Who and what adds meaning to your life?

Dalam kehidupan, orang selalu datang dan pergi. Makanya, gue nggak punya sosok yang spesifik untuk ditulis tentang topik kali ini. Gue tau jelas, orang-orang terdekat saat ini adalah mereka yang memberikan arti di hidup gue. Seiring waktu berjalan, orang-orang terdekat ini pasti akan ada yang bertahan, ada yang pergi, kemudian digantikan dengan yang baru. That’s life.


Mengambil sedikit quotes dari film Into the Wild, “Happiness is only real when shared.”


Gue setuju. Hidup nggak cuman soal gue, tapi gimana orang-orang terdekat gue juga bisa merasakan apa yang membuat mereka bahagia. Ketika mereka bahagia, gue juga otomatis akan ikut bahagia. Itu yang memberikan arti di hidup yang sementara ini. Ketika gue bisa jalan-jalan dengan orang-orang terdekat, berdiskusi soal kehidupan, atau sekadar menghabiskan waktu bersama sambil menonton channel HowToBasic di YouTube, itulah saat di mana gue sedang menjalani dan menikmati hidup ini.


Apa yang memberikan arti di kehidupan? Pertanyaan ini bisa dijawab setelah tau tujuan hidup gue mau ngapain. Setelah melewati masa-masa kuliah yang udah selesai dan tinggal menunggu wisuda dua tahun lalu, gue mendapatkan jawaban dari pertanyaan itu. Jawabannya pernah gue tulis sedikit di post ini, sampe sekarang gue masih punya tujuan hidup yang sama, belum berubah. Apakah akan berubah? Mungkin, tapi gue nggak mau tau dulu karena nanti jadi nggak asik. Gue kan nggak suka spoiler.


Kita semua punya keluarga, anggota keluarga jauh yang ketemunya satu tahun sekali, anggota keluarga jauh banget yang ngaku pernah gendong kita pas masih kecil, pasangan, gebetan yang nggak jadi, mantan, teman, teman yang masuk close friend di Instagram, mantan teman yang udah beda visi misi, tukang nasi goreng langganan, tetangga, dan masih banyak lagi kenalan lainnya yang kemudian menjadi orang-orang terdekat karena punya kontribusi dalam hidup.


Pada akhirnya, kita sendiri yang memutuskan siapa aja orang-orang terdekat ini dinilai dari ikatan darah, kontribusi, atau apa pun itu tergantung value yang kita pegang sendiri. Ketika “siapa” dan “apa” ini bisa membuat hidup kita jadi lebih baik, sikat.

Tulisan ini adalah bagian dari 30 Day Writing Challenge, di mana gue akan menantang diri sendiri untuk menulis dari topik-topik yang sudah disiapkan selama 30 hari penuh.

Mau dapet email setiap ada postingan baru?


This Post Has 10 Comments

  1. Gordon Dawson Sagala

    Biasa aj

  2. Gordon Dawson Sagala

    Tapi menarik👍👌

  3. Pengagum

    keren

  4. Pengagum

    alert(‘halo’);

  5. Pengagum

    alert(‘halo kevin’);

  6. Pengagum
  7. Pengagum

    lagi testing hihi maap

  8. Igniel

    Kayanya gw gak ngeuh ada quote itu di film Into The Wild. Bikin pengen rewatch aja.

Leave a Reply