Ngomong-ngomong soal suit, pasti rata-rata dari kita sudah pernah memainkan permainan ini, kan? Biasanya, suit dilakukan setelah hompimpa. Nggak tau apa itu hompimpa? Maaf aja ya, masa kecil kalian nggak terselamatkan. 

 

Oke deh, gue coba jelasin apa itu suit. Suit ini adalah permainan tangan yang dilakukan oleh dua orang. Di Indonesia, permainan ini biasa disebut “suit Jepang”. Tapi, suit ini juga punya variasi-nya. Iya, disebutnya suten. Kalau suit, yang dikeluarkan adalah batu-gunting-kertas, kalau suten yang dikeluarkan adalah ibu jari (gajah) – telunjuk (orang) – kelingking (semut).
 
Cukup jelas, kan? Suit ini biasa dimainkan untuk menentukan siapa yang memperoleh sesuatu, atau siapa yang lebih duluan memulai sesuatu. Dulu, saat pemilihan ketua OSIS di sekolah gue, ternyata hasil voting gue dan calon ketua OSIS yang lain sama. Kalian tau gimana kita menentukannya? Iya, suit. Dan saat itu, gue menang. Huahahaha, gue dan calon ketua OSIS yang lain itu adalah orang yang suka bercanda. Gue dinobatkan menjadi ketua OSIS berdasarkan menang suit, pembina-nya aja geleng-geleng dengan cara kita menentukan ini. x))
 
Tapi itu masa lalu gue. Lupakan.
 
Aturan standar suit ini adalah: batu mengalahkan gunting, gunting mengalahkan kertas, kertas mengalahkan batu. Aturan standar suten: ibu jari mengalahkan telunjuk, telunjuk mengalahkan kelingking, kelingking mengalahkan ibu jari. Kalau sama? Berarti seri. Ulang lagi. Biasanya, suit dilakukan berulang-ulang. Misalnya, tiga kali. Siapa yang duluan menang tiga kali, dia yang menang. 
 
Kali ini, gue akan memberikan tutorial untuk selalu menang dalam permainan suit. Sebelumnya, gue kasih dulu beberapa hasil pengamatan gue selama berkarir di dunia per-suit-an. 
 
1. Biasanya, pemula dalam hal suit nggak bakalan ngeluarin batu.
 
2. Kalau lawan mengeluarkan sesuatu yang sama secara berturut-turut, biasanya di giliran ketiga lawan akan menggantinya. Misalnya, dua kali berturut-turut si A ngeluarin kertas, di giliran ketiga biasanya si A akan merubah apa yang dikeluarkan untuk mengacaukan strategi kita. Jadi, kita harus berpikir satu langkah ke depan untuk mengatasinya.
 
3. Mereka yang sering menang suit adalah mereka yang bisa meng-sugesti pikiran lawan. Biasanya perlu dipakai permainan pikiran. Dasarnya adalah, kita mengikuti apa yang terakhir dikeluarkan lawan. Mungkin caranya adalah dengan sedikit keberuntungan. Tujuannya biar lawan panik, dan pilihannya terbatas, terus kalah deh.
 
Misalnya: Di giliran ketiga, si A dan si B sama-sama mengeluarkan gunting. Karena si B pintar, di giliran keempat si B akan mengeluarkan batu untuk melawan gunting. Si A yang terkenal jenius  akan sepak terjangnya di dunia per-suit-an sudah duluan memikirkan satu langkah ke depan. Si A sudah memprediksi bahwa si B akan mengeluarkan batu untuk melawannya. Jadi, si A mengeluarkan kertas, dan akhirnya menang deh. Si A jadi ketua OSIS. 
 
Ini nih cara yang gue pake untuk menang suit ->
 
Kalau lawan mengeluarkan BATU, kita keluarin:
 
Kalau lawan mengeluarkan GUNTING, kita keluarin:
 
Kalau lawan mengeluarkan KERTAS, kita keluarin:
 
 
Gue jamin, 100% pasti menang.
 
————————————–
 
Cara gue di atas terbukti ampuh dan wajib dipakai kalau pengen menang suit. Ngomong-ngomong soal suit lagi nih, ternyata suit ini juga ada semacam kejuaraannya, loh. Kejuaraannya bernama Association of Rock Paper Scissors (USARPS). Pertandingan ini sudah menjadi liga sejak tahun 2006!


 


Pertandingannya juga di-wasit-in, sob! Tertarik untuk ikutan juga nggak? Siapa tau ada yang bisa jadi juara setelah membaca tutorial gue ini. Hahaha, sekian~

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 54 Comments

  1. Unknown

    hmmmz thanks kak infonya berguna buat sya

  2. dana

    lo orang tergila yang tulisanya pernah gue baca

Leave a Reply