Game-Game Smartphone Favorit Gue

Gue suka main game, terutama kalo lagi nggak ada kerjaan atau sekedar buat ngisi waktu luang. Dulu, gue adalah anak warnet sejati. Pulang sekolah langsung ke warnet, ngabisin duit buat main game. Sejak kelas 2 SMP, gue udah tobat dan nggak pernah ke warnet sampe sekarang. Setelah gue pikir-pikir, nggak ada gunanya juga. Mending uang yang gue pake buat main warnet itu gue tabung dan beliin komputer, lalu main game-nya di rumah. Lebih hemat.

Game adalah salah satu hal yang nggak bisa dipisahkan dari hidup manusia. Zaman yang semakin canggih memungkinkan game bisa kita mainkan lewat benda bernama smartphone. Dulu, game cuman ada di konsol-konsol kayak Nintendo, PlayStation, atau komputer. Sekarang, semua orang bisa main game dan membunuh waktunya lewat smartphone yang dia punya.

Tahun lalu, gue nggak nyangka bisa dapetin si Boy karena menang lomba blog. Padahal, sebelumnya gue udah ngumpulin duit buat beli smartphone, eh… gue malah dapet rezeki yang nggak diduga. Rezeki dari Tuhan emang nggak pernah salah orang. Semenjak bersama si Boy, gue sering ngisi waktu luang dengan main game. Dari game yang adiktif, sampe yang nyebelin. Dari game yang ngasah otak, sampe yang bikin tangan pegel. Dari game yang suka bikin aplikasi chatting kita dikirimin invite-an, sampe yang… itu NYEBELIN!

Kali ini, gue pengin bahas beberapa game-game smartphone favorit gue. Kiranya bisa menjadi pedoman hidup yang lebih baik dan bentuk kecintaan gue terhadap game. Check this out:


1. Clash of ClansTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Game populer buatan Supercell ini adalah game strategi yang bisa membunuh waktu gue. Di game ini, kita harus membuat sebuah “desa”, bangun pasukan, lalu nyerang pemain-pemain lain. Selain nyerang, kita juga bisa diserang. Nah, makanya kita harus buat desa yang kuat. Masang banyak tembok penghalang (wall), ranjau (ada banyak), dan pertahanan (defensive building) sekuat mungkin. Semuanya itu bisa di-upgrade sampe level maksimal.

Seperti game-game kebanyakan, tugas kita adalah mengumpulkan resources sebanyak-banyaknya buat keperluan upgrade tadi. Resources-nya di sini ada tiga: gold, elixir, dan dark elixir. Cara ngumpulin resources itu bisa dengan nyerang desa orang lain, atau produksi sendiri. Di awal-awal game, kita wajib bangun resources building. Dan, ya.. bisa di-upgrade juga biar produksinya makin banyak. Jangan lupa bangun storage building yang berfungsi buat nampung hasil produksi atau “rampokan” kita saat nyerang orang lain. 

 

Bisa jadi tulisan sendiri kalo gue review semuanya. Segitu aja dulu. Gue udah dari tahun lalu mainnya. Sekarang udah level 80. Kalo ketemu desa gue, jangan ragu-ragu buat serang ya.

2. Hay DayTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Lagi-lagi, dari developer game Supercell. Hay Day adalah game simulasi perkebunan terbaik (di smartphone) menurut gue. Karena suka main Harvest Moon, gue juga tertarik buat mainin game dengan tema-tema kayak gini. Ngurusin kebun, panen tanaman, kasih makan ternak, nambang, sampe mancing, semuanya ada di sini. Banyak variasi hewan, tanaman, juga alat-alat canggih untuk membuat hasil ternak menjadi lebih mahal. Misalnya susu sapi bisa dijadiin krim, mentega, dan keju sehingga harganya jadi lebih mahal buat dijual. Asik, deh.

Udah dari tahun lalu juga mainnya. Sekarang gue udah level 51. *ambil cangkul*


3. Temple RunTersedia untuk: iOS dan Android. Harga: *Gratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Ngomongin game smartphone, nggak lengkap rasanya kalo gue nggak masukin Temple Run. Game dengan genre endless runner ini punya banyak versi (Temple Run 2, Temple Run: Brave, Temple Run: Oz). Gue sendiri lebih suka yang Temple Run 2, lebih asik aja soalnya. *Selain Temple Run 1 & 2, Temple Run yang lain nggak gratis, guys. Jadi harus ngeluarin uang dikit.
Ceritanya kita lagi dikejar dan harus lari terus, jangan sampe ketangkep. Ada banyak koin yang bisa dikumpulkan dan beberapa powerups (kebal, lari kenceng, dan lain-lain) dalam game ini. Grafisnya smoothGameplay-nya juga gampang, swipe ke atas untuk lompat, swipe ke bawah untuk meluncur, dan goyangin smartphone ke kiri atau ke kanan buat ngambil koin.

4. Flappy BirdTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

 

Game-game Smartphone Favorit Gue


Jadi, udah berapa banyak orang yang bunuh diri gara-gara game ini?


Biarpun banyak menuai kontroversi dan membuat banyak orang hampir membanting smartphone-nya, game satu ini cukup asik buat ngisi waktu luang gue. Dengan tampilan dan cara main yang terbilang sangat simpel, game ini sangat adiktif dan terkadang nyebelin. Kesuksesan game ini terlihat dari banyaknya tiruan game dengan tampilan dan cara main yang hampir sama. Sayang, pemiliknya kayaknya juga ikutan stres dan menarik game Flappy Bird dari App Store. Untung aja belum gue delete. Lumayan seru dan NYEBELIN!

5. Flow FreeTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.

Game-game Smartphone Favorit Gue

Puzzle game besutan Big Duck Games ini adalah salah satu game buat mengasah otak. Yang harus dilakukan di game ini adalah menghubungkan garis sesuai dengan warna yang sama, dengan syarat semua pipa-nya harus terisi penuh. Ada banyak level yang tersedia, dan makin tinggi level-nya, kesulitan yang dihadapi juga makin bertambah. Seperti namanya, Flow Free, game ini gratis. Tapi… kalo merasa kurang dan pengin nambah tantangannya, kita bisa beli tambahan level yang ada dengan in-app purchase dalam game-nya langsung.

Kalo lagi bosen main rubik, gue suka main game ini. Sama-sama harus mikir dan berhubungan dengan warna-warna. Asik loh. Lumayan buat ngelatih otak kiri.

6. Tebak GambarTersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.
 
Game-game Smartphone Favorit Gue
 
Tebak Gambar ini adalah game buatan orang Indonesia yang menguji imajinasi, logika, dan nalar. Kita diminta untuk menebak kata-kata yang dimaksud lewat gambar-gambar yang disediakan. Misalnya gambar WAJAN yang huruf N-nya dicoret dan diganti dengan huruf H. Jadinya = WAJAH. Tersedia banyak level, dan tiap levelnya disediakan 20 gambar.

Yang paling susah di tiap level jelas gambar ke 20, karena ada banyak kata yang harus ditebak dan harus dijawab sebelum waktu yang ditentukan habis. Kalo ngaku punya IQ tinggi, coba tantang diri lu buat main game satu ini tanpa nyontek kunci jawaban di Google. Game ini asik banget buat dimainin, sekaligus bentuk dukungan kita terhadap game lokal.

7. 2048Tersedia untuk: iOS dan Android. HargaGratis.


Game-game Smartphone Favorit Gue

Game simpel yang baru rilis Maret lalu ini dibuat oleh seorang remaja asal Italia yang masih berumur 19 tahun. Game ini lalu dimainin oleh remaja asal Indonesia berumur 17 tahun, dan gue langsung ketagihan. 2048 termasuk jenis puzzle game untuk mengasah otak. Cocok dimainin saat nungguin balesan chat dari cewek, nungguin lampu merah, dan nungguin balesan chat dari cewek di lampu merah. Cara mainnya simpel, tinggal geser ke kiri, kanan, atas, dan bawah. 
 
Disedian kotak 4×4,  dan di awal game kita bakal dikasih 2 angka. Geser aja buat gerakin setiap angka yang ada, angka yang sama bakal bergabung jadi lebih besar. Dan tiap gerakan yang kita lakukan, akan memunculkan satu angka baru lagi untuk digeser lalu digabungkan. Tujuannya sih mencapai angka 2048, sesuai nama game-nya. Tapi skornya bisa lebih kok, dan game bakal terus berlanjut, kecuali kotaknya udah penuh semua. 
 

 
Nah, itu tadi beberapa game-game smartphone favorit gue. Kalo kalian, sering main yang mana? Atau punya rekomendasi game-game seru buat smartphone? Share, yuk! o/

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 95 Comments

  1. padia

    Ko kevin Main Au Mobile Indo donk seruu

  2. KillaitFun

    Kak kevin kenapa game cumanceban.com punya saya gak bisa dibuka?katanya sih ada sistem root atau jailbreak an gitu

Leave a Reply