sebulan terakhir ini gue banyak nerima email-email yang masuk ke dalam kotak surat. Ada yang nyuruh review, konsultasi blog, curhat, sampai tawaran kerja sama. Iya, kerja sama. Bukan yang satu kerja, yang lain sama. Itu mah slogan anak-anak sekolah zaman sekarang. Kali ini, segmen Kotak Surat edisi kedua bakalan hadir dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk. So, langsung aja, check this out!

Kotak Surat

Dari Agung Wijannarko

 
Nama: M Agung W

Haloo viiinn… Mau tanya ni, itu lo bikin logo blog pake apaan? Bentuk karakter/wajah lo pake apaan bikinnya? Gue jg pgen tuh… Sorry tanyanya gak mutu,hehhhe

 

Moga di jawab


Thanks.

 
Halo, Agung. Untuk logo, ilustrasi (termasuk header), sampai sekarang gue masih pesen lewat ilustrator. Banyak kok ilustrator di luar sana yang buka jasa kayak gini. Kalo gue, pesennya di: @ginataputra. Selain pesan, cara buatnya bisa pake software semacam Photoshop atau CorelDraw. Gue belum terlalu jago, makanya pesen. Haha.

***
Dari Ingka Chintia
 
Dear kevin,
 
Nama ku ingka, kebetulan aku sering baca blog kamu dan blog walking temen2 blog kamu, bagus dan inspiratif. 
 
oya, yang aku mau tanyain :
 
1. kira2 kalau ikutan join di jamban blogger itu harus gak sich ikutan share article gitu ? 
2. kalau seumpama untuk orang yang baru belajar buat blog nich, bisa gak ikutan kopdar2 nya di jamban blogger ? 
 
Sering liat blog2 anggota nya jamban blogger, pengen dech ikutan tambah pengalaman 🙂 bukan hanya sekedar browsing aja tapi beneran bisa ikutan di acaranya 🙂 
 
Thanks & Best Regards 
 
Ingka Chintwang
 
Halo, Ingka. Makasih udah sering-sering baca blog gue dan blog temen-temen yang lain. o/

1. Bebas, sih. Kalo kamu pengin artikelnya dibaca lebih banyak orang, share postingan lewat twitter Jamban Blogger atau langsung dari forumnya bisa kok. Tapi nggak diwajibkan juga. Kalo udah gabung, saran gue sering-sering aktif aja. Biar nambah temen sekaligus bahan bacaan.

2. Wah, bisa banget. Gue dan temen-temen Jamban Blogger (khususnya daerah Jabodetabek) rutin ngadain #KumpulKeblog setiap bulannya. Di acara itu, kita saling mengenal satu sama lain, sharing ilmu tentang blog, dan ngobrol-ngobrol seru. Nggak cuman di Jabodetabek, daerah lain juga udah ngadain #KumpulKeblog, loh. Di Malang dan Jogja contohnya. Informasi terbaru tentang acara ini biasa diumumin lewat forum atau lewat twitter. Yuk, ikutan!

***

Dari Imam Abil Fida
 
Assalamualaikum, 
Hay, bang *sok akrab*? 
 
Biar lebih akrab nanya-nanyanya mungkin gue panggil lo Brad aja ya *maksa* bukan apa-apa atau bukan siapa-siapa biar lo ketularan ganteng dikit kayak Brad Pitt (gue gak ngrayu bang! gue masih normal).
 
Oke, Brad gue mau nanya “Sebenarnya apa tujuan lo bikin blog kevinanggara.com? iseng, kurang kerjaan, pengen terkenal, atau cuma pengen nulis kayak diary gitu” 
udah gitu aja. dibales alhamdulillah gak dibales sialan lo! hehe bercanda Brad. 
 
Jangan lupa buat mampir buat sekedar baca2 atau komen2 di blog gue yang bermarkas di http://iiaaff.wordpress.com

Oke, brad.

Tujuan gue bikin blog ya buat nulis aja sih. Dan biar tulisannya dibaca orang-orang. Kenapa blog? Karena di blog bebas, gue bisa nulis sepanjang apapun yang gue mau. Nggak dibatasi karakternya kayak di twitter. Tujuan orang nge-blog itu beda-beda. Ada yang nyari duit, pengin terkenal, atau cuma pengin nulis kayak yang lu bilang. Ya, tujuan gue pengin nulis aja. Sisanya itu kan nanti bisa dateng dengan sendirinya. Soalnya, prinsip dasar nge-blog itu berbagi.

Di blog ini, gue berbagi lewat tulisan biar bisa dibaca orang-orang. Gimana, brad? Hehe.

***

Dari Angel Dorsiana
Vin, gua mau nanya nih.
 
Untuk membuat sub menu dengan berbagai pilihan kayak blog lu gitu gimana ya? Gua udah bisa buat sub menu tapi untuk menu pilihannya gua rada bingung dan ngak berhasil. 
 
Coba, bagi cara ngerubah sub menu yang baik dan benar dong :{)

Gue selalu bingung kalo dikasih pertanyaan gini.


Masalahnya simpel, gue nggak tau struktur blog lu kayak gimana. Bisa aja cara yang gue pake berbeda dengan template yang lagi lu pake. Yang tau tentang blog itu ya pemiliknya sendiri. Gue selalu mengarahkan pertanyaan-pertanyaan kayak gini buat: googling aja. Iya, gue menyarankan googling aja biar lu bisa ngotak-ngatik sesuai yang lu mau.
 
Tapi kan, nggak semua jawaban ada di google?
 
Nah, sebelum gue mengarahkan orang untuk googling, gue selalu memastikan jawaban atau keyword yang dicari itu ada atau minimal udah pernah gue liat. Makanya, gue nggak asal ngomong, “Googling aja” Karena kalo semuanya ditanya, google diciptain buat apa dong? Hehe.

Buat sub-menu yang lu maksud, itu namanya dropdown menu. Selamat mencari!

***

Dari Kamal Faizal
 
Salam Kenal,
 
Sebelumnya kenalin nama gue Kamal. Gue blogger yang baru mulai terjun ke dunia blogging. Setelah baca tulisan-tulisan lo yang agak gila tapi inspiratif, gue jadi pingin minta saran sama senior nih. Kalau boleh gue mau minta review & saran tentang blog gue.
 
Linknya: http://www.yangseru.net 
 
– Apa aja yang harus gue perbaikin (dari segala segi, mau segitiga juga bisa)? 
 
Sama minta tipsnya dong, soalnya gue heran kok gaya penulisan gue kadang-kadang berubah ya? Biar ga kayak gitu gimana? 
Trims sebelumnya,


Kamal

 

Gue nggak jago nge-review dan ngenilai blog orang. Mungkin, yang lain ada yang berminat. Gue langsung ke pertanyaannya aja ya tentang tips gaya penulisan.

Lu baru terjun ke dunia blogging dan masalahnya adalah gaya penulisan yang berubah-rubah. Itu wajar. Soalnya, gue juga pernah ngalamin. Coba deh liat arsip postingan gue tahun-tahun ke belakang, dan bandingin sama yang sekarang. Beda banget.

Gaya penulisan yang berubah-rubah itu dipengaruhi oleh bacaan. Misalnya hari ini lu baca tulisan si A, lu pengin bisa nulis kayak dia. Besoknya lu baca tulisan si B, lu juga pengin nulis kayak dia. Cara mengatasinya adalah, menciptakan gaya penulisan sendiri. Gue yakin setiap orang bisa nulis dan punya gayanya masing-masing. Nah, yang perlu dilakukan itu adalah: mencuri teknik penulisan orang. Bukan meminjam. Kenapa? Karena mencuri itu berarti menjadikannya sebagai milik lu. Kalo meminjam, teknik tersebut masih punya orang lain.

Misalnya, lu mencuri teknik si A dalam menulis deskripsi, mencuri teknik si B dalam menulis komedi, mencuri teknik si C dalam menulis esai. Lalu, gabungkan sampe itu menjadi gaya penulisan lu sendiri. Kayak masak nasi goreng aja, lu pake bumbu A, pake bumbu B, pake bumbu C, sampe itu menjadi nasi goreng masakan lu sendiri. Mempunyai rasa yang khas.

Anyway, mau beliin gue nasi goreng nggak?

***
 
Dari Meythria
 
Halo Kevin,
Jadi aku baru aja baca postingan kamu yang “Bangun” itu, aku kagum sama kamu yang sukses di usia muda, masalahnya di umurku yang udah 15 aku masih bingung passion aku itu apa,aku juga belum tau mau kuliah di jurusan apa nantinya.. 
 
Jadi menurut kamu aku harus gimana dong? 
 
-tengkyu so mac bifor yah 😉

Halo, Meythria. Wah, umur kita nggak beda jauh.


Passion, umm… hobi yang menghasilkan? Sesuatu yang kita kerjakan dengan sepenuh hati? Justru di umur segini itu kita harus mengejar passion kita sampai dapet. Jangan bingung, langsung tentuin dari sekarang. Karena kalo udah punya passion, kita jadi punya sesuatu yang bisa diperjuangkan (selain mimpi). Mungkin, lu bisa baca postingan gue yang ini.

Eh tunggu, segmen ini kok jadi kayak semacam praktik konsultasi yang bijak banget, ya?!

***

Dari Reza M Fadhli 
Om, eh, Bang, itu template-nya design sendiri atau download?, kalo download minta link-nya/nama template-nya. 
 
Terus cara hapus judul blog gimana biar bisa dipake untuk gambar headernya ? jawab ya, bang, makasih

Coba liat footer di blog gue, ya. Nama template-nya Zikazev Simple Gray. Sebagian besar, template ini gue rombak ulang lagi sesuai keinginan gue. Jadi, harap maklum kalo agak beda sama aslinya. Hehe.

Cara hapus judul blog? Yaudah hapus aja judulnya, masukin gambar. *bukain google*

***

Dari Irvansyah Widniawan
 
vin, ko lu jago bener sih, bikin pembaca betah di blog lu,contohnya gue, gue betah di blog lu, gimana nih caranya? tips nya deh?, karakter animasi yang selalu jadi header lu juga narik perhatian, cara buatnya gimana nih? hehe vin..
 
Rahasianya udah gue tulis di postingan ini. Tips dasar bikin pengunjung blog betah:

1) Jangan nulis dengan huruf alay k4yAk gini. Bikin sakit mata. 2) Jangan pake font dengan warna cerah dan miring-miring kayak menara Pisa. Susah bacanya. 3) Tampilannya yang simpel aja. Nggak usah pake background musik apalagi animasi meteor jatuh. Bahaya kalo jatuhnya di taman. Nanti jadi Meteor Garden. 5) Sebarkan tulisan ini ke sepuluh temen kamu, kalo nggak blog kamu akan sepi. 6) Nomor 4-nya nggak ada. Hilang! 7) Setelah melakukan semuanya, banyak-banyak berdoa. 8) Oiya, jangan nanya balik. Gue lagi di kantor polisi, ketabrak meteor.

***


Dari Dini Rahman. 
 
Kev gue mau nanya, kalau mau mulai nge blog tapi masih ragu ragu, misal sekarang mau mulai nge blog, tapi takut nantinya gaada yang baca atau pembaca pada ga suka . Gimana cara ngatasinnya? Padahal gue udah banyak banget nulis buat ‘calon’ postingan gue nanti. Tolong dibantu ya Vin..

Dengan lu menanamkan rasa takut, lu nggak bakal memulainya. Ngapain takut nggak ada yang baca kalo lu sendiri belum coba? Semua tergantung ke tujuan nge-blog lagi. Kalo cuma pengin dibaca, jadi jurnalis dan nulis di koran aja. Kan gampang. Yang baca banyak, dibayar lagi. Gue awal-awal nge-blog, nggak ada yang baca, yaudah… Nggak, gue nggak nangis kok pas nulis kalimat sebelum ini. Seiring lu konsisten juga, nanti pembaca bakal dateng dengan sendirinya.
 
Cara ngatasinnya simpel: bikin blog -> nulis -> dibaca. Sebuah tulisan nggak harus disukai pembaca. Selera orang kan beda-beda, nggak harus membuat pembaca suka dengan apa yang lu tulis. Yang penting lu nyaman aja, sih. Gitu kalo gue. Nggak tau ya kalo mas Anang.

***

Mau ikutan nanya-nanya di segmen Kotak Surat? Baca ini

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 56 Comments

Leave a Reply