Guru, orang tua di sekolah, yang nggak pernah ngasih kita uang jajan. Guru, kalo murid telat diomelin, dirinya sendiri telat dimaklumin. Guru, pahlawan tanpa tanda jasa. Guru, oh, guru..

Oke, itu udah puitis banget. Sampe mau nangis nulisnya. *kemudian nyanyi Hymne Guru*

Pahlawan dan pelajar tanpa tanda jasa

Beberapa waktu yang lalu, satu Indonesia baru merayakan hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November. Harusnya sekolah libur, biar guru dan murid sama-sama senang. Guru nggak usah ngajar, murid nggak usah masuk. Simbiosis mutualisme jadinya. Gue diajarin pas pelajaran Biologi. Buat yang belum tau, simbiosis mutualisme itu adalah hubungan sesama makhluk hidup yang saling menguntungkan. Lumayan, lu bisa pamerin ini ke temen-temen.

Murid-murid SMA di sekolah gue juga ikutan merayakan hari guru. Mereka patungan beli kue buat dikasih ke guru. Kebetulan, gue nggak masuk pas diminta patungan. Jadi agak kaget, pas istirahat pada ngumpul megang kue (cokelat lagi), padahal hari itu gue nggak ulang tahun. Ternyata buat dikasih ke guru. Lilinnya udah mau gue tiup, tapi nggak jadi. Sungguh niat yang mulia dari para murid untuk membahagiakan guru selama satu hari.

Kalo gue yang beli kue, pasti gue udah nyelipin kertas kecil bertuliskan:

“Pulang cepet ya, kan udah dibeliin kue, hehehe.”

Di balik kertasnya masih ada tulisan:

“Kalo udah dimakan tapi nggak dipulangin, ganti ya duit buat beli kuenya.”

Kemudian kuenya dikeluarin lagi, gurunya nggak bawa duit.

Agak ribet, kenapa hari guru di seluruh dunia nggak disamain aja. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah. Kayak di Singapura, perayaan hari guru dilakukan sehari sebelumnya dan murid-murid dipulangkan lebih awal. Kalo tau akan hal ini, pasti banyak murid-murid yang pindah buat sekolah di sana. Sebagai murid, gue tulus banget ngasih kesempatan guru istirahat di rumah saat hari guru. Guru udah capek-capek ngajar, nggak aus?

Kalo gue bisa bikin kalender sendiri, gue bakal bikin hari murid sedunia. Dirayakan selama satu bulan berturut-turut, diadakan dua belas kali dalam satu tahun. Atau alternatif lain, gue bikin kalender yang tanggalnya merah semua. Gue yakin usaha kalender gue pasti laris.

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Sebesar apapun jasanya, nggak ada tanda jasa yang guru terima. Bahkan penghargaan atau pangkat sekalipun. Karena guru, gue bisa menulis dan membaca. Karena guru juga, gue jadi tau arti simbiosis mutualisme yang tadi. Yang bisa gue pamerin di sini.

Gue adalah seorang pelajar tanpa tanda jasa. Bukan pahlawan. Karena sebesar apapun jasa gue, kalo telat ya gue tetep nggak boleh masuk. Sesering-seringnya gue bantuin nenek-nenek nyebrang jalan, kalo ulangan jelek gue tetap harus remedial. Secapek-capeknya gue ngerjain PR, kalo gurunya lupa juga jadinya percuma. Dan ingatlah ini teman-teman: satu senyuman itu lebih baik dari seribu kata-kata. Jadi, kalo ditanya guru terus nggak tau jawabannya… senyum aja.



“Guru yang baik itu ibarat lilin. Membakar dirinya sendiri demi menerangi jalan orang lain.”

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 105 Comments

  1. natasha

    Ada 2 hukum tentang guru
    1. Guru tak pernah salah
    2. Jika guru salah, kembali ke hukum 1

  2. Unknown

    Baru nemu blog ini, dan isinya ternyata……. azek juga 😁

  3. boecoekoe

    Quotes yang terakhir ya keren kak kev haha

  4. boecoekoe

    Foto yang di atas, kak kev nya kaya mau tauran-___-mirip kaya anak anak crows zero(?)

  5. Kevin anggara

    YA…
    ada tapi versi nya kurang menarik…
    nanti kapan kapan bantuin tarik
    biar video gue semakin menarik………….?

  6. Harvest moon

    nama aplikasi kak kevin yang untuk ngedit video apaan yaa.
    kasitau dong…?
    nanti kalau udah dikasih tau,akan gue bikin,lalu ngedit,lalu eksport ke youtube (instagram)

Leave a Reply