“10 tahun lagi… Gue bakalan jadi apa, ya?” Mungkin orang bakalan bertanya-tanya sama dirinya sendiri. Gue bakalan jadi apa nanti? Kerjaan gue apaan, ya? Gue udah nikah belum, ya? Mantan gue yang duluin gue nikah udah punya anak belum, ya? Kangen Band masih ada nggak? Indonesia makin maju nggak? Dan masih banyak pertanyaan lain tentang keinginan yang mungkin bakalan terwujud atau nggak.
 
Iya, keinginan itu kalo nggak terwujud, ya terwujud. Tergantung gimana usaha kita untuk mewujudkannya. Memang, terkadang apa yang kita inginkan berbeda dengan yang orangtua kita inginkan. Katanya sih, orangtua tau yang terbaik untuk anaknya. Tapi, anak yang menjalankan semuanya, sob. Jadi menurut gue, anak lebih tau yang terbaik untuk dirinya sendiri. Sama kayak pacaran. Kita yang pacaran, kok harus ngikutin kriteria pacar dari orangtua? Iya-in aja.
 
10 tahun lagi, mungkin gue bakalan udah lulus kuliah dengan ngambil jurusan DKV yang selama ini gue nantikan. Sejak SD, gue suka gambar. Ekskul gue juga nggak jauh-jauh dari dunia gambar. Dulu, gue pengen banget kuliah yang berhubungan dengan gambar, dan lulus jadi SaBar (Sarjana Gambar). Baru sejak SMP sampai sekarang ini, gue pindah haluan ekskul ke olahraga futsal. Iya, tanpa menggantungkan hobi gue untuk gambar. 
 

Dalam sehari, minimal gue sisain waktu untuk bikin satu gambar. Apapun itu, gue gambar sesuai apa yang gue rasakan. Kalo lagi seneng, gue gambar badut lengkap dengan balon-balon yang lagi dipegang. Kalo lagi sedih, gue gambar badut lagi galau sambil menatap jendela, melihat balon-balonnya terbang ke atas. Hidup itu ibarat balon, kadang kembang, kadang kempis. Kalo mau sukses, ya dipompa terus balonnya dengan usaha. 
 
10 tahun lagi, mungkin gue bakalan udah punya calon pendamping hidup yang setia menemani gue ke depannya. Iya, nantinya kita bakalan menjalin hidup bersama. Tertawa bersama, saling berbagi cerita ke anak-cucu nantinya. Setiap pagi nggak lupa sekedar mengucapkan “selamat pagi” ditambah dengan ciuman di kening. Menikmati dinginnya pagi hari ditemani secangkir kopi dan teh, sambil melihat anak-anak kita bermain kesana kemari. 
 
Lalu, lama kelamaan kita akan dimakan sang waktu. Menutup usia dengan meninggalkan sejarah yang udah kita buat sebelumnya. Sambil melihat dari atas, anak-cucu kita yang sedang meneruskan sejarah kita. Indah, bukan?
 
10 tahun lagi, Indonesia udah ulang tahun yang ke-78. Dan mungkin, Indonesia udah sukses, beda dengan sekarang. Indonesia udah jadi negara maju, bisa menyaingi  Amerika atau mungkin Jepang. Udah nggak ada alay dimana-mana, Kangen Band, dan juga makhluk-makhluk sejenisnya. Indonesia punya banyak generasi muda yang kreatif, yang siap membanggakan nama Indonesia ke luar negeri. 
 
Semua rakyat-nya bisa hidup berdampingan, tanpa melihat perbedaan yang ada. Semua rakyat-nya bisa saling membantu satu sama lain, tanpa meminta balasan. Karena gue percaya, perbuatan baik kita yang didasari oleh keikhlasan, nantinya akan dibalas oleh Tuhan. Cepat atau lambat. 
 
10 tahun lagi, mungkin, blog gue pageview-nya udah nyampe 1.000.000. Blog gue bakalan makin rame. Buku gue, hmm.. mungkin semakin bertambah kalo gue tetep rajin nulis. Buku gue udah bisa jadi best-seller di toko buku. Buku gue semakin banyak yang baca. Tulisan gue semakin berkembang, nggak cuman hal-hal nyeleneh dan bodoh yang bikin ketawa, tapi ada pelajaran yang bisa di petik dari tulisan itu.
 
10 tahun lagi, semua menjadi lebih baik.
 
Amin.
 
———————————
 
Sesudah membaca postingan gue diatas, kalian pasti mikir “Tumben nih si kampret, tulisannya bisa serius juga!” Iya, gue juga bingung kenapa bisa. Kalian juga pasti nggak nyadar, ada kategori/label baru di blog gue yang namanya #TematicBlogJB


Iya, jadi salah satu komunitas blogger yang gue ikuti — Jamban Blogger — ngadain “tematic blog”. Tematic blog itu adalah update blog setiap hari Sabtu yang temanya itu udah ditentukan oleh Jamban Blogger. Kebetulan, tema minggu ini adalah tentang “10 tahun lagi”. Semoga 10 tahun lagi, Jamban Blogger jangkauannya makin luas, dan menjadi forum blogger terbesar di Indonesia. Jadi, yaudah. Makasih udah luangin waktu berharga kalian, sekedar untuk baca tulisan gue ini. Sekian, sob!


 

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 36 Comments

  1. Unknown

    10 thn lagi gue udah 29 dong? udah berasa nggak anak muda lagi. olahraga juga udah berasa atlit loyo wakakak 😀

  2. fatkah zu

    Wew! Ini ditulis sama anak umur 16 tahun? Keren!

  3. Kresnoadi DH

    10 taun lagi gue udah 31. ckck.
    Dan semoga dalam 10 taun itu juga gue bisa jualan buku. :p

    1. Kevin Anggara

      Udah pada tua-tua.. v(.__.)
      Jualan buku mah gampang. Jualan buku sendiri kali hehe..

  4. t h y a

    10 tahun lagi umur gue 31 th. (tua yah..)
    semoga gue masih ada di dunia ini. punya suami dan anak yang lucu2.
    aminnn 🙂

    1. randy

      Hi, Nice post thanks for sharing. Would you please consider adding an intro to my website on your next post? I will return the favor. Please email me back. Thanks!

      Randy
      randydavis387 at gmail.com

      Gadgets

  5. Unknown

    10 tahun lagi manusia pindah ke mars #absurd

  6. Unknown

    10 tahun lagi berarti gue 22 tahun dong ? Udah tua *nangis*

  7. Unknown

    10 tahun lagi,,, smoga aku bisa lebih terkenal dari Kevin Anggara, smoga pageviewer blogku makin nambah, subcriber dan viewer youtube ku makin meningkat..

    10 tahun lagi,,, smoga karya film-film ku semakin dikenal, smoga aku punya kamera yang lebih bagus agar aku bisa menghasilkan karya-karya yang lebih baik..

    10 tahun lagi,,, smoga kaum alay dan sinetron-sinetron yang gak mendidik bisa cepat disingkirkan, smoga negara ini bisa melihat dan mengembangkan bakat para pemuda yang luar biasa ini.

    Teruslah berkarya, 10 tahun lagi, pasti akan lebih baik buat KITA.

Leave a Reply