Akhir-akhir ini, dunia YouTube Indonesia lagi penuh drama. Nggak perlu gue kasih tau, gue yakin kalian udah pada tau. Karena itu juga, kata-kata “vlog” pun tiba-tiba menjadi sensitif dan sakral. Lalu, banyak yang bertanya-tanya: apakah vlog itu termasuk karya? Tergantung.
Menurut KBBI, karya adalah pekerjaan, hasil perbuatan; buatan; ciptaan.

Sampe di sini, kita harus setuju bahwa secara harfiah, lo masak indomie itu juga termasuk karya. Lo bikin tugas laporan di Microsoft Word, itu karya. Lo bikin slide buat presentasi, itu karya. Lo bikin tulisan di blog, itu karya. Lo bikin video di YouTube, itu karya. Lo hamilin anak orang… itu kurang ajar, nying.

Sekarang, kita harus tau apa itu vlog. Vlog adalah singkatan dari video blog: a video blog or video log, usually shortened to vlog /ˈvlɒɡ/, is a form of blog for which the medium is video, and is a form of web television (Wikipedia). Gampangnya, vlog adalah “postingan blog” dalam bentuk video, bukan tulisan. Visualisasi vlog dikomunikasikan dalam bentuk verbal maupun non verbal.

Verbal bisa secara lisan maupun tertulis (ada teks dalam video kalo males ngomong). Non verbal (biasanya jadi pendukung komunikasi verbal) bisa secara ekspresi wajah atau cara bicara.

Menurut gue sendiri, vlog itu ada BANYAK jenisnya. Nggak melulu musti ngomong terus di depan kamera, kita juga bisa memainkan visualiasi maupun memasukkan lagu-lagu untuk mendukung mood yang sedang dibangun. Yang penting, pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang-orang yang nonton. Gampangnya, orang-orang pas nonton nggak bingung, “Ini video apaan, sih?”

Karya

Kebanyakan orang menganggap bahwa: vlog adalah video lo ngomong depan kamera dari awal sampai akhir. Padahal, vlog itu luas: video review, video jalan-jalan, video lo curhat terus pengin cepet-cepet kawin karena PR matematika banyak banget, dan masih banyak lagi. Yang membedakan blog dan vlog HANYA medianya. Blog itu tulisan, vlog itu video. Sesimpel itu.

Daily vlog. Sesuai namanya, daily vlog adalah video keseharian dari orang yang membuatnya. Biasanya dibuat rutin sehari atau dua hari sekali. Isi videonya kurang lebih mengikuti keseharian dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bangun tidur, mau mandi, mau makan, mau jalan, pokoknya semua aktivitas yang dilakukan sehari-sehari. Apakah salah orang membuat konten daily vlog? Nggak sama sekali. Toh, dia lagi mendokumentasikan hidupnya dalam bentuk video. Sama aja kayak orang yang bikin daily blog. Hanya beda medianya. Yang satu video, yang satu tulisan.

Konten daily vlog laku karena menurut gue, orang-orang itu kepo dengan hidup seseorang. Gue sendiri suka nontonin daily vlog orang lain, bukan cuma karena kepo (kadang iya dan pengin tau aja), tapi karena kesehariannya menarik untuk diikuti.

Lalu, apakah vlog termasuk karya? Tergantung.

Secara harfiah, iya. Secara esensi (the most basic and important quality of something), penonton yang menilai. Cara gue menilai vlog itu termasuk karya atau bukan: selama gue ngerti dan menikmati video yang gue tonton (apapun itu), gue menyebutnya sebagai sebuah karya. Memang subjektif, namanya juga cara gue. =P

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 66 Comments

  1. Hi Kak Kevin Anggara. Saya hanya mengikuti Daily Vlog : Fun for Louis dan Mr. Ben Brown. Karena perjalanan kehidupannya seru dan kegiatan keliling dunia juga selalu menarik. Di tambah dengan pengambilan gambar yang nyaris sempurna. Pastinya memberikan informasi yang berguna untuk orang-orang yang suka pelesiran gitu.Selain manjain mata, saya melatih pendengaran dalam Bahasa Inggris – hasilnya lumayan (for listening section). Apakah itu juga termasuk KARYA?

    semangat7x

  2. Risky_Pastiguna

    makasih kak akhirnya saya jadi tahu perbedaan antara blog dan vlog

  3. Rolif Refo

    Sama-sama kenceng kompetitornya di blog maupun vlog

  4. Cream HN BPOM

    Ditunggu terus karya-karya positifnya buat para pegiat vlog Indonesia. Kalian kreatif-kreatif dan keren. 😀

    Ayo, berkarya positif untuk menginspirasi anak-anak muda di Indonesia.

    Salam kenal. 🙂

  5. Yoko

    Udah lama gak baca blognya kevin. Dulu update banget terutama pas terbitin buku. Skrg sibuk ya vin? Karena tulisannya bagus.. Sebisa mungkin update… Krn nulis itu jg karya lo salah satunya.
    Dulu sering banget nulis keseharian lo apapu kdg2 ttg jalan. Tulis donk ttg keseharian lo skrg. Main film tu gimana, yg dulu lo gk tahu skrg jadi tahu. Biar menambah ilmu kepada para pembaca.

    Semoga sukses

  6. infoana

    Keren bro. Lu suka anime kan?
    Lu blogger. Dan jadi youtuber. Salut deh. top kamu anak muda, kembangkan terus bakatmu, kakrk bangga kepadamu nak…

  7. ardanita

    ih kak kevin , bikin kagum
    semakin hari semakin sibuk aja ni yeee
    sukses terus kak

Leave a Reply