Halo, gue Kevin Anggara. Anjir, kayak lagi opening YouTube aja.



Iya, udah lama banget nggak nulis di blog ini. Setahun? Dua tahun? Tiga tahun? Ah, yang udah lewat, ya udahlah nggak usah lewat lagi. Jadi, kesempatan ini akan gue gunakan untuk pemanasan, melemaskan jari-jari, serta mendinginkan kepala. Loh, emang sekarang lagi panas? Nggak gitu konsepnya, ya. Gue ngerasa semacam releasing stress aja kalo habis nulis.


Jadi, ke mana aja gue?

Nggak ke mana-mana. Emang nggak nulis aja di blog, tapi gue masih tetap nulis kok. Entah itu nulis email izin nggak masuk ke dosen (tertentu), tugas kuliah termasuk skripsi yang akhirnya lulus juga kuliahnya, atau skrip video-video gue.


Banyak juga perubahan yang terjadi di blog ini, berikut akan gue jelaskan terlebih dahulu. Kalo lu adalah pembaca lama blog ini, lu pasti tau kalo gue menggunakan blogger (yang akhiran domainnya .blogspot.com itu loh), sebelum akhirnya beli domain ke kevinanggara.com ini, tapi based-nya tetap di blogger. Berbeda dengan yang sebelumnya, tahun ini (2020) gue pindah CMS ke WordPress. Ibarat di kehidupan, ini gue kayak lagi pindah agama, tapi ya nggak bilang-bilang. Alasannya pindah karena pengin nyobain yang baru aja (lah, ini gue malah bilang dan nyebutin alasannya). Sejauh ini, belum ngerasain perbedaan yang signifikan selain keleluasaan dalam hal mendesain blog. Nggak banyak ngedit isian HTML template kayak sebelumnya sih, tapi ya karena gue anak baru di WordPress, tetap aja ribet. Gue ngedit pake Elementor.


Untuk proses migrasi/transfer dari blogger juga gue dibantuin sama orang hosting-nya (gue pake Dewaweb).


Gimana? Udah bingung belum sama bahasa-bahasa aneh tadi? Gue berasumsi kalo yang baca ini bukan blogger juga dan gue rasa banyak pembaca baru.

    • Baru¹: baru tau gue
    • Baru²: baru tau gue nulis juga di blog

Sekarang saatnya kenalan ke pembaca baru. Halo semuanya, mungkin kalian mengenal gue dari video-video di luar sana, tapi jauh sebelum itu, gue memulai semuanya dari blog ini. Mungkin bisa baca postingan lama gue di sini untuk mendapatkan sedikit gambaran.


Wah, sungguh perjalanan yang jauh dan cukup lama. Pas ngedit ulang blog ini, gue juga sambil baca beberapa tulisan lama yang bikin nostalgia. Zaman-zaman nulis blog di warnet, minjem laptop, sampe akhirnya punya semua fasilitas itu sendiri. Membaca tulisan lama bikin gue semacam naik mesin waktu virtual ke isi kepala dulu saat masih begitu polos. Ketika nulis tanda baca masih sering keliru. Ketika perasaan, “Ah, bosen nih. Ngapain, ya? Nulis aja, deh.” menang melawan keinginan untuk jadi perfeksionis. Ketika semuanya masih semudah ngomong dulu, mikir belakangan (tenang, gue cukup peka kalo bahas sesuatu yang sensitif). Bentar ya, pake masker dulu.


Jauh sebelum ada pandemi kayak sekarang, gue udah berniat ngerombak ulang blog ini. Terima kasih kepada social distancing yang secara tidak langsung mempercepat prosesnya. Daripada membiarkan diri ini selalu lupa hari karena nggak keluar rumah dan ngecek kalender, gue nyari-nyari sesuatu biar bisa tetap produktif. Menyelesaikan proses perombakan blog ini salah satunya. Selama di rumah aja, gue harap lu minimal punya kesibukan atau bahkan skill baru, selain rebahan tentunya.


Balik ke blog ini, gue akan membahas beberapa halaman yang ada sebagai guidance biar nggak nyasar.


1. Landing Page

Begitu masuk ke kevinanggara.com, lu akan menemukan halaman seperti ini:

Landing Page (halaman awal)

Gue buat simpel karena hanya ada logo dan sedikit deskripsi tentang blog ini. Siapa tau ada yang nggak sengaja masuk, terus berasa dihipnotis dan emang nggak ada niat untuk lanjut. Kalo punya niat untuk lanjut? Silakan diklik tulisan MASUK KE BLOG-nya. Minimalis, tapi terlihat profesional bukan?


2. Blog Page

Ini adalah halaman utama di mana lu bisa melihat tulisan-tulisan gue. Di bagian paling atas (kecuali buat mobile) ada sedikit… apa ya sebutannya… banner? Semacam itulah, isinya adalah video terakhir yang gue upload di YouTube. Akan jarang berubah sih karena gue emang jarang upload juga.


Di bawahnya, akan ada banner yang berisi kategori dari tulisan-tulisan gue. Kalo diklik, lu akan diarahkan ke halaman yang memperlihatkan semua tulisan dengan kategori tersebut (arsip). Empat banner yang lu liat itu adalah empat kategori tulisan yang sering gue tulis. Selain itu, kalo ada keyword atau kategori lain yang ingin lu tau, bisa klik icon search di atas kanan, di bagian menu bar. Misalnya, mau nyari tulisan tentang film, bisa ketik “film”. Eh, emang sesimpel itu kan ya?


3. Post

Udah ada tulisan yang ingin dibaca di blog page? Tinggal klik aja thumbnail atau judul tulisannya, lu akan diarahkan ke halaman post. Berbeda dengan blog sebelumnya yang punya layout dua kolom yang terdiri dari post dan sidebar, di blog ini gue buat jadi satu kolom aja. Lebih minimalis, gampang dimengerti, dan… ringan? Kayaknya ini balik ke koneksi masing-masing, ya?


Tepat setelah tulisannya selesai, di bagian bawah ada post navigation yang bisa mengarahkan lu ke tulisan sebelum atau sesudahnya. Di bawahnya lagi ada form yang bisa diisi dengan email lu untuk mendapatkan newsletter setiap ada post baru di blog ini. Di bawahnya lagi, ini bagian favorit netizen: kolom komentar. Tentu, nggak perlu gue jelaskan lagi untuk apa.




Sisanya bisa di-explore sendiri. Blog gue bisa diakses lewat PC/laptop, mobile, dan tablet. Kalo ngomongin analytics sedikit: yang buka blog gue kebanyakan dari mobile, PC/laptop, baru disusul oleh tablet. Blog ini udah responsive, jadi akan menyesuaikan ukuran layar yang dipunya oleh device lu. Gue ngedit layout blog ini pake monitor dengan layar 27″, kemudian preview di monitor laptop yang layarnya 15″, sebelum akhirnya gue cari “tengah”-nya biar nggak kelebaran atau kesempitan.


Nggak ada yang pasti di blog ini, termasuk dengan tampilannya yang pasti gue juga tetap akan otak-atik sedikit sesuai kemauan. Misalnya, begitu udah bosen dengan tampilan sekarang, nggak menutup kemungkinan gue akan ganti tampilannya entah nambah kolom di halaman tertentu, nambah banner lain, apa pun deh. Jadi, blog ini nggak akan ngerasa “mati suri” lagi. Kalo suatu saat lu menemukan sesuatu yang sengaja atau nggak sengaja gue taruh di blog ini (hehehe), feel free banget untuk kontak gue di sini atau mana pun.


Seperti yang gue bilang tadi, gue ngerasa punya mesin waktu sendiri karena hanya dengan tulisan, gue akan abadi. Apa yang gue tulis sekarang mungkin 10, 20, atau 30 tahun lagi, gue udah lupa. Gue tinggal naik mesin waktunya buat ngecek atau sekadar nostalgia. Semua itu bagian dari proses sebelum gue kayak sekarang. Entah apa yang akan terjadi 10, 20, atau 30 tahun lagi? Nggak tau, tapi yang jelas gue bisa ajak orang lain untuk ikutan naik mesin waktunya. Apa? Mau sekarang?


Boleh, tapi jangan lupa pake masker, ya. Bersiap!

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 76 Comments

  1. gingracia

    Sumpah ini blog gue baca ulang ulang tapi ttep aja ketawa ketawa pas baca di bagian “gue rasa banyak pembaca baru”
    jujur gue sih nomor 1, baru tau lo di taun ini, gila speechless pas nontonin konten YouTube nya, for first nemu yang kayak gini mksdnya, semua konten di channel lo itu unik gk basa basi tapi ya… gitu lah susah di ungkapkan dengan kata kata wkwkwk lebay banget dah gue tapi emang benr sih gk bohong

  2. Kindahsftr

    Gue suka juga nulis, dan setuju dengan apa yang lu tulis disini. Lanjuuut

  3. CP

    Nama fonts lu apaan bang?

  4. LiviaDA

    Hai ko, gua sebenernya dah tau lu dari di video parody lu dulu di tahun 2015, “parody alasan izin ke toilet” sama “dora the ngeselin” (sampe video terakhir di upload tanggal 25 may 2020 kemaren), yak pasti kebanyakan orang tau koko dari video itu.
    Dan gua baru buka blog ini di tahun 2020, karena saking gaptek nya dulu. oke makasih.
    semoga gw di tahun depan depan depan bakal liat komen gw yang di tahun ini, kek yang koko bilang ~ mesin waktu.

    1. Kevin

      Semoga bisa menikmati blog ini.

  5. Imanuel

    oke makasih.
    semoga gw di tahun depan depan depan bakal liat komen gw yang di tahun ini, kek yang lu bilang ~ mesin waktu.

  6. Arya

    Buset, kok gak ada iklannya?

  7. Rena

    Waktu gw nulis comment ini jam 4 pagi yang lagi pusing belajar utbk disaat pandemi…semoga gw di masa depan bisa liat comment ini 10 20 tahun lagi…entah jadi apa gw di masa itu.

  8. zidhandz

    Ada dua kategori pembaca, hahahaha … menarik.

  9. Agungaps

    Cerita dikit,
    Gue mulai tau lu itu ketika nginep di sekolah pas lagi persiapan event osis. Ada kaka tingkat yang nonton kompilasi video instagram lu dilaptopnya. Gue penasaran dong, ko videona unik,lucu dan relatable banget dengan kehidupan pelajar. Waktu itu video kompilasi baru sampe episode 2

    terus gue nonton Q & A yang sama temen lu yang jadi guru.
    disana gue baru tau kalo lu seorang blogger juga.

    Semenjak itu gue mulai mengikuti blog lu, dan sedikit2 ikutan blog juga yang temanya kurang lebih sama tentang kehidupan pelajar.saking jadi inspirasi tema blog gue juga disama samain dengan blog lu. Template kang ismet, header gambar kartun lagi pegang kopi dan sebagainya.

    itu terjadi beberapa tahun kebelakang 2015-2017an mungkin.
    gue menjadikan lu sebagai rule model kala itu. Dari sisi seorang blogger,creator video instagram dan youtube.
    sekarang 2020, gue merasa udah jauh tertinggal dengan lu bang.

    Tapi gak apa, gak ada kata terlambat untuk menjadi yang lebih baik lagi.
    Komen dan kasih motivasi dong bang , biar gue jadi semangat kembali berkarya :’D

    1. Kevin

      Haha makasih, tapi jangan jadikan gue sebagai pembanding. Kalo mau membandingkan, sama diri sendiri yang dulu aja, biar keliatan progress-nya.

Leave a Reply